Mengenali Diri Dengan Disiplin Diri

MENGENALI DIRI DENGAN DISIPLIN DIRI

Disiplin dapat menjadikan diri kita untuk dapat menaati tata tertib yang sudah kita buat sehingga akan mengarahkan kita menjadi individu yang berkualitas. Namun pelaksanaan disiplin harus berkesinambungan dan dilakukan secara tertib sehingga manajemen waktu menjadi lebih baik.
Disiplin diri melibatkan tindakan sesuai dengan apa yang kita pikirkan, dan bukan apa yang kita rasakan pada saat ini.

A.CARA MENGEMBANGKAN DISIPLIN
Disiplin diri memang tidak mudah namun perlu usaha yang kuat untuk mewujudkannya yaitu komitmen yang tinggi dari diri individu untuk tetap konsisten dalam menjalan disiplin diri, karena dengan kondisi disiplin diri akan diperoleh manfaat yang sangat luar biasa. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari internet ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam mengembangkan disiplin diri , antara lain:
1.Pengetahuan Diri
Disiplin berarti berperilaku sesuai dengan apa yang Anda telah putuskan, terlepas dari apa yang Anda rasakan pada saat ini. Oleh karena sifat pertama disiplin adalah pengetahuan diri. Anda perlu memutuskan apa perilaku terbaik yang mencerminkan tujuan dan nilai-nilai. Proses ini memerlukan introspeksi dan analisis-diri, dan yang paling efektif sediakanlah waktu untuk menulis tujuan, mimpi dan ambisi Anda.
2. Kesadaran
Disiplin diri tergantung pada kesadaran apa yang baik dan apa yang tidak baik untuk Anda lakukan. Ketika Anda mulai membangun disiplin diri, Anda mungkin mendapati diri Anda berada dalam tindakan yang tidak disiplin – misalnya bermain game, menghindari hal-hal penting, menonton tv terus-menerus. Mengembangkan disiplin diri membutuhkan waktu, dan kuncinya adalah Anda menyadari perilaku tidak disiplin Anda. Dengan cara ini memberi Anda kesempatan untuk membuat keputusan yang lebih baik sejalan dengan tujuan dan nilai-nilai.
3. Komitmen
Tidaklah cukup hanya menulis tujuan dan nilai-nilai. Anda harus membuat komitmen internal untuk hal itu. Misalnya ketika jam alarm Anda berbunyi pada jam 5 pagi namun Anda menekan tombol snooze untuk bisa tidur 5 menit lagi atau ketika antusias Anda telah mulai memudar.
Jika Anda berjuang dengan komitmen, mulailah dengan membuat keputusan sadar untuk menindaklanjuti apa yang Anda katakan akan Anda lakukan, baik ketika Anda mengatakan Anda akan melakukannya dan bagaimana melakukannya.
4. Keberanian
Jangan salah, disiplin diri seringkali sangat sulit. Suasana hati, selera dan gairah dapat menjadi kekuatan besar untuk melawannya. Oleh karena itu disiplin diri sangat tergantung pada keberanian. Jangan berpura-pura mengatakan ini adalah hal mudah untuk dilakukan namun sebenarnya sangat sulit atau menyakitkan. Sebaliknya, menemukan keberanian untuk menghadapi rasa sakit dan kesulitan ketika Anda mulai mengumpulkan kemenangan-kemenangan kecil maka rasa percaya diri Anda akan tumbuh dan keberanian yang mendukung disiplin diri akan datang lebih alami.
5. Melatih diri
Self-talk (berbicara pada diri sendiri dalam hati) sering kali berbahaya, tetapi juga bisa sangat menguntungkan jika Anda mampu mengkontrolnya. Bila Anda merasa Anda sedang diuji oleh Alloh dengan kondisi, saya sarankan Anda berbicara pada diri sendiri, dengan memotivasi dan meyakinkan diri sendiri karena itu adalah bentuk self-talk yang memiliki kemampuan untuk mengingatkan tujuan Anda, membentuk keberanian, memperkuat komitmen dan membuat Anda sadar akan tugas dan peran Anda. Cobalah mengatakan dalam hati “tidak ada yang turun dari langit dengan cuma-cuma semua butuh usaha dan do’a” atau anda memiliki kalimat lain, dan ingat setiap kali Anda menemukan diri Anda sedang diuji. Ini dapat mengubah hidup Anda.

B. MENGAPA DISIPLIN SULIT?
Terkadang untuk mendisiplinkan diri itu sulit, karena banyak sekali hambatan atau rintangan yang terjadi dalm kehidupan kita. Untuk itu perlu banyak motivasi dan semangat untuk tetap bisa mendisiplinkan diri. Disiplin diri merupakan suatu siklus kebiasaan yang kita lakukan secara berulang – ulang dan terus menerus secara berkesinambungan sehingga menjadi suatu hal yang biasa kita lakukan. Disiplin diri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu itu sendiri secara berkesinambungan atau konsisten sehingga diharapkan akan menjadi suatu kebiasaan yang mengarah pada tercapainya kualitas diri yang lebih baik, karena dengan kondisi terrsebut akan membentuk pribadi diri kita di masa depan dalam meraih tujuan hidup yang lebih baik. Ada beberaapa hal yang menyebabkan kita untuk sulit dalam berdisiplin diri, antara lain:
1.    Manusia memiliki sifat – sifat mendasar seperti: cenderung bermalas -malasan, ingin hidup seenaknya mengikuti keinginan hatinya dan keinginan untuk melanggar peraturan – peraturan yang ada.
2.    Kita selalu menganggap pekerjaan sebagai suatu kewajiban apapun beban yang harus dilakukan, bukan sebagai kesenangan. Pepatah mengatakan “ kita akan lebih mudah menerapkan disiplin diri jika kita mencintai apa yang kita kerjakan ”.
3.    Manusia cenderung cepat bosan jika melakukan kegiatan yang sama dalam jangka waktu lama. (Harianto, 2010)
Namun apabila kita ingin tetep dalam kondisi untuk berdisiplin diri maka harus mempunyai komitmen yang tinggi dalam menjalankan supaya dapat teratasi kondisi-kondisi yang membuat kita untuk tidak dapat mendisiplinkan diri.

C. BAGAIMANAKAH TIPS UNTUK MENDISIPLINKAN DIRI?
Seperti pernyataan di atas bahwa mendisiplinkan diri memang bukan hal yang mudah, namun demikian banyak cara atau hal yang dapat dilakukan oleh individu untuk dapat mendisiplinkan diri, antara lain:
1.    Berusaha untuk selalu berpikir positif dengan mengalahkan pikiran yang kurang baik
2.    Berusaha untuk selalu fokus pada kondisi dimana kita sedang dalam kondisi disiplin diri sehingga tujuan yang kita inginkan akan tercapai
3.    Buat skala prioritas dengan apa yang akan kita lakukan ke depan
4.    Buat jadwal. Disiplinkan diri untuk menaati jadwal tersebut dan jangan terpengaruh dengan hal-hal lain yang dapat mengganggu jadwal yang buat.
5.    Membuat daftar yang anda inginkan untuk dicapai dalam hidup

D. LANGKAH-LANGKAH DISIPLIN DIRI
Ada beberapa langkah untuk dapat menjalankan disiplin diri antara lain:
1.    Memahami dengan benar manfaat dari disiplin diri
2.    Memahami bahwa hidup kita ditentukan oleh sikap kita
3.    Menjalankan janji diri dengan disiplin yang kita buat
4.    Merenungi dengan apa yang sudah kita jalankan untuk diambil hikmah positif

E. MANFAAT DISIPLIN DIRI
Dengan disiplin diri akan banyak memberikan manfaat kepada individu itu sendiri, antara lain meliputi:
1.    Akan memiliki integritas yang tinggi sehingga apa yang dilakukan sesuai dengan tindakan yang dilakukan dengan penuh tanggung jawab
2.    Memiliki pola hidup yang teratur dengan menaati jadwal yang sudah dibuat dengan mudah melakukan managemen waktu yang tepat
3.    Memiliki sikap percaya diri yang tinggi
4.    Menumbuhkan sifat kemadirian dalam individu itu sendiri
5.    Ditekankan selalu dalam diri bahwa berpikir positif bahwa mengembangkan diri merupakan hal yang penting dalam diri
Terima kasih semoga bermanfaat………………..

One thought on “Mengenali Diri Dengan Disiplin Diri”

Comments are closed.