Bukti adanya insititusionalisasi pasar saham dapat dilihat dalam distribusi kepemilikan saham dan bagian perdagangan oleh individual (perdagangan retail) dan institusi (dana pensiun, perusahaan asuransi, perusahaan investasi, bank dan dana endowmen). Kepemilikan saham oleh individual telah berkurang. Individu saat ini telah melakukan investasi melalui investor institusional seperti reksadana, dana pensiun, dsb. Institusionalisasi pasar saham telah mengakibatkan evolusi pengaturan khusus bagi pelaksanaan pesanan jenis tertentu yang biasanya dicari oleh investor institusional : perdagangan blok, berarti pesanan yang membutuhkan pelaksanaan perdagangan untuk sejumlah besar saham tertentu dan perdagangan program berarti pesanan yang membutuhkan pelaksanaan perdagangan untuk sejumlah saham yang berbeda dalam waktu dekat.

  • Perdagangan blok

Perdagangan blok didefinisikan sebagai perdagangan 10.000 lembar saham atau lebih untuk satu saham tertentu, atau perdagangan saham dengan nilai pasar sedikitnya $200.000. pelanggan institusional menghubungi tenaga pemasaran di perusahaan pialang, dan menyatakan keinginannya untuk melakukan pemesana blok. Tenaga pemasaran ini kemudian meneruskan pesanan tersebut ke departemen pelaksanaan blok. Traider dari departemen pesanan blok kemudian menghubungi institusi lain yang berminat untuk mengambil sisi lain dari pesanan (menjual/membeli). Untuk itu, digunakan sistem pasar tingkat atas. Jika pelaksanaan dapat dilakukan, berarti pesanan telah diselesaikan.

  •  Perdagangan program

Perdagangan program melibatkan pembelian atau penjualan berbagai saham dalam jumlah besar secara berkesinambungan yang disebut juga perdagangan kumpulan. Perdagangan program dilaksanakan menurut dasar agensi yang melibatkan pemilihan perusahaan pialang sepenuhnya berdasarkan penawaran komisi (sen per lembar saham) yang diajukan oleh berbagai perusahaan pialang. Kelemahan dari pengaturan berdasarkan agensi ini dalam perdagangan program adalah bahwa walaupun komisi mungkin yang terendah, harga pelaksanaan belum tentu yang terbaik karena pengaruh pasar dan kemungkinan front running oleh perusahaan pialang yang diminta untuk mengajukan penawaran komisi.

Dalam pengaturan insentif agensi, nilai portofolio patokan ditetapkan untuk portofolio yang merupakan subjek dari perdagangan program. Harga untuk setiap saham perusahaan dalam perdagangan program ditentukan baik berdasarkan harga diakhir perdagangan hari kemarin atau berdasarkan harga rata-rata hari kemarin. Front running terjadi apabila perusahaan pialang mengetahui suatu institusi akan melaksanakan perdagangan program dengan harga yang telah ditentukan sehari sebelumnya, mereka dapat mengambil manfaat dari informasi tersebut.

REFERENSI:

Sharpe, Wiliam F. Alexander, Gordon J. Bailey, Jeffery V.(1997), Investment 5E, PT Ikrar Mandiri Abadi,Jakarta

Fabozzi, Frank J.(1999), Manajemen Investasi, Salemba 4, Jakarta

PENGATURAN PERDAGANGAN SAHAM BAGI INVESTOR INSTITUSIONAL