Angka Indeks
Tulisan ini adalah merupakan hasil karya yang di tulis oleh beberapa mahasiswa saya, ternyata tulisan ini menarik sekali untuk dibaca dan sekaligus dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang angka indeks, akhirnya saya berusaha untuk memasukkan di blog sebagai tambahan pengetahuan bagi siapa saja yang mau membacanya.
Sebagian besar orang pasti suda familier bila mendengar kata statistika. Jika ditanya sejak kapan mereka mengenal statistika mungkin sebagian besar orang akan menjawabnya “ oh saat saya mulai sekolah, mungkin sekitar SMP atau SMA bahkan sampai perguruan tinggi . Tetapi sadarkah anda, sebenarnya kita mengenal statistika semenjak kita lahir. Tanpa kita sadari saat lahir, kita sudah dikenalkan yang namanya statistika. Hal yang paling sederhana misalnya : berat dan panjang badan kita saat lahir. Namun, karena saat itu kita masih sangat kecil dan belum bisa berpikir, dan merasakan apa-apa jadi kita tidak mengetahuinya.
Sebelum bicara lebih lanjut tentang statistika, kita perlu mencari tau apa sebenarnya statistika itu. “Statistika” adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan,mengumpulkan,menganalisis,menginterpretasi,dan mempresentasikan data. Singkatnya, “Statistika” adalah ilmu yang berkenaan dengan data.  Atau statistika adalah ilmu yang berusaha untuk mencoba mengolah data untuk mendapatkan  Istilah ‘statistika’ (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan ‘statistik’ (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data.
Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas.

Tujuan
Setelah membaca makalah ini, diharapkan pembaca :
1. Dapat memahami pengertian, Macam-macam , manfaat Indeks kuantitas
2. Dapat  membandingkan Indeks Kuantitas
3. Dapat menghitung Indeks Kuantitas
4. Dapat memahami tentang pengertian Macam-macam , manfaat angka indeks
5. Dapat membandingkan antara indeks harga tertimbang dan tdk  tertimbang
6.  Dapat menghitung indeks harga tertimbang dan tidak tertimbang

PEMBAHASAN
Angka Indeks adalah angka yang dipakai sebagai alat perbandingan dua atau lebih kegiatan yang sama untuk kurun waktu yang berbeda dan memiliki satuan persen (%). (Ir.M.Iqbal Hasan)
Angka Indeks ada dua jenis yaitu menurut pengunaan dan penentuan. Jika menurut pengunaan dibagi menjadi tiga yaitu (http://matakristal.com/tag/macam-angka-indeks/)
1. Angka Indeks Harga (Price Relative)
Indeks harga adalah angka yang menunjukkan perubahan mengenai harga-harga barang, baik harga untuk satu macam barang maupun berbagai macam barang, dalam waktu dan tempat yang sama atau berlainan.
2. Angka Indeks Jumlah (Quantity Relative)
Indeks jumlah adalah angka yang menunjukkan perubahan mengenai jumlah barang sejenis atau sekumpulan barang yang dihasilkan, digunakan, diekspor, dijual, dan sebagainya untuk waktu dan tempat yang sama ataupun berlainan.
Angka indeks menurut penentuannya di bagi menjadi dua yaitu metode tertimbang dan tak tertimbang.( http://www.plengdut.com/2013/02/indeks-harga.html)
Angka indeks dapat dipergunakan untuk berbagai pengukuran, seperti: indeks perdagangan, untuk mengukur hasil penjualan barang yang riil (nyata), indeks harga konsumen untuk mengukur taraf hidup daripada penerima pendapatan tetap melalui pengukuran pendapatn nyata, upah nyata dan juga untuk mengukur kekuatan beli uang. Selain itu, angka indeks juga mempunyai beberapa kegunaan yang lain, misalnya
1. Memudahkan membandingkan dan menganalisis rangkaian dengan menetapkan suatu periode dasar dan mencakup berbagai kumpulan angka.
2. Merupakan cara yang mudah untuk mengekspresikan suatu perubahan jumlah dari sekelompok bagian-bagian yang heterogen.
3. Mengubah data menjadi angka indeks juga memudahkan untuk membandingkan trend dalam suatu rangkaian yang terdiri dari jumlah-jumlah yang sangat besar
4. Angka indeks juga merupakan salah satu peralatan statistik yang ditunjuk guna mengembangkan pengetahuan tentang aspek-aspek dari perekonomian.
Pada resume kali ini akan menjelaskan dua yaitu pada indeks harga dan kuatitas,  yaitu untuk mengetahui pengertia, macam-macam, kegunaan, serta peranan bagi perekonomian (http://akholilashari.blogspot.com/2011/06/resume-angka-indeks.html)

A. INDEKS HARGA
a. Pengertian
Indeks harga adalah angka indeks yang dipaki untuk mengukur atau menunjukkan perubahan harga barang, baik satu barang maupun sekumpulan barang yang terjadi  dari waktu ke waktu (dari satu periode ke periode lainnya). (Ir.M.Iqbal Hasan)

b. Macam-macam Indeks Harga
Menurut jenisnya Indeks Harga ada 3, yaitu
1. Indeks Harga Konsumen
Adalah ukuran statistik yang menunjukkan perubahan-perubahan pada harga komoditas dan jumlahbarang yang diminta oleh konsumen dari waktu-ke waktu.Faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan harga konsumen:
a) Kebijakan pemerintah berkenaan dengan politik ekonomi dan moneter serta perdagangan luarnegeri.
b) Kebijakan harga yang ditetapkan pemerintah
c) Jumlah permintaan konsumen
d) Pandapatan masyarakat.
e) Biaya produksif.
f) Nilai mata uang
2. Indeks Harga Perdagangan Besar
Angka indeks yang menujukkan perubahan harga pembelian barang oleh pedagang besar darikonsumen.Kegunaannya: bagi pedagang besar dapat mengetahui sejauh mana perubahan-perubahan yangterjadi pada harga-harga pembelian barang dan dapat dijadikan dasar untuk memperkirakan kondisiharga yang mungkin terjadi pada masa yang akan datang.Faktor yang mempengaruhi:
a) Kenaikan biaya produksi
b) Kebijakan politik dagang
c) Kebijakan di bidang moneter.
d) Perubahan nilai uang)
3. Indeks Harga yang Diterima dan Dibayar Petani
a) Indeks harga yang diterima petani
adalah indeks harga yang berhubungan denganpenetapan harga dasar untuk barang-barang pertanian.Faktor yang mempengaruhi harga pembelian obat-obatan yang diperlukan petani, jumlah hasil produksi,musim
b) Indeks harga yang dibayar petani
adalah indeks harga yang berhubungan denganpenetapan harga kebutuhan pertanian.Faktor yang mempengaruhi kebijakan pemerintah biaya produksi, politik dagang, nilai uang.
(http://www.psychologymania.com/2013/01/macam-macam-indeks.html

Menurut cara penentuan juga dibagi menjadi 2 yaitu:
1. Angka indeks tertimbang, dibagi menjadi bentuk agregatif sederhana (Laspeyers, Paschee, Drobish) dan rata-rata harga relatif tertimbang

2. Angka indeks sederhana atau angka indeks tidak ditimbang (simple agregative methode) dibagi dalam bentuk agregatif sederhana dan rata-rata harga relatif atau agregative relative.( http://www.plengdut.com/2013/02/indeks-harga.html)
c. Ciri-ciri Harga dan Indeks Harga
1. Ciri-ciri Harga
Penetapan indeks harga didasarkan waktu normal atau kondisi ekonomi stabil yang berjauhan dengan waktu yang akan datang
Kenaikan dan penurunan harga tergantung pada jumlah permintaan barang di masyarakat.
Harga dapat dijadikan sebagai alat penentuan nilai suatu barang dibandingkan barang lain.
Harga dapat dipengaruhi jumlah barang dan uang yang tersedia dimasyarakat.

2. Ciri-ciri Indeks Harga
Indeks harga digunakan sebagai alat pengukur harga.
Indeks harga merupakan ukuran perbandingan dari suatu harga
Indeks harga merupakan alat untuk memperlihatkan perubahan-perubahan harga pada satu / berbagai jenis barang.
Indeks harga sebagai pedoman nilai standar untuk melakukan perbandingan harga dari waktu ke waktu.
Penetapan indeks harga didasarkan hasil pengumpulan data dari sumber relevan.
Indeks harga ditetapkan tidak dari seluruh barang atau populasi barang melainkan dari sampel.
Indeks harga ditetapkan dalam bentuk presentase.( http://ekonomi-holic.blogspot.com/2012/06/pengertian-ciri-dan-peranan-indeks.html)
d. Kegunaan  Indeks Harga
angka indeks digunakan untuk menghitung perubahan penduduk, Psikologi menggunakan Angka Indeks Kecerdasan (IQ). (http://www.slideshare.net/filnwaffle/angka-indeks-dan-kegunaannya)
e. Peranan Indeks Harga Dalam Ekonomi
1.  Alat bagi pemerintah untuk menetapkan kebijaksanaan dan harga di masa yang akan datang.
2. Indeks harga dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kemajuan dan kemunduran ekonomi.
3. Indeks harga dapat dijdikan dasar perbandingan untuk mengukur tingkat, kemajuan ekonomi masa sekarang dan sebelumnya
4. Indeks harga dapat dijadikan sebagai dasar untuk menetapkan pola dan kebijaksanaan ekonomi secara keseluruhan dan moneter.( http://ekonomi-holic.blogspot.com/2012/06/pengertian-ciri-dan-peranan-indeks.html)

B. INDEKS QUANTITAS
a. Pengertian Indeks Quantitas
Indeks kuantitas adalah angka indeks yang dipakai untuk mengukur atau menunjukkan perubahan harga barang, baik satu barang maupun sekumpulan barang. (Ir.M.Iqbal Hasan)
b. Macam-macam Indeks Kuantitas
Indeks kuantitas menurut penggunaannya :
1. Indeks produksi beras
2. Indeks konsumsi kedelai
3. penjualan jagung((Ir.M.Iqbal Hasan)
Indeks kuantitas menurut penentuan dibagi menjadi dua yaitu
1. indeks kuantitas tidak tertimbang yang dibagi lagi menjadi metode angka relatif, metode agregat dan metode rata-rata relatif serta,
2.  indeks kuantitas tertimbang yang dibagi menjadi metode Tertimbang (Laspeyres, paasche, Drobish ) dan rata-rata tertimbang
c. Ciri-ciri Indeks kuantitas
1. Indeks kuantitas digunakan sebagai alat pengukur suatu barang (kuantitas )
2. Indeks kuantitas merupakan ukuran perbandingan dari suatu kualitas suatu barang
3. Indeks kuantitas merupakan alat untuk memperlihatkan perubahan-perubahan kualitas pada satu / berbagai jenis barang.
d. Kegunaan Indeks Kuantitas
Indeks ini bisa digunakan saat perubahan harga demikian berfluktuasi sehingga nilai barang bisa berubah setiap saat. Pada situasi seperti itu, menghitung perubahan kuantitas barang lebih realistis daripada menghitung indeks harga (perubahan harga). Sebagai contoh, produksi mebel di suatu daerah mengalami peningkatan, namun di sisi lain, harga mebel terpaksa didiskon karena ketatnya persaingan dan turunnya daya beli. Dalam hal ini jika diukur dari harga atau kebijakan diskon pada produk mebel. Namun jika dilihat dari indeks kuantitas, dikatakan bahwa produk mebel mengalami peningkatan, karena secara riil memang meningkat. Sehingga penggunaan indeks kuantitas yang menyatakan adanya peningkatan mebel lebih dianjurkan. (http://guswana.blogspot.com/2009/10/indeks-kuantitas.html)
e. Peranan dalam perekonomian
Kegunaan di dalam perekonomian sama saja dengan kegunaan pada indeks harga.
a. Sebagai Alat bagi pemerintah untuk menetapkan kebijaksanaan mengetahui kualitas barang di masa yang akan datang.

b. Indeks kuantitas dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kemajuan dan kemunduran ekonomi.
c. Indeks kuantitas dapat dijdikan dasar perbandingan untuk mengukur tingkat, kemajuan ekonomi masa sekarang dan sebelumnya.

0 Comments