LINGKUNGAN EKSTERNAL PERUSAHAAN : MIKRO (1)

Organisasi merupakan kumpulan orang-orang yang tidak dapat dilepaskan dari lingkungan, karena pada dasarnya organisasi juga merupakan bagian dari lingkungan dan masyarakat. Dalam melakukan aktivitasnya, setiap organisasi harus memperhatikan lingkungan yang ada di sekitarnya. Dimana lingkungan tersebut juga bisa mempengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kegiatan organisasi.


Lingkungan eksternal adalah lingkungan di luar perusahaan yang terkait dengan kegiatan organisasi. Lingkungan eksternal terdiri dari lingkungan mikro dan lingkungan makro. Lingkungan mikro adalah lingkungan yang  terkait langsung dengan kegiatan operasional organisasi yang meliputi :
1. Pesaing (competitor)
Pesaing adalah organisasi lain sejenis yang memperebutkan sumber daya (terutama uang konsumen). Contoh: Reebok, Nike, Adidas adalah kompetitor. Mc Donald’s bersaing dengan Wendy’s, KFC, Texas di dalam industri makanan cepat saji. Honda bersaing dengan Yamaha, Suzuki, Kawasaki dalam hal transportasi kendaraan roda dua.
2. Pelanggan (customer)
Pelanggan adalah siapapun yang membayar uang untuk memperoleh barang / jasa perusahaan. Pelanggan bisa berupa individu ataupun organisasi. Perusahaan menghadapi perbedaan penting antar pelanggan saat memasuki bisnis global. Mc Donald’s menyajikan bir di restorannya di Jerman, dan anggur di Perancis. Masyarakat tidak menganggap itu sesuatu yang aneh karena minuman tersebut dianggap wajar dalam suatu santapan. Tetapi saat Mc Donald’s memasuki pasar India dimana daging sapi bukan suatu menu yang populer. Maka Mc Donald’s tidak menggunakan daging sapi dalam burgernya, tetapi diganti dengan daging domba.
3. Pemasok (supplier)
Pemasok merupakan organisasi yang menyediakan sumber daya bagi organisasi lain. Contoh: perusahaan sepatu bergantung dengan pemasok kulit, pemasok lem, pemasok benang, dll. Mc Donald’s membeli produk minuman dari Coca Cola, saus tomat yang dikemas khusus dari Heinz, bumbu-bumbu dari grosir makanan, serta serbet, kantung dan pembungkus dari perusahaan pembuat pembungkus.
4. Pembuat aturan (regulators)
Pembuat aturan adalah pihak yang mengendalikan, mengatur dan mempengaruhi kebijakan dan praktek sebuah organisasi secara fair dan aman bagi semua pihak. Regulator bisa berasal dari pemerintah, atau dari lembaga/institusi. Misal: OPEC mengatur tentang aturan yang perlu dijalankan dalam perdagangan minyak dunia.
5. Partner strategis (strategic partner)
Partner strategis adalah dua organisasi atau lebih yang menjalankan bisnis yang berbeda, tetapi saling bekerja sama dalam suatu joint venture/ kemitraan dengan saling menguntungkan. Contoh: penjual baso berpartner dengan penjual teh botol, Mc Donalds berpartner dengan Disney (Mc Donalds menjual makanan dengan memberikan hadiah mainan anak-anak dari Disney).

…. to be continued…

Rina Irawati
STIE Malangkucecwara Malang

1 thought on “LINGKUNGAN EKSTERNAL PERUSAHAAN : MIKRO (1)”

  1. Terima kasih untuk tulisannya, sangat membantu…
    Untuk memajukan perusahaan tentunya kita harus berhubungan baik dengan lingkungan eksternal perusahaan baik makro ataupun mikro :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *