OPINI AUDITOR Vs MANAGEMENT LETTER

Di kalangan mahasiswa, saya sering mendengar keluhan mereka  yang merasa sulit dalam membedakan antara Opini Auditor  dengan Management Letter. Pada rubrik  ini, saya ingin berbagi tentang  pengertian keduanya.

Audit merupakan sebuah proses pengumpulan dan evaluasi bukti-bukti tentang informasi dari sebuah laporan keuangan suatu entitas, yang dilakukan oleh seorang yang independen dan kompeten di bidangnya. Sedangkan tujuan dari audit itu sendiri adalah memberikan opini kewajaran atas sebuah laporan keuangan Opini ini di sajikan dalam bagian “Laporan Auditor”.

Jadi Opini Auditor adalah : suatu opini/pendapat Auditor atas Laporan Keuangan suatu Perusahaan, setelah Auditor melakukan pemeriksaan Laporan Keuangan tersebut. Dan Auditor bertanggung jawab atas opini tersebut, bukan bertanggung jawab atas Laporan Keuangannya.

JENIS OPINI AUDITOR

a. Pendapat Wajar Tanpa Pengecualian (Unqualified Opinion)

Dengan pendapat wajar tanpa pengecualian, auditor menyatakan bahwa laporan keuangan
menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material sesuai dengan prinsip akuntansi
berterima umum di Indonesia.

b. Pendapat Wajar Tanpa Pengecualian dengan Bahasa Penjelas (Unqualified

Opinion with Explanatory Language)

Dalam keadaan tertentu, auditor menambahkan suatu paragraf penjelas (atau bahasa
penjelas yang lain) dalam laporan audit, meskipun tidak mempengaruhi pendapat wajar
tanpa pengecualian atas laporan keuangan keuangan auditan. Paragraf penjelas
dicantumkan setelah paragraf pendapat.

c. Pendapat Wajar dengan Pengecualian (Qualified Opinion)

Pendapat wajar dengan pengecualian diberikan apabila auditee menyajikan secara wajar
laporan keuangan, dalam semua hal yang material sesuai dengan prinsip akuntansi
berterima umum di Indonesia, kecuali untuk dampak hal-hal yang dikecualikan.

d. Pendapat Tidak Wajar (Adverse Opinion)

Pendapat tidak wajar diberikan oleh auditor apabila laporan keuangan auditee tidak

menyajikan secara wajar laporan keuangan sesuai dengan prinsip akuntansi berterima

umum.

e. Tidak Memberikan Pendapat (Disclaimer of Opinion)

Auditor menyatakan tidak memberikan pendapat jika ia tidak melaksanakan audit yang
auditor memberikan pendapat atas laporan keuangan. Pendapat ini juga diberikan apabila
ia dalam kondisi tidak independen dalam hubungannya dengan klien.

Naah, itu tadi masalah Opini Auditor, sekarang Management Letter

Bottom of Form

Manajemen Letter merupakan suatu surat yang dibuat oleh Kantor Akuntan Publik (KAP), ditujukan kepada manajemen perusahaan (klien) yang  yang isinya memberitahukan kelemahan dari Pengendalian Intern Perusahaan  yang ditemukan selama pelaksanaan pemeriksaan, disertai dengan saran-saran perbaikan dari KAP.
Untuk mempelajari dan  mengevaluasi pengendalian  Intern suatu Perusahaan, Akuntan  Publik bisa menggunakan:
a. Internal Control Questionnaires
b. Flow Chart, menggambarkan arus dokumen dalam memproses suatu transaksi,

dari awal sampai akhir dengan menggunakan symbol-simbol tertentu.
c. Menggunakan Narrative Memo (penjelasan tertulis dari system dan prosedur

akuntansi)
Dari ketiga cara tersebut, Akuntan Publik akan mendapatkan suatu gambaran mengenai Pengendalian Intern yang ada di perusahaan , dan  masih  harus dibuktikan lebih lanjut dengan menggunakan Complience test (test ketaatan).
Dalam compliance test, yang diperiksa adalah:
a. Transaksi pengeluaran kas
b. Transaksi penerimaan kas
c. Transaksi penjualan
d. Transaksi pembelian
e. Transaksi pembayaran gaji
f. Transaksi koreksi/penyesuaian
Dalam hal ini yang diperhatikan adalah hal-hal berikut:
a. Apakah setiap transaksi didukung oleh dokumen pendukung yang lengkap
b. Apakah setiap transaksi diotorisasi oleh pejabat perusahaan yang berwenang
c. Apakah perhitungan matematis dalam dokumen pembukuan sudah benar

Setelah melakukan compliance test, Akuntan Publik  harus menarik kesimpulan mengenai kebaikan-kebaikan dan kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam Pengendalian Intern perusahaan. Kemudian hasil temuan tersebut harus diberitahukan kepada manajemen perusahaan, beserta saran-saran perbaikannya dalam sebuah surat yang disebut Manajemen Letter.

Setelah mengetahui Pengertiannya, Bagaimana Cara membuat Management Letter

Dalam membuat management letter, perlu diperhatikan beberapa hal penting agar dihasilkan suatu management letter yang baik dan efektif:
a.  Management letter harus tepat waktu (timely).

Tujuannya, agar perusahaan masih sempat  melakukan perbaikan-peraikan dalam pengendalian intern. Jika management letter  terlambat diberikan, kemungkinan besar kelemahan-kelemahan dalam pengendalian intern sudah mengakibatkan terjadinya kesalahan dan kecurangan yang merugikan perusahaan.

b. Management letter harus berisi saran-saran yang bermanfaat dan bisa diterapkan.
c.  Komentar dan saran-saran dalam management letter  harus di diskusikan terlebih

dahulu dengan manajemen perusahaan dan bagian yang berkaitan.

d.  Management letter harus ditulis dengan menggunakan bahasa yang baik, sehingga  tidak

menyinggung perasaan klien.
e.  Kelemahan dan saran yang diberikan bisa diurut berdasarkan urutan-urutan  pos neraca

dan laba rugi atau menurut hal-hal yang paling penting yang memerlukan perhatian

khusus dari manajemen dan  penanganan yang cepat.

—————————

2 Responses to “OPINI AUDITOR Vs MANAGEMENT LETTER”

  1. Yudha says:

    Dear Ibu Tutik

    Menarik sekali BU apa yang sudah Ibu sampaikan…. mungkin yang selama ini membuat bingung adalah Kapan KAP itu membuat Leter Management kepada Perusahaan karena selama ini KAP akan membuatkan Leter Management kepada Suatu Company yang mana proses pemeriksaan yang Ibu jelaskan diatas tadi berjalan bersamaan dan Laporan atas hasil Audit beserta Leter Management seringkali disampaikannya juga pada saat bersamaan sehingga timbul kerancuan antara proses Audit/pemeriksaan atas Laporan Keuangan dengan proses Audit/Pemeriksaan atas pengendalian yang telah Ibu sampaikan. Apalagi dalam Hal Compliment Test KAP/Auditee akan selalu melakukan hal diatas baik pada pemeriksaan Laporan Keuangan maupun pada saat pemeriksaan pengawasannya…… satu sama lain cukup erat hubungannya…… Mohon untuk dapat dibantu Bu penjelasannya yang lebih detail lagi atas kedua transaksi tersebut…. atas bantuannya kami ucapkan terima kasih

Leave a Reply