Singapore adalah salah satu Negara tetangga terdekat Indonesia, yang nota bene membuat banyak orang Indonesia yang menjadikan Singapore sebagai tempat liburan, selain dekat dan sehingga lebih murah bila dibanding dengan Negara lain. Di Singapore dengan suasana yang bersih, teratur, disiplin, membuat banyak orang merasa betah menghabiskan watu berlibur di Negara ini.
Pada zaman dahuu kala, Singapore dikenal sebagai Sea Town atau kota laut
Meskipun catatan sejarah awal Singapore masih belum dapat dipastikan ke absahannya, sebuah catatan dari bangsa Tionghoa pada abad ke 3 menyebut sebagai : “ po- lou-chung” atau “pulau di ujung semenanjung” kemudian kota ini disebut sebagai “temasek”(kota laut”), ketika pemukiman pertama didirikan pada tahun 1298- 1299 sesudah masehi.
Pada abad ke 14, pulau kecil berlokasi strategis ini mendapat julukan baru. Menurut legenda, sang Nila Utama, seorang pangeran dari Palembang(ibukota kerajaan Sriwijaya), sedang berburu, ketika ia melihat seekor hewan yang tak pernah ia lihat sebelumnya, menganggap ini pertanda baik, beliau kemudian mendirikan kota dimana hewan dan dinamai kota Singa atau ingapurayang diambil dari bahasa Sansekerta”simha(singa) dan “pura(kota)
Lokasi Strategis kota ini menjadikan pusat perdagangan yang ideal. Singapore modern didirikan pada abad ke 19, berkat politik, perdagangan dan seorang pria yang dikenal sebagai Sir Thomas Stamford Raffles, selama ini kerajaan Inggis sedang mengincar pelabuhan singgah di kawasan ini untuk dijadikan pangkalan armada niaganya, dan demi mencegah setiap kemajuan yang dibuat belanda, Singapore, yang saat ini sudah menjadi pos perdagangan baru di sepanjang Selat Selatan, sudah mendunia.
Raffles, saat itu menjabat Letnan Gubernur Bencoolen(sekarang Bengkulu) di Sumatra, mendarat di Singapore pada 29 januari 1819, menyadari besarnya potensipulau yang tertutup rawa ini, ia pun membantu untuk melakukan perundingan dengan penguasa setempat dan menjadikan Singapore sebagai pos perdagangan dan tempat menyalur kan barang, menarik imigran dari Tiongkok, India, Kepulauan Malaysia , oleh karena itu Singapore terdapat 3 bangsa tersebut.
Dimana Passion dan Peluang Bertemu

Singapore memiliki sekumpulan tempat menarik yang dapat kita kunjungi, pecinta makanan, penjelajah, kolektor, pembentuk budaya, pengiat social, semua bertemu di Singapore
( to be continue ), mau ngajar, diambil dari beberapa sumber

SINGAPORE (1)