Perdagangan sekunder saham dan obligasi terjadi di sejumlah sistem perdagangan pasar yang disebut lokasi : bursa efek nasional, bursa efek wilayah regional, dan pasar tidak resmi (pasar saham di luar bursa = over the counter market = pasar OTC). Di samping lokasi-lokasi perdagangan ini, juga terdapat sistem perdagangan elektronik yang beroperasi sendiri. Sistem perdagangan pasar tergantung dari para dealer dan pialang.

Pialang merupakan suatu entitas atau kesatuan usaha yang bertindak sebagai agen investor yang ingin melaksanakan pesanan; pialang tidak mengambil posisi apa pun dalam perdagangan ini. Dealer (penjual) merupakan suatu entitas atau kesatuan usaha yang mau dan siap untuk membeli sekuritas untuk kepentingannya.sendiriĀ  (yaitu untuk menambah persediaan sekuritas yang dimilikinya) atau menjual sekuritas yang dimilikinya.

Dua tipe lain dari perusahaan pialang ini adalah perusahaan pialang regional dan pialang diskon. Yang pertama berkonsentrasi pada transaksi dalam wilayah geografis tertentu, artinya perdagangan sekuritas diikuti oleh peserta khusus dari bagian wilayah tersebut. Pialang diskon menawarkan servis dasar saja dengan biaya rendah yaitu mereka menawarkan lebih sedikit servis dari perusahaan pialang yang memberi servis penuh. Investor yang hanya ingin order mereka dilaksanakan dan tidak memerlukan nasehat dapat mengurangi pembayaran komisi dengan menggunakan pialang diskon.

 

 

 

  • Bursa efek

Bursaefek adalah organisasi formal, telah disahkan dan diatur oleh securities and exchange Commission (SEC = Komisi Bursa Efek Dan Sekuritas).Bursaefek terdiri dari sejumlah anggota yang menggunakan fasilitas bursa untuk melakukan transaksi atas sejumlah saham tertentu. Saham yang diperdagangkan pada bursa efek disebut saham terdaftar. Pasar pertama merupakan istilah yang mengacu pada perdagangan saham terdaftar pada lantai bursa.Setiap saham yang diperdagangkan pada lokasi khusus dari lantai perdagangan bursa yang disebut pos (post). Pada bursa efek, peranan pembentuk pasar (market maker role) bagi saham terdaftar dilakukan oleh spesialis.Bursa saham mengenakan biaya minimal dalm jumlah tetap untuk transaksi yang dilakukan, tergantung dari nilai dan volume saham yang diperdagangkan. Struktur komisi berjumlah tetap tidak memungkinkan penurunan tingkat komisi walaupun pesanan meningkat, oleh karena itu dalam hal ini tidak berlaku skala ekonomi.

  • Pasar saham tidak resmi

Pasar saham tidak resmi merupakan pasar dimana dilakukan perdagangan saham terdaftar, saham tidak terdaftar, dan obligasi oleh lebih dari satu pelaku pasar. Pasar kedua (second market) mengacu pada perdagangan saham yang tidak terdaftar pada pasar tidak resmi. Pasar ketiga mengacu pada perdagangan saham terdaftar pada pasar tidak resmi.

  • Sistem perdagangan elektronik mandiri (SPEM)

Perdagangan saham langsung antara dua pihak tanpa menggunakan jasa pialang disebut dengan istilah pasar keempat. Pasar ini berkembang karena alasan yang sama dengan perkembangan pasar ketiga : adanya komisi minimum yang tinggi ditetapkan oleh bursa saham.

REFERENSI:

Sharpe, Wiliam F. Alexander, Gordon J. Bailey, Jeffery V.(1997), Investment 5E, PT Ikrar Mandiri Abadi,Jakarta

Fabozzi, Frank J.(1999), Manajemen Investasi, Salemba 4, Jakarta

SISTEM PERDAGANGAN EQUITY TRADING