Situasi Usaha dalam Pasar Persaingan:Ada 3 Pelaku Persaingan yaitu:
1. Pembeli (Consumer )
2. Perusahaan sebagai Penjual ( Company
3. Pesaing ( Competitor )

Komitmen Terhadap Konsumen Adalah Kunci Sukses Usaha
Sedangkan kunci sukses usaha adalah :
1.Perusahaan mantap dan mau berkembang
2.Penjualan meningkat, maka Laba akan meningkat
3.Membeli kembali/ Lebih banyak, Pembeli baru
4.Konsumen puas

Sehingga dapat ditarik kesimpulan :
Produk dan layanan perusahaan sesuai dengan harapan pembeli dan lebih baik dari yang ditawarkan pesaing.
KEPUASAN DIPEROLEH MANAKALA PRODUK DAN LAYANAN SESUAI DENGAN HARAPAN PELANGGAN

MENGUKUR KEPUASAN KONSUMEN :
1.Sistem keluhan dan saran
2.Ghost shopping
3.Lost Customer analyses
4.Survei kepuasan pelanggan

CUSTOMER IS KING:
Konsumen adalah orang yang paling penting bagi perusahaan
Konsumen tidak tergantung pada perusahaan, tetapi perusahaan bergantung kepada konsumen
Konsumen tidak mengganggu perusahaan, tetapi justru membantu perusahaan
Konsumen adalah manusia, bukan barang mati (perlu diperhatikan)
Konsumen bukan lawan berdebat, tetapi kawan yang membantu
Konsumen mempercayakan keinginannya kepada perusahaan, karena itu harus dipenuhi
Konsumen memberikan keuntungan kepada perusahaan
Konsumen adalah jiwa dari perusahaan
Konsumen perlu dimengerti dan diberi pelayanan yang menyenangkan dan memuaskan.

PENTINGNYA MUTU:
Dalam era global, persaingan menjadi makin tajam. Hanya perusahaan yang dapat menghasilkan kualitas barang atau jasa yang sesuai dengan tuntutan pelanggan yang dapat memenangkan persaingan
Mutu merupakan salah satu kebijaksanaan penting dalam meningkatkan daya saing produk yang harus memberi kepuasan melebihi atau paling tidak sama dengan produk pesaing
Mutu produk merupakan salah satu unsur utama dalam bauran pemasaran yang dapat meningkatkan volume penjualan dan memperluas pangsa pasar.
APA ITU MUTU ?:
Mutu adalah kecocokan penggunaan produk (fitness for use) untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan (Juran)
Mutu adalah conformance to requirement, yaitu sesuai dengan yg disyaratkan/distandarkan. Standar mutu meliputi bahan baku, proses, produk jadi (Crosby)
Mutu adalah kesesuaian dengan kebutuhan pasar/konsumen (Deming)
Mutu adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (full customer satisfaction). Suatu produk bermutu apabila dapat memberi kepuasan sepenuhnya kepada konsumen (Feigenbaum)
Mutu adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, manusia, proses dan tugas serta lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan.
Mutu adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (full customer satisfaction). Suatu produk bermutu apabila dapat memberi kepuasan sepenuhnya kepada konsumen (Feigenbaum)
Mutu adalah suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, manusia, proses dan tugas serta lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan.
Meskipun tidak ada definisi mengenai mutu yang diterima secara universal, namun dari kelima definisi di atas terdapat beberapa persamaan, yaitu dalam elemen-elemen sebagai berikut:
Mutu mencakup usaha memenuhi atau melebihi harapan pelanggan
Mutu mencakup produk, tenaga kerja, proses dan lingkungan
Mutu merupakan kondisi yang selalu berubah.seperti saat penulis kuliah akhir, maka SKS yang dicapai 24 sks. persemester.
DIMENSI MUTU:
Performa
Keistimewaan (feature)
Keandalan (reliability)
Konformasi (conformance)
Daya tahan (durability)
Kemampuan pelayanan (service ability)
Estetika
Kualitas yang dirasakan (perceived quality):
Performa
Keistimewaan (feature)
Keandalan (reliability)
Konformasi (conformance)
Daya tahan (durability)
PERSPEKTIF MUTU:
Transcendental approach

Product-based approach

User based approach

Manufacturing based approach

Value based approach

nanti dilanjut lagi, karena ada kerjaan yang harus dikerjakan, dan harus selesai dead line ( diambil dari beberapa sumber )

Manajemen Mutu Terpadu ( MMT)