Chayooo….Semangat…..Penelitian

Semangat untuk meneliti memang perlu terus dijaga, salah satunya adalah dengan menggalakkan membaca jurnal, artikel-artikel ilmiah yang dapat mendukung kita untuk membuat penelitian. Selain itu di tempat kami dilakukan dengan membentuk study interest yaitu sesuai dengan skill masing-masing sehingga penelitiannya nanti akan terarah sesuai dengan bidangnya. Bagi saya membaca jurnal atau referensi yang mendukung penelitian harus menjadi kebiasaan (habbit). Apabila membaca sudah menjadi kebiasaan maka sangat mudah bagi kita untuk menuangkan dalam bentuk penelitian. Dengan membaca akan memberikan banyak sekali keuntungan setidaknya kita akan semakin peka dengan masalah-masalah yang timbul yang dapat dijadikan sebagai ide dalam penelitian.

Dibutuhkan semangat dan motivasi yang tinggi untuk selalu menjaga kebiasaan ini, walaupun banyak sekali kegiatan kita sehari-hari setidaknya membaca jurnal harus menjadi agenda khusus bagi kita untuk menjadi peneliti yang baik. Selanjutnya dilakukan dengan saling sharing untuk masing-masing jurnal yang kita punyai, sehingga informasi dari satu teman akan memberikan manfaat bagi teman yang lain, dan merupakan tambahan informasi ataupun tambahan ilmu bagi teman dalam satu kelompok interest tersebut, begitu dan seterusnya sehingga anggota dalam kelompok akan mendapatkan bagian untuk presentasi. Sungguh luar biasa, apabila ini terus dilakukan, tentu akan memberikan dampak yang positif bagi kita semua. Selain itu hal ini akan mengarah pada atmosfir akademik dalam bidang penelitian yang terus berkembang dan meningkat. Dengan meningkatnya atmosfir akademik akan memberikan semangat baru untuk terus meneliti dan meneliti, sehingga ke depannya akan terus mengalami peningkatan…..Amin….

Mengutip dari pendapat dari Bapa Made Sukarsa bahwa mengungkapkan untuk menumbuhkan semangat meneliti juga diperlukan beberapa hal antara lain:
1.soft skill dalam melobi
2.Berkomunikasi
3.Menggolkan ide.

Sebenarnya banyak hal yang harus dilakukan tidak hanya hal yang di atas saja, ada yang mau menambahkan…….Monggo silahkan…..dan semoga akan memberikan banyak masukan dan manfaat bagi kita semua. Dengan penelitian setidaknya juga akan menujukkan kualitas diri serta akan menambah wawasan ilmiah bagi kita semua. Mengenai bagaimana menumbuhkan ide menulis sudah saya tulis di blog saya yang sebelumnya…..

Semoga tulisan ini bermanfaat dan terus maju untuk lebih berkreasi dalam menulis dan dapat menghasilkan penelitian yang berkualitas untuk bersaing dengan mengikuti berbagai hibah penelitian. Chayooooo…teman-teman….

14 thoughts on “Chayooo….Semangat…..Penelitian”

  1. Tulisan sampeyan ini membuat saya terinspirasi dan termotivasi lagi untuk membuat penelitian. Saya ngga naik2 pangkat selama 8 tahun, gara2 ga pernah bikin penelitian hehehehe.thanks

  2. ayo ,semangat dan semngat unt gae penelitian, kok sampe lama banget to gak naik pangkat nya, waduh eman tenan lho, wis unt refresing penelitian coba dulu dg baca2 jurnal penelitian kemudian disaringkan dan mulai menulis penelitian jangan lupa diseminarkan spy kita tau letak kesalahan dari penelitian yg kita buat, sy doakan semua berjalan lancar…chayooo…maju terus untuk berkaya dalam penelitian…matur nuwun atas komentarnya ya

  3. Pada dasarnya ide penelitian itu akan ter-asa dengan seringnya kita membiasakan diri untuk memikirkan hal-hal yang sepeleh untuk diteliti…..makanya saya setuju dengan panjenengan bu…karena kalo kita udah takut gak bisa maka kita akan gak bisa…..dan ngomong2 saya punya ide penelitian yang bisa dilakukan barengan bu kalo kiranya memungkinkan…..okay salut atas pencerahannya untuk semangat meneliti…..

  4. matur nuwun bos, tp itulah yg namanya ide terkadang muncul tak disangka-sangka, asal kita selalu melakukannya dengan hati insyaaloh semua akan ada jalan…nuwun bos

  5. tambahan bu semangat dalam penelitian haruslah dilakukan oleh hati…karena melakukan peneltian membutuhkan waktu yang lebih..jadi dibutuhkan kesabaran dan keikhlasan..

  6. ternyata kamu sdh mulai menata kegiatanmu dengan hati, seamat semoga slalu dalam kegiatan dengan hati

  7. kalau menggolkan ide yang sdah matang n kreatif mgkin emang mudah, tp bgmn dengan sseorang yg ingin skli menggolkan ide yg sbnarny masih jauh dari kata matang apalgi kreatif? solusiny pa y Bu? 🙂

  8. Razif, masalah penelitian terutama metodologinya banyak tanya ke bu Yuyuk ya . . . . sekaligus untuk modal memperlancar proses penulisan skripsi.

  9. hal yg perlu dilakukan adalah cari dulu jurnal2 penelitian, baca2 artikel, buku2 yg berhubungan dengan ide2 kita baru setelah itu kita dapat menyusun proposal, judul belaknga gpp kok.

  10. ya harus banyak memaca dan membaca agar kita mempunyai wacana yang banyak tentang ide kita, bertanya sana sini berkaitan dg ide kita. saya yakin kamu bisa dan mampu

Comments are closed.