CIPTAKAN KEGEMBIRAAN

Setiap kita pasti akan menemukan suasana hati yang silih berganti, kadang sukaria kadang pula sedih. Dan  tanpa kita sadari apapun yang terjadi dalam suasana hati kita akan terpancar lewat ekspresi dan gesture tubuh kita.  Ketika rasa sedih melanda suasana hati, yang pasti tampak seluruh tubuh kita segera menunjukkan ekspresinya seolah memancarkan apa yang sedang kita rasakan. Dada mengempis, mata tertunduk sayu, tak ada senyum tersungging dibibir,  jidat mengkerut dan wajah pun menjadi tak berbinar. Sebaliknya bila kita sedang dalam suasana sukaria, maka tubuh ini juga akan mengekspresikan suasana hati kita. Dada membusung, tatapan mata tampak cerah dan berbinar-binar, wajahpun tampak berseri-seri bak mentari di pagi hari.

Pertanyaannya,  bagaimana bila kita sedang dilanda rasa sedih dan ingin menghilangkan kesedihan itu?

Tentunya tidak semua kita menginginkan orang lain bisa mengetahui dan membaca suasana hati kita, tetapi di sisi lain tidaklah mudah untuk menghilangkan kesedihan itu dan butuh waktu. Bila sedang sendiri, kita bisa memoles dinding hati kita terlebih awal dari ekspresi tubuh ini, tarik nafas dalam sambil pejamkan mata dan bayangkan anda sedang melihat orang yang sedang tertawa, busungkan dada, tegakkan dagu, sungging bibir untuk senyum, dan pertajam sorot mata anda.   Ini akan membawa suasana positif ketika kita berada dilingkungan yang berbeda, dimana kita akan melakukan aktivitas yang menuntut bertemu orang lain, entah itu teman, kolega, pimpinan, bawahan, anak didik, atau siapapun sesuai dengan aktivitas yang kita lakukan.  Selanjutnya temui teman yang paling konyol dan kocak, bercandalah dan angkat topic pembicaraan yang ringan dan mengundang tawa.
Dari  beberapa pengalaman, cara ini cukup efektif ketimbang dengan bersikap keras dan serius kita berusaha mengurai kesedihan itu dan mencoba menghilangkannya.

Di India , konon  ada kelompok-kelompok orang yang suka tertawa tanpa sebab. Mereka berkumpul di suatu lapangan dan mulai tertawa. Diawali dengan tertawa yang terpaksa, sampai mereka bisa benar-benar tertawa lepas. Itu mereka lakukan untuk menghilangkan segala beban yang mereka rasakan. Di Indonesia pun belakangan ini juga mulai tumbuh kelompok semacam itu untuk terapi penyakit tertentu, stroke misalnya dan menghindari/mengatasi stress. Dikatakan bahwa tertawa itu ibarat penyakit menular,  bila kita tertawa maka gelombang tawa ini bila ketemu dengan seseorang yang membuka pikirannya untuk tertawa akan saling memperkuat dan akhirnya tanpa disadari akan membawa kita pada suasana kegembiraan dan itu akan mengaliri seluruh pembuluh darah.

Simpulannya, kegembiraan ternyata bisa kita ciptakan dan semua itu sangat tergantung pada kemauan kita. Apakah kita ingin mereguk suasana gembira atau tetap tenggelam dalam gelas kesedihan itu.

Selamat bergembiraaaaaaa……………….                                                       

2 thoughts on “CIPTAKAN KEGEMBIRAAN”

  1. aku melok wae ma nek bergembira krn dengan senyum dan tawa beban biasanya akn hilang dan smg kita slalu bergembira dalam kondisi apapun…

Comments are closed.