Terdapat dua kelompok aktiva utama yang menjadi sasaran penginvestasian dana adalah saham dan obligasi. Aktiva merupakan segala barang yang memiliki nilai tukar. Aktiva dibedakan menjadi aktiva berwujud dan aktiva tidak berwujud. Aktiva berwujud adalah aktiva yang nilainya bergantung pada wujud fisiknya, seperti bangunan, tanah dan mesin. Lebih jauh, aktiva berwujud dikelompokkan lagi menjadi aktiva produktif, seperti mesin dan aktiva tidak berwujud seperti tanah, tambang dan karya seni. Aktiva tidak berwujud suatu tuntutan hukum terhadap manfaat di masa depan. Nilai yang dimilikinya tidak berhubungan dengan wujud fisiknya.

 Penerbit dan Investor

Entitas yang menyetujui pembayaran di masa yang akan datang disebut penerbit aktiva keuangan. Pemilik aktiva keuangan disebut investor. Berikut ini adalah tiga contoh aktiva keuangan:

  • Obligasi yang dikeluarkan adalah oleh DepartemenTreasuryAS
  • Obligasi perusahaan yang dikeluarkan oleh General Electric Corporation
  • Saham yang dikeluarkan oleh perusahaan Digital Equipment Corporation

Aktiva keuangan tertentu seringkali disebut terbitan(issue). Sebagai misal, investor cenderung menyebut terbitan (issue) perusahaan GE daripada obligasi perusahaan GE.

 Klaim Kewajiban VS Klaim Ekuitas

Klaim yang dimiliki oleh pemegang aktiva keuangan dapat berjumlah tetap (fixed amount), maupun bervariasi (varying or residual amount). Sebelumnya, aktiva keuangan disebut juga instrumen hutang. Klaim residual atau klaim ekuitas mewajibkan penerbit aktiva keuangan untuk membayar pemegangnya berdasarkan pendapatan, jika ada, setelah dilakukan pembayaran tehadap pemegang instrumen hutang.

Beberapa sekuritas termasuk kedua kelompok tersebut. Sebagai contoh saham preferen merupakan klaim ekuitas yang memberikan hak kepada investor untuk menerima pembayaran dalam jumlah tetap. Pembayaran ini bersifat kontijen, yang dilakukan hanya setelah pembayaran terhadap pemegang instrumen hutang dilakukan. Hutang dan saham preferen yang memberikan pembayaran dalam jumlah tetap disebut instrumen penghasilan tetap (fixed income instrument).

PASAR KEUANGAN

Pasar keuangan atau financial market menyediakan suatu mekanisme penciptaan dan pertukaran aktiva keuangan. Walaupun aktiva keuangan dapat dibeli dan dijual secara pribadi, namun pada kebanyakan pasar keuangan yang telah maju terdapat peluang untuk memperdagangkan aktiva keuangan pada beberapa struktur institusional.

 Penggolongan Pasar Keuangan

Terdapat berbagai cara untuk mengelompokkan pasar keuangan. Salah satu caranya adalah melalui jenis klaim keuangan. Klaim keuangan yang diperdagangkan pada pasar keuangan dapat berjumlah tetap maupun bervariasi. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, aktiva keuangan disbut juga instrumen hutang, sedangkan pasar keuangan dimana instrumen tersebut diperdagangkan disebut pasar hutang. Aktiva keuangan lainnya disebut instrumen ekuitas dan pasar keuangan dimana instrumen tersebut diperdangangkan disebut pasar ekuitas atau bursa saham. Saham preferen merupakan klaim ekuitas yang memberikan hak kepada investor untuk menerima pembayaran dalam jumlah tetap. Umumnya instrumen hutang dan saham preferen dikelompokkan sebagai bagian dari pasar penghasilan tetap. Sektor bursa saham di luar saham preferen disebut pasar saham biasa.

Cara lain untuk mengelompokkan pasar keuangan adalah berdasarkan jatuh temponya. Sebagai contoh, terdapat pasar keuangan untuk instrumen hutang jangka pendek disebut pasar uang(money market) dan instrumen aktiva keuangan dengan jatuh tempo yang lebih panjang disebut pasar modal atau capital market.Aktiva keuangan jangka pendek adalah instrumen yang jatuh temponya kurang dari atau sama dengan satu tahun, sedangkan aktiva keuangan jangka panjang memiliki masa jatuh tempo lebih dari satu tahun. Pasar bagi aktiva keuangan yang diterbitkan pertama kali disebut pasar primer. Setelah kurun waktu tertentu aktiva keuangan dibeli dan dijual oleh sesame investor. Pasar dimana kegiatan perdagangan tersebut dilakukan disebut pasar sekunder.

 Fungsi Pasar Keuangan

Pasar keuangan memiliki tiga fungsi ekonomi utama. Pertama, pasar menentukan harga aktiva yang diperdagangkan melalui interaksi antara penjual dan pembeli. Hal ini disebut proses penemuan harga (price discovery process). Kedua, pasar keuangan menyediakan suatu mekanisme bagi investor untuk menjual aktiva kewajibannya. Karena kegunaannya tersebut, pasar keuangan dianggap dapat menawarkan suatu likuiditas, yaitu kemampuan untuk mengubah aktiva menjadi kas.

Fungsi ekonomi pasar keuangan yang ketiga adalah kemamuannya untuk menurunkan biaya transaksi. Dua biaya dihubungkan dengan usaha transaksi: biaya pencarian dan biaya informasi. Biaya pencarian mengacu kepada biaya eksplisit, seperti biaya iklan dan biaya implicit seperti waktu yang dihabiskan untuk menemukan penjual atau pembeli. Biaya informasi merupakan biaya yang dikeluarkan dalam menilai hasil investasi aktiva keuangan.

 

Globalisasi Pasar Keuangan

Globalisasi berarti perpaduan atau intergrasi pasar keuangan seluruh dunia kedalam suatu pasar keuangan internasional. Factor faktoryang mendorong rciptanya integrasi asar keuangan adalah:

  1. Deregulasi atau liberalisasi pasar dan aktifitas peserta pasar pda pusat keungan dunia,
  2. Kemajuan teknologi yang memungkan pengawasan pasar dunia, pelaksanaan pesanan dan analisis peluang keuangan, dan
  3. Peningkatan institusionalisasi pasar keuangan.

Ketiga factor diatas saling berhubungan.

Pergeseran peranan dua jenis investor, inverstor ritel dan institusional, dalam pasar keuangan merupakan faktor ketiga yang menyebabkan intergrasi pasar keuangan. Investor institusional adalah entitas seperti dana pensiun, perusahaan asuransi, perusahaan investasi, bank kormesial, serta asosiasi simpanan dan pinjaman. Investor institusional disebut juga institusi keuangan. Investor institusional memiliki kemauan yang lebih besar investr individual untuk menginvestasikan dana yang dimilikinya keluar negri sebagai usaha untuk memperbaiki peluang hasil/ resio portofolio. Lebih jauh lagi, insvestor tidak hanya melakukan investasi pasar keuangan di negara-negara maju, namun juga di Negara-negara berkembang. Terdapat peningkatan partisiparsi dalam pasar keuangan ekonomi berkembang yang biasa disebut pasar berkembang (emerging market).

 

Pengelompokkan Pasar Modal Dunia

Dari sudut pandang suatu negara, pasar keungan dapat dikelompokan sebagai pasar internal dan pasar eksternal. Pasa internal disebut juga pasar nasional. Pasar ini dibedakan menjadi: pasar domestic dan pasar asing. Pasar domestic merupakan pasar dimana perusahan-perusahaan penerbit sekuritas berdomisili di negara tersebut. Pasar asing adalah pasar dimana diakukan jual beli sekuritas dari perusahaan yang tidak berdomisili di Negara tersebut. Sekuritas asing diatur oleh pihak berwenang di negara dimana sekuritas tersebut beredar.

Pasar eksternal, disebut juga pasar internasional, meliputi sekuritas dengan karakteristik sebagai berikut:

  1. Pada saat diterbitkan, sekuritas ini ditawarkan secara terus menerus kepada investor diberbagai negara, dan
  2. Sekuritas tersebut dikeluarkan di luar yuridiksi satu negara.

Pasar eksternal umunya disebut offshore market, lebih popular dengan sebutan Euromarket.

 

PASAR SAHAM DUNIA

Pasar saham terbesar di dunia terdapat di AS dan di Jepang. Pasar terbesar ketiga adalah pasar saham di Inggris. Sekuritas ekuitas Eropa (Euroequity issues) adalah sekuritas yang pada awalnya dijual kepada investor di beberapa pasar internasional. Jumlah perusahaan AS yang menawarkan ekuitas semakin meningkat, yang meliputi “Euroequity Tranche.” Tranche mengacu pada satu dari beberapa sekuritas yang ditawarkan pada waktu yang bersamaan.

 PASAR OBLIGASI DUNIA

Obligasi merupakan instrument dimana penerbit (peminjam) berjanji untuk menbayar kembali pemberi pinjaman atau investor jumlah yang dipinjam ditambah bunga untuk periode waktu tertentu. Tanggal dimana pokok pinjaman harus dibayarkan disebut tanggal jatuh tempo atau tanggal matulitas. Jika penerbit tidak lalai maupun menarik obligasi sebelum tanggal matulitasnya, maka investor memegang obligasi tersebut hngga tanggal matulitasnya.

 

Sektor Pasar Obligasi AS

Pasar obligasi AS merupakan pasar tebesar di dunia. Sekuritas diterbitkan oleh Departemen Treasury AS disebut sekuritas treasury atau treasuryes. Treasury S menerbitkan 3 jenis sekuritas- bills, notes, dan obligasi.

  1. Treasury bills (T-bills) memiliki matulitas kurang lebih sama dengan 1 tahun,
  2. T-notes memiliki matulitas 2 hingga kurang 10 tahun, sedangkan
  3. T-bonds memiliki matulitas lebih dari atau sama dengan 1 tahun.

Obligasi perusahaan dikelompokan berdasarkan jenis penerbitnya. 4 pengelompokan umum yang digunakan oleh pusat informasi obligasi adalah:

  1. Utilitas,
  2. Transportasi,
  3. Industrial, dan
  4. Bank dan perusahaan keuangan.

Terkadang 4 bagian utama tesebut dikeompokan lebih jauh lagi untuk menciptakan kelompok yang lebih homogen.

 

Sekuritas Munisipal

Pasar municipal merupakan sector dimana pemerintah Negara bagian dan pemerintah local mengumpulkan dana. Umumnya obligasi yang diterbitkan pada sector ini bebas dari pajak penghasilan federal, sehingga disebut juga sector bebas pajak.Ada2 jenis struktur obligasi sekuritas munisipal: obligasi kewajiban umum dan obligasi penghasilan. Obligasi kewajiban umum merpakan instrument hutang yang dijamin oleh kekuatan perpajakan tidak terbatas dari penerbit. Obligasi penghasilan diterbitkan baik untuk pendanaan proyek maupun perusahaan dimana penerbit meminta penghasilan yang diperoleh dari operasi proyek yang didanai.

 

Hipotik dan Sekuritas dengan Jaminan Hipotik   

Dari pasa hutang jangka panjang senilai $8,6 triliyun, komponen terbesar adalah pasar hipotik. Hipotik merupakan pinjaman yang dijamin dengan property real estate tertentu yang mewajibkan peminjam untuk melakukan serangkaian pembayaran yang telah ditetukan sebelumnya. Sekuritas dengan jaminan hipotik merupaka sekuritas yang dijamin oleh kumpulan pinjaman hipotik. Pinjaman hipotik yang dikumpulkan bersama-sama dan digunakan sebagai jaminan sekuritas disebut dengan istilah sekuritasi.

 Sekuritas dengan Jaminan Aktiva

Sekuritas ini dijamain dengan aktiva diluar hipotik. Jenis sekuritas ini umumnya dijamin denganpinjaman mobildan piutang kartu kredit.

 Pasar Eurobond

            Eurobond merupakan obligasi yang:

  1. Ditanggung oleh sindikat internasional,
  2. Ditawarkan pada saat penerbitannya secara berkesinambungan kepada investor di berbagai negara, dan
  3. Diterbitkan diluar batas yuridiksi satu negara.

PASAR UANG

Instrumen pasar uang adalah instrument hutang yang memiliki matulitas kurang dan sama dengan satu tahun. Instrument yang diperdagangkan pada pasar uang meliputi T-bills, surat beharga, aksep bank, sekuritas jangka pendek pemerinta federal, sekuritas munisipal janka pendek, sertifikat deposito, pembelian kembali, dan dana federal.

Surat berharga kormesial merupakan nama yang diberkan bagi surat janji bayar jangka pendek tanpa jaminan yang dikeluarkan perusahaan. Aksep bank merupakan sarana yang diciptakan bagi transaksi perdagangan kormesial, terutama transaksi internasional. Disebut aksep bank karena bank menerima (aksep) kewajiban untuk menbayar kembali pinjaman keada pemegang surat ini jika peminjam ingkar janji (wanprestasi). Sertifikat deposito merupakan sertifikat yang diterbitkan oleh bank ang menyebutkan bahwa tlah disimpan sejumlah uang pada bank tersebut.setifikat deposito memiliki tanggal matulitas dan tingkat bunga yang telah ditetapkan, dan dapat dikeluarkan dalam mata uang/ denominasi manapun. Perjanjian beli kembali merupakan penjualan sekuritas disertai komitmen dari penjual kepada pembeli untuk membeli kembali sekuritas tersebut pada harga dan tanggal yang telah ditentukan. Pada dasarnya, perjanjian beli kembali merupakan pinjaman jangka pendek dengan jaminan, dmana jaminanya adalah sekuritas. Disebut perjanjian beli kembali karena sekuritas yang dijual akan dibeli kembali di mana yang akan datang. Jika pejanjian tersebut hanya untuk 1 hari, maka disebut dengan perjanjian beli kembali semalam. Jika lebih dari 1 hari maka disebut perjanjian beli kembali berjangka.

 

PASAR OPSI DAN FUTURES

Pasar yang kita bahas selama ini melibatkan pengiriman langsung dari sekuritas dan instrument yang terlibat. Oleh karena itu disebut juga pasar tunai atau pasar spot.jenis pasar lain beroperasi dengan kontrak yang menyebutkan bahwa transaksi diselesaikan di masa yang akan datang yang telah ditentukan. Pemegang kontrak memiliki kewajiban atau pilihan untuk membeli atau menjual aktiva keuangan pada waktu yang telah ditentukan tersebut. Harga kontrak tersebut diturunkan nilainya dari harga aktiva keuangan yang mendasarinya. Sebagai akibatnya, kontrak ini disebut instrumen derivatif, dan pasar bagi kontrak ini disebut pasar derivatif.

Kontrak future merupakan perjanjian dimana kedua pihak setuju untuk bertransaksi dengan harga yang telah ditentukan di masa depan yang telah ditetapkan. Pembeli kontrak harus membayar penjual suatu biaya, yang disebut harga opsi.

 

Referensi:

Herbert B. Mayo, Investment: An Introduction, 2006.

ZVI Bodie, Alex Kane, Alan J. Marcus, Investments, 2009

Douglas Hearth, Contemporary Investments: Security and Portfolio Analysis, 2004

Fabozzi, Invesment Management, Prentice Hall, 1999

AKTIVA KEUANGAN DALAM INVESTASI