Lulus Kuliah 3,5 Tahun dan IPK Cumlaude Hanya untuk Jenius, Benarkah?

—Mahasiswa perguruan tinggi mana yang nggak pengen lulus kuliah dengan IPK bagus? Pasti pengen semua.
—Tapi lebih pengen lagi kalau berada di kasta paling atas yaitu lulus 3,5 tahun dan IPK Cumlaude.
— Ya nggak lah. Buktinya aku bukan jenius tapi bisa lulus 3,5 tahun dan IPK Cumlaude. Itu semua cuma mitos. Buat nakut-nakutin mahasiswa sekaligus bikin kurve normal pada lulusan. Ayo kita telusuri mitosnya.
—1. Mendapatkan nilai A di semua mata kuliah
—Mitos yang ini benar-benar ngawur. Kalau dapat nilai A di semua mata kuliah, IPK bisa 4,00 (kalau yang ini mungkin benar-benar jenius).
—Untuk sobat yang daya pikirnya pas-pasan nggak usah takut karena IPK Cumlaude itu range-nya antara 3,50 – 4,00.
—At least, diperlukan nilai AB di semua mata kuliah.
—Masih ketinggian ya? Hmmm, sebenarnya perpaduan nilai B, AB dan A juga masih bisa bikin IPK Cumlaude.
—Caranya, nilai A didapatkan di semester awal ketika pelajaran masih gampang. Yahhh, mata kuliah semacam pengantar, PPKN, Kewarganegaraan, Agama, Etika Bisnis, kan masih mirip lah ya sama pelajaran SMA. Nah, kalau udah masuk semester 4 dan seterusnya pelajaran makin sulit.
Jangan ciut nyali dulu
—Cari nilai A udah susah, apalagi kalau dosennya pelit nilai. Paling banter dapat AB atau yang lebih parah dapat BC.
— Karena stok nilai A di semester awal bisa menyeimbangkan IPK akhir. Jadi, perpaduan antara nilai A dan B pun udah bisa bikin IPK Cumlaude kok. Trust me, it works 🙂
2. Mengambil 24 sks di setiap semester
—Untuk lulus S1 tiap mahasiswa wajib mengumpulkan 144 sks.
—Supaya cepat terkumpul maka tiap semester harus ngambil 24 sks.
—Bayangin aja 7 semester x 24 sks =168 sks. Kebanyakan 24 itu, rajin banget ya kuliah, nyantai brooo and sis
Kalkulasi per Semester
—Semester pertama biasanya cuma dikasih 18 sks tiap mahasiswa.
—Semester kedua dan seterusnya baru deh bisa puas-puasin ambil sks sampai 24.
— Tapi dengan syarat nilai IP juga harus bagus, minimal 3,30 lah ya. Ambil full sks sampai semester 5 aja, karena pas semester 6 udah masuk proposal skripsi dan itu perlu waktu yang banyak untuk ngurusinnya.
Skripsi di Semester 7
—Dan pada semester 7 baru deh leyeh-leyeh dengan sedikit sks. Kenapa? karena semester 7 skripsi harus selesai.
— Kalau ngambil sks sampai 20 mana sempat digarap. Makanya haram banget ngambil skripsi lebih dari 15 sks pas semester 7.

 3. Anak-anak yang hanya fokus kuliah, nggak nyambi kerja

—Untuk mitos yang ini tergantung nyambi kerja nya. Kalo kerja kantoran office hour ya jelas susah fokus kuliah.
—Kalau mau kerja ambil yang part-time aja, jadi masih punya waktu lah untuk ngerjain tugas. Memang sih jadi nggak punya hari libur. Karena weekend harus ngerjain tugas yang dikumpulin minggu depan. Positifnya, kita kan semakin produktif.
Bukan karena hebatnya, tapi ngatur waktunya aja.
—Di saat orang leyeh-leyeh membuang energi dengan percuma, kita bisa menyelesaikan tugas.
—Dan pastinya nggak tergoda untuk ngemall atau pun nonton (yang pasti akan menguras dompet),
— karena selalu inget tugas bejibun dan skripsi yang belum selesai. Pas ngerjain skripsi, aku nyambi kerja part-time dan ternyata bisa selesai satu semester .
Lulus 3,5 tahun nggak sesulit yang dibayangkan kan?
—Makanya cepetan lulus, terus merantau sampai luar negeri sana, biar Indonesia agak longgar, hehehe.
—Intinya tulisan ini, mengajak siapa pun kamu yang baca, nggak usah mengeluh lulus lama karena kerja lah, karena ini lah, karena itu lah.
—Lulus 3,5 tahun dan IPK Cumlaude itu hak semua mahasiswa (termasuk mahasiswa yang otaknya pas-pasan )
Strategi kuliah cepat lulus 3,5 tahun
—Setiap mahasiswa ketika awal memasuki dunia perguruan tinggi, selalu bercita-cita dan berharap bahwa mereka akan menyelesaikan proses perkuliahan dengan waktu “secepat mungkin” dan dengan hasil yang memuaskan.
—Peraturan pemerintah mengatur bahwa masa kuliah S1 memiliki beban SKS minimal 144 SKS dan maksimal 160 SKS dengan masa tempuh normal selama 4 tahun (8 semester).
 Jumlah SKS tersebut menyesuaikan kebutuhan Prodi yang bersangkutan.
—Berdasarkan Analisis SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan, Hambatan), kita mahasiswa bisa mengukur sendiri SWOTnya.
—STIE-MCE menetapkan total SKS sebanyak 144 SKS untuk angkatan 2008 keatas (dulu 154 SKS) dengan beban per semesternya maksimal 21 SKS (dulu 24 SKS).
—Hal ini dimaksudkan agar aktivitas belajar dapat lebih ditingkatkan dengan mengacu pada graduate attribute STIE-MCE.
SKS ( Sistem Kebut Semalam )
Di Comdec ku yang lalu pernah menyajikan judul tersebut, maksudnya mahasiswa pada saat mau ujian, harus dicicil dalam belajar, tidak mendadak dalam semalam, malahan tidak optimal, dan sakit.
—Perlu diperhatikan bahwa SKS itu bukan ”sistem kebut semalam”. Dengan 144 SKS tersebut mahasiswa dituntut untuk semakin pandai mengatur waktu.
—Misalnya jika mahasiswa mengambil sebuah mata kuliah dengan SKS 3 artinya mahasiswa harus mengikuti tatap muka sebanyak 50 menit per minggu, 50 menit tugas terstruktur dan 50 menit kegiatan akademik mandiri per minggu.
Kegiatan Terstruktur
—Kegiatan terstruktur yaitu kegiatan akademik yang terjadwal,  tetapi direncanakan oleh tenaga pengajar dan dilaksanakan oleh mahasiswa.
—Misalnya membuat makalah, membuat blog, resume buku-buku wajib, jurnal penelitian, dan lain-lain.
Kegiatan Mandiri
—Kegiatan mandiri, yaitu kegiatan akademik yang harus dilakukan mahasiswa secara mandiri.
—Misalnya mengunjungi perpustakaan/warnet, menelaah buku-buku wajib dan buku anjuran, dsb.
Perubahan jumlah SKS tersebut menimbulkan serangkaian pertanyaan.
—Ada yang bernalar kalau beban SKS-nya diturunkan dari 24 SKS menjadi 21 SKS per semesternya Nggak mungkin Donk lulus 3.5 tahun seperti yang dijanjikan? Mungkin saja …
—Mari kita hitung,  semester 1 dan 2 ambil wajib 20 SKS (paket), semester 3 sampai dengan 7 ambil masing-masing 21 SKS per semesternya.
— Hitung total SKS-yang telah ditempuh berapa? Totalnya 145 SKS. ( berarti lebih 1 sks ), lulus 144 sks.
Kuliah di STIE-MCE 3,5 th wujudkanlah
Kejarlah mimpimu, dan bertindaklah
—Jadi kuliah di STIE-MCE lulus 3,5 tahun bisa Nggak?
—Solusinya : sangat bisa asalkan behavior kuliahnya bener-bener dan motivasi belajarnya semangat.

 Apa sih kiat suksesya?

—1. Rajin belajar
—2. Disiplin atur waktu
—3. Motivasi belajar tinggi
—4. Jaga stamina dengan atur pola makan
—5. Istirahat cukup dan olah raga.
Motivasi
Diantara kiat kesuksesan belajar, saya lebih menfokuskan ke motivasi.
—Motivasi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan ini.
—Inilah salah satu dari beberapa hal yang membedakan orang sukses dengan yang lain yaitu motivasi.
— Orang sukses selalu mencari motivasi sedangkan orang gagal menunggu motivasi.
—Motivasi ibarat bahan bakar pada mobil yang sangat vital keberadaaannya.
Cari Motivasi
—Makanya carilah sumber2 motivasi yang bisa memberikan anda motivasi yang luar biasa dalam menggapai impian anda.
— Jadi pertanyaannya sekarang  adalah apakah anda sudah punya sumber motivasi?
—1. Orang yang anda cintai
—Siapakah orang yang anda cintai? Pastinya banyak, misalnya orang tua anda, keluarga anda, pacar anda ataupun sahabat anda.
2. Seminar, Buku dan Video2 Motivasi
—Anda bisa mencari buku-buku di perpusatakaan atau di gramedia, ataupun mendownloadnya di internet. Anda juga bisa membeli video motivasi ataupun film  motivasi yang bisa memberikan anda semangat seperti Laskar Pelangi, sang pemimpi, dll
3.Sudah Memikirkan Tugas Akhir atau Skripsi dari Semester 4 atau 5
—Rata-rata mahasiswa yang lulus cepet, udah pada tau nih judul skripsi atau tugas akhir apa yang mau digarap. Minimal tau “Tema” apa yang mau dibahas.
—Ini memudahkan kita saat melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing. Jangan dateng ke dosen pembimbing tanpa tau apa yang mau kita bahas.
—Iya kalau dosennya baik hati dan mau membantu memikirkan apa judul kita, kalau tidak? Bisa kena semproooottt.

4.Mencari Literatur Sebanyak Mungkin

— Setelah mereka memikirkan Tugas Akhir atau Skripsi yang akan dibahas, mereka mempersiapkan Literatur seperti Buku, Jurnal Nasional dan Internasional, dll
—Penelitian-penelitian yang pernah membahas Skripsi atau Tugas Akhir mereka, dan lainnya. Ini akan sangat membantu ketika kita akan mulai menggarap skripsi atau tugas akhir kita.
 5.Paham Apa yang Harus Dipersiapkan dan Dikerjakan
—Mereka paham apa saja yang harus mereka persiapkan sebelum memulai skripsi atau tugas akhir seperti syarat-syarat administratif yang harus dilengkapi.
—Ini harus diperhatikan karena berhubungan dengan fakultas atau jurusan tempat mahasiswa kuliah.
— Tau format penulisan skripsi, penulisan nomor dan lain-lain.
—jadi harus tau pedoman penyusunan skripsi atau tugas akhir temen-temen sekalian sesuai dengan fakultas/universitas tempat  mahasiswa kuliah.
6.Konsultasi yang Intens ( sering )
—Buat  mahasiswa yang dapet dosen pembimbing yang sulit ditemui, mungkin ini tidak berarti, tapi buat mahasiswa yang dapet dosen yang mudah ditemui akan sangat berarti guna menunjang tugas akhir atau skripsi  mahasiswa sekalian.
7.Gak Mudah Putus Asa
—Dalam menyusun skripsi, banyak banget godaan, halangan, rintangan dan apapun yang dapat menghambat skripsi kita.
— Contoh, Dosen yang susah ditemui, Dosen yang banyak mau, Literatur yang sulit didapat atau udah Nulis banyak-banyak tapi ditolak/dicoret mentah-mentah.
— Rasanya memang bener-bener nganggep Dosen itu orang paling T.E.G.A di dunia (Lebay). Jangan putus asa
8.Rajin Ibadah dan Sedekah
—Kalau rajin ibadah, pasti semua urusan lancar. Jadi buat temen-temen yang masih kurang rajin ibadah, rajin-rajinlah beribadah.
—Sedekah juga jangan ditinggal.
—semua berjalan lancar dan dipermudah oleh Tuhan Y.M.E. so mulailah  giat beribadah dan selalu bersedekah.
—“Sesungguhnya di balik kesulitan itu ada kemudahan”
Si pintar Madonna
—Madonna adalah salah satu penyanyi wanita yang fenomenal berasal dari Amerika Serikat.Selain sebagai penyanyi,iapun menjadi artis sekaligus pengusaha.
—Terlahir pada 16 Agustus 1958 dengan nama Madonna Louise Ciccone di Bay City,Michigan.
—Ia adalah anak ketiga dari enam bersaudara dari orang tua berdarah Italia-Amerika.
Perjalanan Karier Madonna
—Ditahun 1978,Madonna merantau ke New York demi meneruskan kariernya sebagai penari.
—Ia pernah bekerja direstoran cepat saji Dunkin Donuts dan agensi model.
—Madonna meluncurkan album pertamanya pada tahun 1983 di bawah label Sire Records dan dibayar US$ 5000 per lagu.
—Berhasil melesat menuju puncak popularitas melalui serangkaian album dan singelnya yang merajai tangga musik di banyak negara.Tiga lagunya Holiday,Bordeline dan Lucky Star berhasil menerobos daftar Hot-100.Dan album inipun berhasil menembus penjualan sebanyak tiga juta keping.

—Madonna sempat meraih penghargaan “Aktris Terbaik” dari Golden Globe Award berkat penampilannya di film Evita (1996).Ia berperan sebagai Evita Peron seorang pahlawan Argentina.

 Profil dan Biografi Madonna merupakan perancang busana penyanyi, penari, aktris, produser, penulis buku anak2 dan pengusaha yang namanya sangat populer di dunia. Wanita cantik ini memiliki nama lengkap Madonna Louise Veronica Ciccone

— Ia telah diakui sebagai pengusaha jenius dan dinobatkan sebagai penyanyi wanita terkaya di dunia oleh majalah Forbes.
—Madonna usia ke-27. Madonna memulai tur konser perdananya bertajuk “The Virgin Tour”. Tur ini hanya digelar di Amerika Utara meskipun banyak permintaan dari Eropa dan Asia.
—Guinness Book of World Records menobatkan Madonna sebagai penyanyi wanita dengan penghasilan tertinggi di dunia, setelah memecahkan rekor penghasilan sebesar 26.6 juta poundsterling pada tahun 2004 saja. ( 1 pundsterling = Rp.15.000 )
Grade IQ ( Intelligent  Quotient)
—Debil     dibawah 25
—Embisile    25 – 50
—Edoit          51  – 75
—Dibawah Rata2   76  – 100
—Rata 2   101  – 110
—Diatas rata 2  111 –  120
—Superior    121   –  140
—Jenius   141  ke atas  -à Madonna (200), Obama  ( 200) SBY  (200), dll
GRADE KELULUSAN
—Suma Cumlaude 3,75
—Cumlaude   3,5  – 3,74
—Memuaskan  3 –  3,5
—Tidak keberatan   2  – 3
—Tidak lulus dibawah 2
( Diambil dari beberapa sumber )
Pintar Ala Madonna ( Kuliah 3,5 tahun )

2 thoughts on “Pintar Ala Madonna ( Kuliah 3,5 tahun )

  • April 10, 2015 at 6:55 am
    Permalink

    sangat inspiratif sekali untuk para kawula muda. Mungkin generasi saat ini bisa meniru ala madonna di atas..

  • June 4, 2015 at 6:29 pm
    Permalink

    blognya bagus bu,semga dapat bermanfaat untuk saya. terimakasih atas saran dan infonya bu 🙂
    -claudia intan (K.2013.1.32185)-

Comments are closed.