Penyuluhan ini dilaksanakan dalam usaha ikut membantu pemerintah dalam usaha memperbaiki manajemen sederhana bagi ibu-ibu dalam kelompok PKK dengan maksud di kemudian hari terjadi perkembangan kemajuan dalam mengelola keuangan kelurga. Dengan demikian para ibu-ibu ini dapat merperbaiki sistim pendapatan yang diperoleh sehingga lebih efisien dan efektif dalam mengatur keuangan keluarga. Dari waktu yang luang , ibu-ibu ini dapat memanfaatkan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan sehingga diharapkan hasilnya dapat digunakan dalam usaha yang lebih produktif. dan  memberikan keuntungan.

Usaha –usaha tersebut dapat dilakukan/dilaksanakan dengan berbagai alasan an antara lain sebagai berikut :

  1. Membuka usaha baru
  2. Memiliki hobi yang dapat dimanfaatkan unutk usaha.
  3. Membantu ekonomi keluarga
  4. Menerusakan usaha orangtua

 

Membuka Usaha Baru.                                  

Dalam membuka usaha baru, harus dilihat beberapa hal yaitu :Peluang usaha, misalnya: (1) Usaha makanan, maka harus dilihat secara fisik dan tujuan dalam  bentuk usaha, misal: warung, depot, catering, dan dititipkan ke toko-toko kue/makanan; (2) Usaha Minuman, yaitu dengan memproduksi minuman sendiri misalnya membuat juice buah-buahan ddari berbagai jenis buah-buahan, Susu segar dalam kemasan yang di jual kerumah tangga dalam   ruang lingkup jangkauan pemesaran yang kecil atau keruang lingkup pemasaran yang lebih luas; (3) Usaha Camilan, yaitu dapat meanfaatkan bahan-bahan baku yang tersedia dilingkungannya mudah didapat dan tersedia cukup banyak sepanjang waktu dengan hasil-produksi dengan berbagai macam rasa   Contohnya : Keripik singkong dan ketela rambat, keripik kentang,wortel berbagai macam rasa, Keripik nangka, apel,nanas, Marning jagung penyet berbagai macam rasa dll.

Semuanya dapat diproduksi secara berkesinambungan karena bahan-bahan dasarnya cukup tersedia sepanjang waktu dan diusahakan secara bergantian tergantung musimnya dan bahan yang tersedia, sehingga dengan demikian usaha dapat berlangsung terus

Memiliki Hobi yang dapat dimanfaatkan untuk Usaha

Bagi yang memiliki hobi misalnya hobi memasak dapat membuka  usaha makanan seperi warung, depot/rumah makan.Bagi yang hobi membuat kue kering/basah dapat memproduksi dalam  bentuk kemasan/tidak sesuai dengan permintaan/pesanan dan  jangkauan pemasarannya (Pemasaran dalam sekala kecil dapat  dipasarkan sendiri atau dititipkan ketoko-toko kue).

Note :

Untuk produksi makanan dan minuman yang memerlukan jangka watu pemasaran yang panjang baik sekala kecil maupun menengah harus didaftarkan ke BPOM (Badan pengawas obat-obatan dan minuman dan MUI untuk mendapatkan sertifikat hallal) karena produksi makanan dan minuman dalam kemasan harus lolos uji kesehatan, kebersihan dan tidak berbahaya dan jangka waktu expite nya, sedangkan seritifikat hallal untuk  menetapkan  kehalalan  untuk  dikonsumsi karena       sebagain  masyarakat  kita sebagian besar adalah  muslim, maka  jangka  waktu  dan  daya tahan produk pendek dan pemasarannya tidak lebih dari satu hari. Sedangkan bagi  minuman dan kue basah tidak perlu ijin yang penting adalah, bersih, sehat dan tidak  mengganggu kesehatan/beracun.

Membantu Ekonomi Keluarga

Secara fakta banyak waktu-waktu yang terluang bagi ibu-ibu rumah tangga, sehingga banyak waktu yang hilang percuma tanpa sentuhan usaha-usaha mandiri untuk mengisi waktu tersebut untuk kegiatan menabah pendapatan keluarga. Kita memang harus mengerti bahwa untuk menggugah semangat dan minat usaha tersebut diperlukan suatu pioner penggerak yang notabene punya kemampuan lebih dan skil wira usaha. Dengan demikian diharapkan dapat menggugah semangat dan minat untuk berusaha menambah pendapat keluarga.

Usaha-usaha yang memanfaatkan waktu luang yang terbuang bagi ibu-ibu dan berbakat mempunyai jiwa usaha, suatu saat tidak menutup kemungkinan menjadi seorang wirausaha yang berhasil dan mapan. Dengan memanfaatkan waktu luang dan tersedia untuk melakukan suatu kegiatan usaha  maka waktu terluang tersebut dapat dimanfaatkan sebagai usaha untuk memperoleh  pendapatan atau penghasilan. Pendapatan atau penghasilan yang diperoleh secara continyu dengan meamnfaatkan waktu luang tersebut bersifat sambilan suatu saat usaha sambilan ini dapat menjadi usaha untuk mata pencaharian pokok dengan hasil yang lebih besar. Sehingga dengan demikian dapat berlebihan kalau digunakan sebagai kebutuhan keluarga dengan demikian hasil pendapatan yang lebih tersebut dapat ditabung untuk menambah modal usaha yang lebih besar lagi.

 

Meneruskan Usaha Orang tua

Jika ibu-ibu sebelumnya mempunyai orang tua yang sudah memiliki usaha, maka usaha tersebut dapat diteruskan atau dilanjutkan dengan membenahi apa yang kurang misalnya kualitas produk, mutu jangkauan  keluasan pasar, promosi sehingga dapat dikembangkan lebih maju walaupun usaha yang diteruskan tersebut di rumah sendiri atau mempunyai lahan baru yang strategis untuk usaha lanjutan yang lebih maju. Dengan demikian usaha lanjutan tersebut lebih bisa dikenal oleh konsumen secara luas. Tetapi keberhasilan tersebut tergantung dari kegigihan, inovasi dan kreativitas orang yang bersangkutan. Beberapa cara telah dilakukan banyak orang untuk memajukan  usahanya supaya dapat mencapai keuntungan yang lebih besar   sehingga usahanya akan lebih berkembang. Sedangkan untuk menentukan/memilih usaha apa yang akan dijalankan harus diperhatikan :

  1. Tentukan produk apa yang akan dijual. Hasil produk yang dihasilkan disenangi dansesuai  dengan permintaan  pasar/konsumen.
  2. Harus ada penentuan beberapa produk yang akan diproduksi/dijual
  3. Harus tahu siapa konsumennya yang akan membeli hasil produk   tersebut
  4. Harus juga menguasai proses produksinya dan bagaimana sistim/cara   pemasarannya.
  5. Besarnya modal usaha yang dimiliki sangat menentukan kapasitas kualitas produk yang akan dihasilkan

Selanjutnya usaha apa yang akan dijalankan sebaiknya disesuaikan dengan bidang yang dikuasai, dana yang tersedia, harus tekun dan ulet dan punya kemauan yang keras untuk berhasil.

 

KESIMPULAN

Dari semua aktifitas atau kegiatan dalam pelaksanaan penyuluhan pelatihan manajemen usaha peningkatan usaha pendapatan keluarga dapat diambil kesimpulan yaitu berhasil dengan baik yang ditandai dengan :

  1. Respon dengan minat yang baik dari kaum ibu  ibu PKK
  2. Kesenangan dalam melakukan diskusi tentang permasalahan ekonomi keluarga dengan solusinya
  3. Jumlah ibu-ibu PKK perserta yang tetap banyak sampai akhir pelatihan
  4. Mencoba untuk membuat perencanaan cara-cara usaha peningkatan pendapatan keluarga berdasarkan dari hasil pelatihan yang hasil kunstruksi perencanaan tersebut dikonsultasikan kepada pelatih.
  5. Permintaan kelanjutan dari pelatihan tersebut pada waktu yang akan datang.

Dengan demkian dari poin-poin tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas tersebut berhasil dengan baik.

MANAJEMEN USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA

3 thoughts on “MANAJEMEN USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA

  • August 20, 2013 at 3:05 pm
    Permalink

    Hello There. I found your blog using msn. That is an extremely neatly written article. I’ll be sure to bookmark it and come back to read extra of your helpful information. Thank you for the post. I will certainly return.

  • September 18, 2013 at 9:26 am
    Permalink

    Terima kasih karena telah berbagi informasi yang bermanfaat ini. Salam kenal.

Comments are closed.