MERASAKAN KEREMAJAAN DI USIA MATANG

Yaaa….. itu  Tema Talk Show Hari Sabtu 30 April Di Hotel Santika yang diselenggarakan oleh Oleh Klinik Mata Malang (KMM). Jauh-jauh hari Spanduk Talk Show sudah banyak di Pajang di tepi-tepi jalan, termasuk salah satunya di pajang di perempatan Jl. Sukarno Hatta , di bundaran Monumen Pesawat. Setiap hari saya berangkat kerja selalu terbaca dengan jelas Talk Show “MERASAKAN KEREMAJAAN DI USIA MATANG “, Oleh dr. Boyke.

Dengan membaca Tema tersebut, dan dengan melihat pembicara nya, apa yang terjadi di pikiran kita ??????,

Awalnya saya tidak ingin ikut seminar tersebut, karena mesti bayarnya mahal.

EEEh ……. tapi ada teman yang mengajak saya untuk  ikut seminar karena kelebihan tiket, jadi  yaaach akhirnya ikut deh  seminar , lumayan gratis. (Padahal kalau beli  tiket nya lumayan mahal , Rp 250.000,-).

Karena saya ndak ikut beli tiket, sehingga saya ndak tahu , susunan acaranya bagaimana, pembicaranya siapa saja. Yang saya pikir, isi seminar  yaa…..seperti tema  yang terpampang di spanduk, yang setiap hari saya baca.

Setelah di Santika, dan saya baca acara dan pembicaranya, baru saya senyum-senyum sendiri. Ternyata pikiran saya terlalu focus pada dr. Boyke sebagai pembicara.

Seperti yang di awal saya sebutkan, bahwa Talk Show itu diselenggarakan oleh Klinik Mata Malang (KMM) berkaitan dengan ultah nya yang ke 4. Tentu saja topik nya  termasuk juga merasakan keremajaan Mata.

Pada tulisan ini saya ingin berbagi beberapa  informasi  beberapa hal yaitu :

“Mata Kering Syndrom”.

Informasi ini , saya tujukan kepada teman  seprofesi yang tentunya aktivitas keseharian sama yaitu, sering baca, berlama-lama di depan komputer, seharian di ruang ber AC ( kalau ruang nya ada AC), dan kadang2 kena polusi yang lain. Yaaa, kalau kita termasuk dalam golongan tersebut, maka waspadai dengan yang namanya penyakit “Mata Kering Syndrom”.

“Mata Kering “ adalah : suatu kondisi pada mata dimana terjadi perubahan jumlah atau kualitas dari air mata, sehingga tidak cukup untuk melumasi dan melindungi permukaan mata. “. (Itu pengertian menurut dr. Rosy, Sp. M.)

Penyebab Mata Kering yaitu:

  1. Faktor Usia
  2. Lingkungan ber AC
  3. Bekerja dengan computer, atau menonton TV terlalu lama
  4. Angin , asap dan udara yang panas dan kering
  5. Efek camping dari pemakaian obat
  6. Kekurangan Vitamin
  7. Kelainan Kelopak mata.

Bagamana Gejala Mata Kering Syndrom  ???

Gejalanya yaitu:

  1. .Mata terasa panas
  2. Mata terasa ada pasir nya
  3. Mata terasa lelah
  4. Mata merah
  5. Mata berair
  6. Fotopobia ( silau kalau ada cahaya)

Bagaimana Cara mengatasi  Mata Kering

  1. Mata kering dapat diatasi dengan cara pemberian tetes air mata buatan (artificial tears), alias obat mata yang khusus digunakan untuk mengatasi mata kering , bentuknya bisa cair atau cream. Cara pemakaian nya disesuaikan dengan dosis, dan anjuran dokter..
  2. Kemudian dokter menganjurkan agar kita selalu memeriksakan kesehatan mata kita, apalagi kalau usia sudah diatas 40 tahun.

Itu tadi jika kita kena Mata Kering Syndrom. Disamping itu waspadai pula jika kita kena penyakit Diabetes.

Retino Diabetika

Jika diantara kita ada yang kena penyakit Diabetes, jangan hanya memeriksakan ke dokter tentang bagaiman agar kadar gula darah turun, tetapi harus juga memeriksakan aset kita yang lain , yaitu mata kita ke dokter mata. Perlu kita ketahui bahwa seseorang yang menderita Diabetes , kalau sudah komplikasi dapat menyebabkan ”Retinopati Dabetika ”.

Apakah Retino Diabetika Itu?

Retinopati Diabetika merupakan suatu komplikasi dari penyakit diabetes mellitus (kencing manis) dimana terjadi kerusakan pembuluh darah di retina mata akibat diabetes, yang menyebabkan retina tidak dapat mengirimkan gambar  penglihatan ke otak secara normal

Pembuluh darah retina yang rusak akibat diabetes mellitus bisa mengalami kebocoran yang menyebabkan pembengkakan retina. Pada keadaan lebih lanjut bisa terjadi pendarahan dan pertumbuhan Jaringan ikat di dalam bola mata. Perubahan retina akibat kerusakan pembuluh darah ini menyebabkan gangguan penglihatan, bahkan dalam keadaan lebih lanjut akan menyebabkan kebutaan.

Makin lama seseorang menderita diabetes melitus, semakin tinggi kemungkinan ia akan menderita retinopati diabetika. Bila seseorang menderita diabetes mellitus lebih dari 5 tahun biasanya akan timbul kerusakan pembuluh darah pada retinanya. Penderita diabetes mellitus mempunyai resiko kebutaan 25X dibandingkan orang normal.

Hiiiih, ngeri yaaa. Jangan sampai kita kehilangan kesempatan untuk menikmati keindahan dunia, gara-gara kita lalai dengan kesehatan mata kita.

Kemudian untuk pembicara utama nya yaitu : dr Boyke memberikan kiat – kiat dalam membangun keluarga yang harmonis.

8 Nilai Menjaga  Keharmonisan Rumah Tangga.

Ada 8 nilai yang harus diperhatikan untuk menjaga ataupun membangun keharmonisan rumah tangga, nilai2 itu meliputi:

  1. Komunikasi yang baik dengan pasangan
  2. Kecocokan Sifat
  3. Pemecahan konflik dengan baik
  4. Seks
  5. Sikap religius
  6. Pemanfaatan waktu luang
  7. Keuangan
  8. Hubungan dengan anak2.

Naaah, itu sedikit oleh2 dari hasil seminar, semoga kita yang termasuk usia matang tetap dapat merasakan keremajaan atas aset atau organ tubuh kita, dan dapat menjaga keharmonisan Rumah Tangga.  Amiin.