Pameran merupakan bagian dari Promotion Mix yang terdiri dari Advertising, Personal Selling, Special Sales Promotion dan Publicity. Terfokus pada pameran suatu produk (Special Sales Promotion),Special Sales promotion merupakan gabungan antara advertising dan personal selling, advertising merupakan media untuk memperkenalkan produk ke konsumen dan personal selling, orang nya yang memperkenalkan produk sampai terjadi transaksi penjualan produk, persiapannya harus benar-benar terfokus pada produk apa yang akan dipamerkan atau dijual.

Baru-baru ini saya dan anak ikutan buka stand di MOG ( diajak rekanan Indosat), beberapa hari sebelumnya harus mempersiapkan produk yang akan dipamerkan dan akan dijual dan disesuaikan dengan siapa pembeli produk kita. Produk kita : pakaian anak muda ( hem, rok bawahan, gaun, asesories ( kalung, gelang, bros, jam tangan, dll), prasmina, jilbab.

Ada istilah pembeli adalah raja, sebagai penjual, kita harus memenuhi selera siapa konsumen kita, ternyata di pameran tersebut, konsumennya anak muda yang nota bene kita harus bisa membaca apa kesenangan anak muda. Anak mudapun harus juga kita kategorikan sesuai dengan uang saku mereka, karena mereka sebagian besar belum berpenghasilan, meskipun ada juga anak muda yang sudah berwirausaha. Konsumen bersifat convenience ( segalanya bersifat mudah) kemudahan-kemudahan ini harus kita terapkan, kemudahan memilih barang, kemudahan membayar, kemudahan membawa (paperbag), dan barang yang dipamerkan harus trendy, mengikuti selera anak muda, karena pameran untuk anak muda.

Tidak kalah pentingnya layout ( pengaturan tata ruang, yang nota bene ruang yang tersedia hanya 2 x 3 m, display, lighting) dan konsumen suka penjual yang ramah, tersenyum, informatif(good looking). Kita sebagai penjual harus menyadari, bahwa karakter konsumen ( anak muda) bervariasi, ada yang hanya melihat-lihat, ada yang minta pilihan warna yang lain, modelnya kurang cocok, tapi ada juga tanpa melihat harganya langsung dibeli ( berarti sesuai seleranya).
Hal-hal lain yang tidak kalah penting yang mendapat perhatian adalah :

  1. kartunama ( merupakan kertas kecil yang besar manfaatnya dikeudian hari untuk link bisnis kita)
  2. X banner ( berisi produk apa saja yang kita jual, lebih cantik menggunakan model)
  3. Backdrop yang akan mempercantik ruangan kita dengan perpaduan tata lampu yang terang.
Ikutan Buka Stand Dalam Promosi Suatu Produk

3 thoughts on “Ikutan Buka Stand Dalam Promosi Suatu Produk

  • March 28, 2011 at 6:49 pm
    Permalink

    menurut saya bukan hanya selera anak muda saja yang dipersiapkan tetapi untuk anak kecil dan orang tua juga perlu. Karena yang berkunjung d MOG bukan hanya anak muda saja. Dan kita juga memerlukan brosur yang isinya produk yang akan kita jual
    Pelayanan juga penting dalam menjual produk, bila perlu menuliskan diskon dg tulisan besar agr banyak pengunjung yang datang ke stand kita

  • March 31, 2011 at 12:57 am
    Permalink

    dulu saya penah ikut kakak saya buka stand di pertokoan di surabaya, waktu itu kakak saya buka stand printer…kegiatan tersebut sangat menyenangkan,kita harus mengenalkan produk kita kepada konsumen dan juga kita haru tahu seperti apa produk yang konsumen minta misalnya kualitas dan kuantitas, model dan juga merk…sebagai penjual kita harus bersikap ramah dan dapat menrik konsumen agar mau membeli produk kita..konsumen yang kita hadapi juga bermacam macam, jika pada tulisan ibu berhadapan dengan anak muda sedangkan kakak saya dan saya berhadapan dengan konsumen yang mungkin sebagian besar orang orang kantoran atau dewasa…kreatifitas kita sangat di perlukan dalam bekomunikasi dengan konsumen,bagaimana kita bisa meyakinkan konsumen agar mau membeli produk kita dan kreatifitas berkomunikasi jika terjadi negosiasi harga kita harus bisa mendapatkan titik tengah yaitu kita untung dan konsumen tidak rugi agar konsumen tidak kecewa dan juga konsumen tersebut dapat menjadi media informasi terhadap konsumen lainnya….mungkin dalam menghadapi konsumen kreatifitas dalam berkomunikasi sangat diperlukan….

  • June 15, 2011 at 4:05 pm
    Permalink

    Saya sangat setuju sekali, bahwa promosi adalah salah satu langkah wajib dilakukan supaya produk yang kita tawarkan dapat dikenal dan diminati oleh para pelanggan, promosi dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain : media massa, seperti koran, radio, televisi, atau yang sedang menjadi tren saat ini adalah melalui media internet. dapat pula dilakukan dengan cara pameran, presentasi bisnis, atau bahkan dengan cara yang tradisional tetapi masih ampuh dipakai yaitu melalui mulut ke mulut. Salah satu yang sering dipakai untuk mengenalkan produknya adalah dengan cara pameran, even-even tertentu biasanya dipakai untuk mengadakan pameran. Menurut saya dalam menggelar pameran perlu adanya pertimbangan-pertimbangan, antara lain: segmentasi produk kita, pangsa pasar, kompetitor, tempat diadakan pameran tersebut harus di pusat keramaian, tata layout pameran serta budget yang disediakan untuk pameran. Tujuan pameran tentunya adalah untuk meningkatkan penjualan, sehingga harus diperhitungkan biay yang dikeluarkan harus sesuai dengan target yang akan dicapai.
    Saya juga punya pengalaman mengadakan pameran 2 tahun yang lalu, saat itu saya diminta oleh paman saya untuk mengurus pameran produknya, tempat yang kami pilih adalah MOG, hal ini sesuai dengan pangsa pasar kami. pameran dilakukan selama 10 hari, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan pameran yaitu dekorasi, display barang yang dapat menarik perhatian penggunjung, brosur dan banner, kartu nama, serta pemakaian SPG untuk menawarkan produk tersebut, selama pameran, tingkat penjualan naik sebesar 60% dari sebelum dilakukannya pameran, hal ini membuktikan bahwa pameran sebagai media promosi cukup efektif untuk menarik minat beli konsmen.
    Pada intinya saya sangat setuju apa yang ibu lakukan membuka pameran, saya sangat respek dengan tindakan ibu, menurut saya ibu dapat membaca peluang pasar dengan baik. pemilihan lokasi yang ibu lakukan juga sangat tepat, MOG merupakan tempat favorit para anak muda belanja hal ini sangat sesuai dengan produk yang ibu tawarkan.
    tu hal lagi yang paling penting dalam memulai suatu bisnis adalah adanya koneksi (patnership) sehingga dengan adanya koneksi yang luas maka pengenalan produk kita lebih afesien dan efektif.

Comments are closed.