Ada beberapa tahapan yaitu :
1.Kendali Mutu  saat melakukan proses produksi, terutama pemeriksaan mulai dari bahan baku, barang setengah jadi sampai barang siap dipasarkan, bias ditolak bila tidak sesuai standar Kendali Mutu Terpadu.
Pengendali Mutu Terpadu (TQM) itu melibatkan semua unsure dalam organisasi, misalnya Perguruan Tinggi dari Pimpinan tertinggi ( Rektor ) sampai dengan karyawan terendah.
Tujuan Pengendalian Mutu Terpadu adalah untuk memuaskan pelanggan ( customer ) atau stake holder, tahapannya adalah :
a. mendesaim
b. mengembangkan
c. memproduksi
d.memberi layanan produk  diharapkam pelanggan puas
2. Jasa /dagang  mahasiswa belajar di PT  mengharapkan :
a.ilmu pengetahuan
b.gelar
c.ketrampilan
d.pengalaman bermutu
e.keyakinan untuk hidup layak
Pengelola ( manajemen ) dengan adanya PMT (TQM) berinti pada perbaikan terus menerus, hal ini untuk memperkuat dan mengembangkan mutu melalui Badan Akreditasi Nasional (BAN).
Manajemen PMT ( Kaizen ), memfokuskan pada perbaikan secara terus menerus ( continuous improvement) dengan tahapan berjenjang yaitu :
PDCA I, PDCA II, PDCA III, PDCA IV yang digambarkan seperti anak tangga dimana anak tangga I terus naik ke anak tangga ke IV
P = PLAN  Activities
D = Do  Implement the Plan
C = Check  The Result
A = Action  Improve the process
Manajemen Mutu Terpadu ( MMT ) atau TQM  dimulai dari

Penentuan Standar Mutu
Continuous
Improvement

Mutu berkelanjutan Audit Standar Mutu

Ada gap antara Standar Mutu dan Hasil –> ya
lanjutkan ke identifikasi
suitainable Quality
untuk memenuhi standar
mutu

Evaluasi untuk peningkatan Standar
Mutu
–> melaksanakan
Tindakan
Integrasikan pada

proses PDCA
selanjutnya
SIKLUS PEMECAHAN MASALAH MODEL PDCA
Apa  definisi masalah
Mengapa  Analisis Masalah
Plan(rencanakan) Bagaimana  Analisis Penyebab

Do(laksanakan) Implementasi

Check ( periksa ) Pemastian hasil

Act(tindakan ) Standardisasi

KONSEP KAIZEN artinya perbaikan terus menerus yang melibatkan semua unsure dalam organisasi perusahaan.

AKTIVITAS KAIZEN :
1.Change worker’s operation to make his job more productive, less tiring, more efficient and saver.
2. Improve equipment, like installing devices ( agar mudah dan aman) or changing the machine layout
3. improve procedures

PERGURUAN TINGGI
Definisi Penjamin Mutu :
Proses penetapan dan pemenuhan standar mutu  Pengelola secara konsisten dan berkelanjutan tarhadap mutu terpadu  sehingga stakeholder puas.

KONSEP PENJAMIN MUTU :
1.Mampu menetapkan visi dan misinya ( aspek deduktif)
2.Mampu memenuhi kebutuhan stakeholder ( aspek induktif) berupa ;
a. kebutuhan masyarakat ( social needs)
b. kebutuhan dunia kerja ( industrial needs)
c. kebutuhan professional ( professional needs)

TUJUAN PENJAMIN MUTU ( secara internal ):
Untuk mewujudkan Visi dan Misi PT dan memenuhi kebutuhan stakeholder yang dikontrol oleh BAN PT

Mutu

Penjamin Mutu eksternal Penjamin Mutu Internal
( BAN ) ( PT ybs )

Butir –butir Mutu
1. kurikulum
2. SDM
3. Proses Belajar Mengajar
4. Sarana & Prasana
5. Suasana Akademik
6. Keuangan
7. Penelitian & publikasi
8. Pengabdian pad masyarakat
9. Tata Pamong ( Governance)
10.Manajemen Lembaga
11.Sistem Informasi
12.Kerjasama Dalam &luar Negeri

Proses Penjamin Mutu
1. Perguruan Tinggi menetapkan Visi & Misi
2. Prodi menetapkan Visi & Misi
3. Penjabaran Visi & Misi
4. Rumusan Standar Mutu harus spesifik & terukur ( A,B,C,D Audience, Behavior, Competence, Degree)

( diambil dari beberapa sumber )

KONSEP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PERUSAHAAN INDUSTRI DAN JASA DAGANG DALAM TQM