New Normal merupakan tatanan baru kehidupan di masa Pandemi.( Pandemi itu apa?, Pandemi adalah suatu wabah penyakit global, menurut WHO ( World Health Organization ), pandemi dinyatakan ketika penyakit baru menyebar di seluruh dunia melampaui batas. Pandemi yang mirip flu (WHO pada 12 maret 2020).
Sebenarnya apa itu Pandemi?, apa bedanya dengan Epidemi?
istilah Pandemi menutur KBBI dimaknai sbg wabah yang berjangkit serempak di mana-mana melalui daerah geografi yang luas, wabah penyakit yang masuk dalam katagori pandemi adalah penyakit menular dan memiliki garis infeksi berkelanjutan, maka bila terdapat kasus terjasi di beberapa negara lainnya, selain negara asal, akan tetap digolongkan sebagai pandemi.
Pandemi umumnya diklasifikasikan sebagai epidemi terlebih dahulu yang penyebaran penyakitnya cepat dari wilayah ke wilayah tertentu ( contoh : wabah virus Zika yang dimulai di Brasil pada tahun 2014 dan menyebar ke Karibia dan Amerika Latin, jg wabah ebola di Afrika Barat dari tahun 2014 sampai tahun 2016.
Pandemi Corona
terbaru, COVID 19 dimulai sebagi pandemi di China sebelum menyebar ke seluruh dunia dalam hitungan bulan dan menjadi pandemi, meski demikian, epidemi tidak selalu menjadi pandemi dan tidak selalu memiliki transisi yang cepat, contoh HIV dianggap sebagai epidemi di Afrika Barat selama beberapa dekade sebelum menjadi pandemi di akhir abad ke 20, kini berkat kemajuan medis, HIV dianggap endemik yang berarti tingkat penyakitnya stabil dan dapat diprediksi di antara populasi tertentu( menurut American Medical Association), maka suatu penyakit dikategorikan sbg pandemi apabila penyakit itu berkembang dan menyebar di beberapa wilayah yang baru, status virus corona yang berubah menjadi pandemi.
Jakarta, CNN Indonesia-— Sejumlah negara termasuk Indonesia tengah bersiap untuk menerapkan sistem the new normal untuk menghadapi pandemi virus Corona yang tanda2nya belum akan berakhir.
Kompas.com – Pandemi Covid19 merubah tatanan masyarakat dunia, guna mencegah penularan wabah virus corona yang meluas , masyrakat dihimbau bahkan dipaksa untuk tinggal dirumah, sekolah, tempat ibadahpun dipaksa untuk tinggal dirumah, juga kantor2 sampai ada istilah Work From Home( WFH)
Hampir semua negara menghimbau warganya untuk tidak beraktifitas di luar rumah, kecuali ada kepentingan mendesak( misal ke RS, ke Apotik,dll yang mendesak) dan kecuali, memang bagi mereka yang harus keluar dan kegiatannya tidak bisa dilakukan dari rumah.
Perubahan tsb,tentu berdampak luas di banyak sektor, perubaha tsb membuat masyarakat kebingungan, krn banyak sektor yang berdampak.
Wikipedia(istilah bisnis dan ekonomi)
New Nomal ( adalah sebuah istilah dalam bisnis dan ekonomi yang merujuk pada kondisi keuangan usai krisis keuangan di tahun 2007-2008, resesi global 2008-2012, dan Pandemi Covid 19, sejak itu, istilah tsb dipakai pada berbagai kontes lain untuk mengaplikasikan bahwa sesuatu hal yang sebelumnya dianggap tidak normal( tidak lazim), kini menjadi umum dilakukan.
New Normal dilakukan sebagai upaya kesiapan untuk beraktivitas di luar rumah se optimal mungkin, sehingga bisa beradaptasi dalam menjalani perubahan perilaku yang baru. Perubahan pola hidup ini disertai dengan menjalankan protokol kesehatan sebagai pencegahan penyebaran dan penularan Covid 19
Prinsip New Normal
Dapat menyesuaikan dengan pola hidup baru.
Secara sosial , kita pasti akan mengalami suatu bentuk new normal atau harus beradaptasi dengan aktivitas dan bekerja dengan protokol kesehatan seperti mengurangi kontak fisik dengan orang lain ( tidak boleh bersalaman), menghindari kerumunan, semua kegiatan ( bekerja, bersekolah) dilakukan di rumah
Masyarakat akan menjalani kehidupan secara new normal hingga ditemukannya vaksin yang dapat digunakan untuk menangkal virus corona
Vaksin Corona
Beberapa ahli dan pakar kesehatan dunia telah memastikan bahwa paling cepat dapat ditemukan nya vaksin corona adalah di tahun 2021, artinya masyarakat harus menjalani kehidupan secara new normal hingga tahun depan, atau bahkan lebih.
Oleh karenanya, perubahan perilaku akan menjadi kunci optimisme dalam menghadapi Covid 19 dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah atau yang dikenal dengan istilah New Normal
Diambil dari beberapa sumber

New Normal