SMP

Selalu menarik, bersengaja mencari makna dari suatu kejadian yang kita temui. Tak terkecuali saya, banyak menemukan makna dari peristiwa ketika saya  bersepeda. Walau saya telah menulis beberapa cerita bernuansa bersepeda, namun daya tarik makna yang ada di dalamnya tidak pernah surut.  Bersepeda telah memberi beberapa pelajaran bermakna kepada saya di perjalanannya. Seperti yang Continue reading “SMP”

Nilai atau Mengerti?

Papan pengingat di ruang kerja saya, betul-betul menolong saya untuk memberitahu kalau ada aktivitas yang harus saya ikuti. Menulis untuk mengingat aktivitas telah membuat manajemen  waktu sangat terbantu. Walau sudah menggunakan perangkat teknologi informasi untuk mengelola kegiatan, papan pengingat ”konvensional” masih saya gunakan sebagai back up. Saya tidak memandang ini Continue reading “Nilai atau Mengerti?”

Apa Istimewanya Marah?

Menjelang UAN tahun ini, saya beberapa kali diundang sekolah mulai dari SD sampai SMA, untuk memberikan motivasi pada murid-murid dalam menghadapi UAN. Agar mereka lebih percaya diri dan optimis, serta memiliki keyakinan bahwa hasil yang diperoleh dengan jalan kejujuran adalah yang paling baik. Saya tidak tahu mengapa tahun ini semakin banyak sekolah yang meminta pada saya dan tim Continue reading “Apa Istimewanya Marah?”

Lupakan “Jamu Pintar”

Saya ingin mengajak pembaca untuk membayangkan suatu keadaan seperti ini. Bayangkan ada toko yang menjual jamu untuk pintar. Lalu terpampang di ruang toko itu daftar menu jamu pintar dengan harga sebagai berikut. Jamu nilai UAN rata-rata 7 seharga Rp 100.000,- satu botol. Untuk nila rata-rata 8 seharga Rp 150.000,- satu botol sampai berturut-turut nilai rata-rata 9 dan 10 dengan Continue reading “Lupakan “Jamu Pintar””

Ternyata Mendengar Juga Perlu Kesabaran

”Sebentar Bapak, jangan memotong pembicaraan saya, saya belum selesai. Kalau saya sudah selesai, silahkan Bapak mengomentari pendapat saya”. Komentar ini sempat saya dengar dengan memerhatikan ekspresi orang yang mengatakan ketika saya ikut dalam suatu rapat. Kalimat tersebut disampaikan dengan nada tinggi, pertanda kalau yang bersangkutan tidak terima ketika enak-enaknya menyampaikan pendapat dipotong begitu saja. Tidak mau kalah, lawan bicara membalas dengan lebih seru lagi:”Ya, tapi Continue reading “Ternyata Mendengar Juga Perlu Kesabaran”

Inspirasi Bob dan Saya Tak Bisa Menatap Matamu

Judul tulisan ini memang terkesan agak panjang. Terus terang saja, ada beberapa pilihan sebelum saya memutuskan judul mana yang akan saya gunakan sebagai penanda tulisan ini. ”Inspirasi Bob” dan ”Saya Tak Bisa Menatap Matamu”, sama-sama memiliki kesan yang kuat untuk menandai pesan yang ingin saya sampaikan dalam tulisan ini. Dalam kebingungan, terbersit pemikiran mengapa tidak menggunakan cara yang simpel yaitu Continue reading “Inspirasi Bob dan Saya Tak Bisa Menatap Matamu”

Ada Apa dengan James Bond 007?

Sudah sepekan ini salah satu TV swasta nasional menayangkan ulang film-film seri James Bond 007 . Film yang diangkat dari karakter fiksi ciptaan penulis Inggris bernama Ian Fleming tersebut dianggap sebagai film tersukses dan terlaris di dunia. Sejak dirilis, mulai tahun 1962 dengan judul film Dr. No yang dibintangi  oleh Sean Connery,  sampai Quantum of Solace yang dibintangi oleh Pierce Brosnan, film-film James Bond selalu mendapat perhatian penikmat film di dunia.  Di antara banyak hal menarik, salah satu yang Continue reading “Ada Apa dengan James Bond 007?”

Guru Kok Ditakuti

”Apa yang kita duga, belum tentu tepat dan apa yang kita inginkan belum tentu sesuai”. Ungkapan ini cocok untuk yang saya alami dengan murid-murid SMP  ketika saya memberi presentasi pada mereka. Beberapa hari sebelum presentasi, seorang teman menelpon dan bertanya apa ada waktu untuk memberikan presentasi ke murid-murid SMP tahun awal. Kebetulan saya ada waktu, dan tidak ada kegiatan yang bertepatan dengan Continue reading “Guru Kok Ditakuti”

Sisi Baik yang Tersembunyi

Dua hari tanggal 23 dan 24 Februari 2012 angin di lingkungan perumahan saya, atau daerah lainnya, sedang kencang-kencangnya. Maklum sehari menjelang dan setelah  tahun baru Cina, angin memang sangat deras tidak seperti biasanya. Tulisan ini tidak membahas tahun baru ini dan mengapa angin begitu santernya, yang menarik bagi saya adalah dua kejadian berbeda terkait dengan kencangnya angin ini. Satu hal yang menjadi perhatian saya, Continue reading “Sisi Baik yang Tersembunyi”

Sudah Tahu ”Wedus” disumpahi ”Babi”

Sebagai pemuda dari keluarga terkaya di desanya, pemuda yang satu ini memang kelihatan perlente. Penampilannya selalu rapi dengan pakaian merk berkelas. Sayang, keadaan ini membuat dia agak angkuh dalam behubungan dengan orang-orang di lingkungan sekitar. Untung saja tetangga dan teman-temannya tidak terlalu memedulikan sikapnya. Di desanya, pemuda ini termasuk dari kalangan keluarga petani kaya. Tak Continue reading “Sudah Tahu ”Wedus” disumpahi ”Babi””