Akhirnya Kutemukan Juga (Bagian Kedua)….

Pada tulisan saya bagian pertama mengulas tentang media pembelajaran yaitu betapa sangat berartinya blog, edmodo, dan E-Learning dalam proses belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa. Selain itu media tersebut sangat memudahkan mahasiswa untuk berkomunikasi dengan dosen dan semakin meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam menulis. Untuk bagian ke dua ini, saya ingin mengulas apakah media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Namun sebelumnya saya ingin membahas tentang hasil belajar. Tetapi apakah yang dimaksud dengan belajar itu?
Pengertian belajar menurut pendapat dari Bell Gredler (1986) dalam buku Angkowo dan Kosasih (2007) adalah belajar sebagai proses memperoleh berbagai kemampuan, ketrampilan dan sikap. Belajar merupakan tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif. Sedangkan menurut Winkel (1996) belajar berart perubahan tingkah laku atau penampilan, dengan serangkaian kegiatan, misalnya membaca, mengamati, mendengarkan dan meniru. Belajar akan lebih efektif apabila si pembelajar melakukannya dalam suasana yang menyenangkan dan dapat menghayati obyek pembelajaran secara langsung.

Sedangkan tujuan pembelajaran secara umum ada 3 menurut Theo Riyanto (2002):
1.Untuk mendapatkan pengetahuan
2.Untuk menanamkan konsep pengetahuan
3.Untuk membentuk sikap dan kepribadian

Berkaitan dengan proses belajar tentu saja kita juga harus tahu faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa (Angkowo dan Kosasih, 2007) yaitu:
1.Dari dalam diri siswa
Menyangkut kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Karena dalam diri siswa juga menyangkut tentang motivasi, sikap, kebiasaan belajar, ketekunan, kondisi ekonomi, kondisi fisik dan psikis.
Tanpa adanya motivasi yang tinggi maka tidak akan tercapai hasil belajar yang maksimal. Untuk itu perlu adanya semangat, motivasi dll yang tinggi dari diri siswa yang diharapka nantinya akan diperoleh hasil yang lebih bai lagi
2.Dari luar diri siswa atau faktor lingkungan
Faktor utama dari luar siswa adalah kualitas pengajaran yaitu tinggi rendahnya atau efektif tidaknya proses pembelajaran dalam mencapai tujuan instruktusional. Sedangkan menurut pendapat dari Bloom ada 3 variabel utama dalam teori belajar di sekolah yaitu: karakteristik individu, kualitas pengajaran, dan hasil belajar siswa.

Selain itu menurut pendapat dari Caroll hasil belajar siswa dipengaruhi oleh 5 hal, antara lain:
1.Faktor  bakat belajar
2.Faktor waktu yang tersedia untuk belajar
3.Faktor kemamapuan individu
4.Faktor kualitas pengajaran
5.Faktor lingkungan

Sedangkan penelitian yang dilakukan oleh Asnewati menyatakan bahwa pembelajaran di kelas dapat dilakukan secara efektif apabila dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.Iklim belajar di kelas
2.Strategi dan manajemen pendidikan untuk menghadapi dan menangani siswa
3.Pemberian umpan balik dan penguatan
4.Peningatan diri yang meliputi kemampuan dalam menerapkan kurikulum, menggunakan metode pengajaran yang relevan (Siberman, 2002)

Nah, sekarang apakah media pembelajaran yang kita pakai di kampus tercinta tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa? Berdasarkan proses belajar mengajar yang saya lakukan di setiap kelas yang saya ajar maka media tersebut sangat efektif sekali dalam menunjang hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai yang diraih oleh mahasiswa sebagian besar memperoleh nilai A pada semester genap 2011. Berkaitan dengan media blog, mahasiswa lebih kreatif dan inovatif dalam menulis. Hal ini terbukti dalam setiap tulisan mereka di blog hasilnya sangat memuaskan sekali. Selain itu hal yang tidak dapat saya lupakan adalah dengan kemahiran menulis maka pada saat liburan kuliah mereka masih mengisi waktunya dengan menulis di blog. Sedangkan media edmodo, sangat memudahkan komunikasi dengan mahasiswa, sehingga informasi apapun juga akan diserap dengan cepat oleh mahasiswa. Penelitian serupa juga dilakukan oleh Asnewati menyatakan bahwa media pembelajaran sangat mempengaruhi peningkatan prestasi belajar siswa yaitu pada mata mata pelajaran sejarah. Besarnya pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 40%. Untuk itu tidak ada salahnya kita sebagai guru ataupun dosen sebaiknya untu lebih meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan media pembelajaran agar diperoleh prestasi belajar yang lebih meningkat lagi. Selain itu dengan media seperti ini dapat menghindarkan kebosanan pada mahasiswa, karena ada media yang lebih menarik dan interaktif dalam belajar, dapat meningkatkan semangat dan motivasi mahasiswa dalam belajar, serta meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah.
Terima kasih semoga bermanfaat………………..

4 thoughts on “Akhirnya Kutemukan Juga (Bagian Kedua)….”

  1. Media pembelajaran memang sangat menunjang dalam meningkatkan prestasi belajar.Sudah menjadi kewajiban bagi para pengajar untuk membuat siswanya mengerti serta menyenangi media pembelajaran tersebut, sehingga siswa tidak merasa bingung dan terbebani apabila diberikan tugas-tugas..
    Tapi yang paling penting adalah bagaimana siswa bisa memotivasi dirinya untuk berprestasi..
    Sampai sekarang, mungkin hal tersebut yang masih susah untuk dibangkitkan bagi beberpa kalangan siswa termasuk saya sendiri.
    Terima kasih bu,artikel ini membuat saya sadar betapa pentingnya motivasi itu.

  2. setuju..
    saya juga banyak share ke mahasiswa universitas lain..
    ternyata kampus kita selangkah lebih maju..karena dalam metode pembelajaran kita, kita sudah menggunakan edmodo..
    🙂

  3. Mila Y
    Ya, memang dibutuhkan motivasi besar unt bangkit dalam belajar..unt itu butuh lingkungan yg tepat ya..smg bermanfaat

Comments are closed.