jadi? Android itu sama dengan Linux?

Sebelum dijawab ya atau tidak, mari kita pelajari dulu pondasi arsitekturnya.

Linux

Linux is a Unix-like computer operating system assembled under the model of free and open source software development and distribution. The defining component of Linux is the Linux kernel, an operating system kernel first released 5 October 1991 by Linus Torvalds.

Sistem Operasi Linux yang mungkin sudah banyak kita kenal seperti: Fedora, Ubuntu, Debian, RedHat, OpenSuse dsb. disebut sebagai sebuah Linux Distribution atau banyak yang menyebutnya “Distro“. Distro tersebut, yang jumlahnya bisa mencapai ratusan, memiliki/berbagi satu platform yang sama, yaitu Linux Kernel. Kernel adalah “otak” dari sebuah sistem operasi, penghubung antara hardware dan software.

Kernel Layout
Kernel Layout

Bagi yang masih awam, pasti pernah bingung, loh kenapa kok beda, tampilannya, programnya, dan bahkan command/perintah eksekusi/operasinya pun ada yang berbeda? Ya memang, karena walaupun distro tersebut memiliki satu pondasi yang sama (Linux Kernel) tapi para Distribution Developer, karena Linux bersifat Open Source, mereka telah memodifikasi/menambah paket-paket tertentu sesuai dengan keinginan/kebutuhan mereka masing-masing sehingga menjadi Linux seperti yang kita kenal, yang bisa kita temui di Lab. Komputer, di Ruang Kelas K dan L, Perpustakaan, Gedung J, dan di beberapa tempat lainnya di Kampus ini.

Perkembangan Distro disesuaikan/seiring dengan perkembangan Kernel Linux. Jadi jangan rancu untuk membedakan antara Linux Distribution dengan Linux Kernel.

Android

Android is a Linux-based operating system designed primarily for touchscreen mobile devices such as smartphones and tablet computers. Initially developed by Android, Inc., which Google backed financially and later bought in 2005

Siapa sih yang sekarang ini nggak kenal Android? dengan ratusan juta perangkat yang telah terjual, menjadi salah satu penguasa pasar smartphone di dunia mengalahkan iPhone, Blackberry dan Windows Phone.

the year of android 2012
The Year of Android 2012

Android yang dikembangkan oleh Google juga merupakan sebuah produk Open Source, dan berjalan diatas Kernel Linux, yang telah dimodifikasi. Mulai dari Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich sampai yang versi terbaru telah menggunakan Linux Kernel version 3.x, sedangkan Android versi sebelumnya menggunakan Linux Kernel versi 2.6. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Kernel adalah otak dari sebuah sistem operasi, maka bisa kita lihat lebih jelasnya pada gambar arsitektur Android di bawah ini.

Android System Architecture
Android System Architecture

Tapi kenapa tampilannya tidak seperti Linux? ya memang, karena yang sama hanyalah dari sisi Kernel nya saja, sedangkat paket paket aplikasi dan sistem manajemen file dsb. disesuaikan dengan kebutuhan sebuah perangkat smartphone. Dan itu juga yang menjadi alasan kenapa aplikasi Android tidak bisa dijalankan di Linux (kecuali menggunakan virtual machine) dan juga demikian sebaliknya.

Android’s linux kernel has further architecture changes by Google outside the typical Linux kernel development cycle. Android does not have a native X Window System by default nor does it support the full set of standard GNU libraries, and this makes it difficult to port existing Linux applications or libraries to Android

Akan tetapi dengan kemajuan teknologi dan didukung oleh jutaan developer, keinginan banyak orang (pengguna) untuk dapat menikmati aplikasi yang sama bisa dijalankan di dua platform yang berbeda ini bisa jadi akan terwujud. Tinggal waktu yang menentukan.

Jadi, untuk pertanyaan apakah Android itu Linux? jawabnya adalah YA *dari sisi kernel

Linux Android

referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Android_%28operating_system%29
http://en.wikipedia.org/wiki/Linux
http://en.wikipedia.org/wiki/Linux_distribution
http://en.wikipedia.org/wiki/Linux_kernel
http://en.wikipedia.org/wiki/Kernel_%28computing%29
http://www.androidcentral.com/ask-ac-android-linux
http://www.business2community.com/
http://www.zdnet.com/blog/open-source/android-and-linux-re-merge-into-one-operating-system/10625
http://linuxgizmos.com/is-android-the-new-embedded-linux/
http://linuxonandroid.org/
http://www.androidguys.com
http://blog.stie-mce.ac.id/eddys/2012/01/24/open-source-faham-dan-mitos/

 

Android, Linux dalam genggaman
Tagged on:                                                 

3 thoughts on “Android, Linux dalam genggaman

Comments are closed.