Data…….

Hari ini mengajar jam 12.00, jadi sambil menunggu waktu mengajar, saya mulai lagi menulis artiekel, tapi di tengah seriusnya menulis, saya dikagetkan oleh mahasiswa bahwa sudah waktunya mengajar. Lho, ini kan baru jam 09.00 belum jam 12.00, apa saya salah lihat jadwal ya? Ternyata memang saya yang salah, wah, ini belum tua kok sampai salah lihat jadwal ya….hedeeehhh. Terima kasih untuk mahasiswa (Bahtiar) yang mau mengingatkan saya, semoga amalanmu diterima Gusti Allon, amin.
Memasuki ruangan kelas, ternyata ada sebagian mahasiswa saya yang dulu pernah saya bimbing dalam mata kuliah tertentu. Hal ini memudahkan saya, karena sebagian dari mereka sudah mengerti sekali bagaimana dengan style saya saat mengajar dan budaya yang harus diterapkan supaya proses belajar mengajar dapat berjalan lancar. Untuk awal kuliah ini saya banyak sekali menyinggung tentang penerapan Attitude (seperti yang pernah saya tulis diblog beberapa waktu lalu), edmodo, kontrak kuliah, SAP, blog, dll. Setelah itu saya mulai menyinggung tentang statistik. Tentu saja dalam benak mereka sudah terbayang tentang rumus yang seabreg, data , pengolahan dan interpretasi data.
Wah, pokoknya rumit dan rumit dan bahkan kalau dipikirkan maka akan membuat kepala pusing. Benarkan demikian? Jawabannya ada pada diri mahasiswa itu sendiri. Bagi saya sepanjang ada kemauan dan motivasi diri untuk belajar pasti akan mudah kita lalui.
Untuk itu kita perlu mengetahui terlebih dahulu tentang data. Apa yang dimaksud dengan data? Saya coba untuk baca-baca di internet tentang pengertian data yaitu catatan tentang karakteristik dari objek amatan atau peristiwa pada suatu waktu atau kurun waktu tertentu baik berupa angka atau simbol.

Dalam pengolahan data menurut Moh. Pabundu Tika(2006) ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:
A. Editing data
Setelah data terkumpul kemudia peneliti menilai apakah data yang terkumpul tersebut sudah baik untuk dilakukan proses lebih lanjut. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dalam editing data, yaitu:
1.Kelengkapan kuesioner
Peneliti melakukan pengecekan terhadap kuesioner apakah sudah diisi dengan lengkap atau belum. Hal yang menyulitkan bagi peneliti apabila kuesioner tersebut tidak lengkap, karena kita harus mendatangi lagi responden untuk mengisi kelengkapan datanya, dan apabila kesulitan lagi untuk mengisi kelengkapan kuesioner maka sebaiknya diabaikan saja karena tidak memenuhi kriteria sebagai data yang relevan
2.Keterbatasan bacaan
Kalimat yang digunakan dalam kuesioner harus jelas, sehingga responden tidak kesulitan dalam menjawab. Kekurang jelasan kalimat yang digunakan maka akan menyulitkan responden sehingga berdampak responden tidak menjawab dengan lengkap.
3.Kesusuaian jawaban
4.Relevansi jawaban
5.Keseragaman dalam satuan ukuran
Peneliti harus memeriksa kembali tentang keseragaman satuan ukuran yang dipergunakan oleh responden dalam menjawab.Misalnya dalam kuesioner ditanyakan tentang berat sebuah benda maka ukuran yang dipergunakan adalah Kg.
B. Pengkodean Data
Adalah suatu usaha untu mengklasifikasikan jawaban dari responden. Kesulitan yang sering dihadapi oleh peneliti adalah pada saat pengkodea tentang pertanyaan terbuka, karena jawabannya adalah bebas dan tidak ada batasan. Sedangkan untuk pertanyaan yang tertutup,  jawaban sudah disediakan dan responden tinggal memilih salah satu dari jawaban saja.
C. Penyusunan Buku Kode
Buku kode digunakan sebagai pedoman peneliti untu memindahkan jawaban pertanyaan dalam kuesioner ke lembaran yang sudah ditentukan. Untuk lebih memudahkkan maka biasanya dibuat dalam bentuk tabel, dan selanjutnya dipergunakan sebagai kunci  untu mencari variabel yang dipakai dalam analisis serta untuk membaca tabulasi data.
D. Tabulasi Data
Adalah proses penyusunan dan analisis data dalam bentuk tabel, hal ini dilakukan untuk mempermudah peneliti dalam melakukan analisis.
Terima kasih dan semoga bermanfaat

48 thoughts on “Data…….”

  1. Saya sangat setuju dengan isi artikel ibu, karena untuk membuat data kita perlu mengolahnya sesuai dengan kriteria yang ada. Karena bila tidak memenuhi semua kriteria maka tidak akan tercipta suatu data yang dapat dimengerti oleh pembaca dan informasi yang didapat kurang jelas.

  2. memahami data memang bukan hal yang mudah tp yg pasti mengolah dan meninterpretasikan jg bukan hal yg mudah pula unt itu perlu kecermatan dala menrrapkan langkah2nya spy hslnya maksimal

  3. berurusan dengan data memang bukan perkara yang mudah.. Tetapi bukan berati kita tidak bisa mengolah data -data menjadi suatu informasi yang dibutuhkan. Asalkan kita tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dan kemudian mengolahnya sesuai dengan yg dibutuhkan tentu hasilnya akan maksimal.. Informasi yang Ibu sampaikan tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengolah data. tentunya akan sangat bermanfaat… terimakasih bu atas infonya..

  4. asalamualaikum…
    menurut saya, di awal perkulian memang terasa malas karena masih terbawa oleh liburan yang panjang. apalagi baru masuk sudah di kasih mata kulia yang membutukan kosentrasi penuh..huufzz…

    ngomong-ngomong berbicara tentang data…
    saya punya cerita sedikit tentang data yaitu disuatu lembaga yang bergerak di bidang sosial, begini lembaga ini baru didirikan pada 22 desember 2009 kemarin. lembaga ini khusus untuk menerima penitipan orang lansia dimana setiap orang yang mau menitipkan neneknya atau keluarganya harus memberikan datanya orang yang menitipkan tersebut maupun data orang yang akan dititipkan tersebut. nah dari sekian banyak data ada salah satu data yang tidak real. pada hari raya kemarin semua orang yang dititipkan itu harus di bawa pulang oleh keluarganya jika tidak di ambil maka pengurus lembaga ini akan mengantarkan pulang kerumahnya. ternyata ada dua orang yang tidak dijemput keluarganya sehingga pada batas akhir waktunya pengurus lembaga ini mengantarkan kerumahnya. dari dua orang ini hanya satu yang alamatnya atau data orang yang menitipkan ini tidak real atau tidak cocok dengan alamat yang diberikan.
    sehingga pengalaman dari cerita ini kita harus mencarin data dengan akurat itu perluh ketelitihan yang tepat agar tidak ada kejadiaan yang tidak akan terduga.

    sementara sekian dulu cerita saya bu…..

  5. Selamat pagi Bu, senang sekali saya bisa bisa sedikit berkomentar di blognya Bu Yuyuk,
    benar yang Ibu katakan bahwa memahami data memang bukan hal yang mudah, dimana data itu sendiri dihasilkan oleh riset, Saya mengartikannya sebagai dasar objektif dalam proses pembuatan keputusan, hipotesis juga berperan penting untuk pengambilan keputusan sementara di dalam penelitian.
    Data juga berfungsi sebagai proses pembuatan keputusan guna memecahkan persoalan/masalah Si peneliti, data yang baik juga harus Reliable yang artinya data tersebut bisa dipercaya kebenarannya tentang suatu masalah secara menyeluruh.

  6. pagi jg, wah wis lumayan lho commentmu apik tenan to, oke yg namanya data dala penelitian mmg harus dilakukan proses lebih lanjut unt validitas dan reliabilitas dan selanjutnya perlu pengolahan serta interpretasi datanya

  7. semangat lg ya dg kuliah di semester ini dan smg lancar jaya, iya dalam data diperlukan ketelitiandan keermatan, apa yang kau critakan benar adanya kalau sdh seeperti itu maka akan banyak ditemui esulitan

  8. yah benar paula dibuthkan cara atau langkah yg tepta untuk mengolahnya unt itu ketelitian dan kecermatan diperlulkan mutlak dalam setiap pengolahan data penelitian

  9. saya setuju dengan artikel ibu. Data merupakan informasi yang relevan, tentunya pengoperasiannya juga harus benar benar terperinci dan jelas, dengan begitu akan mudah dipahami dan diopesionalkan dengan baik.

  10. selamat sore bu..
    terima kasih sebelumnya karna ibu telah mengijinkan saya untuk menanggapi blog bu yuyuk..
    menurut saya, mengolah data memang hal yg tidak mudah namun jika kita mau berusaha dan sudah memiliki dasar atau paduan dalam pengolahan data secara benar tentu akan lebih memudahkan kita dalam mengolah data tersebut..

  11. ass.wr.wb
    salam kenal bagi semuanya khususnya ibu yuyuk dan mhon bimbingannya bu..
    kalo menilik dari beberapa coment yang membasah tentang data,banyak argument-argument yang bisa dibahas dan mungkin dijabarkan..
    dari penjelasan tentang definisi dan pengolahan yang ibu jelaskan diatas dapat memberikan suatu gambaran tentang apa itu data??tapi disini mungkin sya lebih mengertinya tentang pengolahan data,,tpi sya sdikit bingung bu tentang definisi catatan tentang karakteristik dari objek amatan atau peristiwa pada suatu waktu atau kurun waktu tertentu yang berupa simbol??mungkin ibu bisa memberi saya sedikit gambaran tentang definisi data yang menjelaskan objek amatan atau peristiwa yang mengarah pada simbol??
    terima kasih bu??

  12. Assalamualaikum ibu yuyuk…..
    Alhamdulilah ya ( gaya syahrini ) saya di matakuliah ini bertemu dengan ibu sebagai dosen matakuliah busines statistic II semoga di perkuliah saya mendapatkan kelancaran dalam mempelajari mata kuliah yang ibu ajarkan….

    kalau menurut saya tentang data itu memang agak sedikit sulit untuk di pahami/ dimengerti tetapi menurut saya untuk mendapakan data yang sesuai dengan keinginan kita harus mecari data yang benar-benar terpercaya dari sumbernya sehingga mendapatkan data yang akurat untuk selanjutnya kita bisa meinformasikan dengan baik dan benar…..

    Mungkin itu komentar saya maaf kalau ada yang kurang nyambung ini juga lagi merifress otak bu#efekliburan panjang otak agak lupa2 ingat harap d maklumin ya…..terimakasih

  13. selamat pagi bu…
    dalam mengolah data menjadi suatu informasi memang bukan hal mudah. Bahkan dalam proses pengumumpulan data dan Pengelahan data itu sendiri kita sering kali mengalami kesulitan, tapi saya percaya kalau kita mau memahami dan mengikuti proses pengeolahan data mulai dari editing sampai akhir itu akan memudahkan kita dalam mengolah suatu data menjadi informasi yang diperlukan…. dan terimakasih juga bu atas tulisannya yg bermanfaat……

  14. wah, enak sekali jadi bahtiar ya bu, namanya dimasukkan dalam blog bu yuyuk, tadi saya baca blog ibu, katanya ada beberapa mahasiswa yang sudah pernah ibu ajar , tapi saya belom pernah sama sekali menjadi mahasiswa ibu, dan bru kali pertama di smestr 3 mata kuliah bistik 2 saya bertemu dengan ibu, dulu bistik 1 saya diajar oleh p.taufik, jd says mohon sekali sama bu yuyuk untuk mebimbing saya dengan sabar, krna saya akui kalo saya ini masih agak lemah dalam msalh hitung2 an , & rumus, jd saya mohon bimbingan dari ibu ya …trimakasih

  15. Salam sejahtera,
    Menyinggung sedikit mengenai artikel tentang “DATA”, dalam hal ini saya mencoba sedikit memberi informasi mengenai Pertanyaan Terbuka & Tertutup.. Mungkin sebagian dari kita masih awam mengenai Pertanyaan Terbuka & Tertutup, kok pertanyaan aja dibagi-bagi? Repot amat! ^^
    Semakin baik teknik kita dalam bertanya, semakin efektiflah pertanyaan yang kita ajukan sehingga tujuan bisa tercapai. Oleh karena itu, teknik pertanyaan dibagi menjadi 2.

    Dua jenis dalam bertanya yaitu, pertanyaan tertutup. Tujuan: informasi, memiliki jawaban yang spesifik – “benar/salah”. Umumnya tidak akan mengarah ke diskusi/dialog atau refleksi lebih lanjut.

    Dan pertanyaan terbuka. Tujuan: pemikiran lebih dalam, pengetahuan prosedural, konseptual, reflektif, Mengarah kepada diskusi lebih lanjut, refleksi, perbaikan pemikiran.

    Sekian… Terima Kasih ^^

  16. assalamualaikum bu
    bener banget bu seperti rumus orang “sukses” yaitu asal ada kesempatan dan dibarengi kemauan pasti berhasil….
    sedikit komen dari ayas bu…. kalo kita amati dalam kehidupan sehari-hari data memang sangat diperlukan,sebagaimana dapat dijelaskan bahwa data merupakan suatu objek, kejadian atau fakta yang terdokumentasi yang jika diolah dengan baik akan menghasilkan informasi yang sangat bermanfaat
    seperti penjelasan yang disampaikan dosen marketing beberapa waktu lalu, didalam kita menentukan segmentasi pasar diperlukan data tentang konsumen ini mutlak diperlukan agar tepat didalam menentukan pasar sasaran, contohnya kita akan membidik konsumen di daera malang.. kita harus tau data-data masayarakat malang seperti daya beli masyarakatnya,keadaan ekonomi masayarakatnya, kegemaran masayarakat malang,populasi penduduk dimalang dan berapa kompetitor kita. semua itu dapat diketahui melaui data-data yang kita ambil dan kita kelola sehinnga menjadi informasi yang sangat berartri didalam menghasilkan produk, sehingga produk kita nantinya dibuat sesuai konsumen kota dimalang dan dapat diterima oleh masyarakat malang
    mungkin itu bu sedikit komen dari Ayas

  17. benar buu,kalau dengar statistics pasti kepala uda pusing.:)
    menurut artikel yang saya baca,kalau data= kumpulan huruf atau angka yang belum di olah sehingga tidak memiliki arti. kalau informasi= data yang telah di olah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.

  18. selamat malam , bu yuyuk , yah meamng kalo melihat data itu bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan ketelitian, apalagi dalam bistik data sangat penting, jadi memang harus dibutuhkan ketelitian ,dan cara2 dalam mengolah data memang harus dilakukan supaya mengerti ttg data

  19. Selamat pagi bu..
    Mungkin banyak orang sudah tau apa itu data, bagaimana itu data. tapi bagian sebagian orang data merupakan suatu perkara yang sulit atau bahkan tidak mudah di mengerti tapi asalkan kita mengetahui bagaimana data-data itu di aplikasikan semuanya akan terlihat mudah. Karena di dunia ini tidak ada yang sulit asalkan kita mau berusaha.. Iya kan bu??
    Makasi ya bu infonya…

  20. Selamat Pagi bu,,
    Informasi yang sangat bermanfaat bagi kami semua tentunya bila suatu saat kami menjadi responden atau bahkan ketika kami melakukan penelitian.Data memang sudah tidak asing lagi bagi kami,namun disini kami memahami hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengolah data guna menghasilkan suatu informasi.Cara yang tepat dan kecermatan dalam pengolahan data akan memaksimalkan hasil penelitian.Terimakasih untuk informasinya bu…

  21. Selamat pagi bu..
    Mungkin banyak orang sudah tau apa itu data, bagaimana itu data. tapi bagi sebagian orang data merupakan suatu perkara yang sulit atau bahkan tidak mudah di mengerti tapi asalkan kita mengetahui bagaimana data-data itu di aplikasikan semuanya akan terlihat mudah. Karena di dunia ini tidak ada yang sulit asalkan kita mau berusaha.. Iya kan bu??
    Makasi ya bu infonya…

  22. Sellyana: Pagi sayang,
    pinter, cerdas lho dirimu artinya masih ada semangat dan kemauan unt belajar walaupun orang mendengar data aja rasanya wis pingsan krn mau diolah seperti apa dan dinterpretasikan bagaiman. Seperti katamu tidak ada hal yg sulit didunia asalkan ada kemauan dan motivasi unt belajar sepanjang masa (attitude)

  23. Yoestina Setiawan
    Sama-sama dan semoga tulisan saya dapat membantu dirimu unt memahami data tetapi unt lebih lengkapnya anti aan kita bahas dikelas ya

  24. Melati:
    unt itu mindset kt hrs dirubah ya bahwa data tdk menyulitkan tp butuh ketelatenan dan kesabaran dalam mengerjakan

  25. Achmad rosul
    Good idea..trm ksh dirimu sdh mulai mengenal data, bahwa data yg saya maksudkan td hanya data unt penelt saja tp seperti apa yg kamu tlisakan, trm ksh semoga bermanfaat

  26. fery S
    Sebenarnya gak ribet kok, pertanyaan yg tebuka biasanya butuh option dari responden dan pertanyaan tertutup, jawban sdh disediakan oleh peneliti. Sekarang mana yg bisa dipakai, tergantung masalah penelitiannya kita pergunakan yg mana

  27. assalamua’laikum bu..
    menurut oplni saya ya bu data itu kan merupakan suatu pernyataan yang di terima secara apa adanya.tetapi dalam memproses sebuah data itu juga butuh ketelitian dan keseriusan…
    bener gak bu yuyuk….

  28. selamat malam bu….karena menurut saya ibu buka blog nya malam hari…hehhehe

    kalo menurut saya data itu cukup penting dalam segala pekerjaan karena apa yang kita lakukan kedepannya itu terpengaruh dari data data sebelumnya karena menurut saya data itu seperti riyawat hidup manusia…maka baik tidak nya keputusan tergantung dari data yang ada sebelumnya…maka untuk mecapai keputusan yang baik maka kita juga harus memiliki data yang baik…karena data itu juga dapat dikatakan sebagai fakta…….
    sekian comment saya bu…thanks…

  29. haloowww….bu,,,,
    kalau bercerita tentang data saya jadi teringat dengan tugas akhir saya yang lagi dalam proses penyelesaian.meemang gak mudah mendapatkan data untuk memeecahkan permasalahan karena hal yang saya alami dalam mencari data untuk tugas akhir membutuhkan waktu yang lama dan ketelatenan serta kesabaran untuk mengumpulkan data-data yang kita butuhkan untuk diolah.
    itu pengalaman terberat saya bu yang sedang berjalan saat ini dan pastinya juga dialami oleeh teman-teman lainnya yang juga mencari data dalam penyusunan tugas akhirnya dan tidak gampang putus asa……selalu semangat……
    trimakasih bu infonya^_^

  30. iya ibu.., menurut pendapat dan yang saya ketahui, data merupakan sumber terpenting dari segala informasi. tanpa adanya data sebuah informasi belum bisa dikatakan akurat dan belum bisa dipastikan kebenarannya. Data bisa berasal dari manapun, misalnya seperti pembicaraan, media dan pengalaman. Apabila data yang disampaikan tidak sesuai, bisa-bisa sebuah informasi tersebut bisa disalah artikan oleh penerima informasi….terima kasih, 🙂

  31. kesuksesan di dasari oleh kemauan diri sendiri bagaimana orang tersebut bisa memanage waktu atas dirinya sendiri dengan baik.Data memang sudah tidak asing bagi kita tapi masih banyak orang tidak mengerti tentang data.Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan.Dan Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya.
    -Makasi atas informasinya bu.yuyuk-

  32. mungkin karena mindset kita yg menganggap statistic itu ribet dan penuh dg rumus-rumus, jdi kita merasa malas ato kurang bersemangat ketika mendengar kata-kata “statistic”.
    Dan saya setuju dg bu Yuyuk, “sepanjang ada kemauan dan motivasi diri untuk belajar pasti akan mudah kita lalui.”

  33. assalamualaikum Wr.Wb bu
    saya aldi bu mahasiswa tansferan dari UM bu,memang pertama saya masuk di STIE saya sedikit “kikuk” dengan lingkungan dan proses belajar mengajar disini,saya juga baru pertama kali mendengar kata-kata “edmodo” selain itu juga dengan “mind maping” itu sesuatu yang sangat asing ditelinga saya bu, tetapi sekarang sudah berjalan seminggu dan saya sudah mulai untuk belajar beradaptasi di lingkungan kampus,dan saya juga sudah mulai sedikit demi sedikit mengerti tentang ke dua hal tersebut, walaupun memang terdapat perbedaan antara kuliah sekarang dan yang dahulu tetapi itu juga membuat saya lebih mengerti akan banyak hal di sini
    berhubungan dengan data itu memang sesuatu yang sedikit “ribet” bu karena untuk mengolahnya, untuk menganalisisnya, dan sebagainya memang membutuhkan ketelitian,sebelumnya saya juga pernah berurusan dengan yang namanya data bu, waktu itu saya mengerjakan tugas ahkir yang pada saat itu judul yang saya ambil mengenai rasio,bagaimana kesehatan suatu perusahaan di lihat dari rasio, disitu saya mengolah “data mentah” menjadi sebuah informasi dan disitu juga hal yang paling “njelimet” bu,,,
    mungkin itu yang bisa saya tulis di blog bu yuyuk,
    terimakasih bu dan mohon bimbinganya
    wassalammualaikum Wr Wb

  34. Aldillah
    Oke, semangat dan terus berjuang ya, selalu ada perubahan dan perubahan akan selalu membawa kebaikan…
    Trm ksh jg atas commentnya di blog saya ya, memang berkaitan dg data penelitian terkadang akan ditemui kesulitan, namun bagaimana kita dapat menyiasatinya semoga unt penulisan skripsi nanti tidak lagi njlimet tp akan selalu ditemui kemudahan2 kedepannya

  35. christian
    untuk mengolah data pada dasarnya itu mudah tapi bagi banyak orang yang jarang memasukan data pada komputer atau internet pasti sulit,tapi dengan belajar pasti dapat mempercepat dapat mengolah data.berbagai banyak program untuk memasukan data,tapi kini pasti sudah di permudah…jadi banyak orang pasti dapat memasukan dengan cepat dan tidak binggung.

  36. Saya setuju sekali dengan kata” ibu di awal” artikel. kebanyakan dan faktanya memang benar. kalau uda mendengar Bistic saja rasanya uda berat banget. itu terjadi juga pada saya. tapi satu hal yang sayang senang dengan apa yang ibu katakan. bahwa “sepanjang ada kemauan dan motivasi diri untuk belajar pasti akan mudah kita lalui”. dan saya harap setiap pertemuan ibu bisa menyuntikan motivasi lebih lagi kepada mahasiswa agar mereka dan saya bisa terpacu untuk MENAKLUKAN mata kuliah ini, dan lulus dengan nilai yang memuaskan. saya mohon kerja samanya ya bu.

  37. Assalamualaikum ibu yuyuk…..
    Alhamdulilah ya ( gaya syahrini ) saya di matakuliah ini bertemu dengan ibu sebagai dosen matakuliah busines statistic II semoga di perkuliah saya mendapatkan kelancaran dalam mempelajari mata kuliah yang ibu ajarkan….

    kalau menurut saya tentang data itu memang agak sedikit sulit untuk di pahami/ dimengerti tetapi menurut saya untuk mendapakan data yang sesuai dengan keinginan kita harus mecari data yang benar-benar terpercaya dari sumbernya sehingga mendapatkan data yang akurat untuk selanjutnya kita bisa meinformasikan dengan baik dan benar…..

    Mungkin itu komentar saya maaf kalau ada yang kurang nyambung ini juga lagi merifress otak bu#efekliburan panjang otak agak lupa2 ingat harap d maklumin ya…..terimakasih

  38. Good Noon,

    data lagi data lagi, kebanyakan mahasiswa sering patah semangat kalo sudah berhubungan dengan data-data.. Memang memahami data itu gampang² susah seperti kata ibu, perlu ketelitian dan ketekunan agar hasilnya maksimal.

    setelah baca kanan kiri ternyata data itu menarik juga, apalagi data statistika, ternyata di Indonesia ada tempat berkumpulnya data² statistika yaitu Badan Pusat Statistik (BPS), bayangin data² yang ada di sana ~_~ bisa mumet liatnya 🙂

    by the way,
    semangat kuliah statistic nya, baik yang ngajar juga yang di ajar 🙂

    sekian dan terimakasih

  39. assalamualaikum bu yuyuk??
    waduh,,saya ketinggalan untuk mampir comment nie..hehe..maaf bu…

    setelah saya mengadakan penelitian sederhana ,ternyata penghitungan dan data sangat di perlukan dalam hal ini.data dapat membantu dalam pengerjaan sebuah penetian yang saya lakukan.ternyata semua rumus yang di ajarkan bu yuyuk semuanya terpakai dan alhamdulillah hasil yang saya perloleh memberikan keuntungan yang lumayan besar untuk saya,bu….

    begini bu.sebelum memulai kuliah Bistik 2..mohon sedikit di jelaskan tentang alur ceritanya seperti yang bu yuyuk lakukan saat saya pertama kali ikut dalam kuliah bu yuyuk..walaupun sekarang sudang engga..Mohon di jelaskan apa saja yang di ajarkan untuk bistik2 ini?
    kita di ajak untuk mengerti apa saja????
    terima kasih bu yuyuk.
    assalamualaikum

  40. Assalamualaikum Wr Wb Bu Yuyuk saya Danang Dwi Putranto NPK : 31114
    Saya mau berkomentar tentang data itu apa dan bagaimana
    Dan penjelasan saya mengenai data adalah sebagai berikut :

    1.Data
    Segala sesuatu yang diketahui atau yang dianggap,data tersebut dikumpulkan kemudian diolah,kemudian disajikan,kemudian dianalisis berkaitan dengan tujuan pengumpulan data agar kesimpulan yang di dapatkan tidak salah ( sesuai dengan maksudnya ) maka data yang dikumpulkan harus data yang baik.
    2.Syarat data yang baik
    a.Objektif yaitu maksudnya data yang diambil harus sesuai dengan keadaan sebenarnya
    b.Representatif artinya data yang diambil harus bisa mewakili dari mana ia berasal
    c.Up To Date artinya data yang dikumpulkan harus sesuai dengan waktu analisisnya
    d.Relevant artinya data yang dikumpulkan dengan maksud pengumpulan data harus terkait erat
    3.Analisis Data ( Ukuran Tendency Central )
    Adalah suatu ukuran yang letaknya cenderung di pusat data yang termasuk ukuran ini antara lain rata-rata hitung ( rerata ),median,modus,kuartil,dan sebagainya.

  41. Selamat pagi bu….
    Bagaimana pemilihan untuk sample data yang tepat?
    Apakah nanti akan menggunakan SPSS?
    Yang sabar ya bu..
    Saya bingung soal computer soalnya..
    Sekian bu, trimakasih

  42. Dillon
    Pemilihan sampel penelitian yang adalah sesuai denga masalah yang diangkat dlm penelt, kalo penelt tsb kuantitatif akan menggunakna grtl, untu selanjutnya kt bahas di kelas ya

  43. Putu Adi
    Waalaikum salam
    Haiiiiiiiiiiiiiiiiiii..senang skali dan trm ksh atas commentmu ya, data memang pentingdkalai dalam penelitian unt itu dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran dlm mengerjakan, sedangkan unt bisttik 2 kalo ada kesulitan ke saya ya, dan boleh copy power point saya…materi yg diajarkan mulai dari peluang sampai dengan hipotesis…slamat berkarya ya

  44. Nurani
    Waalaikum salam
    alhamdulilah jg (gaya sy sendiri) smg pemahaman sttatistik 2 berjalan dg lancar ya,,sukses slalu unt mu

  45. kalo menurut saya kita jangan berpikir susah jika belum mengetahuinya. Hanya saja
    dalam mengerjakan hal-hal mengenai data dibutuhkan ketelitian dalam mengerjakannya.

Comments are closed.