Bangkit dari keterpurukan, kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, dan masih banyak lagi kata-kata tentang hal ini. Mudah memang untuk diucapkan tetapi bagaimana kalau dilaksanakan ..sulit atau apa? Saya kira tergantung pada diri kita, bagaimana mempersepsikan sebuah kegagalan. Tidak selamanya kita harus meratapi sebuah kegagalan, tapi bagaimana kita harus bangkit kembali dari kegagalan untuk kembali meraih keberhasilan.
Saya merasa sangat salut sekali dengan seorang teman yang banyak memberikan motivasi kepada temannya yang pernah mengalami kegagalan dalam suatu masalah. Dengan segala motivasi, semangat yang diberikan, teman saya ini mencoba untuk memberikan dukungan, dorongan, dan selalu mendampingi dalam mengembalikan  trauma yang pernah terjadi dalam hidupnya. Waduh, trenyuh sekali hati ini melihat kegigihannya untuk membantu sesama…semoga apa yang dilakukan mendapatkan ridho dari Gusti Alloh dan mendapatkan balasan kebaikan, Amin.
Berbicara masalah kegagalan, memang tiada akan habis, tetapi sikap dalam menghadapi kegagalan merupakan hal yang penting sekali untuk kembali bangkit. Kalau kita hanya bertumpu pada kegagalan kemudian putus asa, meratapinya dengan berlarut-larut maka tidak akan memberikan dampak yang baik dalam hidup kita. Tetapi akan berbeda sekali kalau kita menggangap bahwa kegagalan ini adalah hal yang justru akan memacu semangat dan motivasi diri kita untuk bangkit dalam meraih kesuksesan, dampaknya dalam hidup kita akan sangat berarti. Kita akan banyak belajar dari sebuah pengalaman yang akan yang akan membrikan pelajaran berharga dalam hidup kita.
Seperti apa yang telah dilakukan oleh Thomas Alfa Edison seorang yang telah menemukan lampu pijar. Beliau banyak sekali belajar dari kegagalan dalam setiap percobaannya. Percobaan yang dilakukan tercatat sebanyak 9.998 gagal, tetapi baru pada percobaan yang ke 9.999 beliau baru berhasil menemukan lampu pijar yang benar-benar menyala dengan sempurna. Hal yang disampaikan pada saat ditanya apakah kunci sukses keberhasilannya, maka jawabannya adalah: “ Saya sukses karena saya telah kehabisan  apa yang disebut kegagalan” ( saya kutip dari tulisan Bapak Purwanto, Semarang).
Bagi saya, Bapak Thomas Alfa Edison orang yang sangat luar biasa, tiada kata menyerah dalam meraih kesuksesan. Justru dari kegagalan ini beliau bangkit dan bangkit serta selalu mengganggap kegagalan sebagai hal yang positif untuk maju terus.

Andaikan kita bisa seperti itu…..maka akan mudahlah hidup ini…….Adalah hal yang biasa kalau pada saat awal dalam menghadapi permasalahan kita stress, menangis, takut terjadi lagi kalau gagal dan lain sebagainya…..tetapi sebagai manusia kita harus mempunyai sikap dalam menghadapinya yang tentunya sikap kita harus positif bahwa kegagalan adalah merupakan keberhasilan yang tertunda.
Gusti Alloh memberikan ujian kepada hambanya tentunya sesuai dengan kapasitas kita dan yakinlah bahwa dibalik itu akan memberikan hikmah yang luar biasa.
Terima kasih dan semoga bermanfaat……………………

12 Comments