Mar
25
2014

Tidak terasa waktu terus bergulir dan liburan pun harus diakhiri, tiba saatnya mulai mengajar lagi…kali ini mata kuliah yang saya ampu adalah dengan mata kuliah Business Statistic………..Tapi bersukur sekali karena kelas yang saya ajar mahasiswanya sungguh luar biasa, semangat dan motivasi untuk belajar tinggi, walaupun mereka baru di semester ke dua tapi yang membuat saya bangga kepada mereka adalah kreatifitas dan ide pemikiran tentang statistik sungguh …..oke banget. Kali ini ada tulisan mereka yang dibuat secara berkelompok dan hasilnya wah…siiippp……Monggo di baca dan semoga bermanfaat ya…….
Menurut peneletian negara-negara maju seperti Amerika, Jepang, Eropa, Ilmu statistika berkembang dengan pesat sejalan dengan berkembnagnya ilmu ekonomi dan teknik. Bahkan kemajuan suatu negara sangat ditentukan oleh sejauh mana negara itu menerapkan ilmu statistika dalam memecahkan masala-masalah pembangunan dan perencanaan pemerintahannya. Jepang sebagai salah satu negara maju, konon telah berhasil memadukan ilmu statistika dengan ilmu ekonomi, desain produk, psikologi, dan sosiologi masyarakat. Sejauh itu ilmu statistika digunakan pula untuk memprediksi dan menganalisis perilaku konsumen, tidak heran juga sekarang jepang menjadi salah satu raksasa ekonomi di dunia.
Mata kuliah statistika bagi mahasiswa sangat diperlukan terutama ketika seorang mahasiswa harus mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menginterprestasikan data untuk pembuatan skripsi, thesis atau disertasil Dalam hal ini pengetahuan statistik dipakai dalam menyusun metodologi penelitian. Sebagai suatu ilmu, kedudukan statistik merupakan salah satu cabang dari ilmu matematika terapan. Oleh karena itu untuk memahami statistika pada tingkat yang tinggi, terlebih dahulu diperlukan pemahaman ilmu matematika.

What do you mean about Statistics ???
Statistik ? Bagi Mahasiswi Ekonomi semester 2 seperti kami saat ini, mendengar mata Kuliah Bussines Statistik sangatlah asing dan mungkin bisa dikatakan ini adalah perdana bagi kami, yang sebelumnya tidak mengerti apa itu statistik karena sebelumnya pun kami belum pernah mempelajari Apa Itu Statistik ? atau mungkin sebagian sudah mempelajari nya namun, hanya sebagian kecil dari dasar-dasar statistika selama kita duduk di bangku SMA.
Tetapi setelah saya cari tahu Apa Itu Statistik ? Ilmu Statistik adalah Ilmu yang mempelajari tidak jauh beda dengan Matematika. Tapi kali ini kita berbicara Apa Itu Statistik ? tepatnya kali ini kita mempelajari Business Statistics 1. Karena di awal semester 2 ini kita mulai belajar Business Statistik 1. Nah, Apa sih statistik itu ? di tambah lagi kata-kata Business, makin keren saja nih ^^. Bukan seperti itu juga kali ya, ternyata statistik itu memiliki pngertian yang luas yang tidak  hanya berhenti  di hitung-menghitung. Tapi dengan adanya Ilmu Statistik kita juga di ajarkan dan dikenalkan bagaimana mengelola Business untuk di masa mendatang. Tentunya untuk calon-calon pembisnis seperti kita semua. Aamiin
Dalam perkembangannya, statitiska memiliki pengertian serta fungsi yang lebih luas sehingga kini menjadikannya banyak terkait dengan bidang bidang ilmu, khususnya dalam ilmu matematika . Jadi, pengertian statistika secara singkat  adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Dan dalam penjabarannya , statistika adalah ilmu yang berusaha untuk mencoba mengolah data seperti bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis dan mempresentasikan data untuk mendapatkan manfaat berupa keputusan dalam kehidupan.

1. Statistics History
Sebelum kita  mendalami apa itu statistika , sebaiknya kita perlu mengetahui  bagaimana sejarah statistika itu sendiri .Berawal dari Gottfried Achenwall (1749)  yang menggunakan Statistik dalam bahasa Jerman untuk pertama kalinya sebagai nama bagi kegiatan analisis data kenegaraan, dengan mengartikannya sebagai “ilmu tentang negara (state)”. Pada awal abad ke-19 telah terjadi pergeseran arti menjadi “ilmu mengenai pengumpulan dan klasifikasi data”. Sir John Sinclair memperkenalkan nama (Statistics) dan pengertian ini ke dalam bahasa Inggris. Jadi, statistika secara prinsip mula-mula hanya mengurus data yang dipakai lembaga-lembaga administratif dan pemerintahan. Pengumpulan data terus berlanjut, khususnya melalui sensus yang dilakukan secara teratur untuk memberi informasi kependudukan yang berubah setiap saat.
2.Definition Of Statistics
Menurut beberapa buku dan artikel yang kami baca statistik itu merupakan suatu alat, kata atau keterangan untuk menyatakan sekumpulan fakta yang dapat melukiskan tentang suatu keadaan yang mempunyai arti penting. Statistik ada yang berupa angka (data kuantitatif) dan ada juga yang tidak berwujud angka (data kualitatif) . Statistik dalam arti metode ilmiahnya itu bukan hanya data kuantitatif atau sekumpulan angka-angka belaka, karena  menurut Croxton dan Cowden kumpulan angka-angka sedemikian itu lebih baik tetap dinamakan data atau angka-angka saja. Karena pada hakekatnya, statistik adalah metode atau asas-asas guna mengelolah, mengerjakan atau memanipulasi data kuantitatif agar angka-angka tersebut dapat “berbicara”.
Beberapa pandangan lain tentang pengertian statistik dari para ahli :
Statistik adalah metode/asas-asas, mengerjakan atau memanipulasi data kuantitatif agar angka-angka tersebut berbicara.(Anto Dajjan). Statistik adalah cara untu mengolah data dan menarik kesimpulan-kesimpulan yang teliti dan keputusan-keputusan yang logik dari pengolahan data. (Prof.Drs.Sutrisno Hadi,MA). Statistik adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk data, yaitu tentang pengumpulan, pengolahan, penganalisisa, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data yang berbentuk angka. (Ir.M.Iqbal hasan,MM). Dan ilmu yang mempelajari tentang statistik dinamakan statistika. Dimana dengan ilmu itu  kita dapat mempelajari bagaimana caranya :
a. Mengumpulkan data dengan benar
b. Menyederhanakan data
c. Menyajikan data
d. Serta dapat membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang kita peroleh dari sampel.

3.Characteristics Of Statistics
Pada dasarnya Statistik memiliki tiga ciri khas, yaitu:
a. Statistik selalu bekerja dengan angka (bilangan).
Ini mengandung pengertian bahwa tanpa data angka maka Statistik tidak akan mampu melaksanakan tugasnya sebagai ilmu pengetahun.
b. Statistik bersifat Obyektif.
Ini mengandung pengertian bahwa Statistik bekerja menurut obyeknya; dengan kata lain Statistik bekerja menurut apa adanya kesimpulan-kesimpulan atau ramalan-ramalan yang dihasilkan oleh Statistik adalah semata-mata didasarkan atas angka-angka yang dihadapi dan diolah dan bukan didasarkan atas subyektifitas atau pengaruh-pengaruh luar lainnya.
c. Statistik bersifat Universal.
Ini mengandung pengertian bahwa ruang lingkup atau ruang gerak dan bidang garapan Statistik tidaklah sempit. Statistik dapat dipergunakan atau diterapkan dalam hampir semua cabang kegiatan hidup manusia.

4.Clasifications Of Statistics
Berdasarkan aktifitas yang dilakukan, statistika dapat dibedakan menjadi Statistika Deskriptif dan Statistika Inferensia.
Statistika Deskriptif merupakan bagian statistika yang membicarakan cara-cara pengumpulan data dan menyederhanakan angka-angka pengamatan yang diperoleh (mengumpulakn, meringkas, dan menyajikan data), serta melakukan pengukuran pemusatan dan penyebaran. Selain itu, penyajian data dalam bentuk table, grafik distribusi frekuensi. Statistika Inferensia merupakan bagian Statistika yang membicarakan cara-cara menganalisa data serta mengambil kesimpulan (yang pada dasarnya berkaitan dengan dua masalah utama yaituestimasi parameter populasi dan pengujian hipotesis). Berdasarkan metode yang digunakan, statistika inferensia dapat dibedakan menjadi Statistika parametric dan Statistika Nonparametrik.
Statistika Parametrik Statistika parametric adalah bagian dari statistika inferensia yang mempertimbangkan nilai dari satu atau lebih parameter populasi dan sehubungan dengan kebutuhan inferensianya, pada umumnya statistika parametric membutuhkan data yang skala pengukuran minimalnya adalah interval (selang).
Statistika Nonparametrik Statistika nonparametric merupakan bagian dari statistika inferensia yang tidak memperhatikan nilai dari satu atau lebih parameter populasi. Pada umumnya validasi pada statistika Nonparametrik tidak tergantung pada model peluang yang spesifik dari populasi.
5.Statistics’s Benefit
Komunikasi Adalah sebagai penghubungan beberapa pihak yang menghasilkan data statistic atau berupa analisis statistic sehingga beberapa pihak tersebut akan dapat mengambil keputusan melalui informasi tersebut. Deskripsi Merupakan penyajian data dan mengilustrasikan data, misalnya mengukur tingkat kelulusan siswa, laporan keuangan, tingkat inflasi, jumlah penduduk, dan seterusnya. Regresi Adalah meramalkan pengaruh data yang satu dengan data yang lainnya dan untuk menghadapi gejala-gejala yang akan datang.
6. Function Of Statistics and Education
Kemajuan atau perkembangan anak didik setelah mereka menempuh proses pendidikan dalam jangka waktu tertentu yang bersifat kualitatif, akan tetapi diubah menjadi data yang bersifat kuantitati. karena dalam kegiatan penialaian hasil pendidikan, cara yang paling umum adalah dengan menggunakan data kuantitatif, maka tidak perlu diragukan lagi bahwa statistik dalam hal ini akan mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai alat bantu, yaitu alat bantu untuk memperoleh, menganalisis dan menyimpulkan hasil yang telah di capai dalam kegiatan penilaian tersebut. Antara lain :
a. Memperoleh gambaran baik, gambaran secara khusus maupun gambaran secara umum tentang suatu gejala, keadaan atau peristiwa.
b. Mengikuti perkembangan atau pasang surut mengenai gejala keadaan atau peristiwa tersebut, dari waktu ke waktu.
c. Melakukan pengujian, apakah gejala yang satu bereda dengan gejala yang lain ataukah tidak, jikka terdapat perbedaan apakan perbedaan yang berarti (meyakinkan) atau perbedaan itu terjadi hanya secara kebetulan saja.
d. Mengetahui, apakah gejala yang satu ada hubungannya dengan gejala yang lain.
e. Menyusun laporan yang berupa data kuantitatif dengan teratur, rinfkas, dan jelas.
f. Menarik kesimpulan secara logis, mengambil kesimpulan secara tepat dan mantab, serta dapat memperkirakan atau meramalkan hal-hal yang mungkin terjadi di masa mendatang, dan langkah konkret apa yang kemungkinan perlu dilakukan.

Daftar pustaka

Dajan, Anto.1963. Pengantar Metode  Statistik Jilid 1. Jakarta : LP3ES
Dajan, Anto . 1986. Pengantar Metode Statistik Jilid 1. Jakarta. PT. Pustaka LP3ES Indonesia.
Dajan, Anto. 2000 Pengantar Metode Statistika I, Universitas Wisconsin,     Amerika Prof. DR. Sudjana,  2002, Metode Statistika, Purdue University, Jakarta.
Supangat, Andi. 2005 Statistika, Dalam kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparamatrik, Universitas Widyatama, Bandung.

http://sugaonraigus.blogspot.com

http://nenxtyas.wordpress.com.

http://id.m.wikipedia.org/wiki/Statistika

http://yuyuk`s.blospot.com

http://materi-statistik.blogspot.com

http://sinau.comze.com/2011/04/apa-itu-statistik-dan-statistika

http://photofinanda.blogspot.com/2012/01/apakah-statistik-itu.html

http://edukasi.kompasiana.com/2012/10/25/pengertian-statistik-504292.html

www.id.wikepedia.org/wiki/stastistika.

http://wulansarisumihadi.wordpress.com/2009/02/03/pengertian-statistik-dan-manfaatnya/

http://id.m.wikipedia.org/wiki/statistika

http://Ventydwie.blogspot.com/2011/06/peranan-statistika-dalam-kehidupan.html?m=1

http://pengertiandancontoh.blogspot.com/2012/11/perbedaan-statistik-dan-statistika.html

Http://sainsmatika.blogspot.com/2012/02/pengertian-statistik-dan-statistika.html

0 Comments
Mar
12
2014

Selalu Koreksi Diri………..

Posted by: yuyuk in Categories: Attitude.

Sekilas menatap mahasiswi saya yang satu ini memang luar biasa,……mulai dari wajahnya yang teduh, hatinya yang baik, tutur katanya yang sopan membuat saya jadi terkesan…Selain itu banyak sekali kegiatan sosial yang dilakukannya, tidak hanya di lingkungan di mana dia tinggal tetapi juga di luar lingkungannya. Dari tingkah lakunya selalu berhati-hati dan bertindak, dan dia selalu mengkoreksi dirinya apakah tindakannya tepat atau tidak, baik atau buruk……sehingga harapannya tindakannya menjadi lebih baik lagi kedepannya. Berkaitan dengan hal tersebut, saya jadi teringat dengan beberapa artikel yang sudah saya baca yaitu tentang efikasi diri.

Menurut pernyataan dari Alwisol (2010) mengungkapkan efikasi adalah penilaian diri, apakah dapat melakukan tindakan yang baik atau buruk, tepat atau salah, bisa atau tidak bisa mengerjakan sesuai dengan yang dipersyaratkan. Efikasi ini berbeda dengan aspirasi atau cita-cita, karena cita-cita menggambarkan sesuatu yang ideal yang seharusnya (dapat dicapai), sedang efikasi menggambarkan penilaian kemampuan. Selanjutnya menurut Baran dan Byrne (1991) mengartikan bahwa efikasi diri adalah sebagai evaluasi seseorang mengenai kemampuan atau kompetensi dirinya untuk melakukan suatu tugas, mencapai tujuan, dan mengatasi hambatan. J

Dimensi Efikasi Diri

Menurut pernyataan dari Bandura (1997) dalam Setyawan bahwa dimensi efikasi diri adalah sebagai berikut:

  1. Level

Mengarah pada tingkat/range sampai dimana individu yakin akan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas dengan tingkat kesulitan yang berbeda sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.. Individu dengan keyakinan diri yang tinggi akan menganalisis tingkat kesulitan tugas yang dicoba, menghindari tugas yang dirasa diluar batas kemampuannya dan mengerjakan tugas yang di rasa sesuai dengan kemampuannya. Dalam dimensi ada beberapa bagian yang diperhatikan yaitu, antara lain:

a. Tingkat ketrampilan

b. Tingkat usaha

c. Tingkat ketepatan

d. produktivitas

e. Cara menghadapi ancaman

  1. Generality

Merepresentasikan kemamuan global hingga domain spesifik dari kemampuan individu. Individu yang memiliki keyakinan diri yang tinggi, akan merasa yakin kalau dirinya mampu mengerjakan tugas lebih banyak dan pada bidang yang lebih luas dibandingkan dengan yang dikerjakan orang lain. Dalam dimensi ini meliputi 2 hal penting yaitu:

a. Derajat kesamaan aktivitas

b. modalitas ekpresi

  1. Strenght

Mengarah pada ketahanan yang dimiliki oleh individu dalam melaksanakan tugasnya. Individu denga keyakinan diri yang tinggi akan gigih dan ulet dalam mejalankan usahanya walaupun menemui hambatan dan kesulitan serta merasa yakin bahwa aktivitas yang dipilihnya akan dapat dilakukan dengan sukses

Selanjutnya menurut pernyataan dari Gibson (2003) dalam Amelia (2013) menyatakan bahwa efikasi diri mempunyai tiga dimensi yang meliputi: (1) Besaran, (2) Kekuatan, dan (3) Generalitas, besaran merujuk pada minat terhadap sesuatu yang diyakini oleh individu bisa diatasi. Kekuatan meliputi kenyakinan individu dalam melaksanakan kerja pada tingkat kesulitan khusus. Generalitas merujuk pada sejauh mana harapan berlaku umum dalam semua situasi.

Berdasarkan pernyataan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa efikasi diri adalah kemampuan dari imdividu untuk dapat mengatasi segala kesulitan atau hambatan – hambatan dengan segala usaha yang dilakukan sehingga diharapkan akan tercapai keberhasilan yang maksimal. Untuk itu dibutuhkan usaha yang maksimal yang dibarengi dengan minat dari dalam individu itu sendiri, selain itu efikasi diri berhubungan dengan keyakinan bahwa individu memiliki kemampuan melakukan tindakan yang diharapkan.

Dampak Efikasi Diri

Adapun dampak dari efikasi diri luthan dalam Amelia (2013) efikasi diri mempengaruhi tiga hal antara lain:

  1. Pemilihan prilaku

Keputusan akan dibuat atas dasar berapa ampuhnya seseorang merasa terhadap pilihan. misalnya penugasan kerja atau bahkan bidang karir.

  1. Usaha motivasi

Orang yang akan mencoba untuk lebih keras dan lebih banyak memberikan usaha pada tugas dimana individu mempunyai efikasi yang lebih tinggi daripada individu dengan penilaian kemampuan rendah.

  1. Keteguhan

Orang dengan efikasi diri tinggi akan bertahan ketika menghadapi masalah atau bahkan gagal, sedangkan orang dengan efikasi diri rendah cenderung menyerah ketika hambatan muncul.

 Semoga bermanfaat…………..

0 Comments
Mar
01
2014

Berempatikah kita?

Posted by: yuyuk in Categories: Attitude.

Beberapa waktu yang lalu saya kedatangan seseorang ibu yang dulu adalah kebetulan pengasuh anak saya tetapi sekarang kami agak berjauhan karena saya sudah pindah rumah dari tempat yang dulu kami tempati. Banyak sekali permaslahan hidup yang dialami, namun beliau dengan penuh ketabahan dan keiklasan menyerahkan semua pada Alloh , karena beliau sangat yakin sekali bahwa Alloh memberikan ujian atau musibah namun suatu saat pasti ada hikmah terbesar yang akan diperoleh walau pada saat ini harus dijalani dengan penuh tanggung jawab. Bagi saya ibu ini sangat luar biasa sekali, mendengarkan semua keluh kesah kehidupan yang dialaminnya, termasuk terhanyut dengan pembicaraan, dan meneteskan air mata….betapa usaha dan motivasinya sangat tinggi dalam menjalankan hidup dan selalu berpegang dengan Alloh…..walau sedikit banyak di sela-sela pembicaraan saya memberikan masukan yang positif dengan maksud untuk mengurangi beban yang dihadapinya…

Saya teringat dengan beberapa artikel tentang empati, apakah saya termasuk berempati dengan kondisi yang dialami oleh ibu tadi atau bahkan anda juga sering mengalami hal serupa, apakah kita termasuk dalam empati??? Untuk itu kita perlu tahu tentang apa itu empati…..

Menurut pernyataan Rispandita (2012) bahwa empati adalah kemampuan untuk menyadari perasaan orang lain dan bertindak (sesuai) untuk membantu. Empati merupakan kemampuan mental untuk memahami dan berempati dengan orang lain, apakah orang diempati setuju atau tidak tetapi disini memiliki niat untuk membantu.

Selanjutnya seperti yang saya kutip dari http://phietablogdiary.blogspot.com/2009/06/pengertian-empati-1.html bahwa empati adalah kemampuan untuk ikut merasakan persepsi orang lain, yaitu memandang dan merasakan sesuatu seperti cara orang lain memandang dan merasakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa komponen dari Empati adalah sebagai berikut: (1) Kemampuan afektif seseorang utntuk ikut memahami perasaan orang lain, dan (2) ketrampilan kognitif untuk mengenal dan memahami pikiran dan pandangan orang lain. Berdasarkan pernyataan di atas maka dapat disimpulkan bahwa empati adalah kemampuan dari individu untuk dapat mengerti dan memahami perasaan orang lain. Dari hal di atas maka sebaiknya kita bisa koreksi diri apakah kita sudah merasa berempati terhadap orang lain yang mengalami beberapa permasalahan atau malah sebaliknya kita biarkan dan tidak peduli dengan masalah yang dihadapi oleh orang lain dan bahkan kita cenderung untuk cuek…semua adalah pilihan hidup, mau saling berbagi, memperbaiki diri lebih baik saya kira merupakan pilihan yang paling tepat.

Komponen Empati

Komponen empati terdiri dari 2 komponen kognitif dan afektif. Adapun komponen kognitif terdri dari 2 aspek yaitu:

  1. Aspek perspective taking dan fantasy

    Adalah kecenderungan individu untuk mengambil alih secara spontan sudut pandang orang lain, dimana aspek ini akan mengukur sejauhmana individu memandang kejadian sehari-hari dari perspektif orang lain. Sedangan aspek fantasi ini melihat adanya kecenderungan dari individu menempatkan diri dan hanyut dakam perasaan dan tindakan orang lain.

  2. Aspek emphatic concern dan personal distress

    Menurut pernyataan dari Cialdini (1987) menyatakan bahwa empatik meliputi perasaan simpatik, belas kasihan dan peduli (lebih terfokus pada orang lain). Sedangkan personal distress sebagai pegendalian reaksi pribadi terhadap penderitaan orang lain yan meliputi perasaan terkejut, takut, cemas, prihatin, dan tidak berdaya yaitu lebih terfokus pada diri sendiri 9sears, dkk 1994)

0 Comments
Feb
17
2014

Gunung Kelud

Posted by: yuyuk in Categories: serba serbi.

Apapun yang terjadi di muka bumi ini kita tidak ada yang tahu, semua atas Kuasa dan kehendak dari Alloh. Manusia harus selalu sadar diri untuk selalu berubah menjadi lebih baik dan bijaksana agar senantiasa mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Alloh. Meletusnya Gunung Kelud membuat kita semua untuk selalu koreksi diri untuk menjadi insan yang lebig bertanggung jawab dan menjadi lebih baik di masa akan datang dengan memperbaiki diri lagi. Pada saat sebagian dari penduduk tertidur Kelud menyemburkan dari perutnya material-material serta debu yang terbawa ke beberapa daerah termasuk Jogja dan sekitarnya.
Seperti berita yang dilansir dari Antara, Jumat tgl 14 Februari 2014, meski berada dalam radius yang cukup aman dari aliran lahar, namun suasana panik tetap terasa. Tiang listrik dipukul bertalu-talu pertanda bahaya sejak gunung yang meliputi wilayah Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Malang daerah Pujon dan Ngantang di sisi barat mulai meletus.
Warga berhamburan ke jalan raya yang tidak terhalang bangunan dan pepohonan, untuk menyaksikan dan memastikan bahwa Gunung Kelud benar-benar meletus seperti kabar yang tersiar sejak pukul 22.56 WIB
Betapa kagetnya saya, karena Pujon termasuk daerah yang terkena dampak dari meletusnya Kelud yaitu debu abu vulkanik. Pujon adalah tempat tinggal saya sejak kecil, kebetulan saya tinggal bersama Eyang Putri, namun saat ini rumah sudah dijual karena semua keluarga sudah pada pindah ke berbagai kota. Tetapi saudara-saudara masih ada yang tingga di sana. Rasa khawatir tentu ada, karena kondisi yang demikian ini. Tetapi Alhamdulilah, sesudah sms ke saudara ternyata tidak banyak terkena abu vulkanik karena kebetulan desa kami terletak dekat kota Batu.
Dari semua kejadian tersebut selalu mengingatkan kita untuk selalu waspada dengan kondisi ang demikian , dan sekaligus mengingatkan kepada kita untuk selalu menjadi manusia yang lebih patuh dan taat serta menjalankan semua perintah-Nya. Manusia yang bijaksana adalah yang dapat mengambil hikmah dari kejadian-kejadian yang terjadi, sehingga kedepannya kita menjadi lebih baik lagi.

Ada beberapa  tips menghadapi musibah (http://akhmadfarhan.wordpress.com/2011/11/10/tips-menghadapi-musibah/) antara lain:
1. IKHLAS
Musibah itu apapun bentuknya harus kita terima dengan ikhlas. Tanpa harus menyalahkan siapapun. Baik itu orang-orang terdekat kita atau orang lain. Apalagi menyalahkan Allah SWT karena musibah yang kita alami. Terimalah semua itu dengan hati yang lapang. Jika kita kehilangan harta benda, yakinlah itu masih bisa kita dapatkan lagi. Untuk itu setiap kejadian apapun yang datang pada kita maka kita harus iklas dan yakinlah bahwa semua yang terjadi pasti ada hikmah yang diambil.
2. INTROSPEKSI
Semua kejadian pasti ada sebabnya. Untuk itu kita harus dapat evaluasi terhdap diri sendiri. Jangan salahkan orang lain. Dengan introspeksi, kita bisa mengetahui kelemahan dan kekurang diri sendiri untuk diperbaiki. Agar di masa yang akan datang tak terulang kembali.
3. IKHTIAR
Semua yang terjadi kita harus terima dengan iklas dan setiap kejadian ada hikmahnya dan kita berusaha untuk menjadi manusia yang lebih baik dan perkara  hasilnya kita serahkan pada  Allah SWT.
Semoga bermanfaat….

0 Comments
Jun
10
2013

Angka Indeks

Posted by: yuyuk in Categories: business statistic.

Angka Indeks
Tulisan ini adalah merupakan hasil karya yang di tulis oleh beberapa mahasiswa saya, ternyata tulisan ini menarik sekali untuk dibaca dan sekaligus dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang angka indeks, akhirnya saya berusaha untuk memasukkan di blog sebagai tambahan pengetahuan bagi siapa saja yang mau membacanya.
Sebagian besar orang pasti suda familier bila mendengar kata statistika. Jika ditanya sejak kapan mereka mengenal statistika mungkin sebagian besar orang akan menjawabnya “ oh saat saya mulai sekolah, mungkin sekitar SMP atau SMA bahkan sampai perguruan tinggi . Tetapi sadarkah anda, sebenarnya kita mengenal statistika semenjak kita lahir. Tanpa kita sadari saat lahir, kita sudah dikenalkan yang namanya statistika. Hal yang paling sederhana misalnya : berat dan panjang badan kita saat lahir. Namun, karena saat itu kita masih sangat kecil dan belum bisa berpikir, dan merasakan apa-apa jadi kita tidak mengetahuinya.
Sebelum bicara lebih lanjut tentang statistika, kita perlu mencari tau apa sebenarnya statistika itu. “Statistika” adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan,mengumpulkan,menganalisis,menginterpretasi,dan mempresentasikan data. Singkatnya, “Statistika” adalah ilmu yang berkenaan dengan data.  Atau statistika adalah ilmu yang berusaha untuk mencoba mengolah data untuk mendapatkan  Istilah ‘statistika’ (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan ‘statistik’ (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data.
Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas.

Tujuan
Setelah membaca makalah ini, diharapkan pembaca :
1. Dapat memahami pengertian, Macam-macam , manfaat Indeks kuantitas
2. Dapat  membandingkan Indeks Kuantitas
3. Dapat menghitung Indeks Kuantitas
4. Dapat memahami tentang pengertian Macam-macam , manfaat angka indeks
5. Dapat membandingkan antara indeks harga tertimbang dan tdk  tertimbang
6.  Dapat menghitung indeks harga tertimbang dan tidak tertimbang

PEMBAHASAN
Angka Indeks adalah angka yang dipakai sebagai alat perbandingan dua atau lebih kegiatan yang sama untuk kurun waktu yang berbeda dan memiliki satuan persen (%). (Ir.M.Iqbal Hasan)
Angka Indeks ada dua jenis yaitu menurut pengunaan dan penentuan. Jika menurut pengunaan dibagi menjadi tiga yaitu (http://matakristal.com/tag/macam-angka-indeks/)
1. Angka Indeks Harga (Price Relative)
Indeks harga adalah angka yang menunjukkan perubahan mengenai harga-harga barang, baik harga untuk satu macam barang maupun berbagai macam barang, dalam waktu dan tempat yang sama atau berlainan.
2. Angka Indeks Jumlah (Quantity Relative)
Indeks jumlah adalah angka yang menunjukkan perubahan mengenai jumlah barang sejenis atau sekumpulan barang yang dihasilkan, digunakan, diekspor, dijual, dan sebagainya untuk waktu dan tempat yang sama ataupun berlainan.
Angka indeks menurut penentuannya di bagi menjadi dua yaitu metode tertimbang dan tak tertimbang.( http://www.plengdut.com/2013/02/indeks-harga.html)
Angka indeks dapat dipergunakan untuk berbagai pengukuran, seperti: indeks perdagangan, untuk mengukur hasil penjualan barang yang riil (nyata), indeks harga konsumen untuk mengukur taraf hidup daripada penerima pendapatan tetap melalui pengukuran pendapatn nyata, upah nyata dan juga untuk mengukur kekuatan beli uang. Selain itu, angka indeks juga mempunyai beberapa kegunaan yang lain, misalnya
1. Memudahkan membandingkan dan menganalisis rangkaian dengan menetapkan suatu periode dasar dan mencakup berbagai kumpulan angka.
2. Merupakan cara yang mudah untuk mengekspresikan suatu perubahan jumlah dari sekelompok bagian-bagian yang heterogen.
3. Mengubah data menjadi angka indeks juga memudahkan untuk membandingkan trend dalam suatu rangkaian yang terdiri dari jumlah-jumlah yang sangat besar
4. Angka indeks juga merupakan salah satu peralatan statistik yang ditunjuk guna mengembangkan pengetahuan tentang aspek-aspek dari perekonomian.
Pada resume kali ini akan menjelaskan dua yaitu pada indeks harga dan kuatitas,  yaitu untuk mengetahui pengertia, macam-macam, kegunaan, serta peranan bagi perekonomian (http://akholilashari.blogspot.com/2011/06/resume-angka-indeks.html)

A. INDEKS HARGA
a. Pengertian
Indeks harga adalah angka indeks yang dipaki untuk mengukur atau menunjukkan perubahan harga barang, baik satu barang maupun sekumpulan barang yang terjadi  dari waktu ke waktu (dari satu periode ke periode lainnya). (Ir.M.Iqbal Hasan)

b. Macam-macam Indeks Harga
Menurut jenisnya Indeks Harga ada 3, yaitu
1. Indeks Harga Konsumen
Adalah ukuran statistik yang menunjukkan perubahan-perubahan pada harga komoditas dan jumlahbarang yang diminta oleh konsumen dari waktu-ke waktu.Faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan harga konsumen:
a) Kebijakan pemerintah berkenaan dengan politik ekonomi dan moneter serta perdagangan luarnegeri.
b) Kebijakan harga yang ditetapkan pemerintah
c) Jumlah permintaan konsumen
d) Pandapatan masyarakat.
e) Biaya produksif.
f) Nilai mata uang
2. Indeks Harga Perdagangan Besar
Angka indeks yang menujukkan perubahan harga pembelian barang oleh pedagang besar darikonsumen.Kegunaannya: bagi pedagang besar dapat mengetahui sejauh mana perubahan-perubahan yangterjadi pada harga-harga pembelian barang dan dapat dijadikan dasar untuk memperkirakan kondisiharga yang mungkin terjadi pada masa yang akan datang.Faktor yang mempengaruhi:
a) Kenaikan biaya produksi
b) Kebijakan politik dagang
c) Kebijakan di bidang moneter.
d) Perubahan nilai uang)
3. Indeks Harga yang Diterima dan Dibayar Petani
a) Indeks harga yang diterima petani
adalah indeks harga yang berhubungan denganpenetapan harga dasar untuk barang-barang pertanian.Faktor yang mempengaruhi harga pembelian obat-obatan yang diperlukan petani, jumlah hasil produksi,musim
b) Indeks harga yang dibayar petani
adalah indeks harga yang berhubungan denganpenetapan harga kebutuhan pertanian.Faktor yang mempengaruhi kebijakan pemerintah biaya produksi, politik dagang, nilai uang.
(http://www.psychologymania.com/2013/01/macam-macam-indeks.html

Menurut cara penentuan juga dibagi menjadi 2 yaitu:
1. Angka indeks tertimbang, dibagi menjadi bentuk agregatif sederhana (Laspeyers, Paschee, Drobish) dan rata-rata harga relatif tertimbang

2. Angka indeks sederhana atau angka indeks tidak ditimbang (simple agregative methode) dibagi dalam bentuk agregatif sederhana dan rata-rata harga relatif atau agregative relative.( http://www.plengdut.com/2013/02/indeks-harga.html)
c. Ciri-ciri Harga dan Indeks Harga
1. Ciri-ciri Harga
Penetapan indeks harga didasarkan waktu normal atau kondisi ekonomi stabil yang berjauhan dengan waktu yang akan datang
Kenaikan dan penurunan harga tergantung pada jumlah permintaan barang di masyarakat.
Harga dapat dijadikan sebagai alat penentuan nilai suatu barang dibandingkan barang lain.
Harga dapat dipengaruhi jumlah barang dan uang yang tersedia dimasyarakat.

2. Ciri-ciri Indeks Harga
Indeks harga digunakan sebagai alat pengukur harga.
Indeks harga merupakan ukuran perbandingan dari suatu harga
Indeks harga merupakan alat untuk memperlihatkan perubahan-perubahan harga pada satu / berbagai jenis barang.
Indeks harga sebagai pedoman nilai standar untuk melakukan perbandingan harga dari waktu ke waktu.
Penetapan indeks harga didasarkan hasil pengumpulan data dari sumber relevan.
Indeks harga ditetapkan tidak dari seluruh barang atau populasi barang melainkan dari sampel.
Indeks harga ditetapkan dalam bentuk presentase.( http://ekonomi-holic.blogspot.com/2012/06/pengertian-ciri-dan-peranan-indeks.html)
d. Kegunaan  Indeks Harga
angka indeks digunakan untuk menghitung perubahan penduduk, Psikologi menggunakan Angka Indeks Kecerdasan (IQ). (http://www.slideshare.net/filnwaffle/angka-indeks-dan-kegunaannya)
e. Peranan Indeks Harga Dalam Ekonomi
1.  Alat bagi pemerintah untuk menetapkan kebijaksanaan dan harga di masa yang akan datang.
2. Indeks harga dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kemajuan dan kemunduran ekonomi.
3. Indeks harga dapat dijdikan dasar perbandingan untuk mengukur tingkat, kemajuan ekonomi masa sekarang dan sebelumnya
4. Indeks harga dapat dijadikan sebagai dasar untuk menetapkan pola dan kebijaksanaan ekonomi secara keseluruhan dan moneter.( http://ekonomi-holic.blogspot.com/2012/06/pengertian-ciri-dan-peranan-indeks.html)

B. INDEKS QUANTITAS
a. Pengertian Indeks Quantitas
Indeks kuantitas adalah angka indeks yang dipakai untuk mengukur atau menunjukkan perubahan harga barang, baik satu barang maupun sekumpulan barang. (Ir.M.Iqbal Hasan)
b. Macam-macam Indeks Kuantitas
Indeks kuantitas menurut penggunaannya :
1. Indeks produksi beras
2. Indeks konsumsi kedelai
3. penjualan jagung((Ir.M.Iqbal Hasan)
Indeks kuantitas menurut penentuan dibagi menjadi dua yaitu
1. indeks kuantitas tidak tertimbang yang dibagi lagi menjadi metode angka relatif, metode agregat dan metode rata-rata relatif serta,
2.  indeks kuantitas tertimbang yang dibagi menjadi metode Tertimbang (Laspeyres, paasche, Drobish ) dan rata-rata tertimbang
c. Ciri-ciri Indeks kuantitas
1. Indeks kuantitas digunakan sebagai alat pengukur suatu barang (kuantitas )
2. Indeks kuantitas merupakan ukuran perbandingan dari suatu kualitas suatu barang
3. Indeks kuantitas merupakan alat untuk memperlihatkan perubahan-perubahan kualitas pada satu / berbagai jenis barang.
d. Kegunaan Indeks Kuantitas
Indeks ini bisa digunakan saat perubahan harga demikian berfluktuasi sehingga nilai barang bisa berubah setiap saat. Pada situasi seperti itu, menghitung perubahan kuantitas barang lebih realistis daripada menghitung indeks harga (perubahan harga). Sebagai contoh, produksi mebel di suatu daerah mengalami peningkatan, namun di sisi lain, harga mebel terpaksa didiskon karena ketatnya persaingan dan turunnya daya beli. Dalam hal ini jika diukur dari harga atau kebijakan diskon pada produk mebel. Namun jika dilihat dari indeks kuantitas, dikatakan bahwa produk mebel mengalami peningkatan, karena secara riil memang meningkat. Sehingga penggunaan indeks kuantitas yang menyatakan adanya peningkatan mebel lebih dianjurkan. (http://guswana.blogspot.com/2009/10/indeks-kuantitas.html)
e. Peranan dalam perekonomian
Kegunaan di dalam perekonomian sama saja dengan kegunaan pada indeks harga.
a. Sebagai Alat bagi pemerintah untuk menetapkan kebijaksanaan mengetahui kualitas barang di masa yang akan datang.

b. Indeks kuantitas dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kemajuan dan kemunduran ekonomi.
c. Indeks kuantitas dapat dijdikan dasar perbandingan untuk mengukur tingkat, kemajuan ekonomi masa sekarang dan sebelumnya.

0 Comments
Mar
28
2013

Wanita Berwirausaha, Kenapa tidak???

Posted by: yuyuk in Categories: serba serbi.

Kebutuhan perempuan sebagai ibu rumah tangga untuk dapat lebih mengembangkan potensi dirinya dalam pengelolaan rumah tangga demi kesejahteraan keluarga dan masyarakat sudah menjadi syarat mutlak yang tidak dapat ditunda lagi sehingga kaum perempuan diharapkan mampu meraih setiap kesempatan yang terbuka (Bernas, 2004).Salah satu alternatif   perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga adalah dengan melakukan usaha sendiri atau berwirausaha. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan status perempuan dan mempertahankan kelangsungan hidup dalam keluarga.
Kesulitan –kesulitan yang dihadapi oleh wanita tersebut harus dicari jalan pemecahan yang terbaik sehingga usaha yang dijalankan dapat berkembang dengan baik. Selain itu perlu adanya usaha yang keras untuk dapat meningkatkan pengetahuan melalui pendidikan atau pelatihan dan berusaha untuk menjalin hubungan dengan orang lain sehingga akan tercipta akses yang baik sehingga diharapkan dengan hal tersebut usaha yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.
Perempuan yang memulai usaha bisnis sendiri seperti membuka katering, toko, dll harus dapat menyeimbangkan antara kebutuhan untuk tujuan ekonomi seperti penambahan pendapatan bagi keluarga dan tujuan non ekonomi yaitu membantu orang lain sehingga ada hubungan sosialisasi dengan pihak lain (Brush,1992). Partisipasi wanita dalam berwiraswasta akan dapat membantu dalam perkembangan ekonomi keluarga sehingga kesejahteraan keluarga diharapkan dapat meningkat dan dapat digunakan untuk menyiapkan dana guna menyekolahkan anak-anaknya, sehingga mutu sumber daya manusia pada masa yang akan datang dapat lebih ditingkatkan lagi. Dalam melaksanakan kegiatan untuk berwirausaha tersebut ibu harus dapat memperhatikan kegiatan anak-anak supaya mereka tidak merasa terabaikan dengan aktivitas yang dilakukan.
Ada beberapa alasan mengapa wanita harus berwirausaha, antara lain:
1. Menyalurkan hobi atau bakat yang dimiliki.
Saya dapat memberikan contoh untuk hal ini, di mana tetangga saya satu perumahan mempunyai ketrampilan membuat kue yang biasanya hanya membuat untuk kepentingan keluarga saja, namun karena kue yang dibikin enak sehingga orang lain akhirnya pesan dan sampai sekarang semua orang apabila ada acara acara maka memesan kepada tetangga tersebut.
2. Memiliki waktu yang lebih fleksibel
Dengan berwirausaha maka wanita akan jauh lebih mudah dalam mengatur waktu, artinya dengan melakukan usaha sendiri di rumah maka wanita tidak akan kesulitan
3. Menambah pendapatan keluarga
Dengan berwirausaha naka istri dapat membantu pendapatan suami sehingga diharapkan kesejahteraan keluarga dapat meningkat
4. Menambah wawasan dan pengetahuan bagi wanita

Untuk memulai dalam wirausaha  maka ada beberapa langkah antara lain meliputi:
1. ide
Untuk memulai bisnis maka kita harus punya ide terlebih dahulu setidaknya kita harus tahu kira-kira melakukan usaha apa yang tepat untuk daerah di mana kita akan berwirausha.
2.Modal
Sesuaikan dengan modal yang kita milki, atau kalau membutuhkan dana maka dapat melakukan pinjaman lunak
3. Pemasaran
Hal ini tidak boleh dilupakan karena pemasaran memegang peranan penting saat kita akan melakukan usaha, untuk itu kita harus tahu kemana produk yang akan kita buat dipasarkan.
Terima kasih semoga bermanfaat…….

0 Comments
Mar
27
2013

Menamkan empati pada anak

Posted by: yuyuk in Categories: Attitude.

Seperti biasanya pulang kerja jam 16.00, karena hari tidak hujan langsung tancap gas untuk segera sampai di rumah, namun sesampai di rumah tangan langsung di pegang anak saya yang nomor dua. Ada apa nak? Tanpa banyak bicara dia menyuruh saya duduk di kursi dan saya berusaha untuk mendengarkan ceritanya. Pada saat sekolah tadi ada temennya yang jatuh dan menangis karena kesakitan, aku berusaha untuk menghibur dan mendengarkan keluhan sakitnya. Kayaknya cerita ini juga sering di alami oleh ibu-ibu yang lainnya tentang cerita anakknya, tapi justru inilah kebanggan bagi kita karena betapa anak kita sangat luar biasa dapat mengerti dan memahami serta empati terhadap musibah temannya dengan caranya sendiri.
Apa sebenarnya yang dimaksud dengan emapati itu? empati adalah kemampuan untuk menyadari perasaan orang lain dan bertindak (sesuai) untuk membantu. Konsep Empati terkait erat dengan rasa iba dan kasih sayang. Empati merupakan kemampuan mental untuk memahami dan berempati dengan orang lain, apakah orang diempati setuju atau tidak tetapi disini memiliki niat untuk membantu.(http://www.kumpulanistilah.com/2011/02/pengertian-empati.html)

Ada beberapa cara untuk menumbuhkan empati pada anak, antara lain:
1. Mengajak anak untuk selalu peduli dengan pekerjaan di rumah tangga, artinya mengajak mereka untuk melakukan pekerjaan ringan dengan cara yang menyenangkan, biasanya hal ini dapat dilakukan secara bersama-sama saat libur
2. Gunakan kesempatan atau peluang bagi anak-anak dengan membacakan cerita sehingga mereka dapat belajar dan meniru tokoh yang baik dan empati terhadap tokoh tersebut
3. Perlu adanya kebersamaan pada saat menonton televisi serta memilihkan saluran yang tepat bagi mereka, sehingga kita dapat menjelaskan apa yang ditonton sehingga hal ini akan merangsang daya imajinasi anak-anak akan nilai empatinya.
4. Pada kesempatan tertentu mengajak anak-anak untuk menjenguk orang sakit, di mana hal ini dapat melibatkan rasa empati anak-anak terhadap orang yang mengalami musibah
Manfaat mengembangkan empati pada anak:
1. Mengembangkan daya imajinasi pada anak
2. Meningkatkan ketrampilan dalam berbahasa
3. Membangkitkan minat baca
4. Membangun kecerdasan emosional
5. Membangun rasa empati pada anak (http://bidanku.com/index.php?/manfaat-cerita-dongeng-anak-anak-bagi-perkembangan-buah-hati-kita)
Terima kasih dan semoga bermanfaat

0 Comments
Mar
21
2013

Menjadi orang sukses bukanlah hal yang mudah perlu perjuangan yang keras serta doa untuk meraihnya, untuk itu kita perlu banyak tahu tentang motivasi diri. Saya punya cerita sedikit tentang motivasi diri ini. Beberapa waktu yang lalu saya memang sedang mengalami sakit, yang hal itu sangat luar biasa sekali, karena dengan sakit itu sangat mempengaruhi kehidupan saya termasuk pekerjaan, perhatian terhadap suami dan anak-anak menjadi berkurang karena saya lebih memikirkan penyakit ini. Memang setiap orang mudah mengucapkan kata-kata sabar, namun pelaksanaanya memang butuh kekuatan yang besar untuk melaksanakannya. Namun dari keterpurukan itu muncul satu kekuatan dalam diri saya bahwa saya masih ingin mendampingi suami dan menemani anak-anak sampai akhir hayat kami. Satu hal yang saya selalu pegang teguh yaitu keyakinan bahwa Alloh akan selalu mendampingi dan membantu saya di segala kondisi. Banyak harapan ke depan yang ingin selalu saya wujudkan bersama keluarga. Hal itulah yang memompa saya untuk selalu kuat dan tegar dalam menghadapi cobaan ini. Selain doa dari keluarga, teman, sahabat, termasuk pimpinan di mana saya bekerja sangat memberikan support agar kuat dan sabar. Sungguh luar biasa dengan motivasi diri yang kuat untuk bisa sembuh akhirnya Alloh memberikan jalan kemudahan terhadap diri saya, yang sampai hari ini Alhamdulilah sudah sehat dan dapat beraktifitas lagi seperti sedia kala. Dari cerita di atas tersebut semoga dapat memberikan manfaat bagi yang lainnya, tentang motivasi diri yang untuk melangkah ke depan.
Motivasi merupakan proses yang berawal pada kekurangan atau kebutuhan psikologi maupun psikologi, mobilisasi atau dorongan itu diarahkan pada suatu tujuan atau rangsangan. Dengan demikian, kunci untuk memahami proses motivasi terletak pada pemahaman dan hubungan antara kebutuhan, dorongan dan semangat. Oleh sebab itu motivasi dapat dikatakan faktor pendorong yang akan mempengaruhi manusia untuk bertindak sesuai dengan keinginannya yang akan dituju. Faktor pendorong tersebut bisa datang dari dalam (faktor intrinsik) maupun dari luar (faktor ekstrinsik) diri manusia itu sendiri. (dikutip dari blog motivasi).
Berkaitan dengan hal tersebut ada beberapa tips yang mungkin bisa dijadikan sebagai pegangan tentang bagaimana untuk memotivasi diri, yaitu:
1.    Perlu kedisiplinan dalam menjalankannya sehingga ada unsur konsisten sehingga menjadi suatu kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saya mempunyai kedisiplinan untuk selalu membaca Al-Quran, di mana hal ini harus dilaksanakan dengan penuh keyakinan bahwa kita mampu melakukannya secara konsisiten setiap hari dan kalau sudah menjadi kebiasaan maka akan terasa tidak nyaman kalau kita melakukannya.
2.    Usahakan untuk selalu fokus dengan tujuan hidup kita
Kita selalu berusaha untuk selalu fokus dengan tujuan hidup kita, karena hal ini akan menjadikan kita menjadi manusia yang berkualitas dengan memahami tujuan hidup
3.    Berusaha mencari teman, sahabat yang mempunyai visi yang sama
4.    Bertanggung jawab
Anda perlu seseorang yang bersedia mengingatkan Anda untuk tetap berada di tujuan. Ia bertugas memberikan dukungan dan menjadi mitra bertukar pikiran bagi ide dan gagasan yang Anda punya. Dari sini Anda akan merasa bertanggung jawab untuk memberikan yang terbaik baginya. Proses mencapai tujuan menjadi lebih mudah dengan hadirnya seseorang yang menjadi cermin diri Anda. (Al Falaq Arsendatama, 2012)
Namun dari motivator yang saya kagumi yaitu Bapak Mario Teguh adalah beliau mengatakan bahwa: Aku masih ingin belajar”, “Aku masih ingin mendapatkan input dari sekelilingku” , “Aku masih ingin mendapatkan pengetahuan- pengetahuan dari mana saja agar dapat lebih baik”. MasyaAlloh kita memang masih perlu belajar banyak untuk menjadi manusia yang lebih berkualitas kedepannya. Terima kasih dan semoga bermanfaat

0 Comments
Mar
21
2013

Mengenali Diri Dengan Disiplin Diri

Posted by: yuyuk in Categories: Attitude.

MENGENALI DIRI DENGAN DISIPLIN DIRI

Disiplin dapat menjadikan diri kita untuk dapat menaati tata tertib yang sudah kita buat sehingga akan mengarahkan kita menjadi individu yang berkualitas. Namun pelaksanaan disiplin harus berkesinambungan dan dilakukan secara tertib sehingga manajemen waktu menjadi lebih baik.
Disiplin diri melibatkan tindakan sesuai dengan apa yang kita pikirkan, dan bukan apa yang kita rasakan pada saat ini.

A.CARA MENGEMBANGKAN DISIPLIN
Disiplin diri memang tidak mudah namun perlu usaha yang kuat untuk mewujudkannya yaitu komitmen yang tinggi dari diri individu untuk tetap konsisten dalam menjalan disiplin diri, karena dengan kondisi disiplin diri akan diperoleh manfaat yang sangat luar biasa. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari internet ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam mengembangkan disiplin diri , antara lain:
1.Pengetahuan Diri
Disiplin berarti berperilaku sesuai dengan apa yang Anda telah putuskan, terlepas dari apa yang Anda rasakan pada saat ini. Oleh karena sifat pertama disiplin adalah pengetahuan diri. Anda perlu memutuskan apa perilaku terbaik yang mencerminkan tujuan dan nilai-nilai. Proses ini memerlukan introspeksi dan analisis-diri, dan yang paling efektif sediakanlah waktu untuk menulis tujuan, mimpi dan ambisi Anda.
2. Kesadaran
Disiplin diri tergantung pada kesadaran apa yang baik dan apa yang tidak baik untuk Anda lakukan. Ketika Anda mulai membangun disiplin diri, Anda mungkin mendapati diri Anda berada dalam tindakan yang tidak disiplin – misalnya bermain game, menghindari hal-hal penting, menonton tv terus-menerus. Mengembangkan disiplin diri membutuhkan waktu, dan kuncinya adalah Anda menyadari perilaku tidak disiplin Anda. Dengan cara ini memberi Anda kesempatan untuk membuat keputusan yang lebih baik sejalan dengan tujuan dan nilai-nilai.
3. Komitmen
Tidaklah cukup hanya menulis tujuan dan nilai-nilai. Anda harus membuat komitmen internal untuk hal itu. Misalnya ketika jam alarm Anda berbunyi pada jam 5 pagi namun Anda menekan tombol snooze untuk bisa tidur 5 menit lagi atau ketika antusias Anda telah mulai memudar.
Jika Anda berjuang dengan komitmen, mulailah dengan membuat keputusan sadar untuk menindaklanjuti apa yang Anda katakan akan Anda lakukan, baik ketika Anda mengatakan Anda akan melakukannya dan bagaimana melakukannya.
4. Keberanian
Jangan salah, disiplin diri seringkali sangat sulit. Suasana hati, selera dan gairah dapat menjadi kekuatan besar untuk melawannya. Oleh karena itu disiplin diri sangat tergantung pada keberanian. Jangan berpura-pura mengatakan ini adalah hal mudah untuk dilakukan namun sebenarnya sangat sulit atau menyakitkan. Sebaliknya, menemukan keberanian untuk menghadapi rasa sakit dan kesulitan ketika Anda mulai mengumpulkan kemenangan-kemenangan kecil maka rasa percaya diri Anda akan tumbuh dan keberanian yang mendukung disiplin diri akan datang lebih alami.
5. Melatih diri
Self-talk (berbicara pada diri sendiri dalam hati) sering kali berbahaya, tetapi juga bisa sangat menguntungkan jika Anda mampu mengkontrolnya. Bila Anda merasa Anda sedang diuji oleh Alloh dengan kondisi, saya sarankan Anda berbicara pada diri sendiri, dengan memotivasi dan meyakinkan diri sendiri karena itu adalah bentuk self-talk yang memiliki kemampuan untuk mengingatkan tujuan Anda, membentuk keberanian, memperkuat komitmen dan membuat Anda sadar akan tugas dan peran Anda. Cobalah mengatakan dalam hati “tidak ada yang turun dari langit dengan cuma-cuma semua butuh usaha dan do’a” atau anda memiliki kalimat lain, dan ingat setiap kali Anda menemukan diri Anda sedang diuji. Ini dapat mengubah hidup Anda.

B. MENGAPA DISIPLIN SULIT?
Terkadang untuk mendisiplinkan diri itu sulit, karena banyak sekali hambatan atau rintangan yang terjadi dalm kehidupan kita. Untuk itu perlu banyak motivasi dan semangat untuk tetap bisa mendisiplinkan diri. Disiplin diri merupakan suatu siklus kebiasaan yang kita lakukan secara berulang – ulang dan terus menerus secara berkesinambungan sehingga menjadi suatu hal yang biasa kita lakukan. Disiplin diri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu itu sendiri secara berkesinambungan atau konsisten sehingga diharapkan akan menjadi suatu kebiasaan yang mengarah pada tercapainya kualitas diri yang lebih baik, karena dengan kondisi terrsebut akan membentuk pribadi diri kita di masa depan dalam meraih tujuan hidup yang lebih baik. Ada beberaapa hal yang menyebabkan kita untuk sulit dalam berdisiplin diri, antara lain:
1.    Manusia memiliki sifat – sifat mendasar seperti: cenderung bermalas -malasan, ingin hidup seenaknya mengikuti keinginan hatinya dan keinginan untuk melanggar peraturan – peraturan yang ada.
2.    Kita selalu menganggap pekerjaan sebagai suatu kewajiban apapun beban yang harus dilakukan, bukan sebagai kesenangan. Pepatah mengatakan “ kita akan lebih mudah menerapkan disiplin diri jika kita mencintai apa yang kita kerjakan ”.
3.    Manusia cenderung cepat bosan jika melakukan kegiatan yang sama dalam jangka waktu lama. (Harianto, 2010)
Namun apabila kita ingin tetep dalam kondisi untuk berdisiplin diri maka harus mempunyai komitmen yang tinggi dalam menjalankan supaya dapat teratasi kondisi-kondisi yang membuat kita untuk tidak dapat mendisiplinkan diri.

C. BAGAIMANAKAH TIPS UNTUK MENDISIPLINKAN DIRI?
Seperti pernyataan di atas bahwa mendisiplinkan diri memang bukan hal yang mudah, namun demikian banyak cara atau hal yang dapat dilakukan oleh individu untuk dapat mendisiplinkan diri, antara lain:
1.    Berusaha untuk selalu berpikir positif dengan mengalahkan pikiran yang kurang baik
2.    Berusaha untuk selalu fokus pada kondisi dimana kita sedang dalam kondisi disiplin diri sehingga tujuan yang kita inginkan akan tercapai
3.    Buat skala prioritas dengan apa yang akan kita lakukan ke depan
4.    Buat jadwal. Disiplinkan diri untuk menaati jadwal tersebut dan jangan terpengaruh dengan hal-hal lain yang dapat mengganggu jadwal yang buat.
5.    Membuat daftar yang anda inginkan untuk dicapai dalam hidup

D. LANGKAH-LANGKAH DISIPLIN DIRI
Ada beberapa langkah untuk dapat menjalankan disiplin diri antara lain:
1.    Memahami dengan benar manfaat dari disiplin diri
2.    Memahami bahwa hidup kita ditentukan oleh sikap kita
3.    Menjalankan janji diri dengan disiplin yang kita buat
4.    Merenungi dengan apa yang sudah kita jalankan untuk diambil hikmah positif

E. MANFAAT DISIPLIN DIRI
Dengan disiplin diri akan banyak memberikan manfaat kepada individu itu sendiri, antara lain meliputi:
1.    Akan memiliki integritas yang tinggi sehingga apa yang dilakukan sesuai dengan tindakan yang dilakukan dengan penuh tanggung jawab
2.    Memiliki pola hidup yang teratur dengan menaati jadwal yang sudah dibuat dengan mudah melakukan managemen waktu yang tepat
3.    Memiliki sikap percaya diri yang tinggi
4.    Menumbuhkan sifat kemadirian dalam individu itu sendiri
5.    Ditekankan selalu dalam diri bahwa berpikir positif bahwa mengembangkan diri merupakan hal yang penting dalam diri
Terima kasih semoga bermanfaat………………..

0 Comments
Jan
18
2013

Makanan Tradisional

Posted by: yuyuk in Categories: serba serbi.

Sabtu adalah hari yang menyenangkan, karena kebetulan kampus kami libur di hari tersebut, jadi  sejenak bebas dari rutinitas kantor. Libur di kampus tapi tidak libur di rumah, banyak aktifitas yang harus dilakukan, salah satunya adalah belanja dapur mingguan. Seperti biasanya setelah acara jalan pagi, maka kegiatan dilanjutkan dengan belanja. Namun, ada hal yang selalu menarik perhatian saya pada saat belanja yaitu ada warung yang menjual khusus kue tradisional. Spontan saja masuk ke warung itu, karena di sana memang banyak sekali ibu-ibu yang antri beli kue trasdional.
Ternyata kuenya cantik-cantik dan menarik baik dari segi warna bentuk serta jenisnya. Mata saya tertuju pada kue cucur yang cantik warnanya merah dan bentuknya tidak terlalu besar, selanjutnya pikiran saya langsung tertuju ke Evan Sanders yang terkadang menyebutkan kue cucur dalam twitternya. Wah, mungkin saja ini makanan favoritnya.
Keunikan makanan tradisional merupakan salah satu daya tarik wisatawan asing terhadap negara kita, untuk itu kita wajib untuk melestarikannya. Kalau dilihat dari berbagai pulau di negara kita, luar biasa jumlahnya tidak terhitung berapa jenis makanan tradisional yang kita miliki. Kue tradisional terkenal dengan jajan pasar yang banyak di jual di pasar tradisional. Jajan pasar ini biasanya banyak yang menyebutnya dengan kue basah yang bahan bakunya dari tepung beras, tepung ketan, dan bisanya tidak tahan lama. Salah satu contoh jajan pasar adalah jongkong, putu ayu, bubur sumsum, bubur candil, cenil, jemblem, lupis, petulo, dan lain-lain. Luar biasa , Indonesia memang kaya akan budaya baik kesenian, permainan – permainan tiap daerah, serta makanan tradisionalnya. Apabila kita tidak melesatrikannya maka biasa saja akan lenyap sehingga generasi kita selanjutnya tidak tahu tentang makanan tradisional. Untuk memperkenalkan jajan tradisional maka salah satu cara adalah pada saat tertentu kita di kala kita lagi longgar waktu bisa saja membuat dan anak-anak diajak serta berpartisipasi aktif saat proses pembuatan atau dengan membeli kue tradsional sambil memperkenalkan kepada mereka apa nama kue tersebut. Saya mencoba untuk mencari di internet, beberapa makanan tradisional dari berbagai daerah antara lain:
1. Jawa Timur : Kue cucur, kue mayang, dll
2. Jawa Tengah : Kue kaca, putri mandi, dll
3. Jawa Barat: Kue adas, dll
4. Bali: kue gambir, dll
5. Betawi: kembang goyang, dll
Dan tentunya tidak hanya itu saja, masih banyak lagi jenis dari berbagai daerah
Semoga bermanfaat..terima kasih

1 Comments
Older Posts »
FireStats icon Powered by FireStats