Tahun 2011 tinggal beberapa jam lagi dan akan berganti dengan tahun 2012.Hotel-hotel berlomba-lomba menyediakan berbagai macam acara guna menarik minat dan perhatian orang untuk datang dan bergabung menyambut tahun baru.Mall-mall juga tidak kalah serunya membuat bermacam atraksi menarik guna mengundang orang untuk datang menyambut tahun baru.Tempat-tempat wisata juga diserbu oleh orang -orang yang ingin meyambut tahun baru.Semua stasiun telivisipun juga telah mempersiapkan semua acara menarik dengan menampilkan sejumlah artis beken jauh hari sebelum tahun baru datang.Tidak lupa juga sampai kepelosok kota dan desa juga ikut membuat acara menyongsong tahun baru 2012,walaupun dengan cara yang mungkin lebih sederhana . Demikian aku dan suamiku hanya nonton TV yang menyiarkan acara Old and New, anak-anakku yang sudah besarpun sendiri-sendiri menyusun acara, yang sudah berkeluarga, dengan anak istrinya ke La Piazza Kelapa Gading Jakarta, sedang anakku yang satunya bersama pacarnya menghabiskan Old & New bersama keluarga besar pacarnya, aku mendapat telepon dari kakakku yang punya Villa di Batu mengajakku menikmati pergantian tahun di Villanya dengan keluarga besarnya, namun karena hujan dan macet, aku urung bergabung ( sayang sekali ). Hampir semua kita sibuk dan kasak -kusuk untuk mempersiapkan segalanya untuk menyambut kedatangan tahun baru 2011,dan saat-saat yang paling ditunggu adalah tepat pukul 12.00 dinihari saat pertukaran hari dan tahun baru itu sendiri.Semua orang akan bersorak-sorai serempak mengumandangkan yel-yel selamat tinggal tahun 2011 dan selamat datang tahun baru 2012,sambil meniup terompet,berjingkrak,berpelukan dan sebagainya. Aku bermain kembang api bersama suamiku, mengenang waktu kecilku dulu, disetiap pergantian tahun pasti bermain kembang api dan petasan,Setelah itu semua selesai begitu saja.
Makna terpenting dari menyambut tahun baru itu sendiri adalah meevaluasi aktifitas yang telah kita lakukan selama tahun 2011 .Mungkin tahun lalu masih banyak rencana dan program yang kita buat belum selesai atau belum mencapai hasil yang maksimal seperti yang kita harapkan.Banyaknya kendala atau kesulitan yang kita hadapi selama kurun waktu satu tahun lalu,atau malah mungkin kita merasa gagal total atau sebaliknya kita berhasil selama kurun waktu satu tahun lalu.
Semua pencapaian yang telah kita tuai selama tahun ini,hasil baik kita terima perlu disyukuri dan hasil yang belum baik harus kita terima dengan lapang dada. Semua yang kita kerjakan, adalah ridho Tuhan, Semoga tahun 2012 ini kita bisa berbuat lebih baik dari tahun sebelumnya.Untuk itu kedepan kita perlu bekerja lebih tekun,optimal dan lebih baik lagi,dan yang lebih penting janganlah kita cepat menyerah ( seperti lagunya The Massive: “Jangan Menyerah)” mengahadapi kondisi hidup yang dari waktu ke waktu lebih sulit dan tantangan kedepan lebih berat,apalagi melihat kondisi tanah air kita sekarang yang tidak berpihak pada kehidupan rakyat.
Walaupun ada yang memprediksikan tahun 2012 adalah tahun berakhirnya peradaban manusia,tapi apapun namanya yang memprediksikan tahun 2012 dengan berbagai tantangan dan kesulitannya yang mungkin terjadi,kiranya bukanlah alasan utama buat kita untuk pesimis dan apatis untuk menjalani kehiduapan tahun 2012.Marilah kita semua berjuang dengan semangat baru untuk memperbaiki dan mencapai kehidupan dan peradaban yang lebih baik.Ini adalah harapan dan cita-cita semua orang dalam memaknai tahun baru 2012.Semoga semua berjalan lancar disegala bidang dan lebih mewarnai hidup kita semua.

Old & Happy New Year

3 thoughts on “Old & Happy New Year

  • January 8, 2012 at 8:32 pm
    Permalink

    Memang benar yang dikatakan oleh bu Tita.. Tahun baru memang tidak hanya dilewatkan dengan hiruk pikuk dan kemeriahan kembang api di malam pergantian tahun. Banyak sekali dari anak muda hingga dewasa menghamburkan uangnya demi kemeriahan malam tahun baru, sehingga tanpa disadari banyak dari mereka justru melakukan hal-hal negatif yang berakibat tidak baik bagi perjalanan mereka di awal tahun. Inti dari perayaan tahun baru adalah kita mensyukuri segala sesuatu yang kita lakukan selama 1 tahun kebelakang serta mengevaluasi semua hal yang kita kerjakan, baik yang berdampak positif maupun negatif sehingga di tahun baru yang akan berjalan kita selayaknya dapat memperbaiki diri kita dalam banyak hal.. Semoga setiap dari kita mendapatkan kebaikan di sepanjang tahun 2012 ini..

  • January 12, 2012 at 9:35 am
    Permalink

    memang benar isi blog ibu,,,
    kebanyakkan masyarakat lebih memilih merayakan tahun baru dengan bersenang-senang daripada mengevaluasi apa yang sudak kita kerjakan dan belum.tahun 2010 sudah terlewati yang berarti sudah menjadi masa lalu.kita harus tetap melangkah ke depan dan sesekali menengok kebelakang untuk bahan intropeksi diri.
    wajar bila seseorang merayakan akhir tahun sebagai lampiasan untuk menempuh tujuan hidup yang baru.

  • January 12, 2012 at 3:40 pm
    Permalink

    sebelum saya berkomentar saya ingin mengucapkan selamat tahun baru 2012 bu…

    saya setuju dengan blog ibuu..
    menurut saya tahun baru adalah awal yang baru untuk memulai kehidupan kita,, yang sudah berlalu biarlah berlalu..
    yang jelek dan buruk ditinggal saja di tahun yang lama dan ditutup..
    yang bagus dan baik dibawa ke dalam tahun yang baru, dan lakukan perbaikan yang lebih baik lagi..
    terus wujudkan cita-cita dan harapan kita di tahun yang baru ini dengan terus berusaha dan tidak menyerah..

Comments are closed.