Sehat Dengan Bersepeda

Bersepeda merupakan olehraga ringan yang menyehatkan, dengan bersepedah kita bisa berolahraga dengan sekaligus rekreasi, dengan bersepeda kita bisa mencari keringat dengan cara santai sambil menyusuri jalan-jalan pinggiran yang relative sepi dari kendaraan bermotor dan udara sekitarnya masih bersih jauh dari polusi, hal ini jelas sangat baik bagi tubuh. Pada saat bersepeda kita juga bisa mendapatkan kenikmatan yang luar biasa, yaitu manakala kita mendapati jalan tanjakan yang cukup tinggi dan panjang, capek memang pada saat melintasinya, namun rasa capek itu akan hilang dan terobati begitu kita telah sampai di puncaknya, apalagi bila kemudian kondisi jalan menurun, kondisi inilah yang paling dicari dan disukai para pecinta sepedah, karena pada saat seperti itu terpaan angin yang mengenai tubuh terasa begitu segar dan nikmat.
Manfaat bersepeda bagi kesehatan tidak diragukan lagi. Mengayuh sepeda biasa atau statis, merupakan latihan yang sangat baik untuk meningkatkan kebugaran, pada saat yang bersamaan sistem persendian pun akan menjadi lebih lentur. Olah raga bersepeda juga memberi pilihan beban dengan tingkat kesulitan yang berbeda sehingga daya tahan yang dibutuhkanpun berbeda-beda, dari yang dikayuh secara perlahan hingga balapan dengan kecepatan yang sangat tinggi (sprint). Oleh karena itu setiap orang dari semua tingkatan umur dan kebugaran yang berbeda, bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan yang sangat menyenangkan ini, apalagi bila kegiatan ini dilakukan bersama teman atau keluarga, pasti sangat mengasikan..!
Bagaimana bila mau berangkat gak punya teman, nggak usah kawatir! Karena biasanya di jalan kita akan ketemu sesama pesepedah yang akan bisa dijadikan teman di perjalanan yang bahkan kadang bersedia untuk menunjukkan rute-rute baru yang belum pernah kita lintasi. Asyiik…kan?
Berdasarkan penelitian terungkap bahwa dengan bersepeda sedikitnya 30 menit per hari sudah cukup untuk meningkatkan tingkat energi dan mood kita, ditambah bonus turunnya berat badan, dan mengurangi resiko sebagai host of chronic afflictions and an early demise. Ini penting untuk diketahui mengingat, kebanyakan masyarakat saat ini aktivitasnya lebih banyak dilakukan dengan duduk, sementara asupan makanan yang dikonsumsi banyak yang mengandung lemak sehingga kemungkinan menderita obesitas yang dikarenakan kurangnya aktivitas fisik menjadi sangat tinggi, hal ini jelas menjadikan hidup lebih beresiko.
Untuk itu selagi badan masih sehat mari kita lakukan aktifitas ini, nggak perlu jauh-jauh, asalkan rutin. Karena dengan bersepeda secara rutin membantu menghindari dan mengontrol banyak jenis penyakit, seperti obesitas, kelainan jantung dan radang sendi.
Prof. Frobose dan team di Center of Health of the German Sports Academy of Cologne pernah diwawancarai mengenai manfaat bersepedah, dan beliau mengatakan bahwa banyak manfaat yang bisa didapat dengan bersepedah yang antara lain sakit punggung yang disebabkan oleh discs (piringan-piringan) pada tulang punggung yang tidak mendapatkan pasokan nourishment (nutrisi) secara optimum karena kurangnya beraktivitas, bisa diterapi dengan bersepedah. Sebab dengan bersepedah, apalagi bila dilakukan secara rutin, bisa membantu mengembalikan kemampuan discs untuk mendapatkan pasokan nutrisi menjadi optimal kembali. sehingga Otot besar pada punggung menjadi lebih kuat dan membantu kerja tulang belakang.
Persambungan lutut, penyebab umum terjadinya nyeri lutut biasanya disebabkan rusaknya tulang rawan/muda. Tekanan berlebihan pada sambungan lutut, apakah karena jogging atau terlalu gemuk, akan menghambat atau menolak pasokan nutrisi ke tulang rawan. Konsekuensinya tulang rawan menjadi lemah dan mulai rusak. Hal ini disebabkan mineral-mineral berharga tidak bisa masuk ke tulang rawan. Dalam kondisi ini lutut harus sering digerakkan untuk mendorong nutrisi untuk sampai ke tulang rawan. Bersepeda merupakan olah raga yang paling sedikit memberi tekanan pada lutut dan cara yang paling baik untuk menguatkan tulang rawan.
Jantung dan sistem cardiovascular, Jantung adalah satu-satunya “motor” kita dan karena alasan itulah kita harus benar-benar merawatnya. Gejala stres dan mengerasnya arteri-arteri (arteriosclerosis) sebagai contoh, menyebabkan efek yang merusak pada jantung dan menghasilkan tekanan darah tinggi. Hal ini berakibat sesorang akan mengalami serangan jantung. Bersepeda akan memperbaiki sirkulasi darah secara keseluruhan. Yang terpenting adalah jantung akan bekerja lebih ekonomis karena performa pemompaan menjadi lebih efisien sehingga mengurangi tekanan darah secara keseluruhan dan mengurangi resiko penyakit jantung.
Sistem kekebalan, Infeksi adalah penyebab utama anda absen dari tempat kerja. Satu dari beberapa alasan adalah kurang efektifnya kinerja sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan reaksi alergi dan ketidakmampuan melawan flu dan demam. Bersepeda dapat meningkatkan kualitas sistem kekebalan dengan mengijinkan tubuh untuk melindungi dirinya dari virus dan bakteri. Bersepeda adalah metode olahraga yang paling banyak memiliki manfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.
Untuk itu selagi badan masih sehat mari kita lakukan aktifitas ini, nggak perlu jauh-jauh, asalkan rutin. Dengan bersepeda secara rutin membantu menghindari dan mengontrol banyak jenis penyakit. Apalagi olah raga yang ini tidak rawan cedera, sekaligus “hemat energi” karena untuk menempuh jarak satu atau dua kilometer atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain, diperlukan energi yang jauh lebih sedikit dibanding dengan bila kita berjalan kaki. Mungkin hal ini pula yang menjadikan sepedah sebagai alat transportasi yang paling populer, diperkirakan setiap hari satu milyar orang mengendarainya di seluruh dunia.
Berikut merupakan manfaat yang bisa didapat bila kita “bersepedah” secara rutin, yaitu:
• Meningkatkan kualitas system cardiovascular (yang berhubungan dengan jantung dan system peredaran darah).
• Meningkatkan kekuatan dan fleksibelitas otot.
• Meningkatkan mobilitas sistem persendian.
• Menurunkan tingkat stress.
• Membantu dalam pembentukan postur tubuh.
• Menguatkan tulang
• Menurunkan tingkat kegemukan.
So….. Selamat mencoba.

2 thoughts on “Sehat Dengan Bersepeda”

  1. aku udah pernah nyoba nggowes.. cuma sekali.. kayaknya ogah nyoba lagi deh.. soalnya sakit semua… mungkin gak terbiasa kali ya.. aku cobain olah raga lain aja deh..

Comments are closed.