Wanita Berwirausaha, Kenapa tidak???

Kebutuhan perempuan sebagai ibu rumah tangga untuk dapat lebih mengembangkan potensi dirinya dalam pengelolaan rumah tangga demi kesejahteraan keluarga dan masyarakat sudah menjadi syarat mutlak yang tidak dapat ditunda lagi sehingga kaum perempuan diharapkan mampu meraih setiap kesempatan yang terbuka (Bernas, 2004).Salah satu alternatif   perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga adalah dengan melakukan usaha sendiri atau berwirausaha. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan status perempuan dan mempertahankan kelangsungan hidup dalam keluarga.
Kesulitan –kesulitan yang dihadapi oleh wanita tersebut harus dicari jalan pemecahan yang terbaik sehingga usaha yang dijalankan dapat berkembang dengan baik. Selain itu perlu adanya usaha yang keras untuk dapat meningkatkan pengetahuan melalui pendidikan atau pelatihan dan berusaha untuk menjalin hubungan dengan orang lain sehingga akan tercipta akses yang baik sehingga diharapkan dengan hal tersebut usaha yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.
Perempuan yang memulai usaha bisnis sendiri seperti membuka katering, toko, dll harus dapat menyeimbangkan antara kebutuhan untuk tujuan ekonomi seperti penambahan pendapatan bagi keluarga dan tujuan non ekonomi yaitu membantu orang lain sehingga ada hubungan sosialisasi dengan pihak lain (Brush,1992). Partisipasi wanita dalam berwiraswasta akan dapat membantu dalam perkembangan ekonomi keluarga sehingga kesejahteraan keluarga diharapkan dapat meningkat dan dapat digunakan untuk menyiapkan dana guna menyekolahkan anak-anaknya, sehingga mutu sumber daya manusia pada masa yang akan datang dapat lebih ditingkatkan lagi. Dalam melaksanakan kegiatan untuk berwirausaha tersebut ibu harus dapat memperhatikan kegiatan anak-anak supaya mereka tidak merasa terabaikan dengan aktivitas yang dilakukan.
Ada beberapa alasan mengapa wanita harus berwirausaha, antara lain:
1. Menyalurkan hobi atau bakat yang dimiliki.
Saya dapat memberikan contoh untuk hal ini, di mana tetangga saya satu perumahan mempunyai ketrampilan membuat kue yang biasanya hanya membuat untuk kepentingan keluarga saja, namun karena kue yang dibikin enak sehingga orang lain akhirnya pesan dan sampai sekarang semua orang apabila ada acara acara maka memesan kepada tetangga tersebut.
2. Memiliki waktu yang lebih fleksibel
Dengan berwirausaha maka wanita akan jauh lebih mudah dalam mengatur waktu, artinya dengan melakukan usaha sendiri di rumah maka wanita tidak akan kesulitan
3. Menambah pendapatan keluarga
Dengan berwirausaha naka istri dapat membantu pendapatan suami sehingga diharapkan kesejahteraan keluarga dapat meningkat
4. Menambah wawasan dan pengetahuan bagi wanita

Untuk memulai dalam wirausaha  maka ada beberapa langkah antara lain meliputi:
1. ide
Untuk memulai bisnis maka kita harus punya ide terlebih dahulu setidaknya kita harus tahu kira-kira melakukan usaha apa yang tepat untuk daerah di mana kita akan berwirausha.
2.Modal
Sesuaikan dengan modal yang kita milki, atau kalau membutuhkan dana maka dapat melakukan pinjaman lunak
3. Pemasaran
Hal ini tidak boleh dilupakan karena pemasaran memegang peranan penting saat kita akan melakukan usaha, untuk itu kita harus tahu kemana produk yang akan kita buat dipasarkan.
Terima kasih semoga bermanfaat…….

6 thoughts on “Wanita Berwirausaha, Kenapa tidak???”

  1. Semakin mudahnya akses internet sekarang, mampu membuat wanita atau ibu-ibu yang sudah berumah tanggan untuk berbisnis dari rumah mereka masing-masing :).

    Info yang menarik mbak. thanks

  2. bagus jika seorang wanita mau berwirausaha, apalagi seorang ibu rumah tangga. kalau waktu luangnya bisa dimanfaatkan, kenapa tidak… 🙂

Comments are closed.