Pentingnya Jurnal Dalam Penelitian

Beberapa waktu lalu ada mahasiswa datang ke saya. Bu saya ingin bimbingan kebetulan Ibu adalah dosen pembimbing saya. Saya jawab Oke , hari ini kita ketemu.

Pada saat konsultasi, mahasiswa ini sudah siap dengan beberapa jurnal dan buku-buku yang mendukung penelitiannya. Saya sangat salut sekali karena mereka sudah mempunyai gambaran apa yang akan dituangkan dalam menulis penelitian.

Jurnal memang penting sekali dalam menulis penelitian yaitu digunakan sebagai pendukung apa yang akan kita tuangkan dalam penelitian. Cara mendapatkan tidak sesulit yang kita bayangkan karena internet sudah ready…..Jadi tinggal Klik semua data sudah ada dan tinggal kita gunakan saja. Apa susahnya cari jurnal…tidak khan….

Sebagai contoh jurnal link sebagai berikut: klik

40 thoughts on “Pentingnya Jurnal Dalam Penelitian”

  1. jurnalnya sangat menarik untuk memberikan wawasan jenjang karir kedepan bagi saya pribadi, tetapi ada beberapa hal yang kurang sesuai menurut saya,antara lain: obyek penilitian kurang suai karena dari 112 sampel hanya 4 sampel yg telah lulus atau sudah mengenal dunia kerja yang berhubungan dengan profesi akuntansi, sedangkan 108 sampel masih menjalani pembelajaran strata 1 atau S1. Sehingga dalam menjawab kuesioner yang ada, para responden hanya mengira tentang pemahaman profesi akuntansi setelah lulus karena mereka sendiri belum mengalami polemik akuntansi di dunia kerja

  2. menurut saya setelah membaca jurnal
    dalam blog ibu yuyuk adalah mahasiswa lebih cenderung memilih
    profesi sebagai Akuntan Publik dan Akuntan Intern.
    hal ini dikarenakan bagi mereka profesi tersebut pasti menjanjikan.
    adapun profesi lainnya adalah menjadi seorang wiraswasta,
    dengan kata lain mahasiswa memerlukan wadah
    untuk membantu mereka membangun jiwa wiraswata dan kepemimpinan.

  3. Setelah saya membaca jurnalnya, saya rasa jurnal tersebut menarik dan dapat digunakan menjadi pedoman dan menambah pengetahuan ke depannya bagi mahasiswa akuntansi yang masih belum lulus. Pada jurnal tersebut kita dapat melihat berbagai pilihan pekerjaan bagi mahasiswa jurusan akuntansi. Kita dapat memilih jenis pekerjaan yang cocok dengan skill/kemampuan diri sendiri. Selain itu kita juga bisa melihat jenis pekerjaan lain apabila kita merasa tidak terlalu mampu untuk bekerja sebagai akuntan, seperti pedagang,wiraswasta, dll. Dengan jurnal ini saya mendapat banyak pengetahuan baru dan mulai dapat untuk mulai memilih jenis pekerjaan sesuai dengan hobby dan skill diri saya sendiri.

  4. menurut saya dari hasil penelitian di atas pada profesi akuntan mahasiswa cenderung memilih untuk bekerja sebagai akuntan publik atau akuntan intern.hal ini karena basic mahasiswa sendiri dari akuntansi dan akuntansi sudah diajarkan sejak SMA. sedangkan untuk profesi non akuntan mahasiswa cenderung memilih sebagai nwiraswasta. hal ini karena peluang wiraswasta sendiri sangat besar. sehingga dari hasil penelitin tsb dapat memberikan pengetahuan bagi mahasiswa.

  5. setelah saya selesai membaca jurnal bu yuyuk, menurut saya jurnal tersebut baik untuk mahasiswa akuntansi bagi masadepanya. pada jurnal itu mahsiswa yang berpartisipasi dalam penelitian lebih mengerti karena apa yang mereka jawab merupakan apa yang mereka inginkan,trima kasih bu saya menjadi bisa mengerti apa ceh yang bisa membuat mahasiswa berhasil sukses untuk masa depan.

  6. menurut saya dari hasil jurnal penelitian di atas pada profesi akuntan dan profesi non akuntan, mahasiswa akuntansi cenderung memilih untuk bekerja atau memilih profesi sebagai akuntan publik atau akuntan intern.hal ini di karena dari diri mahasiswa sendiri dan pelajaran akuntansi atau dulu dikenal sebagai pelajaran pembukuan sudah diajarkan dari sejak SMA yang memilih jurusan IPS. dan sedangkan untuk profesi non akuntan mahasiswa cenderung memilih profesi sebagai wiraswasta/wirausahawan. dan hal ini karena peluang sebagai seorang wiraswasta sendiri berpeluang sangat besar dan bekerja tanpa ada tugas dari seorang pimpinan langsung. sehingga dari hasil penelitin di atas dapat memberikan kesimpulan pengetahuan bagi seorang mahasiswa akuntansi untuk memilih profesi apa yang akqan dipilih nanti.

  7. menurut saya jurnal ibu yang saya baca sudah sangat bagus bu, namun saya juga ingin mengetahui wiraswasta apa saja yang dipilih oleh para mahasiswa tersebut karena pilihan wiraswasta ada banyak namun belum saya ketahui wiraswasta di bidang apa yang banyak dipilih dari para responden.

  8. saya setuju dengan ibu. jurnal memang penting untuk sebuah penelitian. memang dengan adanya internet, mahasiswa bisa lebih mudah untuk mencari jurnal. tetapi masih jarang mahasiswa yg belum mengerti bagaimana cara menggunakan jurnal dalam sebuah penelitian dan untuk apa jurnal tersebut digunakan. masih banyak mahasiswa yang menggunakan data-data yang di peroleh secara acak atau dicari satu per satu sesuai yang di butuhkan. padahal sebenarnya jika menggunakan jurnal, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan data-data yang di butuhkan karena jurnal sudah memuat keseluruhan.

    jadi menurut saya, jurnal memang penting dalam penelitian. tetapi masih banyak dosen yang belum menerapkannya. jika penggunaan jurnal ini digunakan, mungkin mahasiswa akan lebih mudah dalam mengerjakan tugas dan melakukan penelitian. dan hal ini masih sangat kurang diterapkan oleh dosen di kampus kita.

  9. Menurut saya jurnal yang berjudul ANALISIS PEMILIHAN KARIR PROFESI DAN NON
    PROFESI BAGI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI
    (Studi pada Mahasiswa STIE Malangkucecwara Malang) yang terdapat pada blog bu yuyuk sudah baik dan benar, karena alasan berikut:

    * Abstraksi sdh ada, dan penyajian abstraksinya sudah tepat sesuai dengan judulnya sehingga abstraksi tersebut bisa menarik pembaca untuk melanjutkan membaca jurnal tersebut.

    * Pendahuluan disampaikan dengan baik, yaitu melengkapi naskah sesuai dgn abstrak dan menjelaskan mengenai karir profesi dan non profesi jurusan akuntansi dgn terperinci tpi tidak terlalu panjang dan ribet, bahasa yang digunakan juga mudah dimengerti sehingga lebih semangat untuk melanjutkan membaca.

    * Penyaji sdh efektif dan efisien dlm menyampaikannya, misal penyajian metodologi penelitian dibuat terpisah dgn pendahuluan.
    * Terdapat tidak hanya satu link dalam jurnal
    * Pembahasan sdh menyajikan informasi yg berguna bagi pembaca mengenai perencanaan karirnya.
    * Penutup disajikan dengan ringkas dan isi dari penutup msh berhubungan dgn judul maupun abstraksi.
    * Daftar pustaka sdh ada

  10. setelah membaca dari penelitian ibu
    dengan judul “ANALISIS PEMILIHAN KARIR PROFESI DAN NON
    PROFESI BAGI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI”
    pendahuluanya bagus sekali , kita bisa membedakan secara gamblang tenatang, macam-macam akuntan, mulai publik ,internt, pemerintahan, dan manfaatnya juga

    menurut saya lebih baik dari segi sampel di spesifikkan, mahasiswa akuntansi,karena dari di penelitian ibu tidak di ketahui itu mahasiswa akutansi atau management, jadi yang membaca masih punya pemikiran, bisa saja management, atau akuntansi dan management karena pasti akam mempengaruhi tingkat kefalitan nya

    dari keselurusan sangat bagus, dan lengkap variable yang di teliti, dan saya juga langsung bisa menyimpulkan dari penelitian ibu, yaitu mahasiswa stie-mce banyak yang memiliki 2 skill, yaitu akuntan dan seorang enterpreneur, jadi tinggal dari kampus untuk memupuk 2 skill, yang luar biasa ini, sehingga bisa mencetak lulusan stie yang berkualitas, dan mampu untuk menghadapi persaingan di dunia pekerjaan

  11. “ANALISIS PEMILIHAN KARIR PROFESI DAN NON
    PROFESI BAGI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI”

    pendahuluanya bagus sekali , kita bisa membedakan secara gamblang tentang, macam-macam akuntan, mulai publik ,internal, pemerintahan, dan manfaatnya akuntan juga

    menurut saya lebih baik dari segi sampel di spesifikkan, mahasiswa akuntansi,karena dari di penelitian ibu tidak di ketahui itu mahasiswa akutansi atau management, jadi yang membaca masih punya pemikiran, bisa saja management, atau akuntansi dan management karena pasti akam mempengaruhi tingkat kefalitan nya

    dari keselurusan sangat bagus, dan lengkap variable yang di teliti, dan saya juga langsung bisa menyimpulkan dari penelitian ibu, yaitu mahasiswa stie-mce banyak yang memiliki 2 skill, yaitu akuntan dan seorang enterpreneur, jadi tinggal dari kampus untuk memupuk 2 skill, yang luar biasa ini, sehingga bisa mencetak lulusan stie yang berkualitas, dan mampu untuk menghadapi persaingan di dunia pekerjaan

  12. Jurnal membantu mahasiswa dalam melaksanakan penelitian. Sebagai dokumentasi dari suatu objek penelitian, penelitian yang terperinci menambah daya kreatifitas mahasiswa. Penyusunan jurnal yang mengikuti kaidah penulisan merupakan hal yang perlu untuk diprioritaskan.

  13. bu maaf ni saya baru nggeh,kemarin hari jumat saya dah jadi blog saya dg nama (ko2prasetyo.wordpress.com)tapi say cuma membaca artikel dan saya komentari di blog saya,tapi…….. saya tidak mengirimkan nama blog saya sehingga mungkin ibu tidak bisa melihat isi blog saya,jadi saya minta maaf ya bu,maklum amatir bari belajar dg terpaksa membuat blog yang saya tidak tau,mungkin tidak inggin membuat sebelumnya, tapi disisi itu saya terpaksa belajar dan alhamdulillah bisa dan tau ini sebenarnya blog itu.makasi ya bu…..
    ne saya tularkan pada teman2 yang hobi menulis jadi lebih semangat buwat posting,…. (^_^)

  14. KRITIK BUAT BU YUYUK

    Secara keseluruhan jurnal yang ibu buat sudah baik. Penjelasan yang diberikan sudah sanagt jelas. Sehingga jurnal Ibu mudah untuk di mengerti. Metode-metode penelitian yang digunakan dapat mendukung penelitian yang dilakukan dan teori yang dicantumkan juga sudah cukup lengkap. Saya hanya akan menambahkan sedikit masukan mengenai jurnal yang ibu buat, mengenai pembahasan non profesi akuntan, saya rasa pembahasannya kurang dibandingkan dengan pembahasan yang dijelaskan pada profesi akuntan, pembahasannya lebih luas dan lebih mendalam, sebaiknya untuk pembahasan non profesi akuntan diberikan penjelasan yang lebih mendetail lagi.
    Terus berkarya Bu……

    Hadianto Prayogo
    K.2008.1.31008

  15. artikelnya bagus,,,,,
    memang benar tingkat pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat yang terjadi di negara ini pada saat sekarang ini harus diimbangi dengan jumlah tenaga kerja yang berkualitas sehingga akan tercapai kondisi perekonomian yang baik. dengan demikian setiap mahasiswa harus memiliki softskill yang bagus, tidak harus terpaku dengan jurusan yang dimiliki, tetapi mahasiswa dapat belajar di luar jurusan yang dimiliki, sehingga mahasiswa mendapatkan wawasan yang lebih.

  16. Artikel yang disampaikan bagus dan mengena dalm kondisi saat ini.
    karena dilihat dari kebutuhan lapangan pekerjaan tidak diimbangi dengan
    jumlah tenaga kerja yang tersedia maka dari itu seorang mahasiswa harus
    mempunyai prestasi akademik yang baik dan juga soft skill yang menunjang jenjang karirnya.namun adakalanya mahasiswa tidak tau keahlian apa yang dimilikinya sehingga mau tidak mau bekerja tidak sesuai dengan keahliannya.tapi tidak menutup kemungkinan mahasiswa tersebut tidak berhasil karena mungkin mereka berfikir disitu dia mendapat uang.
    artikel hanya khusus pada jurusan akuntan,bagaimana dengan managemen apakah memiliki kesempatan yang sama??

  17. Nama : Victorius Deby Haryanto
    Npk : K.2008.1.30983

    ANALISIS PEMILIHAN KARIR PROFESI DAN NON PROFESI BAGI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI
    (Studi pada Mahasiswa STIE Malangkuçeçwara Malang)

    Menurut saya artikel ibu yang tentang analisis pemelihan karir profesi dan non profesi pengertian dan isinya sudah bagus.karena didalam situ terdapat suatu analisis berdasarkan tentatang jenis kelamin, usia, angkatan, pekerjaan orang tua, dan lain-lain. Lha dari semua itu bisa tau mahasiswa itu memilih yang mana? Menurut yang saya lihat Mahasiswa kebanyakan memilih profesi akuntan public dan akuntan perusahaan sedangkan yang lainya memilih non profesi, non profesi sendiri mempunyai arti yaitu wiraswasta/berkeja sendiri.
    Sedangkan analisisnya sudah sangat mendalam karena analisis itu menceritakan atau memberi refrensi bagi mahasiswa ekonomie untuk mengetahui profesi apa yang paling disuka atau diminati oleh mahasiswa ekonomie khususnya di STIE MALANGKUCECWARA ( ABM ) Malang.

    Sekian komentar, kritik dan saran dari saya, saya juga mohon maaf kalau ada salah kata atau kata-kata yang tidak enak untuk dibaca.penulisan komentar saya akhir i dengan kata – kata special yaitu :
    sukses selalu buat Bu Yuyuk dan teruslah berkaya bu. Kami siap mengkritik dan memberi saran dan membantu ibu……. good luck bu……
    Terima kasih 

  18. Artikelnya baguss….dan menarik untuk dibaca….
    Dapat membuat para karyawan lebih semangat dalam bekerja dan dalam berkarir….
    Dalam jurnal yang ibuk tulis di atas di sebutkan,di berikan pembekalan sebelum menghadapi lapangan kerja langsung.Agar setelah lulus kuliah bisa dapat langsung bekerja,dan bisa menghadapi karyawan-karyawan lain yang lebih bagus atau sukses.

    Sehingga mahasiswa akan lebih mudah dan siap dalam menghadapi lapangan kerja. Dalam berkarier juga di butuhkan pengetahuan atau pembekalan yang cukup luas.

    sehingga saya sebagai mahasiswa sangat setuju,
    Dalam penelitiannya juga sangat bagus, sehingga bisa mengetahui mahasiswa yang berkarier dalam profesi apapun…..

  19. Jurnal yang ibu buat sangat menarik topiknya , dalam statistik diskriptifnya tentulah seorang mahasiswa yang mengambil jurusan akuntansi(pada umumnya) menginginkan pekerjaan dibidang akutansi pula sebagai pekerjaan pokok sesuai dengan minat berkarir dan harapan rasa kepuasaan atas kesejahteraan yang diberikan oleh pekerjaan(akuntansi) itu sendiri kecuali terpaksa dan tidak ada pilihan lain . Saya sangat setuju seorang akuntan apabila mempunyai sebuah keinginan untuk menjadi wiraswasta / Investor dan sangat realibilitas dan berkesinambungan dengan data-data sebelumnya seperti pada hasil result minat mahasiswa untuk berusaha non profesi yang sangat wajar untuk menghadapi resiko dunia pekerjaan seperti banyaknya saingan tetapi lapangan pekerjaan tak memadai.Apabila menjadi wiraswasta hendaknya juga ikut andil dalam menjalankan dan ikut serta dalam pengambilan keputusan bagi seorang akuntan memang bisa, terutama dalam pengambilan keputusan tentang biaya, tetapi jika dalam marketing dan pengendalian internal maupun eksternal yang meliputi kinerja karyawan, seorang akuntan belum tentu bisa bahkan kemungkinan dalam segi ini tidak bisa, dan karena itulah dalam bisnis berwiraswasta / intrepreneur perlu pembelajaran lebih lanjut atau bantuan dari konsentrasi profesi yang lainnya di karenakan teori diluar akuntansi yang di milikinya kurang memadai. Saran saya mungkin harus ditambahkan Faktor dan variabel sampingan seperti Kemampuan Bekerja sama dalam tim dan hal-hal psikologi pembantu lainnya untuk mendukung variabel wiraswastanya.
    Memang benar untuk menggapai karir terutama bagi seorang akuntan harus berjuang , selain kata berjuang seorang akuntan harus mempunyai niat untuk melakukannya, dan mengetahui resiko yang di ambil, sehingga para akuntan dapat memilih dan melakukannya dengan sungguh-sungguh.Dan hal yang paling utama adalah mencintainya.

  20. menurut saya artikel ini sangat bagus. terutama bagi para mahasiswa yang sebentar lagi akan lulus. hal ini dapat membantu para mahasiswa untuk menentukan karir yang akan dipilih secara matang. sehingga kedepannya menjadi baik.
    disamping itu pengembangan karir memang perlu. karna menurut saya jika karir kita hanya sekedar menjadi seorang akuntan atau karyawan, tentu saja orang tersebut tidak akan berkembang. karirnya hanya itu-itu saja. sehingga pengembangan karir untuk mencapai hasil atau posisi yang lebih baik sangat penting.
    dalam artikel ini uga dijelaskan berbagai macam profesi akuntansi yang dapat di ambil, dan penjelasannya juga cukup bagus. sehingga dapat memilih profesi atau karir dengan hati-hati demi masa depan kami sendiri…

  21. menurut saya blog bu Yuyuk sudah cukup bagus. Bu Yyuyuk sudah menjelaskan karir dengan jelas. Tetapi disini hanya di singgung 1 profesi saja yaitu profesi akuntan. Padahal yang membaca artikel ini tidak hanya mahasiswa yang memilih jurusan akuntansi tetapi juga mahasiswa yang mengambil jurusan majanemen atau bahkan jurusan lain selain ekonomi. Seharusnya Bu Yuyuk bisa mengambil profesi yang lain juga. Bukan hanya 1 profesi saja.
    Tapi blog ini sudah cukup bagus. Terima kasih.

    Nama : Maria Elfira Maharanie
    NPK : K.2008.1.31048

  22. NPK: K.2008.1.30966

    saya setuju dengan ibu memang benar kalau jurnal itu sangat penting bagi orang-orang dalam menyelesaikan tugas karena jurnal sangat mendukung,membantu dan juga sebagai acuan bagi sebuah penelitian ataupun tugas yang akan dikerjakan apa lagi untuk mahasiswa yang ingin menyelesaikan skripsinya. jurnal memang sekarang sangat mudah di dapat tanpa harus repot dan bersusah payah mencari.cukup dengan bertanya pada mbah google semuanya informasi dapat dengan cepat kita dapatkan.

  23. menurut saya blog yang ibu bikin ini sudah sangat baik.
    cuman kalo bisa penyimpanan ato pemilihan file yang ibu lampirkan sekiranya bisa membantu memudahkan pembaca menggunakan file yang sekiranya bisa d edit atau di copy sehingga lebih mudah untuk d ambil.
    dan kalo bisa data yang ibu berikan lebih diringkas dan di beri point2nya agar pembaca lebih muda memahami isi dari blog ibu tersebut.
    ma’af apabila comment saya seperti ini
    untuk ibu semoga ibu bisa memajukan lagi kreatif ibu dan menjadikan kreatifitas ibu sebagai acuan semangat kita sebagai mahasiswa ibu.
    sekian dan trima kasih.

    npk: K.2008.1.31078

  24. sangat benar jurnal itu penting, karena dapat membuat para penelitinya banyak teori dan bukti pendukung sehingga memudahakan para penelitinya tu gampang dapat informasi, dan juga jurnal itu banyak membantu karena dapat menguatkan teori – teori dalam subjek dan objek yang diteliti tersebut.

    banyak sekali jurna – jurnal saat ini baik di perpus maupooun di website, so, meneliti jadi tidak sesulit yang di bayangkan karena ada bahan pembantu dalam meneliti yaitu jurnal.

  25. Menurut saya, artikel milik Bu. Yuyuk sudah sangat bagus dan cukup membantu bagi para mahasiswa. Dengan adanya artikel tersebut, kita dapat mengetahui dengan jelas dan mendetail tentang pemilihan profesi dalam jurusan Akuntansi. Kemudian dalam artikel tersebut juga disertakan pengertian tentang karir, pentingnya perencanaan karir, dan cara-cara pengembangan karir. Selain semua itu, kita juga dapat mengetahui perkembangan profesi akuntansi beserta jenis-jenis profesinya sehingga dapat membantu kita dalam memilih profesi yang cocok dengan diri kita. Dalam artikel tersebut disertakan juga metode penelitian yang sangat lengkap karena terdapat tabel-tabel hasil dari penelitian. Tabel tersebut dapat memberikan informasi mendetail pada kita yang berhubungan dengan profesi-profesi dalam akuntansi dan nantinya akan dapat menjadi referensi yang berguna di masa yang akan datang.

  26. Dalam jurnal tersebut telah menjelaskan secara detail tentang bagaimana dan mengapa mahasiswa jurusan akuntansi memilih profesinya setelah lulus nanti. Dalam jurnal tersebut menjelaskan tentang faktor-fator yang mempengaruhi mahasiswa memilih profesinya nanti, selain faktor-faktor tersebut juga terdapat penjelasan tentang profesi akuntan maupun nonakuntan yang tentunya akn sangat membantu mahasiswa dalam memberikan pengetahuan tentang profesi tersebut dan menentukan profesinya nanti. Dan dalam kesimpulannya ternyata mahasiswa jurusan akuntasi lebih banyak memilih profesi akuntan, terutama akuntan publik dan akuntan intern perusahaan. Kesimpulan ini saya rasa sangat wajar mengingaat mahsiswa jurusan akuntansi dalam proses perkuliahannya mendapatkan sangat banyak pengetahuan tentang akuntan dan mereka dituntut untuk terbiasa teliti dalam segala hal khususnya dalam hal perhitungan. Kemudian hal inilah yang mendorong mereka untuk mengaplikasikan apa yang telah mereka dapat selama kuliah ke dalam profesinya. Pemilihan profesi tersebut juga didorong oleh jaminan masa depan yang cerah.

  27. Saya sangat menyukai artikel ibu,karna ibu menuliskan cara dunia kerja di jaman sekarang.Apa lagi bagi mahasiswa yang jurusan akuntansi.mereka dituntut untuk benar-benar menguasai akuntansi karna mereka akan menjadi seorang karir yang berkompeten.karna profesi duni akuntan itu sangat menunjang kemajuan pendidikan di dunia akuntan dan menjadi calon-calin akuntan yang berkualitas dan mamp0u bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif baik di indonesia maupun luar negeri.

  28. menurut saya mahasiswa akuntansi yang ingin berprofesi dalam bidang akuntansi dianjurkan untuk menempuh Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). hal ini untuk pengembangan karir mereka agar lebih baik lagi.
    sedangkan mahasiswa akuntansi yang memilih profesi non akuntansi harus banyak belajar lagi melalui seminar, pelatihan, dan magang untuk mempelajari apa yang tidak mereka pelajari di kuliah akuntansi untuk pengembangan dan kemajuan profesi mereka dalam bidang non akuntansi

  29. Penulisan yang anda buat sudah sangat detail dan lengkap sekali.
    banyak varian yang anda pakai membuat makalah anda menjadikan menarik untuk dikonsumsi.
    keterangan yang anda berikan sangat lengkap.
    sangat menarik membaca makalah anda.

    Sukses selalu dan terus berkaya.

    Robby Octaviano
    k.2008.1.30935

  30. artikel ini cukup menarik untuk di baca, sebab untuk pembelajaran sangatlah berguna bagi para mahasiswa seperti saya dan mungkin mahasiswa yang lain pula.
    sebagai wawasan tentang proses penelitian yang akan di lakukan oleh para mahasiswa dan blog ini sangat membantu sekali..

  31. wah ini boleh bu buat bekal kejenjang yg lebih depan lagi n hal seperti ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang membacany bu….
    salut dech emng buat ibu yuyuk, hehehehehehe….
    lanjut bukkkk,,,,!!!!!!!!!!

  32. emm emang jurnal sangat penting …

    saya kerasa klo jurnal tu penting bahkan lebih penting dr pada dugaan kita sebelumnya….

  33. dengan jurnal hal yang baru seeperti skripsi dengan metode pathnya di babat habis semua terasa mudah dengan jurnal dan bimbingan dari dosen yahud,,,,,,,,,,,,, she is Mrs. yuyuk liana matur nuhun bu…

Comments are closed.