MY SUPER SEEDS (The Power of Mother Nature)

Dalam green smoothies yang saya buat, tidak hanya sekedar mengandung raw food berupa buah dan sayur mentah saja.. Agar lebih cespleng dan ciamik hasilnya, di dalam smoothies tersebut biasanya saya taburi beberapa bahan tambahan, antara lain aneka biji-bijian (seeds) yang manfaatnya juga nampol banget.. Bisa diletakkan di layer tengah, sebagai bahan kletak-kletuk mulut sambil mengunyah smoothies. Sehingga bisa menylimurkan pikiran ke hal asyik ketimbang memikirkan rasa smoothies yang kadang seperti neraka rasanya..  Atau bisa juga diletakkan di top layer sebagai pemanis dan finishing touch yang cantik..

Belajar dari sana sini.. tanya ke sana sini.. aktif browsing dan lihat-lihat resep smoothies di komunitas Instagram, membuat saya tahu dan berburu biji-bijian ini.. Sayangnya, di kota Malang tidak semua biji-biji super tersedia di mini market, super market, bahkan hyper market sekalipun.. Masih perlu belanja online di olshop yang menjual diet food and organic food. Kebanyakan di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung sudah tersedia. Apa sajakah jenis-jenis top seeds yang saya miliki?? Check it out..

CHIA SEEDS
Chia seeds atau biji chia adalah biji dari tanaman berbunga mint yang berasal dari Amerika Tengah, khususnya Meksiko dan Guatemala. Suku Aztec menjadikannya sebagai sumber makanan pokok yang dipercaya mampu meningkatkan energi dalam tubuh. Di jaman modern sekarang ini, biji Chia menjadi salah satu superfood terbaik yang sangat kaya akan Asam lemak omega-3, Protein, Alpha Linolenic Acid (ALA), dan serat yang baik bagi diet kita.

Dr. Wayne Coates dari University of Arizona – USA pertama kali meneliti manfaat biji Chia, menyatakan ada 9 alasan mengapa biji Chia baik untuk diet kita, yaitu:
1. Meningkatkan kesehatan jantung
Biji chia terbukti menjaga tekanan darah dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga mampu menurunkan kolesterol buruk (LDL) dan trigliserida. Manfaat tersebut sangat baik bagi jantung kita.
2. Melawan diabetes
Biji chia dapat menstabikan gula darah tubuh dan melawan resistensi insulin yang terkait dengan diabetes. Biji Chia biasa digunakan sebagai pengobatan alami yang potensial untuk melawan diabetes tipe 2, karena mampu memperlambat pencernaan dalam tubuh. Lapisan biji chia jika terkena cairan juga dapat mencegah lonjakan kadar gula pada tubuh.
3. Kaya serat makanan
1 ons biji chia (28 gr) = 1 gr serat makanan, atau hampir separuh dari asupan harian serat yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Menambahkan biji chia dalam diet adalah cara mudah untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan serat yang baik untuk kesehatan, khususnya pencernaan tubuh
4. Sumber asam lemak omega 3
Biji chia kaya akan asam lemak omega 3. Dalam 1 ons biji chia =  5 gr omega 3, dimana omega 3 sangat penting untuk perkembangan otak, menurunkan kolesterol buruk (LDL) sehingga meningkatkan kesehatan jantung, menjaga tekanan darah, mencegah peradangan, serta mengatasi alergi dan depresi.
5. Baik bagi tulang dan gigi
1 ons biji chia = 177 mg kalsium, yang mampu memenuhi 18% asupan harian kalsium yang direkomendasikan. Sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi dan mencegah osteoporosis
6. Kaya mineral Mangan
Mangan adalah mineral yang tidak terlalu dikenal. Mangan sangat baik untuk membantu tubuh menggunakan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin C, vitamin B1, biotin, dan kolin. Dalam 1 ons chia seeds = 0,6 mg Mangan = mencukupi 30% asupan harian Mangan yang direkomendasikan.
7. Sumber mineral Fosfor
Di dalam 1 ons chia seeds = 265 mg = 27% dari asupan harian fosfor yang direkomendasikan. Fosfor dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan tulang dan gigi, metabolisme tubuh, sintesis protein dan perbaikan jaringan sel yang rusak.
8. Kandungan protein yang cukup
Biji chia juga merupakan sumber protein bagi vegetarian yang baik dan bebas kolesterol buruk. Di dalam 1 ons chia seeds = 4,4 gr protein = mencukupi hampir 10%  asupan protein harian kita.
9. Mengandung Triptofan
Triptofan adalah salah satu dari 9 jenis asam amino esensial yang dikenal sebagai nutrisi penting yang harus dipasok dalam diet kita. Triptofan berguna membantu nafsu makan, tidur dan juga mood dalam diri kita.
(dikutip dari www.dunia.fitness.com)

Betapa manfaat chia seeds sangatlah luar biasa.. Glutten free, kaya omega 3, tinggi anti oksidan, mempunyai kadar kalsium 5x lebih tinggi dari susu, mengandung zat besi 3x lebih tinggi dari bayam, menyeimbangkan kadar gula, baik untuk kesetan kulit, rambut  dan kuku. Cara mengolah chia seeds mudah saja.. Jika dimasukkan ke dalam smoothies, bisa langsung ditaburkan begitu saja di middle layer atau di top layer.. Atau dibuat menjadi chia pudding (istilah lain ‘overnite chia’). Yaitu merendam biji chia semalaman ke dalam jus jeruk, atau almond milk. Jika terkena air, biji chia berubah menjadi swollen dan seperti biji selasih.. Tetapi chia seeds tidak sama dengan biji selasih.

FLAX SEEDS
Flax seeds dikenal juga sebagai biji rami. Biji rami mengandung asam lemak omega 3 yang merupakan persyaratan langsung tubuh. Tubuh kita tidak dapat memproduksi omega 3 asam lemak dan karenanya kita harus mengambil suplemen cukup untuk memberikan tingkat yang diinginkan untuk tubuh.

Adapun manfaat flax seeds antara lain:
1. Melawan kanker dan infeksi lainnya
Biji rami adalah gudang Lignan, yang dibutuhkan untuk melawan kanker. Selain kanker, lignan juga mencegah infeksi bakteri dan virus tertentu.
2. Menjaga kesehatan jantung
Dengan menurunkan kolesterol dan trigliserida, menjamin kelancaran arus darah dalam tubuh kita. Hal ini mempertahankan tekanan darah yang merupakan salah satu sumber penyakit jantung koroner.
3. Melawan gout dan perut bermasalah
Dapat mencegah asam urat, mengurangi peradangan dan pembengkakan yang menyebabkan nyeri sendi mendadak dan berat pada gout.

Flax seed mengandung kadar serat yang tinggi dan menekan kadar kolesterol. Flax seed dapat digiling terlebih dahulu sebelum dicampur ke dalam jus. Jika dimasukkan ke dalam smoothie, biasanya saya letakkan di middle layer atau di top layer.

MACA ROOT POWDER
Yaitu sejenis ginseng dari Peru, baik untuk mengurangi stres, memperlambat proses penuaan, meningkatkan fungsi otak, mengurangi gejala PMS, meningkatkan stamina, meningkatkan dorongan seksual pada wanita dan pria. Cara mengkonsumsi maca root, selain ditambahkan ke dalam jus, juga bisa mencampurkan ¼ – ½ sendok teh maca powder dengan kopi atau teh.

Ketiga biji-bijian di atas dikategorikan sebagai The Big Three Super Food karena manfaatnya yang luar biasa. Sedangkan tambahan biji-biji lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah sebagai berikut..

PUMPKIN SEEDS
Merupakan multi supplement alami karena mengandung nutrisi yang bervariasi. Pumpkin seeds dipenuhi dengan Zat besi, Zinc, Kalsium dan Magnesium yang merupakan 4 macam mineral penting bagi tubuh kita. Zat besi penting untuk pembentukan sel darah. Zinc diperlukan untuk pembentukan protein. Kalsium vital untuk tulang yang kuat, dan Magnesium berguna untuk fungsi saraf dan otot. Bukan hanya itu.. Pumpkin seeds juga merupakan sumber Protein dan Asam Lemak Essential Omega-3.

Makanlah pumpkin seeds tidak lebih dari segenggam tangan anak-anak, dan sebaiknya dimakan mentah. Manfaat lain adalah:
1. Mensupport fungsi dari sistem imunitas tubuh
2. Membantu kesehatan prostat
3. Membantu menurunkan kolesterol.

SUN FLOWER SEEDS
Merupakan sumber terkaya vitamin E, Bq, B5, folate dan berbagai macam mineral penting seperti mangan, potassium, fosfor, zinc, kalsium dan iron. Sunflower seeds juga kaya phytosterols yang berfungsi sebagai penurun  kadar kolesterol buruk (LDL).

Manfaat lain:
1. Membantu menurunkan kolesterol dan mencegah pengerasan pembuluh darah.
2. Mencegah serangan jantung dan pengentalan darah
3. Mencegah kanker karena kandungan vitamin E tinggi
4. Mencegah penuaan dini pada kulit dan menguatkan kuku dan rambut..

 

ubhanallah.. betapa Allah telah menciptakan berbagai macam tumbuhan untuk kebaikan manusia. Masihkah kita meragukannya??
The power of mother nature…

Semoga bermanfaat dan menginspirasi.. Selamat mencoba..

#indonesiamakansayur  #rawfood  #kumisijo  #feedyourcell   #healthylifestyle  #bikinsendirimakananmu  #eatclean

Eat clean campaign.. what you eat is what you are

Rina Irawati
STIE Malangkucecwara Malang

6 thoughts on “MY SUPER SEEDS (The Power of Mother Nature)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *