Corona merupakan suatu Virus yang pertama kali muncul di kota Wuhan ( China),Virus Corona adalah suatu virus yang menyerang sistem pernafasan,pneumonia akut sampai kematian. virus ini disebut Covid-19 novel ( 2019-nCov) yang lebih dikenal publik dengan nama Virus Corona, virus ini menyerang siapa saja, mulai bayi, anak2, remaja, orang dewasa, lansia, ibu hamil dan ibu menyusui.
Berdasarkan penemuan2 virus ini (Coronavirus) adalah sekumpulan virus yang dapat menginfeksi sistem pernafasan, mulai ringan ( flu ), sampai infeksi pernafasan berat ( pneumonia, Middle East Respiratory Syndrome ( sering disebut MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome ( SARS).
Gejala Virus Corona:
seperti tersebut diatas, virus ini menyerang pernafasan( hidung berair sampai meler,sakit kepala, batuk ( batuk berdahak bahkan berdarah), nyeri tenggorokan, demam ( ringan sampai demam tinggi, sesak nafas, dan nyeri dada.
Jenis Virus Corona ada 3 gejala yaitu :
Demam, batuk, sesak nafas yang menyerang 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona
Kapan Hrrus Diperiksa Dokter :
bila mengalami gejala-gejala seperti tersebut diatas( terutama setelah kembali dari bepergian ke China/Wuhan ( karena muncul awal adi sana), kemudian menyebar ke belahan dunia ( menjadi epidemi, mewabah ),orang-orang yang dicurigai terinfeksi virus tersebut, harus ditangani serius seorang medis untuk mendapat penanganan yang tepat. karena virus ini( menurut pendapat para medis) gampang menyebar( epidemi).
Ada dugaan bahwa virus Corona awalnya dari hewan ke manusia, juga menular dari manusia ke manusia.
Cara penularan Virus Corona ::
tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin, atau batuk dari penderita Covid-19, memagang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, kontak jarak dekat( berjabat tangan, bersentuhan).
Siapa yang terkena Virus Corona yang paling rentan adalah oarng usia lanjut, ibu hamil, orang yang sedang sakit, orang yang daya tahan tubuhnya lemah.
Diagnosa Virus Corona:
Pernah/ sedang bepergian keluar negeri yang merupakan wilayah endemik Virus Corona sebelum gejala muncul.
Memastikan Diagnosa COVID-19 seorang Dokter ( petugas kesehatan ), maka akan dilakukan :
uji sampel darah,tes usap tenggorokan untuk meneliti dahak, rontgen dada untuk mendeteksi infiltrat ( cairan paru-paru).
Pengobatan Virus Corona :
menurut para medis, virus ini belum bisa diobati, tapi jika terinveksi ringan selama 1 minggu bisa reda, jika tidak, maka para medis akan memberi obat pereda demam, nyeri, menganjurkan mandi air hangat, minum minuman hangat,, istirahat yang cukup, tidak keluar rumah ( untuk berkerumun banyak orang ), hal ini untuk mencegah virus kena dirinya, gunakan masker, sering cuci tangan, hindari kontak dengan hewan ( hewan liar), bila masak daging, harus benar2 matang, tutp mulut jika bersin, hindari menyentuh muka( mata,mulut, hidung)
Komplikasi Virus Corona :
Pneumonia
Infeksi Sekunder pada organ lain
Gagal Ginjal
Acute Cardiac Injury
Kematian
Apabila ingin mengetahui lebih banyak tentang Virus Corona, download Aplikasi Aladokter di Google Play atau App Store yang membahas lebih detail
( diambil dari beberapa sumber )

CORONA ( nama suatu virus yang mendunia )