Belajar dari kegagalan…

Bangkit dari keterpurukan, kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, dan masih banyak lagi kata-kata tentang hal ini. Mudah memang untuk diucapkan tetapi bagaimana kalau dilaksanakan ..sulit atau apa? Saya kira tergantung pada diri kita, bagaimana mempersepsikan sebuah kegagalan. Tidak selamanya kita harus meratapi sebuah kegagalan, tapi bagaimana kita harus bangkit kembali dari kegagalan untuk kembali meraih keberhasilan.
Saya merasa sangat salut sekali dengan seorang teman yang banyak memberikan motivasi kepada temannya yang pernah mengalami kegagalan dalam suatu masalah. Dengan segala motivasi, semangat yang diberikan, teman saya ini mencoba untuk memberikan dukungan, dorongan, dan selalu mendampingi dalam mengembalikan  trauma yang pernah terjadi dalam hidupnya. Waduh, trenyuh sekali hati ini melihat kegigihannya untuk membantu sesama…semoga apa yang dilakukan mendapatkan ridho dari Gusti Alloh dan mendapatkan balasan kebaikan, Amin.
Berbicara masalah kegagalan, memang tiada akan habis, tetapi sikap dalam menghadapi kegagalan merupakan hal yang penting sekali untuk kembali bangkit. Kalau kita hanya bertumpu pada kegagalan kemudian putus asa, meratapinya dengan berlarut-larut maka tidak akan memberikan dampak yang baik dalam hidup kita. Tetapi akan berbeda sekali kalau kita menggangap bahwa kegagalan ini adalah hal yang justru akan memacu semangat dan motivasi diri kita untuk bangkit dalam meraih kesuksesan, dampaknya dalam hidup kita akan sangat berarti. Kita akan banyak belajar dari sebuah pengalaman yang akan yang akan membrikan pelajaran berharga dalam hidup kita.
Seperti apa yang telah dilakukan oleh Thomas Alfa Edison seorang yang telah menemukan lampu pijar. Beliau banyak sekali belajar dari kegagalan dalam setiap percobaannya. Percobaan yang dilakukan tercatat sebanyak 9.998 gagal, tetapi baru pada percobaan yang ke 9.999 beliau baru berhasil menemukan lampu pijar yang benar-benar menyala dengan sempurna. Hal yang disampaikan pada saat ditanya apakah kunci sukses keberhasilannya, maka jawabannya adalah: “ Saya sukses karena saya telah kehabisan  apa yang disebut kegagalan” ( saya kutip dari tulisan Bapak Purwanto, Semarang).
Bagi saya, Bapak Thomas Alfa Edison orang yang sangat luar biasa, tiada kata menyerah dalam meraih kesuksesan. Justru dari kegagalan ini beliau bangkit dan bangkit serta selalu mengganggap kegagalan sebagai hal yang positif untuk maju terus.

Andaikan kita bisa seperti itu…..maka akan mudahlah hidup ini…….Adalah hal yang biasa kalau pada saat awal dalam menghadapi permasalahan kita stress, menangis, takut terjadi lagi kalau gagal dan lain sebagainya…..tetapi sebagai manusia kita harus mempunyai sikap dalam menghadapinya yang tentunya sikap kita harus positif bahwa kegagalan adalah merupakan keberhasilan yang tertunda.
Gusti Alloh memberikan ujian kepada hambanya tentunya sesuai dengan kapasitas kita dan yakinlah bahwa dibalik itu akan memberikan hikmah yang luar biasa.
Terima kasih dan semoga bermanfaat……………………

12 thoughts on “Belajar dari kegagalan…”

  1. tetapi untuk mencoba menjadi yg lebih baik dgn hilangnya rasa takut bgmn bu?dan tidak merasa hal yg dulu-dulu akn terulang kembali,pastinya kita akan berfikir untuk maju hal yg dlu pernah trjadi akan terjadi lg tidak y.itu yg mnyebabkan rasa tkut dan trauma psty ada kn bu???

  2. Waduh teria kasih made atas komentarmu terhadap tulisan saya dan semoga tulisan ini akan menginspirasi dirimu unt selalu bangkit dari masa lalu. Rasa trauma dan takut terhadap kejadian yg tidak menyenangkanmerupakan hal yg wajar, namun hal itu jangan sampai berkepanjangan, cobalah unt selalu berppkiran positif terhadap stp kejadian yg kita alami, anggaplah semua itu adalah suatu pelajaran dan pengalaman yg berharga dalam hidup kita, serta apa yg kita lakukan dg hati, akan memberikan hal yg baik. Selain it yakinlah bahwa kejadian yg tdk menyenangkan tdk akan terulang lagi karena kt sdh belajar dari pengalaman yg dulu….saya yakin kamu bisa dan mampu. Chayooo…made maju terus pantang muddur….Insyaalloh saya siap membantumu unt selalu yakin dalam menghadapi hidup teruma dalm pelajaran …oke

  3. saya sangat setuju sekali..kita tidak boleh menyerah sampai titik darah penghabisan…dan juga saya mau tanya bagaimana menghilangkan pikiran negatif yang muncul ketika kita mau bangkit dan maju ?..terima kasih..

  4. pikiran negatif atau negatif thingking memang kadang-kadang muncul dalam pikiran kita, tp jangan jadkan pikiran negatif itu menghantui kehidupan kita hal ini akan berakibat buruk. Munculkan selalu pikiran positif dalam diri unt dan mengganggap bahwa kegiatan yg baik akan memberkan dampak yg baik unt kehidupan kita selanjutnya. Isilah hari-harimu dg kegiatan yg positif shg hal negatif akan terhindr, dan jangan lupa selalu minta pada Gusti Alloh yg terbaik. AMin…tx erron atas komentarnya ya

  5. stelah membaca blog dr Bu Yuyuk, sya mnjadi termotivasi tuk bsa cpat bangkit dikala mnemui jalan buntu atau kegagalan dan terus brkembang lbih baek lagi.. sperti hal.na T.A Edisson yg pny rasa smngat yang membara tuk meraih tjuan.na.. hrus mempersiapkan scara matang dan trstruktur karna bsok merupakan sbuah misteri dan tantangan baru dmana kita g’ pnah tau alur khdupan.. mkasih bu.. :)

  6. ibu yuyuk.. telah mengingatkan saya dengan yang lau . . begitu merasa terfikirkan kenapa bisa seperti itu.. sebuah kesalahan terbesar.. sebenarnya saya menyesal bu.. karena bisa menyebabkan saya mempunyai IP dibawah 3, dan damopaknya sekarang saya belum bisa mengambil skrpsi akibat pada semester awal keterbatasan sks yang diambil.. saya sangat minder sekali bu…tidak bisa bareng sama teman2 saya buat nyusun skripsi, sampai skr inipun saya berfikir dengan penuh penyesalan..tetapi hal itu tidak akan saya jadikan beban,, saya tidak mau berada dalam keterpurukan bu.. semoga denagn membaca tulisan ibu.. semanangat saya bertambah.. tulisan ibu sangat bisa mendukung saya,bagus sekali bu..
    Terima kasih ibu yuyuk . .

  7. Aduh nin memaca tulisanmu saya kok jd merinding lho…..luar biasa sekali kamu bisa bangkit dari yang lalu….saya yakin kamu bisa dan mampu ayo bangkit dan terus berkarya, Gusti Alloh punya rencana lain di balik itu semua

  8. hmmm…. bicara masalah kegagalan jd ingat ma pengalaman hidup saya waktu gagal masuk PTN awalnya saya sangat sterss bu namun saya ingat sebuah kata2 bijak yang mngatakan bahwa tidak ada kata sukses jika belum melawati kata gagal jd pada initinya kegagalan tuch adalah pengantar sebuah kesuksesan betulll enggak bu??? so bagi temen2 mungkin lebih baik selalu berfikir positif N do the best for this day N this time because kita kan ga kan pernah tahu pa yang terjadi satu detik ke depan jadikan masa lalu sebagai acuan untuk bisa lebih maju N lebih semangat dalam menjalani hidup karena tantangan N cobaan tak akan berhenti hanya sampai disini N pada saat ini. pi akupun pasti akan mengalami depresi atau stres atau bahkan traumah seperti kalian jika mengalami kegagalan namun benar pa kata ibu bahwa kita g boleh nyerahh…… soooo saya sangat setuju sekaliii dengan tulisan ibu N sangat memotivasi kami buu… terimakasihh buu….

  9. kegagalan bkn akhir dari segalanya tp awal kt bangkit dan akhirnya meskipun kuliah di stie ternyata karyamu sungguh luar biasa…..chayooooo

Comments are closed.