Kiat memilih mata kuliah konsentrasi pernah saya berikan pada saat yang lalu, ini saya berikan lagi dengan mengaitkan pekerjaannya bila memilih konsentrasi. di tempat saya mengajar STIE Malangkucecwara Malang ada 4 konsentrasi di prodi Manajemen yaitu SDM, Pemasaran, Keuangan dan Perbankan.
SWOT
Sebagai orang manajemen, untum memilih konsentrasi pun saya memakai alat manajemen, yaitu analisis SWOT(Strenghts,Weaknesses,Opportunities, and Threats). Ni saya kasih contoh analisa saya waktu itu saat akan memilih konsentrasi( Bukan Keseluruhan, jadi secara akademiknya saja) :
1.Strenghts ( Kekuatan ):
Kekuatan yang saya miliki pada saat ini adalah Suka baca, mau menjadi yang lebih baik, mau berusaha, suka berbicara (masih dalam tahap belajar dan mencoba selalu berkata jujur), suka berdiskusi, berfikir kreatif, Agak Kritis, mampu membeli buku-buku, tepat waktu, dan Tidak menyontek ( hehehe sudah benerkah).
2. Weaknesses ( Kelemahan ):
Kalau bicara kelemahan, hampir tidak ada sih kayaknya, tapi okelah saya kasih tahu sedikit seperti : Sering tertidur, Sering terlupa, sering hilang catatan, sering hilang boltpoin, malas belajar dalam hitung-menghitungan apalagi rumus-rumusan.
Lemah dalam hal menghapal, tulisan saya jelek ( pengaruh lebih cepat otak dari pada otak kanan dan tangan ). Hahahaa katanya hamper tidak ada, padahal banyak kelemahan,sebenarnya yg menilai orang lain,ttg swot kita).
3. Opportunities ( Peluang ):
Berbicara tentang peluang, mungkin ada kaitannya dengan visi dan misinya, dan peluang juga di pengaruhi oleh Kekuatan yang saya miliki, sesuai dengan yang saya tulis di atas, saya lebih cenderung kearah kreativitas dan diskusi-diskusi ilmiah, atau kalau hitungan harus banyak latihan2.
4. Theats ( Ancaman ):
Seperti halnya peluang, ancaman juga dipengaruhi oleh kelemahan, melihat banyaknya kelemahnya yang saya miliki, beberapa ancaman bagi saya yaitu apa ya,,, heheh bingung saya… hahahahaha,,,
Yang utama cewek lebih cantik, lebih pinter omong, lebih pinter nglobi jadi ancaman pendapat orang, perlu dibuktikan( merupakan hipotesa).
Konsentrasi Pemasaran:
Yang jelas saya milih konsentrasi pemasaran, jadi kalo di Tanya, “ kamu jurusan apa ?” saya jawab “jurusan manajemen konsentrasi pemasaran”. Haaa ya karena memang di pemasaran mungkin otak saya lebih terpakai dan kreatifitas saya lebih berkembang.
Dan memang saya suka dengan belajar perkembangan pemasaran. Dan juga karena keterkaitannya pemasaran dengan system informasi manajemennya, saya juga suka ternologi pemasaran era sekarang ini perpaduan juga dengan system informasi manajemen.
Konsentrasi Manajemen Keuangan:
Yang jelas saya milih konsentrasi manajemen keuangan, jadi kalo di tanya, “ kamu jurusan apa ?” saya jawab “jurusan manajemen konsentrasi keuangan”. Haaa ya karena memang di keuangan mungkin otak saya lebih terpakai dan kreatifitas saya lebih berkembang, karena dinamis hitung menghitung, sudah sejak awal suka hitungan., dalam hal ini harus teliti dalam hitung menghitung.
Konsentrasi Perbankan:
Hampir sama dengan konsentrasi keuangan, harus kuat hitungan, kalian yg pernah ambil mata kuliah Banking Praktikum, Kredit Analis, Payment System,dll banyak hitungannya, misal di Kredit Analis, kita menganalisa calon nasabah yang mau ambil kredit Bank, saudara harus membuat Laporan Keuangan ( Neraca, laporan Rugi/laba,dll).
Konsentrasi SDM:
Sama halnya dengan Konsentrasi Pemasaran, banyak strategi dan kreatifitas, seperti halnya mahasiswa yang pernah ambil mata kuliah Performance Appraisal & Reward,Recruitment & Selection, harus punya pengalaman dan strategi untuk pelaksanaannya.
Pekerjaan yang dibutukan tahun 2020
Berdasarkan Marquarine University ( peringkat 9 di Australia dengan bintang 5 dari Q S World University )Ranking memetakan program studi dan pekerjaan yang paling dibutuhkan di tahun 2020 ( era industri 4.0 ) adalah:
1. TEHNIK INFORMASI
Kebutuhan di era industri 4.0 tepatnya tahun 2020 sebesar 26,5%.
Sehingga yang berkecimpung dalam hal tersebut menghabiskan $1 milyard untuk biaya keamanan data dari serangan dunia maya ( cyber crime )
Hasil survey 2018 salah satu dari 5 jurusan yang memiliki gaji tinggi.
2.AKUNTANSI, BISNIS DAN MATEMATIKA:
Permintaan untuk Profesional Akuntansi & Keuangan telah meningkat 44 % dan akan tumbuh 22% di tahun 2020.
Yang hampir luput dari perhatian adalah naiknya kebutuhan profesional bidang studi matematika, statistik 10% di tahun 2020.
Matematik & Statistik secara kualitatif dan kwantitatif telah menjadi sebuah kebutuhan dalam sektor bisnis & keuangan terkait dengan pengolahan data diera digital.
3.ILMU KESEHATAN & PSIKOLOGI:
Meningkatnya jumlah & kepadatan populasi dunia ( jumlah penduduk dunia 7,7 miliar jiwa)mengiringi meningkatnya pula tenaga profesional bidang kesehatan,bik dokter maupun tenaga medis lainnya dibutuhkan 40% di tahun 2020.Tak hanya secara medis peningkatan populasi juga berdampak dan berpengaruh pada mental kesehatan, sehingga Sarjana dibidang psikologi juga akan meningkat di masa y.a.d.
4.DISAIN KOMUNIKASI & MEDIA:
Peningkatan kebutuhan akan tenaga profesional di bidang krestif sebanyak 15% di tahun 2020, diperkirakan berasal dari bidang Pemasaran dan hiburan .
Kombinasi antara kemampuan berkomunikasi( mengkomunikasikan pesan) juga memasarkan produk menjadi salah satu peluang karier di masa y.a.d.
5.TEHNIK, HUKUM, DOSEN ( GURU ):
Beragam profesional di bidang Teknik ( electro, mesin, robotik,dll ) menjadi tulang punggung perkembangan revolusi industri 4.0 dengan meraih pertumbuhan 22% untuk para insinyur baik sarjana maupun pasca sarjana
Bidang Hukum di prediksi peningkatan kebutuhan 17,6 % ( Pengacara di tahun 2020 ) baik Sarjana maupun Pasca Sarjana
Dosen ( guru) bidang ini akan melampaui profesi lainnya sebesar 27% bidang pendidikan dan 21% selain Pendidikan( semacam kursus2).
diambil dari beberapa sumber, penulis mau mengajar, kita sambung lagi dengan topik lain

Memilih Konsentrasi kaitannya dengan pekerjaan