kalau bahas tentang on line shop, pasti beli barang lewat on line, paling tidak kita harus faham tentang peralatan atau tehnis pembelian barang lewat on line, sedikitnya ada Smarphone dan programnya download lewat playstore.
Adapun definisi online shop, adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual barang atau jasa melalui internet dimana antara penjual dan pembeli tidak pernah bertemu atau melakukan kontak secara fisik yang dimana barang yang diperjualbelikan ditawarkan melalui display dengan gambar yang ada ada di suatu website atau toko maya. Setelahnya pembeli dapat memilih barang yang diinginkan untuk kemudian melakukan pembayaran kepada penjual melalui rekening bank yang bersangkutan. Setelah proses pembayaran di terima, kewajiban penjual adalah mengirim barang pesanan pembeli ke alamat tujuan.
Pengoperasian Online shop ada beberapa yaitu :
1.Supplier

Supplier adalah pihak yang menyediakan, menyalurkan dan memasarkan suatu produk tertentu.
2.Reseller
Reseller adalah orang atau pihak yang menjual kembali produk orang lain atau supplier dimana reseller ini berdiri sendiri atau bukan merupakan pegawai dari si supplier.
3.Dropshipper
Dropshipper tidak melakukan stock barang, mereka hanya memamerkan atau memajang gambar/foto kepada calon pembeli. Jika ada yang mau membelinya, maka barang dikirim dari supplier ke konsumen secara langsung, namun atas nama dropshipper.
Salah satu faktor penting dalam pengoperasian online shop adalah faktor etika saat memilih produk yang akan dijual. Beberapa kategori produk yang dapat dijual dan memiliki penjualan retail terbanyak, yaitu (Laudon: 2009, 6-23 dalam Prasetio, 2012: 22) :
Barang kebutuhan sehari-hari
Pakaian
Barang elektronik
Kebutuhan kantor
Aksesories
Buku/CD/VCD
Peralatan rumah tangga
Produk Handmade
Makanan
Produk Kesehatan
Perhiasan
Alat olah raga
dll
Sedangkan di Indonesia, riset yang dilakukan Veritrans dan DailySocial juga menunjukan banyak kemiripan mengenai produk-produk primadona yang dijual melalui internet di Indonesia, berikut daftar produknya yang paling populer (Prasetio, 2012: 22) :
Fashion
Travel booking
Musik/Video/Game
Elektronik
Buku
Pembayaran pemesanan secara online ada beberapa cara, yaitu (Prasetio,2012: 32) :
1) Transfer Bank

Transfer adalah kegiatan jasa bank untuk memindahkan sejumlah dana dengan jumlah tertentu dari perintah si pemilik rekening untuk seseorang yang ditunjuk sebagai penerima transfer.
2) Jasa Pengiriman Uang secara online

Maksudnya adalah jasa pengiriman uang/penerimaan kiriman uang secara cepat yang dilakukan lintas Negara atau dalan satu negara. Dalam hal ini pengirim uang membayarkan transfer ke penerima transfer dengan mata uang yang disepakati.
3) Rekening Bersama
Rekber atau Rekening bersama adalah suatu instansi yang berperan sebagai perantara dalam terjadinya transaksi secara online.
4) COD (Cash on Delivery)

Yang dimaksud dengan COD adalah, kegiatan bertemunya penjual dan pembeli barang yang pemesanannya dilakukan secara online dan bertemunya di tempat yang telah disetujui oleh kedua pihak. Di tempat itu, penjual membawa barang yang dipesan oleh konsumen dan konsumen membayar barang yang telah dipesan.
Menurut Para Ahli Pembayaran Pesanan:
Pada umumnya transaksi yang sering terjadi di Indonesia adalah dengan melakukan transfer bank. Hal ini ditunjukan dengan penelitian yang dilakukan oleh Veritrans dan Dailysocial yang menunjukan bahwa transfer bank adalah metode pembayaran e-commerce (Prasetio, 2012: 32).
Kelebihan dan Kekurangan transaksi melalui internet:
Transaksi melalui internet selain memiliki kelebihan memudahkan para konsumen untuk bertransaksi dimana saja dan kapan saja.
Kekurangannya ::
Dimana pembeli tidak bisa bertemu secara langsung dengan penjual. Hal ini membuat tingkat kepercayaan pembeli rendah untuk melakukan transaksi via internet.
Mengapa mau melakukan pembelian barang lewat on line ? :
brand dan kepercayaan yang baik dari pelanggan membuat mereka para konsumen bersedia membayar dengan harga lebih untuk barang atau produk yang sama.
rendahnya tingkat kepercayaan konsumen, maka owner online shop harus melakukan (Granito,2008: 42-45):
a) Info Produk:Perlu ada informasi tentang barang yang jelas dan cukup rinci, karena calon konsumen tidak bisa langsung memegang dan melihat secara langsung barang yang akan dibeli. Informasi ini mencakup foto produk, pilihan warna dengan menggunakan foto, info ukuran produk, info bahan dan info pengecekan jumlah barang yang tersedia.
b) Harga yang kompetitif
Konsumen online shop biasanya akan lebih mudah membandingkan harga di suatu online shop dengan online shop yang lain atau toko offline.
c) Jasa pengiriman
Jasa ekpedisi/pengiriman seperti TIKI, JNE, J & T, POS INDONESIA, Wahana, dll termasuk beberapa jasa pengiriman barang yang direkomendasikan, karena calon pembeli dapat mengecek sendiri ongkos kirim, cek keberadaan barang sampai dimana dengan menggunakan nomor pengiriman dan estimasi sampai barang ke konsumen lewat website yang disediakan oleh ekpedisi.
d) Membuat jasa kurir sendiri
Alternatif lain adalah membuat jasa kurir sendiri untuk melayani pengiriman lokal, misalnya hanya dikota atau propinsi Jatim saja.
5) Pembayaran
Untuk pembayaran bisa ada beberapa alternatif, umumnya akan memudahkan konsumen untuk melakukan pembayaran dengan beberapa pilihan pembayaran.
6) Pengemasan.
Pengemasan (packaging) adalah salah satu ujung tombak pemasaran, bukan sekedar bungkus pelindung tetapi bagian dari pendekatan terhadap konsumen. Aspek terpenting dalam desain packaging adalah (Granito, 2008: 37-39):
*Label, label adalah identitas produk, yang dimuat di label bisa berupa logo atau tulisan.
*Tag, Tag dipakai untuk aksesoris merek suatu produk yang memuat harga, kode, identitas produk dan contact
person produsen.
*Kemasan, Kemasan ini adalah pemanis dari produk, dapat dibuat dari plastik, kardus atau kain. Lebih baik
lagi jika dalam kemasan ini terdapat identitas prooduk. Kemasan bukan hanya sekedar bonus pembungkus untuk
produk yang dibeli konsumen, tetapi sebagai pengingat dibenak konsumen sehingga memungkinkan konsumen akan
membeli lagi barang produksi kita.
7) Customer Service
Customer Service harus siap dihubungi kapan saja oleh konsumen, karena belanja online tergolong hal yang baru di Indonesia. Jadi jika barang yang dipesan belum diterima dari estimasi hari yang dijanjikan oleh ekspedisi maka customer service lah yang akan dihubungi pertama kali oleh konsumen.
8) Ada keterangan update dari pemesanan sampai pengiriman.
9) Insentif untuk konsumen
Misalnya, untuk konsumen yang sering melakukan pembelian secara online di suatu online shop. Maka konsumen tersebut akan mendapatkan potongan harga untuk pembelian selanjutnya.
10) Toko Online
Toko online yang bagus, adalah yang memiliki sistem aplikasi dan sistem pelayanan yang baik. Owner harus memperhatikan sumber pendanaan per bulannya.
( penulis kalau melakukan pembelian lewat online shop, biasanya fashion dengan harga tidak terlalu mahal, karena bagaimanapun, rasa was was kalau dibohongi masih ada, pernah penulis membeli hijab, di display ( foto penjaul, bagus, mungkin efek penyinaran, setelah sampai di rumah, kog beda, tidak seperti saat di pajang di foto)
diambil dari beberapa sumber

On Line Shop