Beberapa saat yang lalu, penulis berkunjung di 3 perusahaan Jepang di Indonesia( maksudnya perusahaan Indonesia yang bervalue Jepang( diantaranya, Yamaha Musik, Panasonic dan Perusahaan Tekstil), semua mengimplementasikan TQM di seluruh aspek pada operasional perusahaan, dibutuhkan secara terus-menerus implementasi TQM ke semua bagian untuk mendapatkn kualitas produk dan pelayanan seperti yang dibutuhkan, hal ini akan berimbas pada penjualan perusahaan.
Menurut Soewarso Hardjosoedarmo ( 2004:1) menjelaskan bahwa TQM adalah implementasi dalam memperbaiki kuantitatif utama dan jasa dalam input( bahan baku, tenaga kerja langsung,dll) di organisasi, perbaikan pada seluruh proses penting dan usaha meningkatkan pemenuhan kebutuhan konsumen pada produk dan jasa saat kini dan masa mendatang, sedangkan menurut J.Peter dan H.Donnelly ( Wibowo 2007: 150), TQM is organization commitment for costumer satisfation with continue improvement to business process and product& servises deliver.
Langkah Penting TQM Jepang adalah:
1.Kaizen : Proses perbaikan yang berkelanjutan dengan berusaha meningkatkan efektifitas, efisien dan produktifitas kerja mereka.
Beberapa point penting dalam proses penerapan Kaizen yaitu :
a Konsep 3 M ( Muda= mengurangi pemborosan, Mura= mengurangi perbedaan, Muri= mengurangi ketegangan)
b.Gerakan 5 S ( Seiri = membereskan tempat kerja, Seiton= menyimpan dengan teratur,Seiso = memelihara kebersihan tempat kerja agar bersih,Seiketsu= kebersihan pribadi,Shitsuke = disiplin. di Indonesia 5S diterjemahkan menjadi 5R = Ringkas, Rapi, Resik, Rawat,Rajin)
c.Konsep PDCA ( PLAN,DO, CHECK, ACTION harus dilakukan terus menerus
d.Konsep 5 W + 1 H( What, Who,Why, Where, When dan How.
Atarimae Hinshitsu : nilai fungsi:
Setiap benda yang diciptakan mempunyai nilai fungsi, agar semua berjalan sebagaimana mestinya, setiap benda yang diciptakan mempunyai fungsi tertentu, sehingga memberikan kegunaan yang maksimal.
Kansei :mengamati perilaku konsumen untuk peningkatan kualitas produk.
Miryokuteki Hinshitsu : nilai keindahan, mempunyai fungsi keindahan disamping produk tersebut berfungsi

Implemantasi TQM pada perusahaan Jepang di Indonesia