Aroma berlebaran telah usai beberapa saat yang lalu, nggak ada salahnya saya sedikit menyoal tentang silaturahmi yang merupakan adat kebiasaan di Indonesia, yang nota bene merupakan ajang mempererat persaudaraan yang nggak ada habisnya dimakan jaman. Kegiatan silaturahmi saat jaman modern ini dapat dilakukan bermacam-macam cara, tetapi bertatap muka adalah ajang silaturahmi yang paling ampuh, sampai mudik atau pulang kampung dilakukan dimanapun pelaku silaturahmi berada. Bila berjauhan atau pelaku silaturahmi tidak bisa mudik, ajang silaturahmi bisa lewat surat ( Pos Indonesia), lewat SMS, BBM, Email, hal ini yang merupakan alat silaturahmi modern.
Saat ini saya menulis tentang Pos Indonesia yang konon belum ada Ponsel ( Hand Phone), merupakan ajang silaturahmi yang satu-satunya digunakan di Indonesia, dengan berkirim kartu lebaran, berucap minal aizin wal faizin, mohon maaf lahir bathin, jika berjauhan letak kita sanak saudara.
POS INDONESIA
Sejarah
Sejak didirikan oleh Gubernur Jenderal GW Baron Van Imhoff, di Batavia, 26 Agustus 1746 atau 265 tahun yang lalu, Kantor Pos memiliki 2 peran strategis yaitu aspek sejarah dan sebagai sarana pemersatu bangsa, dengan prinsip single postal territory, kantor pos tidak hanya bisa diandalkan untuk menyampaikan kiriman ke seluruh penjuru dunia, dengan 24.000 titik layanan yang menjangkau 100% kota/kabupaten, hamper 100% kecamatan dan 42 % kelurahan/desa dan lokasi transmigrasi, POS Indonesai menjadi satu-satunya layanan public yang mampu menjangkau hingga wilayah terluar/ terdepan Indonesai yang tak terjangkau oleh sinyal teknologi dan model transportasi canggih ( semisal Indosat).(sumber Surya, 5 September 2011)
Keprihatinan
Hampir setiap kali melihat Kantor Pos di Indonesia, keprihatinan saya rasakan saat kecanggihan teknologi Informasi perlomba-lomba untuk ditingkatkan. Diusia yang lebih dari dua setengah abad, POS Indonesia seakan terlihat begitu rentan, ketika dinamika jaman terus bergerak cepat, saat pula peasaingnya hadir dengan bangunan berlantai sekian, kebanyakan kantor pos masih mempertahankan bangunan satu lantai berdesain kuno dengan cat khas orangenya.
Melihat fenomena ini, saya kemungkinan kita semua berharap POS Indonesia tetap mampu berahan, pada saat yang lalu, sebelum HP menjamur seperti saat ini, saya memang pernah bertemu dengan teman lama yang bekerja di Kantor Pos Besar, keprihatinan nampak di Pos Indonesia, apalagi saat-saat hari besar ( Hari Raya Idul Fitri, Hari Natal & Tahun Baru, atau hari besar lainnya ), yang menggunakan jasa layanan POS Indonesia berkurang hampir separoh untuk ajang silaturahmi, berkirim ucapan selamat, bermaaf-maafan, berreuni.
Upaya Penyempurnaan dan Berbenah Diri POS Indonesia
POS Indonesia, selain berprinsip sebagai Single Postal Territory, saat ini juga sebagai National Backbone Logistic yang mampu mendukung pergerakan bisnis dan pertumbuhan industri dari Sabang sampai Marauke, dibidang jasa POS Indonesia juga berperan sebagai National Payment System dengan menjadi The Bank for the unbank society atau cash based society yang beupaya merangkul kelompok menengah kebawah yang mayoritas berdomisili di wilayah pedesaan, hal inilah yang sangat menggembirakan bagi kita yang sebenarnya sebelum ada ponsel, kantor POS adalah tujuan kita untuk bersilaturahmi, baik pada moment lebaran atau bukan lebaran.
Upaya penyempurnaan POS Indonesia itu patut kita apresiasi, bahwa selain tugas utama sebagai penyampai surat dan paket, juga sebagai pendukung pergerakan bisnis dan pertumbuhan industry serta sebagai sarana pembayaran bukan bank untuk ekonomi kerakyatan.

11 Responses to “BERPACU dengan TEKNOLOGI”

  1. sebenarnya POS itu sangat berjasa,,,,,sekarang kalau tidak ada POS,,mungkin kita kesulitan dalam hal mengirim surat atau paket2 yang mungkin tempat yang kita kirimi sangat jauh….
    saya juga pernah melihat orang2 masih menggunakan jasa POS, ada yang membayar kreditan motor, ada yang mengirim paket, ada yang mengambil kiriman uang. sebenarnya POS sangat penting, meski sekarang ini teknologi sangat canggih, tetapi POS masih digunakan.

  2. sebenarnya POS itu sangat berjasa,,,,,sekarang kalau tidak ada POS,,mungkin kita kesulitan dalam hal mengirim surat atau paket2 yang mungkin tempat yang kita kirimi sangat jauh….
    saya juga pernah melihat orang2 masih menggunakan jasa POS, ada yang membayar kreditan motor, ada yang mengirim paket, ada yang mengambil kiriman uang. sebenarnya POS sangat penting, meski sekarang ini teknologi sangat canggih, tetapi POS masih digunakan.
    loly 31067

  3. setuju dengan bu tita,apreciate banget dengan usaha POS indonesia mengikuti perkembangan zaman dan berusaha bertahan ditengah perkembangan teknologi.dan dengan adanya POS Indonesia sangat membantu pergerakan bisnis dan pertumbhan industry jadi two thumb up buat POS Indonesia !!^^

  4. iya Bu, soalnya makin lama makin canggih saja teknologi yang ditawarkan. apalagi sekarang umumnya manusia ingin segala sesuatunya cepat dan tidak makan waktu banyak. makanya begitu ad yang instan seperti layanan SMS pada ponsel, langsung aja meroket. padahal dulu ponsel cuma untuk telfon saja, lama-lama mengambil fungsi POS sebagai pengirim pesan. di kota saya juga kantor pos yang dulunya besar sekarang tambah sempit saja. malah ada sebagian lahan yang tak digunakan sekarang dipakai buat jualan. dulu waktu masih kecil saya senang sekali surat menyurat dengan teman-teman dari majalah anak. sekarang malah gak bisa gitu lagi. sebenarnya Pos lebih tahan lama, karena menggunakan kertas. kalo SMS di ponsel bisa terhapus. kalo kertas surat disimpan masih bisa dibaca berulang-ulang. tapi untunglah ada beberapa orang yang masih menggunakan layanan POS. saya juga masih Bu terkadang :p . selain itu kalau menggunakan layanan POS (surat), kesannya lebih gimana gitu Bu. hehehe…lebih sopan dan anggun bahasanya. kalau lewat ponsel, kadang kata-katanya disingkat dan malah tidak ngerti maksudnya… saya setuju Bu kita harus mengapresiasi POS Indonesia. sekarang selain sebagai pengantar surat juga jadi sarana pembayaran bank, listrik dan lain-lain. jempol buat Bu Tita dan Pos Indonesia hehe…. :D

  5. Blog Bu Tita kali ini membahas tentang ‘Berpacu Dengan Teknologi’ dan hal tersebut adalah surat melalui pos. sangat menarik sekali pembahasan tersebut karena sudah hampir di katakan jarang sekali kegiatan melalui pos dan ternyata benar melihat fakta yang Ibu Tita peroleh dari teman yang bekerja di kantor pos tersebut.
    menurut saya kerja sama melalui pos saat ini sudah banyak sekali mungkin hal ini di lakukan agar kantor pos sendiri tidak hilang di makan zaman. di kampus kita sendiri juga menerapkan pengiriman melalui pos yaitu pengiriman hasil ujian atau KRS dan masih banyak lagi kegiatan yang membutuhkan jasa pos. hal yang sangat berpengaruh terhadap semakin berkurangnya minat masyarakat untuk melakukan kegiatan melalui pos adalah efisiensi waktu, karena kadang pengiriman barang relatif lebih lama mungkin hal ini di sebabkan oleh harga yang cukup murah di banding dengan expedisi pos. perkembangan teknologi saat ini juga sangat cepat sekali dan berpengaruh besar terhadap gaya hidup masyarakat yang dapat dengan mudah mereka gunakan.
    Blog Bu Tita sangat bagus sekali karena juga menceritakan tentang sejarah dari pos sehingga saya juga mengetahui bagaimana awal berdirinya kantor kantor pos dan semoga kantor pos semakin berjaya di dalam kemajuan teknologi dan pengelolaannya pun lebih baik lagi kedepannya.
    sekian bu komentar saya dan terima kasih.

  6. Bu, saya mahasiswa dari kelas Operational Management kelas Senin jam 9
    Ditengah maraknya perkembangan teknologi ada bagian yang mulai tersisihkan yaitu POS Indonesia. Melihat dulu betapa giatnya orang-orang mengumpulkan perangko sebagai filateli. Kemudian ketika dulu Pos menjadi suatu yang ditunggu-tunggu karena belum adanya teknologi, bahkan hingga Vina Panduwinata menciptakan lagu Surat Cintaku. Hal ini menunjukkan masa kejayaannya dulu. Namun sesungguhnya POS Indonesia tidak pernah tersisihkan karena masih banyak yang menggunakannya meskipun harus diakui bahwa dari segi performa teknologi masih memimpin. Mungkin solusi yang dapat ditawarkan yaitu mengenalkan kembali masyarakat terhadap POS Indonesia sekarang. Mungkin masih banyak masyarakat yang belum tau bahwa masih banyak jasa layanan yang disediakan oleh POS Indonesia. Setidaknya dengan sedikit memberikan iklan layanan masyarakat tentang peforma POS Indonesia di tengah banyaknya iklan operator seluler akan menumbuhkan kembali kejayaan POS Indonesia. Mungkin ini yang dapat saya sampaikan. Mohon Maaf Bu jika ada yang kurang berkenan.

  7. POS Indonesia harus lebih dikembangkan lagi dalam sistem pengelolahannya dan pelayanannya, karena saat ini telah muncul banyak jasa pelayanan pengiriman barang seperti TIKI,JNE,dan lain-lain. saat ini juga banyak muncul online shop yang memerlukan jasa pengiriman barang,sehingga POS Indonesia harus mampu bersaing dengan jasa layanan lainnya agar volume pelayanan jasanya meningkat terus.

  8. Melihat dan membandingkan keberadaan kantor pos di perkotaan seperti kota malang, ketika saya SD sampai kuliah saat ini memang jauh berbeda dan sudah mengalami berbagai proses perombakan. Jika sebelumnya saya juga pernah merasakan mengirim surat di kantor pos dengan proses pelayanan yang serba manual, namun seiring perkembangan teknologi cara yang manual ini sudah kurang bisa mengimbangi lagi cara pengiriman pesan lewat SMS, E-mail dsb, akibatnya masyarakat yang biasanya mengirim surat lewat kantor pos mulai berkurang drastis. Padahal sebenarnya proses yang dijalani dengan datang langsung untuk mengirim surat di kantor pos jauh lebih terasa nyaman, karena kita bisa mengetahui dan mengenal proses berkirim pesan secara langsung, dibanding lewat cara yang serba instan. Itu adalah kondisi yang sempat dialami oleh kantor pos yang ada, tetapi saat ini sudah bisa membuat saya dapat lebih tersenyum, karena teknologi yang sudah ada bisa dipadukan dan diaplikasikan bagi pelayanan di kantor pos. Jadi intinya penggunaan teknologi harus dapat dipadukan bukan untuk menggeser cara lam yang dipandang sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan teknologi.

  9. ayo berkomunikasi lewat BBM, biar lebih akrab antara dosen dan mahasiswa

  10. PT.POS itu sdh berbenah diri lho

Leave a Reply

(required)

(required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© 2011 Blognya Bu Tita Suffusion theme by Sayontan Sinha