Judul ini sudah saya presentasikan pada acara COMDEC hari jumat tanggal 24 Juni 2016
Takut akan masa depan:
Saat kecil sering ditanya oleh orang lain( siapa itu ortu, guru, paman atau bibi,dll ), besok besar pingin jadi apa, secara nggak sadar, merupakan jawaban nasional ” pingin jadi dokter, insinyur, guru, dll” meskipun itu asal bunyi saat kecil, ada yang tekun mencapai cita2nya sehingga tercapai, ada yang setelah besar, cita sejak kecil tidak terwujud, karena kurang minat atau kurang tekun.
Saya paling takut kalau disuruh memikirkan masa depan. Dengan kondisi saat ini dan berdasarkan masa lalu saya, kok kelihatannya madesu ya (masa depan suram). Jadi, 20 tahun yang lalu saya memutuskan untuk membiarkan masa depan saya berlalu begitu saja…tanpa rencana, tanpa gambaran, tanpa target dan tanpa berpikir serius. Saya rasa anda, anda, anda dan juga teman anda memiliki pemikiran yang sama.
Kenyataan Yang Berbeda, karena ketekunan kita:
Setelah lulus SMA, saya malah masuk Fakultas Ekonomi UB, secara nggak langsung akan menjadi Ekonom, ya ditekuni saja, yang dengan ketekunan tersebut, malahan sampai saat ini jadi Dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, sebenarnya nggak jauh2 dari ketekunan sejak awal ( setelah masuk Fakultas Ekonomi UB) tercapai jadi ekonom.
Penyesalan pasti datangnya terlambat
Ngapain sulit2 meramal masa depan… itu soal nanti. Nikmati saja hari ini ! Ya…nikmati saja hari demi hari….sampai anda berusia 30an dan tertegun…saya melakukan kesalahan besar ! Andai 10 tahun lalu saya membuat rencana untuk masa depan saya maka hidup saya akan menjadi lebih baik !, direncanakan saja sering meleset, apalagi tidak ada rencana, itu pendapat yang sukses karena sejak awal sudah punya rencana masa depan dan ditekuni rencana tersebut, tidak sambil lalu.
RAMALAN MASA DEPAN ANDA
kata yang berrpengalaman, merencanakan masa depan diusia dini misal 20 tahunan,Berapa usia anda saat ini ? 20 tahun atau sudah masuk kepala tiga ? Bersyukurlah anda yang berkepala dua dan menemukan tulisan ini karena masa depan anda akan lebih baik daripada mereka yang berkepala tiga. Asalkan anda menerapkan cara-cara di bawah ini.
MEMORI KITA
Mari kita lihat sejenak filem tentang diri kita sendiri. Tentu saja anda adalah pemeran utamanya karena tema film ini tentang hidup anda sendiri. Orangtua anda adalah pemeran pembantu dan teman sehati anda adalah pemain figuran. Satu atau dua teman anda adalah pemeran pembantu level dua, dan tidak ada yang bisa meramalkan jenis manusia yang mana. Pokok’e nanti mereka muncul sedilut, menghilang dan muncul lagi di saat-saat yang tak terduga. Life is a game isn’t it ? Be a good player !
PERANAN KITA
Akan ada yang berperan sebagai antagonis/protagonis, Mereka mungkin menipu anda, ngemplang duit anda dan ngemplang duit teman anda yang lainnya. Jumlahnya tidak banyak, namun menyita banyak waktu dan menguras pikiran anda dengan pertanyaan kok bisa ? Kok tega ya? Kok keterlaluan ! Kok gak mikir nasib anak-anaknya sendiri ! Kok tidak mikir masa depannya sendiri! Yah….itulah kehidupan. Tidak selamanya jalan yang kita tempuh itu lurus dan lancar. Selalu ada krikil dan batu besar yang menghalangi langkah kita dalam menapak masa depan yang penuh misteri ini.
MASA KINI
Baiklah, kembali ke masa kini. Apa rencana anda untuk beberapa tahun mendatang ? Kerja cari duit dengan semongko (SEMangat sampe bONGKO) ? Itu mah gak usah direncanakan, itu tuntutan hidup ! Anda akan menikah !!! Yah itu gunanya otak anda.
Betul….anda akan menikah, punya anak, punya cucu dan akhirnya mati.
SIKLUS HIDUP MANUSIA
Kerja – Kawin – Manak – Matek bahasa kasar. Itu gampangannya ! Nek aslinya sih kerja cari duit buat biaya kawin terus setaun kemudian punya anak. masih tetep kerja buat beli susu, buat biayai pendidikan anak, buat nyicil sepeda motor, buat nyicil mobil, buat nyicil rumah, buat beliin anak sepeda motor waktu SMP, buat modali anak setelah lulus kuliah dan terakhir nih…buat simpanan hari tua kita sendiri. Itupun nek cukup, nek gak cukup yo pancet kerjo ! Itupun kalau punya anak satu. Kalo ternyata anak kita dua maka kalikan dua ! Kalau jadi yang ketiga maka kalikan tiga.
Pertama – tama. Mari kita ngitung biaya perkawinan kita sendiri. Kalau anda mau pernikahan anda dipestakan dengan dihadiri teman, keluarga dan beberapa teman dekat maka paling tidak anda harus mengundang 250 orang. Itu sudah minimal karena yang diundang adalah keluarga anda ditambah dengan keluarga pacar anda.
Biaya makanan yang paling murah dan enak sekitar Rp 110.000/orang untuk tahun 2013 anak saya yang ke 2 . Tiap tahun naik 10%, jadi tinggal kalikan saja dengan target kawin anda. Jangan salah ngitung loh ya….itu bunga berbunga. Tahun depan ongkos makan tok Rp 121.000/orang (110+10%). Tahun 2015 menjadi Rp 133.100 (121+10%) dan seterusnya. Nah…untuk kawin itu gak cuman makan tok. Ada gedung manten,tukang foto, ada tukang video, ada baju kawin, ada mobil kawin, ada konsumsi dan princil-princil lainnya. Perhitungan total saya, untuk biaya pernikahan tahun 2013 ini paling minim butuh Rp 150.000.000. Itu sudah diincrit-incrit !
PONDOK/RUMAH MERTUA INDAH
Setelah kawin, terus tinggal di mana ? Pondok Mertua Indah ? Iya gak apa-apa sih,bisa ngirit banyak ! Soalnya gak perlu bayar listrik, gak perlu bayar air, telepon, gak usah tuku sabun, garam, gula, kopi dan sapu ! Murah meriah, tapi pendamping kita kerasan gak ? Yah…saatnya buat beli rumah atau kontrak, kalau nggak punya uang kita yang nunut ortu kita atau mertua kita, lebih banyak teposliro, adaptasi dalam segala hal.
SAATNYA BELI RUMAH
Berapa nih harga rumah diMalang ? 100 juta ? 200 juta ? Mana ada rumah semurah itu ? RSSSSSSSS….Rumah Sangat Sederhana Super Sempit Sesek Sumpek Selonjor Sampe Semaput. Paling tidak untuk anda, pasangan anda dan anak anda membutuhkan rumah seharga 400 juta( minimal). Kalau ingin hidup layak sebagai manusia loh yah !  Hidup itu pilihan, anda bisa mencukupkan diri dengan apa yang anda punyai kok ! Asalkan mau berpikir kreatif dan bijaksana.
Jadi mau nyicil rumah dulu atau kredit mobil keluarga ?  Ha…ha…ha….Wes anggap aja anda beli dua-duanya. Nyicil rumah sekaligus nyicil mobil ( misal Daihatsu Xenia), soale paling murah rek ! Nyicil rumah butuh waktu 15 tahun sementara nyicil Xenia cuman butuh waktu dua-tiga tahun. 140 juta Xenia warna putih, sekarang warna merah sedang mahal.
RENCANA MASA DEPAN
 Jadi, setelah menikah , anda dihadapkan pada Rp 540.000.000 atau 500 juta. Namanya saja rencana masa depan…gak usah dipusingi dulu… ini cuman hitung-hitungan di atas kertas kok. Belum kejadian, masih lama… paling cepet 5 tahun lagi !dari umur anda 20 tahunan.
BUNGA RAMPAI
540 juta tadi belum termasuk beli susu anak, uang pangkal masuk playgroup, uang sekolah bulanan, uang sumbangan SD, uang Unas, uang les, uang masuk Perguruan Tinggi dan jangan lupa….uang saku anak setiap harinya. Kadang saya merinding kalau tanya berapa uang masuk Playgroup ke teman-teman saya. 10jt !! Itu cuman buat masuk tok ! Anak cuman disuruh duduk dan main dengan temen-temennya ! Kalau 10 anak jadi 100 juta…. edan ! Terus uang gedunguntuk kuliah berapa ? , 30 jt,50 juta, 100 juta, ….( lihat fakultas yang dipilih).
THE SHOW MUST GO ON
Belum nanti modali anak untuk kerja sendiri, belum nanti biaya kawinkan anak, belum nanti belikan anak rumah ! Ya Tuhan…susah benar hidup ini ! Cukup deh susahnya di saya….jangan sampai anak saya mengalami nasib yang sama. Kerja dewe, tuku omah dewe, nyelengi dewe….Itupun kalau anda sadar bahwa hidup anak anda harus lebih baik dari hidup anda saat ini. Kalau anda gak mau ngurus, gak mau mikiri masa depan yang pasti terjadi ya tidak apa-apa. Toh kalo anda senang ya buat anda sendiri, kalo anda susah ya rasakan sendiri !
MEMBANGUN MASA DEPAN CERAH
Kemajuan teknologi saat ini masih tidak bisa meramalkan masa depan manusia. Teknologi memang menciptakan dunia masa depan yang lebih baik tetapi masa depan tetaplah masa mendatang yang penuh dengan misteri dan tetaplah rahasia Tuhan. Manusia memiliki masa lalu yang seharusnya menjadi pelajaran untuk masa sekarang dan bekerja sebaik-baiknya untuk membangun masa depan yang cerah. Bagaimana caranya ?
KEAHLIAN ATAU SKILL
Beberapa orang menyebutnya dengan talenta. Saya sendiri cenderung dengan talenta daripada keahlian karena ada sedikit perbedaan arti. Keahlian dapat dipelajari dan ditiru tetapi talenta adalah bakat alamiah. Ya, semua orang bisa memiliki keahlian dengan disiplin yang keras namun talenta adalah keahlian yang membuat seseorang berhasil maksimal!
TALENTA
Apa yang sukar bagi orang lain dapat dilakukan sedemikian mudahnya. Kok bisa ? Ya itulah talenta, the different maker ! Keunggulan kompetitif seseorang. Kabar baiknya, setiap orang pasti memiliki satu talenta, entah itu talenta menyanyi, talenta berpikir praktis, talenta kepemimpinan atau talenta menulis. Anda yang jadi cleaner service di kantor pun memiliki talenta ! Tapi, Cleaning Service itu bukan talenta…itu image atau gambaran orang lain mengenai diri anda. ( ada yang pendapat seperti itu ).Talenta ada hubungannya dengan integritas. Yaitu cara anda memandang diri anda sendiri. Saya adalah saya ! Saya mengenal diri saya. Saya memiliki kelebihan di sini dan kekurangan di sana. Saya bukan seperti yang orang katakan, terserah mereka mau menyebut saya kuper, jongos, ngedabrus…itu urusan mereka. Saya tahu siapa saya ! Itulah integritas, yang semakin lama semakin menghilang dari muka bumi ini. Semua orang pinginnya jadi orang lain, bukan menjadi diri sendiri !
Merencanakan masa depan merupakan harapan dan tujuan dalam hidup seseorang. Namun terkadang, beberapa orang masih belum mengetahui apa rencana selanjutnya untuk melanjutkan kehidupan, khususnya karier yang lebih baik lagi.Alangkah baiknya Anda harus mengetahui langkah apa selanjutnya yang akan diambil. Menyusun masa depan selagi muda sangatlah penting karena masa depan ada di tangan kita sendiri.
Jangan sampai, Anda tak memiliki masa depan dan tak mengetahui harus melakukan apa untuk melanjutkan hidup yang lebih baik lagi.
UPAYA MENABUNG
Perjalanan karier diibaratkan sebagai upaya menabung dalam menanti sebuah kesabaran akan sebuah masa depan yang diinginkan. Karena menabung dalam berkarier merupakan segi awal meraih cita-cita. Jika ingin karier Anda cemerlang nantinya, maka sebaiknya rencanakanlah masa depan sedini mungkin.
Cara tepat merencanakan masa depan sejak dini
1. Mengetahui minat
Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu mengenai minat dan bakat. Cobalah kenali diri Anda sendiri untuk mengetahui apa yang disukai, termasuk jenis pekerjaannya. Ketika baru lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), tentunya Anda akan melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Namun, pada saat melanjutkan sekolah yang lebih tinggi itu Anda harus sudah mengetahui jurusan apa yang akan dimasuki. Alangkah baiknya memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat saja agar mudah meraih masa depan nantinya.
2. Menentukan tujuan
Tujuan juga harus Anda miliki sejak awal. Dengan memiliki tujuan tentunya Anda hanya tinggal menjalankan proses tersebut dengan baik. Anda harus sudah memiliki gambaran mengenai tujuan akhir yang ingin dicapai. Sejak awal, atau setidaknya sejak lulus SMA Anda harus sudah mengetahui ingin menjadi apa dan memiliki gambaran mengenai lima tahun ke depan, sepuluh tahun ke depan, dan lima belas tahun ke depan. Jangan hanya hidup untuk hari ini saja karena tak akan membuahkan hasil yang baik nantinya.
3. Menyusun rencana
Ketika sudah mengetahui minat dan menentukan tujuan, cobalah Anda susun rencana. Susunlah segala rencana sejak awal. Bila perlu, buatlah dateline yang mengharuskan Anda menyelesaikan sesuatu. Misalnya, lulus kuliah sebelum ulangtahun yang ke-22 tahun atau sudah memiliki rumah sendiri sebelum ulang tahun ke-25, dan lain sebagainya. Dengan adanya rencana atau target tersebut, tentunya Anda jadi lebih termotivasi untuk mengejar apa yang diinginkan.
( diambil dari beberapa sumber)

RENCANAKAN MASA DEPANMU DARI SEKARANG

2 thoughts on “RENCANAKAN MASA DEPANMU DARI SEKARANG

Comments are closed.