PENTINGNYA REKENING BERSAMA DALAM JUAL BELI ONLINE

Beberapa bulan yang lalu saya mengalami peristiwa tidak menyenangkan dalam jual beli online di suatu olshop baru. Selama ini saya bertransaksi online, baru kali ini “keblowok”. Biasanya lancar-lancar saja dan aman jaya. Ceritanya saya ingin membeli tas merah yang keren di suatu olshop berdomisili di Batam. Tahunya dari akun Facebook dimana penjualnya baru saja add saya sebagai teman.

Pada awalnya perkenalan terjadi dengan sangat menyenangkan, komunikasi juga lancar. Sampai dengan saya pesan barang dan mengirim sejumlah uang ke rekening dia. Dijanjikan paling lambat 5 hari barang sampai, eeehhh hampir 2 minggu barang belum juga datang. Kemudian berhamburan lah berbagai alasan si penjual. Alasan struk JNE gak valid lah, mondar mandir ngurusin paket banyak pelanggan di JNE lah, dan macam-macam. Kita semua disuruh sabar karena dia janji bukan tukang tipu sana sini.

Hampir 3 minggu berlalu, masih juga belum jelas keberadaan pesanan tas saya. Kemudian kami sesama pembeli saling melakukan japri untuk minta testimoni satu sama lain. Waaahh baru ketauan kalo “korban”nya banyak. Semua bervariasi jumlah uangnya, sekitar 200-800 ribu. Kalo ada 10 pembeli saja, sudah berapa si penjual “meraup” keuntungan. Sial bener daaahhh.. Baru kali ini saya tertipu dengan jual beli online. Setelah berkali-kali mencoba menghubungi penjual, akhirnya saya minta uang saya direfund (dikembalikan utuh). Si penjual meminta saya menunggu sampai akhir bulan karena dia sudah kehabisan modal merefund dana ke pembeli yang lain.

Sabar sudah.. Sebulan belum ada kabar.. Eehhh, tak taunya lama-lama si penjual seakan-akan hilang dari peredaran. Dijapri tidak membalas.. Diancam tidak mempan. Terakhir, setelah saya koar-koar di Facebook dan beberapa grup dimana olshop itu bergabung, akhirnya akun saya di-unfriend sama dia. Sebeeelll.. Penipu bangeet.. Barulah saya sadar, betapa pentingnya kita menggunakan jasa rekening bersama dalam jual beli online. Karena pembeli akan terhindar dari penipuan semacam ini. Diambil dari berbagai sumber, inilah sedikit ulasan mengenai rekening bersama.

Apa itu rekening bersama?
Rekening bersama merupakan salah satu bagian penting dalam transaksi online yang semakin banyak digunakan saat ini. Dengan rekening bersama, pembeli dan penjual merasa aman dalam bertransaksi. Penggunaan rekening bersama sebaiknya disesuaikan dengan kondisi transaksi karena tidak semua transaki dapat menggunakan jasa ini. Untuk pembelian barang  yang murah dan penjual terlihat dipercaya, penggunaan rekening bersama ini dapat diabaikan.

Kapan menggunakan jasa rekening bersama ?
1. Lokasi penjual jauh atau tidak memungkinkan COD (cash on delivery).
Transaksi sebenarnya dapat dilakukan dengan cara pembeli transfer ke penjual langsung dan penjual mengirimkan barang. Namun, transaksi dengan transfer langsung tentunya akan sangat riskan terhadap tindak penipuan, maka dapat dilakukan pembayaran dengan menggunakan Rekening Bersama (RekBer) sehingga ketika barang tidak sesuai dengan penjelasan penjual, maka barang dapat dikembalikan dan uang pembayaran tidah hangus serta tindak penipuan dapat dihindari.
2. Harga barang yang tinggi
Harga barang yang tinggi juga sepatutnya wajib menggunakan jasa rekening bersama. Jika harga barang murah masih tidak begitu terasa jika terjadi penipuan. Namun bagaimana jika transaksi bernilai jutaan, akan sangat disayangkan sekali jika uang berjuta-juta tersebut dengan mudahnya berpindah ke pihak yang tidak bertanggung jawab.
3. Reputasi penjual yang masih minim
Jika hendak membeli dari penjual yang masih minim reputasi dan testimoni, maka rekening bersama dapat menjadi solusi keamanan transaksi. Penjual yang masih minim reputasi tentunya agak sulit untuk dicari detailnya, biasanya penjual-penjual yang baru menggeluti usaha jual-beli online yang masih minim reputasi. Bukan bermaksud untuk curiga terhadap penjual, namun para pelaku penipuan banyak bersembunyi sebagai penjual baru ini. Penjual yang masih minim reputasi seharusnya akan sangat senang dan terbuka jika pembeli ingin menggunakan RekBer karena dengan penggunaan jasa rekening bersama tentunya kemungkinan reputasinya akan meningkat dan dipandang sebagai penjual yang dapat direkomendasikan.
4. Kondisi Barang yang rentan
Barang yang mudah atau rentan terhadap kerusakan seperti barang elektronik sangat beresiko untuk dibeli. Hal ini sangat berguna ketika terjadi hal yang tidak diinginkan saat transaksi, terutama saat pengiriman. Meskipun terdapat asuransi, namun jika penjual tidak mau mebantu prosesnya, sebagai pembeli berhak memberitahu penyedia RekBer untuk menunda transaksi hingga didapat solusi yang menguntungkan semua pihak.
5. Kurang yakin dengan kondisi barang
Jika hendak membeli barang dari penjual, namun kurang yakin dengan kondisi yang disampaikan penjual, tentu pembeli akan menjadi bimbang. Penggunaan rekening bersama dalam kondisi ini dapat menghilangkan rasa kebimbangan pembeli. Jika memang kondisi barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi dari penjual, maka pembeli dapat langsung komplain ke penjual sehingga barang dapat dikembalikan ke penjual dan pembeli mendapatkan kembali uangnya.
6. Rekening penjual berbeda Bank
Rekening Bersama sangat beperan ketika rekening penjual dan pembeli berbeda Bank. Pembeli cukup menyetorkan uang ke rekening Bank penyedia RekBer yang sama Banknya. Pembeli tidak akan dikenai biaya administrasi lintas Bank, bahkan pihak RekBer juga biasanya tidak memungut biaya lintas Bank untuk Bank-Bank yang sudah terkemuka.
7. Keamanan dan kerahasiaan data diri
Penggunaan jasa rekening bersama dapat menjaga kerahasiaan data diri terutama mengenai rekening Bank yang digunakan, karena yang mengetahui hanya pihak rekber saja. Hal ini memang tidak terlalu terasa bagi pembeli, namun untuk penjual, kerahasiaan data diri sangat penting agar tidak disalah gunakan oleh pihak yang ingin menjatuhkan.
8. Menaikkan reputasi
Penggunaan rekening bersama dapat menaikkan reputasi penjual. Penjual yang menyediakan berbagai macam cara transaksi termasuk melalui rekening bersama akan dianggap pelanggan sebagai penjual yang dapat dipercaya. Pembelipun menjadi yakin untuk membeli barang dari penjual, bahkan merekomendasikan penjual tersebut ke pelanggan lain. Konfirmasi dari pihak RekBer yang biasanya di posting pada lapak penjual juga membuat reputasi penjual akan semakin terlihat oleh calon pembeli lain.

Dari penjelasan di atas, jelas sudah memang saya yang kurang berhati-hati dalam melakukan transaksi online. Karena selama ini terlena dengan kemulusan dan kesuksesan belanja online. Penggunaan Rekening Bersama sangat fleksibel dan memang ditujukan utamanya untuk menjaga keamanan transaksi. Sangat sulit ditemukan celah untuk melakukan tindak penipuan jika transaksi dilakukan dengan menggunakan jasa rekening bersama. Namun demikian, kewaspadaan hendaknya tetap dilakukan baik dari segi pembeli, penjual, maupun pihak Rekening Bersama itu sendiri, kesalahan dan kelengahan kecil dapat membuat aksi Cyber Crime dilakukan.

Semoga bermanfaat.

Rina Irawati
STIE Malangkucecwara Malang

1 thought on “PENTINGNYA REKENING BERSAMA DALAM JUAL BELI ONLINE”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *