Sudah banyak saya bahas tentang Kredit, ini saya membahas lagi tentang kredit yang juga saya ambil dari beberapa sumber salah satunya Blog Uang Teman.

Kredit merupakan sistem yang dapat meringankan segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan. Dimana kredit tersebut bukan hanya bisa di dapat antar sesama manusia atau individu atau kelompok. Namun juga bisa didapatkan di sebuah Bank. Perlu Anda ketahui bahwa Bank bukan hanya tempat untuk menyimpan uang, tapi juga untuk meminjam uang, tapi kali ini saya membahas tentang kredit.

Apabila dilihat dari sistemnya, kredit tersebut dapat dibedakan menjadi dua yaitu kredit jangka panjang dan jangka pendek. Meskipun demikian, jangka tersebut tidak semuanya sama, ada yang dinamakan sistem jangka pendek dengan jangka pelunasan peminjaman dalam waktu 1 hingga 5 tahun, sedangkan dalam jangka panjang lebih dari 5 tahun. Jadi, setiap peminjam uang dapat menyesuaikan kebutuhan dan kesanggupannya, dimana sistem kredit ini tidak akan memberatkan baginya. Yang selanjutnya yang harus diperhatikan ialah besarnya Bunga yang harus dibayarkan pada setiap kali mengangsur pengembalian hutang. Anda harus melihat dan mengatur besarnya Bunga tersebut, agar tidak memperbesar kembalian dari batas normal. Atau sebelum meminjam uang di Bank, perhatikan atau lakukan survei untuk mendapatkan Bunga yang ringan.

Seperti yang kita tahu bahwa Bunga memang hampir ada di setiap angsuran, terutama di Bank komersial. Di sini, Bunga dapat dikatakan sebagai sesuatu yang wajib ada dan memang hal yang wajar saja. Namun, hindarilah Bunga yang terlalu besar agar tidak membebani jumlah angsuran dari yang seharusnya. Apalagi hitungan Bunga tersebut berlaku di setiap kali angsuran, tentu harus mengatur pengembalian dengan baik, bukan? Apalagi di saat nanti yang mana kita tidak tahu apakah uang untuk pengembalian itu cukup. Jadi, segala bentuk resiko dari jumlah Bunga harus diperhatikan dengan baik.

Selanjutnya ialah, dalam jenis kredit yang dilihat dari ukuran umum dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

– Jenis kredit komersial yaitu sebuah kredit yang diperuntukan atau diberikan dari pihak Bank untuk suatu perusahaan atau individu dengan tujuan yang komersil. Di sini, pengertian kredit komersil ialah suatu kredit yang memiliki peran penting dalam Bank umum yang mana difungsikan untuk perusahaan.
– Kredit konsumsi yaitu sebuah kredit biasa bukan untuk komersil, ini biasanya digunakan untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari atau yang bersifat konsumsi

Sebenarnya, dalam perbankan sendiri terdapat dua jenis kredit yaitu kredit tunai dan non tunai. Untuk pengertian dari kredit tunai ialah peminjaman uang sesuai dengan kesepakatan bersama yang dilakukan antara pihak peminjam dengan pihak Bank, dimana kesepakatan itu mencantumkan jangka waktu yang ditetapkan untuk pelunasan pembayarannya. Yang mana bentuk dari uang ini pun tidak lepas dari nominal Bunga yang terhitung beberapa persen yang sangat bervariasi, antara satu Bank dengan Bank yang lainnya tidaklah sama. Dan untuk jenis kredit tunai ini memiliki beberapa macam, yaitu:

A. Kredit berdasarkan tujuan dari pembiayaan

Pengertian dari kredit ini ialah kredit yang diperuntukkan untuk modal kerja. Dimana setiap pekerjaan pun membutuhkan sebuah modal untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik, seperti:

– Kredit modal kerja dalam bentuk revolving yaitu sebuah fasilitas yang diberikan karena adanya sbeuah rasa saling percaya atau kepercayaan dari pihak Bank untuk pihak yang meninjam uang. Keistimewaan disini, dapat melakukan perpanjangan peminjaman tanpa harus melakukan permohonan terlebih dahulu, karena kepercayaan tersebut.
– Kredit modal kerja dalam bentuk einmaleg yaitu sebuah kredit untuk usaha namun pemberian pinjaman ini hanya berlaku atau hanya untuk satu kali saja. Apabila pihak peminjam ingin meminjam uang lagi, harus melakukan permohonan lagi.
– Kredit dalam bentuk investasi yaitu sebuah kredit untuk suatu perusahaan untuk penanaman modal, atau sebagian barang modal yang ada.

B. Kredit berdasarkan jangka waktunya

Kredit dalam sistem ini menganut hitungan waktu pelunasan dari nominal uang yang harus lunas di waktu tertentu. Setiap peminjam yang harus membayarkan uang sesuai batas tempo dan apabila lebih dari jangka yang ditentukan, akan dikenakan denda atau sanksi sesuai kesepakatan yang ada. Macam dari kredit ini ialah:

– Kredit dalam jangka pendek yaitu sebuah kredit dengan pelunasan dalam waktu 1 sampai 5 tahun saja.
– Kredit dalam jangka panjang yaitu sebuah kredit dengan pelunasan pembayaran lebih dari 5 tahun dan biasanya memiliki batas maksimal.

Kegunaan dari kredit secara tunai sangatlah banyak dan menguntungkan bagi semua pihak yang bersangkutan. Karena sistem kredit yang dapat dipilih dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan juga memiliki angsuran yang relative. Beberapa kegunaan dari kredit tersebut dapat juga untuk digunakan dalam beberapa hal, yaitu:

– Kredit untuk pertambangan
– Kredit untuk pertanian
– Kredit untuk pembangunan, dll

Kredit dalam bentuk non tunai

Pengertian dari kredit ini ialah sebuah kredit yang diberlakukan dan diberikan dalam bentuk lain yaitu dalam bentuk garansi. Di sini, Bank garansi pun menjadi sebuah pihak yang memberikan jasanya untuk pihak peminjam tersebut. Jadi, dapat dikatakan bahwa kredit ini pun harus melakukan pembayaran ketika pihak penerima tersebut melakukan pelanggaran dalam kesepakatan yang telah terjalin di sebelumnya.

Dan apabila dilihat dari contohnya, Bank garansi memberikan ragam pilihan yang dapat dijadikan sebagai sumber untuk melakukan kredit non cash. Contoh dari kredit ini ialah:

– Kredit Bank garansi untuk penanggulangan bea masuk.
– Kredit Bank untuk tender.
– Kredit bank untuk pemeliharaan.

Dan tentu saja kredit non cash ini pun memiliki manfaat yang tidak sedikit juga. Hingga membuat konsumen dari pengguna kredit ini pun tidak pernah sepi dan dibutuhkan oleh beberapa orang dalam sebuah situasi dan kondisi tertentu. Manfaat tersebut ialah:

– Dapat memberikan layanan kepada Nasabah, sehingga terjalin hubungan yang baik.
– Memberikan dana yang storjam dimana dana tersebut relative murah.
– Memberikan biaya yang merupakan fee based income atau bayaran yang sesuai pendapatan bagi Bank tersebut.

Cukup banyak dan menarik bukan? Sebuah sistem peminjaman yang disediakan oleh beberapa Bank bagi semua Nasabahnya ataupun untuk orang lainnya. Di sini, individu atau kelompok tidak akan mengalami kesulitan atau kendala lagi bagi yang membutuhkan dana dalam jumlah yang relative besar. Apalagi segala kemudahannya pun sangat beragam sehingga tidak membuat pihak peminjam merasa terugikan. Tentunya dengan lebih teliti dalam mempercayakan nya pada salah satu Bank, yang Anda yakini dapat memberikan pinjaman tanpa sebuah tuntunan yang memberatkan bagi keuangan Anda. Jadi, sistem kredit pun dapat disediakan dalam beberapa cara dengan masing-masing kemudahan yang memberikan keuntungan.Diambil dari Blog Uang Teman dan dari beberapa sumber.

Kredit