Hari Valentin (dalam bahasa Inggris : Valentine’s Day) atau lebih dikenal dengan sebutan Hari Kasih Sayang. Valentine diperigati tiap tanggal 14 Februari, dimana pada hari tersebut biasanya para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya dengan tatapan mata yang sangat mempesona. Ntar hasilnya sungguh luar biasa !
Sebenarnya hari kasih sayang bisa kapan saja tanpa menunggu tanggal 14 februari, tetapi ada sesorang yang berkenan dan menentukan pada tanggal 14 februari adalah hari kasih sayang< sah sah saja, bagi yang merayakan.
Asal-muasal Valentine Day:
Asal mula hari Valentine yang gelap sebagai sebuah hari raya Katolik Roma didiskusikan di artikel Santo Valentinus. Beberapa pembaca mungkin ingin membaca artikel Valentinius pula. Hari raya ini tidak mungkin diasosiasikan dengan cinta yang romantis sebelum akhir Abad Pertengahan ketika konsep-konsep macam ini diciptakan.
Hari raya Valentine ini sekarang terutama diasosiasikan dengan para pencinta yang saling bertukaran notisi-notisi dalam bentuk "valentines". Simbol modern Valentine antara lain termasuk sebuah kartu berbentuk hati dan gambar sebuah Cupido (Inggris: cupid) bersayap, permen coklat berbentuk hati, dan yang paling baru adalah semacam hopyes berbentuk cup kecil dengan topping bertulisan valentine day tersebut. Mulai abad ke-19, tradisi penulisan notisi pernyataan cinta mengawali produksi kartu ucapan secara massal. The Greeting Card Association (Asosiasi Kartu Ucapan AS) memperkirakan bahwa di seluruh dunia sekitar satu milyar kartu valentine dikirimkan per tahun. Hal ini membuat hari raya ini merupakan hari raya terbesar kedua setelah Natal di mana kartu-kartu ucapan dikirimkan. Asosiasi yang sama ini juga memperkirakan bahwa para wanitalah yang membeli kurang lebih 85% dari semua kartu valentine.
Di Amerika Serikat mulai pada paruh kedua abad ke-20, tradisi bertukaran kartu diperluas dan termasuk pula pemberian segala macam hadiah, biasanya oleh pria kepada wanita. Hadiah-hadiahnya biasa berupa bunga mawar dan cokelat. Mulai tahun 1980-an, industri berlian mulai mempromosikan hari Valentine sebagai sebuah kesempatan untuk memberikan perhiasan.
Sebenarnya valentine itu merupakan hari Percintaan, bukan hanya kepada Pacar ataupun kekasih, Valentine merupakan hari terbesar dalam soal Percintaan dan bukan berarti selain valentine tidak merasakan cinta.
Hari Valentine bagi yang merayakan, sebaiknya digunakan untuk kasih sayang yang positif bukan mengarah yang negatif, maksudnya bukan kasih sayang yang mengarah ke birahi seksua seperti yang pernah terjadi di tahun 2011, hari kasih sayangnya diisi dengan hal@ yang merusak moral khususnya anak muda yang sedang dimabuk cinta

Hari Valentine

4 thoughts on “Hari Valentine

  • February 22, 2012 at 2:46 pm
    Permalink

    saya waktu masih bujang dulu tergila2 dengan namanya valentine day.. semua orang yang saya kenal, saya kirimin kartu valentin atau ucapan happy valentine ya.. sekarang, setelah mengetahui lebih banyak tentang hari itu, serta sering mengikuti pengajian, berubahlah mindset saya tentang valentine day. Allah menciptakan 7 hari yang semuanya indah. yang juga penuh dengan kasih sayang.. jadi, bagi saya saat ini: no more valentine day at february, 14..

  • March 16, 2012 at 10:01 am
    Permalink

    mungkin perlu di tekankan bahwa,bu tita ..
    sesungguhnya hari valentine memang perayaan milik kaum/bangsa yahudi – nasrani dulu pada abad pertengahan …
    kita sebagai muslim yang memegang teguh pada Ajaran Alloh SWT yang di sampaikan oleh Nabi Muhammad SAW,seharusnya bisa mengerti bahwa muslim di seluruh dunia tidak di perbolehkan mengikuti acara atau perayaan hari valentine …
    karena itu bukan ajaran yang di bawa oleh Rasululloh SAW.

    jika masih banyak pemuda yang mengaku agama islam tapi tetap mengikuti perayaannya kaum atau bangsa yahudi – nasrani. perlu di pertanyakan lagi agama mereka …

    sekian,bu
    maaf jika ada kesalahan dalam komen yang saya sampaikan.

    31573

  • March 27, 2012 at 11:40 am
    Permalink

    setuju bu

  • April 15, 2013 at 4:02 pm
    Permalink

    banyak yang salah mengartikan tentang hari valentine atau hari kasih sayang mereka mengira hari valentine hanya untuk pasangan muda-mudi yang sedang berpacaran, padahal hari kasih sayangpun tidak harus pada hari itu saja, kasih sayang bisa kapan saja. sebenarnya para remaja Indonesia yang mengikuti trend tersebut tanpa tahu apa arti sebenarnya valentine itu. mereka hanya mengikuti trend yang terjadi di negara barat. sungguh ironis memang kalau mereka salah mengartikan tentang hari valentine, dan merayakannya dengan pesta seks atau dengan hal-hal yang berbau seks, karena hari kasih sayang tidak harus dengan hal-hal seperti itu.

Comments are closed.