Akhirnya Kutemukan Juga (Bagian Ketiga)…

Berbicara masalah media pembelajaran memang tidak ada habisnya dan tidak bosan-bosan kita untuk selalu mencari perubahan dan kreatifitas dalam proses pembelajaran untuk mencapai hasil yang lebih maksimal. Untuk kali ini saya ingin berbicara mengenai tentang E-Learning. Pada tulisan saya bagian pertama dan kedua sudah saya bahas namun tidak begitu banyak, pada bagian tersebut saya lebih banyak bahas tentang blog dan edmodo, tetapi untuk kali ini saya ingin khusus membahas tentang E-Learning, yaitu tentang apa itu E-Learning, manfaat dan lain-lain. Bersamaan dengan keinginan saya untuk menulis artikel tentang E-Learning, kebetulan sekali ada mahasiswa S2 yaitu Lily Megah Sari angkatan 2008 yang menulis tentang materi ini, wak sangat klop skali.
A. Pengertian E-Learning
Menurut pendapat dari Learnframe (2001) dalam proposal Lily Megah Sari secara umum e-learning adalah semua pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan jaringan elektronik (LAN, WAN atau internet) untuk penyampaian materi, interaksi. Internet, intranet, satelit, atau video, TV interaktif dan CD ROM adalah bagian dari media elektronik yang dimaksudkan dalam katagori ini. Sedangkan menurut (Hartley, 2001) yang dimaksud dengan E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain.
Selanjutnya menurut Rosenberg (2001) e-learning merupakan salah satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran jangkauan luas yang berlandasakan 3 kriteria, yaitu:
1.    E-Larning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbarui, menyimpan, mendistribusikan dan membagi materi mengajar atau informasi
2.    Pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunkan teknologi internet yang standart
3.    Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma pembelajaran tradisional
Diharapkan dengan penggunaan metode ini akan meningkatkan kreatifitas dan mahasiswa menjadi lebih aktif dan efektif dalam proses pembelajaran sehingga interaksinya menjadi lebih bagus serta hasilnya lebih maksimal.


B. Manfaat Pembelajaran dengan E-Learning

Manfaat dari E-Learning yang saya kutip dari internet (Edufiesta, 2008) adalah sebagai berikut:
1.    Lebih mudah mendapatkan materi atau info.
2.    Bisa mendapatkan materi yang lebih banyak
3.    Pembelajaran lebih efektif dan efisien waktu dan tenaga
4.    Dapat berinteraksi langsung dengan siapapun
5.    Bisa tahu materi atau tugas lebih awal

Dalam seminar /workshop guru yang disampaikan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Univeritas Al Azhar Indonesia bahwa manfaat E-Learning dipandang dari 2 sudut yaitu: 1) Bagi pengajar (dosen/guru); 2) Bagi siswa/mahasiwa.
Bagi Pengajar:
Dengan adanya kegiatan e-Learning manfaat yang diperoleh guru/dosen antara lain adalah bahwa guru/dosen/ instruktur akan lebih mudah melakukan pembaruan materi maupun model pengajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi, juga dapat dengan efisien mengontrol kegiatan belajar siswanya. Jadi dosen dituntut untuk terus melakukan pembaharuan dalam proses pembelajaran yang diharapkan nantinya akan memberikan dampak positif bagi perkembangan proses belajar mengajar antara mahasiswa dan dosen
Bagi Siswa/Mahasiswa:
Dengan kegiatan e-Learning dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, kita dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Hal ini akam memberkan kemudahan bagi siswa/mahasiswa dalam belajar.
Berkaitan dengan hal di atas ada beberapa elemen penting dalam E-Learning yaitu:
1.   Informasi tentang unit-unit terkait dalam proses      belajar mengajar / transfer knowledge :
     Tujuan dan sasaran
     Silabus
     Metode pengajaran
     Jadwal
     Exercise
     Jadwal Ujian
    Daftar referensi atau bahan bacaan
2. Kemudahan akses ke sumber referensi
     Diktat
     Bahan presentasi
     Contoh ujian yang lalu
     FAQ (frequently asked questions)‏
     Sumber-sumber referensi untuk pengerjaan   tugas
     Situs-situs bermanfaaat
    Artikel-artikel dalam jurnal online
3.Komunikasi dalam ruangan
    Forum diskusi online
     Mailing list diskusi
     Papan pengumuman yang menyediakan informasi (perubahan jadwal,informasi tugas dan     deadline-nya)‏
4. Penilaian
     Kuis
    Latihan
    Tugas
    Ujian
Terima kasih semoga bermanfaat………………….

7 thoughts on “Akhirnya Kutemukan Juga (Bagian Ketiga)…”

  1. Saya sangat setuju dengan blog ibu. Memang di dunia yang modern sperti ini kita harus ramah dengan teknologi. Pembelajaran ddengan menggunakan teknologi lebih memudahkan kita untuk mencaritugas-tugas yang di berikan oleh dosen. dan dapat mempermudah kita untuk berkomunikasi dengan dosen untuk menayakan tentang tugas-tugas atau materi yang tidak kita mengerti. selain itu kita tidak perlu repot-repot untuk menacari-cari dosen apalagi mungkin ada dosen yang sulit untuk kita temui. jadi pembelajaran dengan e-learning sangat bermanfaat.

  2. menurut saya pembelajaran E-Learning sangat efektif.karena siswa lebih mendapatkan lebih banyak ilmu pengetahuan daripada pembelajaran secara text book aja.selain itu dengan E-Learning bisa mengurangi titik kebosanan yang biasanya dialami oleh siswa dalam proses belajar.dengan demikian siswa tidak hanya bisa mengerti tentang materi mereka tapi juga mereka lebig paham tenteng teknologi, yang pada intinya sangat berperan penting bagi kemajuan mereka guna menyongsong masa depan.

  3. menurut saya belajar E-Learning sangat perlu dan memudahkan kita untuk belajar. serta membuat kita lebih mengenal dan lebih dekat dengan teknologi.

  4. Nice bu… 🙂
    Yang dapat saya simpulkan dari pemaparan ibu di atas tadi E-Learning sangat bermanfaat dan efektif untuk di gunakan dalam kegiatan mengajar. karena informasi maupun materinya dapat kita terima dengan cepat dan salah satu kelebihannya dapat mengurangi kebosanan..wah sangat inspiratif banget bu.. soalnya saya juga termasuk orang yang cepat bosan…. 🙂 “Dengan kegiatan e-Learning dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, kita dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Hal ini akam memberkan kemudahan bagi siswa/mahasiswa dalam belajar”… wah apa lagi kalimat ini bu.. sangat memudahkan karena g perlu bolak balik k tempat foto copy 🙂 tangkiu bu…

  5. Henny M
    Iya memang dengan metode tsb akan lebih menyenangkan buat mahasiswa artinya materi yg diberikan tidak membuat kita jd bosan….tx ya

  6. Saya setuju dengan pendapat ibu dengan adanya e-learning tersebut proses belajar akan lebih menyenangkan dan akan lebih mudah. Sebagai mahasiswa dengan tugas yang cukup banyak akan sangat terbantu dengan adanya e-learning tersebut, contohnya dengan adanya edmodo kita bisa mengetahui nilai kita,tugas yang di berikan dosen, dan bahkan kita dapat berkomunikasi secara langsung dengan dosen. Hal itu memudahkan kita sebagai mahsisiwa karena selain pembelajaran lebih efektif dan efisien kita juga dapat menghemat waktu waktu dan tenaga. Oleh sebab itu kita harus lebih ramah lagi dengan yang namanya teknologi.

Comments are closed.