Berdasarkan Survey oleh Career Builder bahwa 71% manajer SDM menyatakan menempatkan kecerdasaran emosional dan sikap (EQ), termasuk pada bagaimana ia mengendalikan emosi dan menjalin pertemanan dari pada IQ yang tinggi semata.
Seorang dengan EQ ( kecerdasan emosi) tinggi dianggap lebih mampu mengendalikan diri dan mampu bekerja dibawah tekanan, dari pada mereka dengan IQ tinggi. Apalagi keadaan ekonomi yang sulit saat ini, seorang Bos ingin orang yang bekerja dengannya bisa membuat keputusan secara efektif dalam keadaan penuh tekanan.

Ingin Mempunyai Kecerdasan Emosi Yang Tinggi : Tips-tipsnya adalah
1.Kontrol penuh emosi anda, disini Bos akan memasukkan materi diskusi kelompok saat rekrutmen karyawan, dari sini, emosi calon karyawan diukur, untuk membantu meminimalisasi reaksi negatif. Penting bagi anda mengenali pemicu stress ketika tekanan datang
( pendapat Patricia Thompson PhD, seorang konsultan manajemen pada Sperduto & Associates Inc, di Altanta, Sikap tubuh juga harus tetap dijaga, Thompson menyarankan untuk keluar dari kondisi seperti itu dengan tarik nafas panjang hitungan sampai ke 10, dan tenanglah.
2.Lakukan refleksi diri :
Agar kecerdasan emosi terkontrol, anda harus self-aware, dengan memahami betul apa kelebihan dan kelemahan anda, sebaiknya masing-masing 5, kemudian gunakan dua hal yang berlawanan itu untuk saling melengkapi. pilih dua atau tiga kelemahan anda, carilah cara untuk mengatasinya.
3. Dengarkan:
Ketajaman emosi juga diukur dari bagaimana ia mampu mendengarkan, Thompson memberi jalan keluar untuk meningkatkan kemampuan mendengar, ” gunakan dua tingkat cara : pertama dengarkan untuk memahami konten pembicaraan, jangan menyela atau memberi penilaian terhadap apa yang dibicarakan sampai dia selesai bicara
kedua : dengarkan untuk memahami kondisi emosinya saat dia menceritakan, kemampuan mendengar sangat penting, untuk membangun hubungan dalam satu tim secara lebih baik dan mengurangi konflik.
Jadi dapat disimpulkan, jika anda ingin mendapat pekerjaan idaman, bukan semata IP yang tinggi yang diperlukan, tetapi mengedalikan kecerdasan emosi dan menjalin tim work.

Kompetensi Tehnik dan Kecerdasan serta Kecakapan Interpersonal yang Tinggi Untuk Mendapatkan Pekerjaan

3 thoughts on “Kompetensi Tehnik dan Kecerdasan serta Kecakapan Interpersonal yang Tinggi Untuk Mendapatkan Pekerjaan

  • January 10, 2012 at 11:11 am
    Permalink

    Saya setuju dengan blog yang ibu tulis ini. Kecerdasan berpikir atau IQ yang tinggi belum tentu mempunyai kecerdasan emosi atau EQ yang baik. Saya menemui beberapa orang yang mempunyai kecerdasan tinggi tapi kurang dalam mengkontrol emosi dan sikap. Banyak diantara orang yang mempunyai IQ di atas rata-rata selalu meremehkan orang lain tanpa disadari itu menunjukkan kadar EQ yang dimilikinya lemah.EQ yang baik akan membantu kita dalam hal apapun baik itu lingkungan pertemanan maupun lingkungan pekerjaan. karena orang yang mempunyai kecedasan emosional dan sikap serta didukung dengan kecerdasan IQ, dia akan mudah bergaul dengan berbagai tipe manusia sehingga membuat pergaulannya akan luas dibanding dengan orang yang hanya mempunyai kecerdasan IQ.

  • April 24, 2012 at 4:07 pm
    Permalink

    apakah dengan hal-hal yang di ungkapkan diatas ,kita bisa 100% mengontrol diri bu?
    kan tidak semua orang bisa melakukanm hal tersebut dengan sempurna?

  • May 24, 2012 at 10:51 am
    Permalink

    memang perlu latihan, dan talenta untuk melakukannya, karena perusahaan merekrut karyawan baru, paling banyak demikian adanya, karena pola pikirnya lebih maju dari yang nggak ada kompetensi tehnik

Comments are closed.