Sebelum saya sebagai Dosen, pernah menjadi karyawan salah satu sebuah Bank ternama di Indonesia yaitu Bank Niaga Malang, setelah lulus S1, memang saya tidak langsung sebagai Dosen, tetapi melamar pekerjaan di beberapa perusahaan, tetapi yang saya tulis di sini, dimana saya bekerja yang paling menantang, yaitu di Bank Niaga Malang. Saya satu-satunya dari sekian banyak pelamar yang diterima di Bank Niaga Malang tersebut. Ada pertanyaan yang dapat saya bagi pada para pelamar pekerjaan yaitu :
Ketika Anda sedang melakukan persiapan untuk interview, ada beberapa pertanyaan yang wajib Anda ketahui bagaimana cara menjawabnya. Hal ini bukan hanya karena sudah umum ditanyakan, namun juga karena hal ini akan membantu Anda untuk meninggalkan kesan kepada pewawancara.
Karena pada pertanyaan ini Anda tidak dapat membicarakan keahlian Anda, maka pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?” dapat menjadi pertanyaan yang menjebak. Jadi bagaimana Anda melakukan pendekatan pada pertanyaan umum seperti ini tanpa bergantung pada CV dan terdengar seperti kandidat lainnya yang mengatakan bahwa mereka sangat tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut karena “nilai transparansi” atau “memiliki budaya perusahaan yang luar biasa?”
Untuk membantu Anda menjawab pertanyaan tersebut, perhatikan empat ( 4 ) cara berikut ini:
Mengetahui keunikan perusahaan:
——————————-
Kunci untuk menjawab pertanyaan ini dengan baik adalah dengan menjadi spesifik. Jika Anda dapat memberikan jawaban yang sama ketika melakukan interview di perusahaan lain, itu artinya jawaban Anda tidak spesifik. Anda harus dapat memberikan jawaban yang unik pada setiap perusahaan tempat Anda melakukan interview, jangan memberikan pernyataan umum seperti “bekerja dengan orang – orang yang berbakat.”
Jika Anda ingin membicarakan mengenai budaya perusahaan, maka Anda dapat mengatakan apa saja aspek yang Anda sukai pada perusahaan tersebut. Jangan hanya membicarakan mengenai hal umum yang sering dikatakan setiap orang, melainkan katakan mengenai bagaimana Anda tertarik bekerja di perusahaan yang berfokus pada tujuan dan bekerja bersama tim yang memiliki tradisi menentukan target setiap minggunya. Ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk menunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset terhadap perusahaan tersebut.
Kembali ke awal:
—————
Menunjukkan bahwa Anda mengetahui banyak hal mengenai perusahaan merupakan hal yang impresif, namun terkadang hal tersebut tidak selalu dapat dilakukan. Jika mencari informasi mengenai perusahaan tersebut sangat sulit untuk dilakukan, coba ceritakan kepada mereka mengenai apa yang Anda dengar tentang perusahan tersebut. Jangan berbicara terlalu panjang lebar. Tujuan Anda adalah menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda tahu mengenai perusahaan mereka dan tertarik dengan perusahaan tersebut, bahkan sebelum Anda mendapatkan kesempatan untuk melamar kerja disana.
Berpikir ke depan:
—————–
Selain menggali sejarah perusahaan, Anda juga dapat berpikir sedikit ke depan. Anda dapat mengatakan tentang area perusahaan yang Anda pikir masih memiliki peluang untuk berkembang dan tunjukkan ketertarikan Anda apabila diberikan kesempatan untuk berkontribusi dalam mengembangkan area tersebut. Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Pemikiran ke depan ini menunjukkan bahwa Anda bukan hanya menginvestasikan pikiran Anda mengenai masa depan perusahaan, namun menandakan bahwa Anda memiliki ide tentang bagaimana cara untuk membawa perusahaan tersebut sukses. Ini merupakan cara terbaik untuk menggambarkan komitmen dan pengetahuan yang sudah Anda dapatkan melalui riset online.
Berikan sentuhan personal :
—————————
Jika semua cara diatas sudah Anda lakukan dan tidak berhasil, maka Anda dapat menggunakan cara terakhir ini. Berikan sentuhan personal. Mungkin sangat sulit bagi orang luar untuk membicarakan hal spesial mengenai perusahaan tersebut, namun satu hal yang dapat Anda andalkan untuk menjadi unik adalah orang – orangnya. Misalkan Anda memiliki teman yang bekerja di perusahaan tersebut, Anda dapat membicarakan bahwa Anda sangat kagum dengan pengalaman yang sudah dia dapatkan (ingatlah untuk mengatakan sesuatu dengan spesifik).
Tidak ada jawaban yang 100 persen benar untuk menjawab pertanyaan diatas, jadi Anda harus kreatif untuk menggambarkan ketertarikan Anda terhadap perusahaan tersebut.(Fill Gunawan ).
Saya sebagai Analis Kredit, bagi calon nasabah profesional, yang pekerjaan otomatis dimulai efektif jam 4 sore keatas, karena bank harus tahu siapa calon nasabah tsb untuk bisa bayar pokok pinjaman dan bunganya, saya saat investigasi dan appraisal, bertindak sebagai detektif swasta, nyamar untuk mendapatkan data sebagai pengambilan keputusan untuk mendapatkan kredit.
Sementara sampai disini dulu ya tulisan saya, lain waktu disambung lagi, karena mau mengajar.

“Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?”