Secara umum indeks pasar mengalami kenaikan dan penurunan secara serempak. Tiga faktor yang membedakan indeks pasar saham adalah keseluruhan saham yang ditunjukkan oleh indikator, berat relatif saham, dan metode perata-rataan yang digunakan.

Saham yang termasuk dalam indikator pasar saham yang harus digabungkan dalam proporsi tertentu untuk membentuk suatu indeks atau rata-rata. Setiap saham yang dapat digunakan untuk memberikan berat tertentu kepada indeks saham : penimbangan berdasarkan nilai pasar perusahaan (kapitalisasi pasar, yang merupakan harga saham dikali lembar saham yang beredar), penimbangan berdasarkan harga per lembar saham perusahaan dan penimbangan yang sama untuk semua perusahaan tanpa melihat nilai pasar atau harga sahamnya. Setelah memperoleh saham yang akan digunakan untuk menciptakan sampel dan timbangan relatif atas masing-masing saham, selanjutnya dilakukan perhitungan rata-rata dari komponen-komponen individual.

Dua metode perata-rataan yang dapat digunakan adalah aritmatika dan geometrika. Seluruh indeks saham yang dibentuk dengan benar menggunakan rata-rata aritmatika.

Indeks pasar saham dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori : indeks saham yang dihasilkan oleh sistem perdagangan berdasarkan seluruh saham yang diperdagangkan pada sistem tersebut, dan indeks saham yang dihasilkan oleh organisasi yang memilih saham secara subjektif untuk dimasukkan ke dalam indeks, serta indeks saham dimana pemilihan saham didasarkan pada ukuran objektif, seperti kapitalisasi pasar perusahaan.

 

A.   Pasar saham non AS

Sebelumnya pasar didominasi oleh investor retail, namun saat ini didominasi oleh investor institusional. Karakteristik utama dari investor institusional adalah kemauan yang lebih besar dibandingkan investor retail dalam melakukan investasi di negara asing untuk memperbaiki diversifikasi portofolio dan memanfaatkan kemungkinan penetapan harga yang salah pada sekuritas negara lain.

Perkiraan biaya transaksi sebagai persentase jumlah yang diinvestasikan lebih besar pada pasar saham di luar AS. Biaya ini meliputi komisi, biaya pengaruh pasar dan pajak. Saham beberapa perusahaan didaftarkan pada bursa efek didalam dan diluar negeri. Beberapa saham perusahaan yang sangat besar didaftarkan di beberapa negara. Kesiapan bursa untuk mendaftarkan dan memperdagangkan saham perusahaan asing tidak sama di semua negara dan bursa.

  • Indeks pasar saham internasional

Setiap negara dimana terjadi perdagangan saham, setidaknya ada satu indeks yang mengukur pergerakan harga saham secara umum. Jika suatu negara memiliki lebih dari satu bursa, setiap bursa umumnya memiliki indeks sendiri, selain itu indeks juga dihasilkan oleh organisasi-organisasi baru dan konsultan keuangan. Untuk memenuhi peningkatan minat dalam investasi ekuitas global, institusi keuangan telah menciptakan beberapa indeks ekuitas internasional.

  • Alasan melakukan investasi global

Adanya sekuritas dari negara lain dapat meningkatkan pengembalian portofolio yang diharapkan tanpa meningkatkan resikonya, sebagaimana yang diukur oleh perbedaan pengembalian. Investasi pada sekuritas negara lain dapat mengurangi risiko portofolio tanpa mengurangi pengembalian yang diharapkan.

Karena pengaruh terbesar atas harga saham adalah kebijakan atau peristiwa domestik, harga sekelompok saham dari wilayah yang berbeda cenderung meningkat atau menurun pada jangkauan yang berbeda.

REFERENSI:

Sharpe, Wiliam F. Alexander, Gordon J. Bailey, Jeffery V.(1997), Investment 5E, PT Ikrar Mandiri Abadi,Jakarta

Fabozzi, Frank J.(1999), Manajemen Investasi, Salemba 4, Jakarta

INDEKS BURSA SAHAM