Perkaya Motivasi Diri……….

Sebentar lagi aktifitas kuliah akan dimulai, hal ini berarti semua hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran harus sudah dipersiapkan termasuk materi/bahan perkuliahan, revisi SAP, dan masih banyak lagi yang harus dipersiapkan. Rasanya sudah kangen dengan mahasiswa setelah lumayan lama libur. Harapan saya semester ini mahasiswa tambah semangat dan punya motivasi belajar yang tinggi dalam proses belajar di kampus tercinta. Karena dengan motivasi belajar yang tinggi akan sangat membantu mereka untuk terus maju dan kreatif dalam mengembangkan diri khususnya dalam belajar sehingga nilai yang diraih juga akan maksimal….chayoooooo…mahasiswa.
Berbicara masalah motivasi memang seringkali di bahas dan seringkali motivasi ini didengung-dengungkan, hal ini dimaksudkan untuk selalu membakar motivasi mereka sehingga semangat belajar menjadi lebih bagus lagi. Dalam beberapa artikel saya yang lalu sudah dibahas tentang motivasi, untuk kali ini hanya sekedar mengingat saja, apa itu motivasi? Motivasi menurut David Mc.Clelland, Abraham Maslow, Wand dan Brown bahwa motivasi adalah suatu proses pysikologis yang mencerminkan interaksi antara sikap, kebutuhan, persepsi, dan keputusan yang terjadi pada diri seseorang. Untu lebih mengarah kepada motivasi belajar, saya tertarik sekali pendapat dari Slavin (1997) adalah kemauan untuk belajar merupakan hasil dari berbagai faktor yaitu kepribadian, kebiasaan, serta karakterstik belajar siswa. Rasanya pendapat terakhir ini sangat mengena sekali untu motivasi belajar mahasiswa. Faktor kebiasaan merupakan hal yang perlu dibudayakan pada diri kita, artinya kalau budaya belajar sudah mengakar maka tidak ada kata lelah untuk selalu belajar dan belajar.

Motivasi turun, bagaimana cara mengatasinya?
Motivasi menjadi hal yang sangat “penting” bagi siswa ataupun mahasiswa untuk memperoleh hasil belajar yang lebih maksimal, seperti yang saya katakan di atas bahwa motivasi diri yang tinggi maka akan semakin menujukkan hasil belajar yang lebih baik. Untuk itu motivasi diri ini perlu terus dijaga keistiqomahannya agar terus berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Bagaimana kalau ternyata pada kondisi tertentu motivasi diri kita menjadi turun? Apa yang harus kita lakukan? Apa kita biarkan saja atau segera mencari solusi yang tepat untuk menanganinya?
Motivasi turun salah satunya karena adanya faktor kejenuhan, untuk itu perlu adanya kreatifitas dari kita untuk mengatasinya. Ada beberapa cara untuk mengatasinya, antara lain:
1.Tingkatkan rasa percaya diri.
Hal ini dapat dilakukan dengan menambah wawasan dan pengetahuan dengan mengikuti berbagai macam kegiatan seperti pelatihan, semonar, banyak membaca supaya wacana kita menjadi luas, dll
2.Pada saat motivasi turun, maka carilah teman, sahabat yang dapat memberikan masukan yang sehat sehingga motivasi kita akan bangkit lagi. Memang tidak mudah menghadapinya tapi perlu upaya dari kita untuk dapat mengatasinya. Lingkungan yang positif akan selalu mendukung motivasi kita.
3.Perlu menguatkan komitmen diri bahwa dengan motivasi diri yang kuat maka keberhasilan akan selalu menanti di depan. Selain itu kita juga perlu mencontoh pakar-pakar yang ahli motivasi untuk meningkatkan semangat kita agar tidak turun.
4.Dan masih banyak lagi yang dapat disampaikan monggo kalu mau menambah…..

Tetapi bagaimana dengan fungsi motivasi dalam pembelajaran? Menurut pendapat dari Angkowo dan Kosasih (2007) ada 3 faktor yaitu:
1.Mendorong manusia untuk berbuat sehingga motivasi berfungsi sebagai penggerak atau motor yang melepaskan energi
2.Menentuan arah perbuatan, yakni ke arah tujuan yang hendak dicapai
3.Menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan – perbuatan yang harus dijalankan guna mencapai tujuan yang dimaksud dan mengesampingkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat.

Hal di atas sudah sangat jelas sekali bahwa motivasi akan mendorong kita menjadi lebih maju dengan memfokuskan atau mengkosentrasikan pada kegiatan yang kita lakukan dan berusaha mengesampingkan hal-hal yang tidak perlu dilakukan, karena hal ini justru akan sangat mengganggu apa yang akan kita raih.

Bagaimanakan kita sebagai guru atau dosen dapat memberikan motivasi kepada siswa atau mahasiswa?  Menurut Salisbury (1996) ada dua cara guru untuk memberikan motivasi kepada siswa yaitu:
1.Meningkatkan mutu pembelajaran.
Untuk tujuan itu diperlukan 5 macam tknologi mendasar yaitu: berpikir sistematik, desain sistem, ilmu pengetahua yang bermutu, manajemen perubahan, da teknologi pembelajaran
2.Mempengaruhi harapan siswa
Siswa percaya bahwa keterlibatan mereka dalam prose pembelajaran dapat mengantarkan dirinya pada keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan serta sistem nilai mereka sebagai pribadi.
Dalam artikel yang ada di forum pembaharu dinyatakan bahwa selain guru, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar. Hal ini seiring yang diungkapkan oleh Bligh (1971) dan Sass (1989), motivasi siswa dalam belajar dipengaruhi oleh :

  1. Ketertarikan siswa pada mata pelajaran.
  2. Persepsi siswa tentang penting atau tidaknya materi tersebut
  3. Semangat untuk meraih pencapaian
  4. Kepercayaan diri siswa
  5. Penghargaan diri siswa
  6. Pengakuan orang lain
  7. Besar kecilnya tantangan
  8. Kesabaran
  9. Ketekunan
  10. Tujuan hidup yang hendak siswa capai

Terima ksih dan semoga bermanfaat………………..

                      41 thoughts on “Perkaya Motivasi Diri……….”

                      1. ANDA SELALU PUNYA ALASAN UNTUK BERSYUKUR

                        Kalau anda tidak bersyukur atas hidup anda,
                        maka hidup akan “mensukurkan” anda.

                        Bagi orang yang sedang sakit, tentu berharap Tuhan memberinya kesehatan. Bagi orang yang menganggur, berharap Tuhan memberinya kehidupan. Bagi orang miskin, berharap agar Tuhan memberinya uang. Bagi orang yang sedang patah hati, berharap agar Tuhan berkenan memberi pacar baru.

                        Hampir bagi semua orang selalu ada saja yang diharapkan. Selalu semua orang ingin mendapatkan sesuatu yang belum dimilikinya. Hampir tidak orang yang merasa cukup. Kalau anda ingin Tuhan memberi kepada anda, maka Tuhan pun ingin agar anda mensyukuri dulu apa yang sudah Tuhan berikan !!!

                        Kalau orang terus-terusan mengeluh, seolah Tuhan tidak memberinya apa-apa. Orang jadi lupa akan apa yang sudah dimiliki karena ingatannya melulu kepada apa yang belum dimiliki. Orang menjadi miskin bukan karena Tuhan membuatnya miskin tetapi karena orang itu sendiri yang lupa akan kekayaannya.

                        RAHASIA HIDUP ANDA # 2

                        BERSYUKURLAH KEPADA TUHAN ATAS APA SAJA YANG ADA PADA DIRI ANDA DAN APA SAJA DI ALAM RAYA INI. SYUKURILAH KEADAAN ANDA SEPERTI APA ADANYA SEKARANG INI. SEKALIPUN ANDA SEDANG SAKIT, ATAU SEDANG TIDAK PUNYA UANG, ATAU SEDANG KEDUA-DUANYA TERJADI. SELALU ADA ALASAN UNTUK BERSYUKUR KEPADA TUHAN, DALAM KEADAAN BAGAIMANAPUN ANDA SEKARANG INI.

                        Kalau anda bersyukur kepada Tuhan, itu bukan untuk Tuhan kepentingannya, tetapi hanya untuk diri anda sendiri. Tuhan sama sekali tidak diuntungkan dengan syukur anda. Demikian juga Tuhan tidak dirugikan dengan anda tidak mau bersyukur.

                        Pikiran kita ini bekerja seperti mesin pencari di internet. Di dunia maya terdapat berbagai macam data dan informasi. Tetapi yang akan di layar monitor anda hanyalah yang sesuai dengan kata yang anda entry kan melalui program pencarian. Bagi hal yang tidak sesuai dengan kata yang anda masukkan tentu tidak akan muncul di layar monitor anda.

                        Kalau anda klik kata keluh kesah, maka yang muncul adalah ribuan data dan informasi yang mendukung keluh kesah anda. Dan sebaliknya, kalau anda pancing dengan kata yang positif maka muncullah segala hal positif yang sejenis di layar monitor anda.

                        Dengan klik kalimat syukur anda mendatangkan hal-hal yang patut untuk disyukuri ke dalam hidup anda. Di hidup ini yang baik itu banyak dan yang jelek itu banyak. Tinggal anda mau klik yang mana ??

                        Kalau anda mau bersyukur selalu saja ada yang patut untuk disyukuri dalam hidup anda. Kalau anda ingin mengumpat, tentu saja selalu ada hal yang patut dijadikan bahan umpatan. Tetapi resikonya adalah mana yang anda tombol, itulah yang akan mengepung anda.

                        Kalau anda ingin mendatangkan keberuntungan hadir ke dalam layar hidup anda, bacalah kalimat renungan di bawah ini sesering mungkin di dalam berbagai kesempatan di mana anda bisa rileks.

                        RENUNGAN

                        Aku ada. Segala yang pada diriku ini adalah nikmat. Aku bernafas bersama angin yang melintas dan beredar ke seluruh permukaan bumi. Aku bernafas bersama pohon-pohon dan segala yang hidup. Aku ada utuh bersama segenap alam semesta. Aku merasakan tubuhku bergetar halus seperti sebuah mesin yang hidup. Aku bergetar bersama semua atom yang bergetar. Aku hidup, dan hidupku ini nikmat karena dengan hidup ini maka aku ada di sini bersama dengan segala yang ada.

                        Aku ada disini menjadi saksi, menjadi bukti akan nikmat besar yang diciptakan oleh Tuhan. Betapa indahnya karunia Tuhan ini. Jantungku berdetak sendiri, dan terus berdetak tanpa henti. Nafasku mengalir sendiri seirama harmoni alam semesta. Jauh di kedalaman rasa hati aku merasa detak jantungku dan hembusan nafasku terhubung dengan sumber hidup yang hakiki. Jauh sekali tak tergapai, tetapi rasa meyakinkan dan sangat nyata bahwa aku ada karena Tuhan yang Maha Ada.

                        Setelah itu ingatlah segala yang baik yang anda miliki dan pengalaman baik yang anda alami. Dan kemudian bayangkan hal-hal yang anda inginkan, rasakan seolah-olah telah terjadi dan kemudian serahkan semuanya kepada Tuhan agar benar-benar terjadi pada waktunya nanti.

                      2. Selamat malam bu yuyuk,saya sangat senang dengan artikel tentang motivasi ini,seperti yang kita ketahui motivasi dalam diri seseorang sering tidak stabil kadang dalam posisi naik kadang turun.Dari artikel ini saya dapat ilmu untuk meningkatkan motivasi bila motivasi kita dalam keadaan turun yang sangat mempengaruhi kita dalam menjalankan aktivitas.Motivasi dalam belajar sangat menjadi masalah penting yang sering saya rasakan baik dirumah ataupun dalam kelas perkuliahan,dari artikel ini disebutkan bagaimana cara seorang dosen atau guru untuk menambah motivasi belajar bagi mahasiswa ataupun muridnya agar motivasi untuk belajar menjadi lebih semangat.terimakasih.

                      3. BERPRINSIP : “ MENGELUH ITU DOSA “

                        “ Kalau anda tidak berbuat salah itu benar,
                        maka kalau anda tidak berbuat benar itu salah “

                        Kalau tiba-tiba kepala anda terasa pening, itu adalah sinyal. Anda sedang mengalami gangguan fisik akibat adanya sesuatu yang tidak semestinya. Mungkin saja itu adalah gejala masuk angin karena anda terlambat makan. Tubuh anda dapat bereaksi dalam bentuk ketidakwajaran atau sakit ketika sesuatu yang salah sedang dialami oleh tubuh. Seperti halnya diare karena makanan yang tidak cocok.

                        Sebagaimana tubuh, jiwa pun demikian. Apabila ada hal yang tidak wajar terjadi dalam jiwa anda, jiwa pun bereaksi terhadap hal itu. Bisa dalam bentuk kegelisahan, mudah marah, sedih, kehilangan gairah dan lain sebagainya.

                        Bagaimana kondisi mental anda sekarang ini ?? Apakah anda cukup bersemangat ? Apakah anda merasakan bahwa segala sesuatu berjalan dengan baik hari ini ? Apabila ada hal yang sedang mengganggu kondisi mental anda, itu tandanya ada hal yang tidak selaras atau terjadinya hal yang tidak wajar.

                        Tuhan memberikan karunia yang istimewa dalam tubuh dan jiwa kita berupa sinyal-sinyal yang tidak mengenakkan apabila kondisi kita salah. Secara fitrah kita semua ini dalam kondisi sehat secara fisik sehingga terasa nyaman, dan bahagia secara mental sehingga dapat menjalani hidup dengan damai dan mengalir. Apabila suatu hal yang negatif kita lakukan, maka secara otomatis tubuh dan jiwa kita memberi sinyal gangguan berupa sakit fisik atau mental.

                        Kalau hari ini anda sedang susah dan tidak bisa menguasai diri, atau merasa kurang nyaman bertemu orang, barangkali anda anda kurang percaya diri dan optimis untuk menghadapi tantangan hidup. Anda tidak selaras. Ada sesuatu yang salah, segera hubungi dokter pribadi anda.

                        RAHASIA HIDUP ANDA # 3

                        BERSEDIH HATI ITU DOSA, SAMA BESARNYA DENGAN MARAH. BERKELUH KESAH ITU DOSA, SAMA DOSANYA DENGAN SOMBONG. TUHAN MEMBUAT HIDUP KITA INI BAIK, SAMA BAIKNYA DENGAN BENTUK TUBUH KITA. MESTINYA KITA SEMUA BAHAGIA, KALAU TIDAK ITU BERARTI DOSA. SETIAP ADA HAL YANG TIDAK MENGENAKKAN SAATNYA UNTUK INSTROPEKSI DIRI,
                        SOMETHING WRONG ???

                        Lihatlah awan putih di langit. Paduan serasi harmoni alam tampak di sana. Siluet putih berpadu biru langit. Menawan mata memandang, menakjubkan hati yang merasakan. Gunung hijau berbulu sutra, bermahkota matahari terangi cuaca. Di saat yang bersamaan satwa pesta pora buah dan bunga aneka warna. Saat senja tiba, matahari tinggal hampir separuh seolah tinggal bertengger diantara dahan dan ranting, langit menyalakan obor untuk menyambut malam. Merah saga di angkasa dan kelelawar ramai beterbangan tiba giliran jaga di waktu malam. Betapa indahnya harmoni semesta.

                        Seindah itu pula jiwa kita. Hati tenteram karena suka cita menghias hari-hari indah penuh pengalaman dan romantika kehidupan yang seringkali tak terduga. Hati damai penuh aroma syukur atas kemesraan dengan sang penguasa jiwa. Waktu-waktu terbuka dengan segala macam pilihan memberi gairah hidup agar tetap menyala. Kehidupan adalah harmoni yang sangat mengesankan. Tetapi apabila kita berbuat salah maka akibatnya adalah kekacauan. Keindahan itu semua hanya tangan manusia yang membuatnya ternoda.

                        Alam yang indah berubah karena longsor, sebab hutan-hutan di bikin gundul oleh tangan-tangan yang salah. Hati ini tenteram dan damai dalam rumah jiwa, tiba-tiba terkoyak dan panik karena nafsu serakah. Harmoni dalam pergaulan tiba-tiba ternoda karena ambisi dan permusuhan. Kalau bukan karena dosa dan kesalahan hidup ini pastilah tetap indah.

                        RENUNGAN

                        Coba renungkan sejenak hari ini di waktu menjelang tidur anda. Berapa kali di hari ini pikiran negatif masuk secara sengaja maupun tidak sengaja ke dalam pikiran anda. Pikiran negatif seperti racun yang masuk ke dalam mulut anda. Betapa hari ini anda telah dikacaukan oleh pikiran negatif itu, putar kembali film anda di hari ini. Bagaimana perasaan anda melewati episode demi episode di sepanjang hari? Berapa kali anda merasa kecewa, marah, sedih, putus asa, mengeluh dan lain sebagainya ?. Betapa hal itu telah merusak ketenteraman jiwa anda. Selanjutnya periksa kata-kata yang anda gunakan dalam percakapan anda di hari ini. Adakah kata-kata yang berenergi negatif yang dapat merusak mental syukur di alam bawah sadar anda ?.

                        Tarik nafas yang dalam, tahan beberapa hitungan di dada sambil anda berusaha mengingat racun mental yang telah terlanjur masuk ke dalam jiwa anda. Dan kemudian lepaskan nafas anda sambil membuang racun-racun mental yang ada. Lakukan beberapa kali sampai anda merasa kembali bersih. Selamat tidur dan mimpi yang indah.

                      4. ya betl tdk hanya kamu yg mengalami naik dan turunnya motivasi termasuk sy jg pernah mengalaminya untk itu perlu dimaintance spy tetep stabil

                      5. Artikel ini selalu mengingatkan saya unt belajar lebih banyak ttg ibdah, terkadang kita sering mengeluh atas segala sesuatu yg menimpa kt padahal itu adalah bentuk kasih sayang dari Gusti Alloh untuk menguji kemampuan kita, untuk bagian pertama rasa sakit pening baru saja tak alami dan ini mungkin sinyal dari Alloh untuk slalu interopsi diri…waduh masih banyak yg hrs dipelajari…trm ksh kawan atas artikelle

                      6. Motivasi..
                        Seorang yang luar biasa adalah orang biasa yang melakukan hal-hal yang luar biasa.
                        motivasi bisa berguna di semua kegiatan kita, kalau kita bekerja di suatu perusahaan maka motivasi bisa meningkatkan kinerja kita yang otomatis bisa mewujudkan tujuan perusahaan.
                        motivasi bisa kita dapat dari lingkungan terdekat misalnya keluarga, pada saat motivasi saya turun maka keluargalah yang menjadi inspirasi dan penyemangat dalam menjalankan kegiatan/pekerjaan, bukan hanya keluarga tapi juga datang dari para sahabat tentu apalagi dari orang yang kita sayangi (N) yang selalu mensupport saya tanpa henti-henti malah lebih semangat lagi.

                      7. kayaknya menurutmu motivasi ini adalah segala-galanya ya…oke boleh aja unt itu perlu mantaince motivasi diri agar menjadi bdaya kita dalam kehidupan sehari-hari

                      8. Tulisan tentang motivasi ini sangat bermanfaat bagi saya dan bagi orang lain yang membaca.
                        motivasi memang sangat diperlukan untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa motivasi sesuatu yang kita kerjakan pasti hasilnya kurang sempurna.
                        Terimakasih bu karena dengan adanya tulisan motivasi ini dapoat membantu saya untuk lebih semangat lagi untuk kuliah terutama untuk mengerjakan tugas-tugas yang di berikan oleh dosen meskipun tugasnya banyak dan cukup sulit,tp saya akan berusaha.

                      9. selamat sore bu..
                        benar2 sangat menarik tulisan blog tentang perkaya motivasi diri ni bu..
                        sangat bermanfaat bagi saya..
                        saya sangat setuju klo memotivasi diri adalah hal yg sangat penting dalam menjalani hidup di dunia,karna seperti yg kita tau bahwa dunia ni semakin maju dalam sagala aspek kehidupan untuk itu jika kita ingin bersaing di era globalisasi ni sangatlah perlu untuk selalu memotivasi diri sehingga kita tidak mudah putus asa dan dapat mencapai cita2 kita menjadi orang2 yg sukses dan mampu bersaing..karna dengan memotivasi diri kita akan memiliki kekuatan atau semangat baru untuk menjalani setiap kewajiban dan aktivitas dalam kehidupan..tidak hanya itu,saat kita memiliki motivasi diri yg sangat baik maka kita akan memiliki cara pandang yg baik dan slalu berpikir positif..

                      10. iya saya setuju bu, kalau kita memang harus memperkaya diri kita dengan motivasi. terutama dalam masa-masa sulit dimana kita mulai menghadapi aktivitas yang sangat banyak… dan pada saat kita mengalami sebuah kegagalan, kegalan itu akan menghancurkan motivasi kita untuk terus maju dan akan menjadi sangat sulit untuk kita dapat bangkit kembali jika kita tidak punya motivasi yang tinggi untuk menghadapinya. tapi apabila kita mampu menghadapi kesulitan/ kegagalan kita itu menurut saya kita akan melaju pada level motivasi yang lebih tinggi…

                      11. menurut saya,memang sangatlah penting kita memperkaya motivasi diri karena dengan kita memiliki motivasi diri yang baik kita akan selalu memilki semangat baru untuk melakukan segala aktivitas dan kewajiban kita khususnya sebagai mahasiswa/i..dengan motivasi yang baik kita akan dapat memandang ke depan dgn positif dan slalu berusaha untuk jauh lebih baik dari sebelumnya dan tidak berputus asa..selain itu,dalam mengejar cita2 kita akan jauh lebih optimis dan percaya diri dalam bersaing baik dperkuliahan maupun di dunia kerja..

                      12. iya saya setuju bahwa kita memang harus memperkaya diri kita dengan motivasi. Terutama pada saat kita menghadapi aktivitas yang berat dan juga kegagalan dalam aktivitas kita. Dengan motivasi diri yang besar kita akan dapat menyelesaikan aktivitas kita yang berat itu serta dapat keluar dari kegagalan yang kita alami seta menjadikan kegagalan itu sebagai motivasi yang tinggi untuk dapat mencapai keberhasilan, dengan itu kita akan dapat melaju pada level motivasi yg lebih tinggi…………

                      13. selamat malam buu.. 🙂
                        menurut saya tiap orang memang memerlukan motivasi agar kinerja mereka tetap stabil atau kalau bisa lebih dari biasanya..
                        motivasi bisa muncul dari orang terdekat atau dari dirinya sendiri..
                        motivasi juga harus diimbangi dari kemauan diri sendiri untuk bisa selangkah lebih baik dalam studi atau pekerjaan mereka..

                      14. Motivasi….. ini pengertian motivasi menurut saya: sebuah dorongan positif dalam diri yang muncul untuk berbuat sesuatu ke arah yang lebih baik atau kemauan yang muncul secara alamai dalam diri tanpa orang lain yang memberi perintah.. jadi kalau menurut saya motivasi bagi diri saya itu lebih baik muncul dengan sndirinya dalam diri saya untuk saya lakukan.. bukan karena harus di marahin atau di paksa – paksa orang lain untuk kita berubah.kan sasuatu yang di paksakan itu tidak baik jadi mending di lakukan dengan tulus dan ikhlas… ini sedikit comment dari saya smoga bermanfaat…

                      15. saya setuju bu bahwa motivasi memang merupakan hal yang penting.. tp kenapa yaa bu susah buat membangun motivasi diri sendiri?? ada ajaa halangannya yg membuat motivasi turun..

                      16. iya saya sangat setuju dengan pernyataan ibu di atas^^ karena dengan adanya motivasi dapat mendorong untuk mencapai goal(cita-cita) yang diinginkan dan tentunya menurut saya sebuah motivasi harus sudah ter mindset dalam pikiran atau otak kita agar tidak mudah putus asa atau goyah jika mennghadapi sebuah halangan,,:)

                      17. Ehmmm… saya sangat terkesan dengan artikel ini..
                        Menurut saya, artikel tentang “PERKAYA MOTIVASI DIRI” ini sangat bagus untuk menjadikan diri kita semakin maju dan berkembang untuk menjadi yang lebih baik lagi.

                      18. I like this bu ^^,,,,,
                        menurut saya motivasi sangatlah penting bagi kita guna meraih apa yang kita inginkan,,,namun pada suatu kondisi tertentu motivasi juga mengalami naik turun dan itu adalah hal yang wajar,,,naik turun itu biasanya disebabkan oleh beberapa faktor baik dalam diri kita ataupun luar seperti lingkungan,,,sehingga kita harus menjaga motivasi kita agar tetap stabil.

                      19. Menurut saya artikel ini cukup menarik.. memberikan motivasi para mahasiswa, memberikan pandangan untuk kedepannya yang lebih baik lagi dalam mencapai tujuan yang diinginkan. motivasi ini bisa membangkitkan semangat para mahasiswa, dan mungkin saya sendiri agar lebih semangat dan semakin maju lagi..

                      20. terimakasih bu,saya memang butuh motivasi,apalagi saya sudah tertinggal
                        memang berat sih,tapi untung nya ada teman yang mendorong saya sekaligus manjadi motivasi saya untuk maju, dia berkata “gpp terlambat, belum tentu mereka yang duluan bakal dapat job yang enak,inti nya kamu harus semangat untuk selesai’in kuliahmu,aku dukung penuh dah,toh kalo rejeki ga lari kemana2”
                        gitu bu kata dia

                      21. kalo motivasi turun gara2 masalah keluarga gimana bu cara mengatasinya?……….
                        kan bisa juga berpengaruh sama pelajaran,,,,,

                      22. eko widodo
                        Motivasi naik turun itu hal yg biasa, sekarang bagaimana kita dapat memange spy dapat mementaince sehingga motivasi terus terjaga, dan satu lagi jangan lupa slalu erdoa, krn manusia dalam menyeleaian masalah tdk lepas dari Gusti Alloh

                      23. Sastra
                        Datangnya motivasi itu bisa dari dalam jg dari luar,apa yg kamu alami adalah dtgnya dari luar (lingkungan). Tentunya kamu harus bertemia kasih banyak atas saran dan nasehat temanmu, krn sarannyalah dirimu bs bangkit kembali…ayo maju terus dan selesaikan kuliah dengan baik ya ingat orang tuamu…….

                      24. Merina Handayani
                        oke trm sh semoga ulasan saya dapat membuat dirimu semakin bangkit dan punya motivasi yg tinggi dalam belajar..chyaoooo

                      25. Dewi A
                        Hehehhe…ayo bangkit sayang jangan terhanyut oleh keadaan dan jangan turuti hal2 yang membuat motivasi kita jadi rendah, bayangkan saja dg motivasi tinggi ada yg slalu menunggu keberhasilan kita yaitu orang tua kita, yg slalu berharap kt bs selesai tepat waktu…chayooo

                      26. menurut saya motivasi agar mahasiswa nya sendiri untuk lebih giat lagi untuk belajar yaitu dari dosen nya sendiri bagaimana memberikan mata kuliah atau penjelasan materi nya, karena terkadang mahasiswa jarang masuk atau pun tidak semangat karena dosen pada saat menjelaskan tidak menyenangkan. sekarang saya berharap ibu Yuyuk bisa memberikan materi secara baik agar mahasiswa na semakin termotivasi untuk belajar…sekian masukan dari saya…terimakasih

                      27. Motivasi…Motivasi…
                        Menurut saya setiap orang bagaimanapun hebatnya dia, pasti memerlukan sebuah motivasi di dalam mencapai suatu tujuan dalam hidupnya. Saya sangat tertarik membaca artikel ini karena artikel ini dapat memacu setiap mahasiswa untuk melakukan yg terbaik demi mencapai mimpi kita semua…
                        Terima Kasih ya Bu… Sekarang saya memiliki pandangan untuk dapat selalu meotivasi diri saya sendiri untuk dapat melakukan yang terbaik. Karena kunci sukses kita awalnya berasal dari motivasi dari diri kita sendiri.. Selalu semangat mengejar mimpi.. hahahaha Terima Kasih Bu. . .

                      28. ya saya setuju bahwa kita memang harus memperkaya diri kita dengan motivasi. Terutama pada saat kita menghadapi aktivitas yang berat dan juga kegagalan dalam aktivitas kita. Dengan motivasi diri yang besar kita akan dapat menyelesaikan aktivitas kita yang berat itu serta dapat keluar dari kegagalan yang kita alami seta menjadikan kegagalan itu sebagai motivasi yang tinggi untuk dapat mencapai keberhasilan, dengan itu kita akan dapat melaju pada level motivasi yg lebih tinggi…………

                      29. Sebuah motivasi memanglah penting dlam meningkatkan semangat seseorang.. tp srgkali untuk membangun motivasi terdpat kendala entah dlam diri kita atw org lain yg mematahkan motivasi i2… arrtikel di atas sngt bgus.. bs digunakan trikx untuk meningkatkan motivasi…

                      30. David Indra
                        Unt itu perlu memelihara motivasi kita ya spy semangat belajar terus terjaga/…….chayooo

                      31. Saya setuju dengan pendapat ibu bahwa kita harus memperkaya diri kita dengan motivasi,karena dengan adanya motivasi hidup kita menjadi lebih semangat lagi. Dengan adanya motivasi segala sesuatu pekerjaan akan lebih ringan. karena motivasi merupaka modal utama untuk melakukan sesuatu.Semoga dengan adanya artikel ini mahasiswa juga lebih termotivasi untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah.

                      32. setuju banget bu dengan artikel ibu ini,,motivasi emang penting banget untuk buat kita tetep semangat mencapai harapan” kita..kadang saya berpikir klo orang lain bisa pasti kita juga bisa..dan itu ternyata cukup ampuh untuk saya bisa bangkit dan semangat lagi..hehe^^

                      33. wadduhhh, bca nich. jdi tmbahbrpkir bxk lg. mmbuat q rsax tak sanggup lg…
                        maaf klo ad kta2 slah.

                      Comments are closed.