Kerja Tim yang Hebat di Makan Besar

Rabu 16 Januari 2012 lalu kampus kami kedatangan tamu istimewa dari Jakarta yaitu Chef Ragil untuk melakukan shooting acara Makan Besar yang diselenggarakan oleh Trans 7. Beberapa hari sebelumnya kampus kami sudah mengundang 10 dosen untuk nantinya masak bersama Chef, dan beberapa mahasiswa untuk memeriahkan acara tersebut. Menu hari ini adalah Apple Pie dan minuman Apple Sling.. Acara pengambilan gambar dan proses memasak lumayan lama, sekitar 7 jam.. Padahal hanya tayang selama 30 menit saja.. Having fun, kringetan, seru, panas, puas, kenyang, campur aduk rasanyaa….

1 jam sebelum Chef datang, kru Trans 7 datang untuk menata peralatan dan bahan-bahan memasak hari ini.. Ada 5 meja yang disediakan, 3 meja untuk mengupas apel Malang, 1 meja untuk adonan pie, dan 1 meja lagi untuk meracik minuman. Karena porsi yang dibuat serba jumbo, otomatis peralatan memasak juga jumbo ukurannya. Mulai dari wajan, kompor, oven, sendok kayu pengaduk, sampai gelas minuman juga serba raksasa.. Bahan baku yang disediakan juga luar biasa banyaknya.. Wah, bisa jadi berapa porsi yaa??

Akhirnya Chef Ragil datang juga.. Setelah dibriefing, kemudian acara pengambilan gambar dimulai. Chef dibantu oleh 2 orang, yaitu Asisten Chef (dipanggil Ass Chef) yang tugasnya bantuin masak, dan Chef Blangkon yang tugasnya membantu peserta dan melengkapi peralatan masak yang digunakan. Tahap satu, mengupas apel 3 baskom besar yang sudah dibersihkan. Sambil menunggu proses pengupasan dan pemotongan apel yang luar biasa banyaknya, Chef Ragil mendatangi meja 4 untuk proses pembuatan kulit pai. Sedangkan saya yang kebagian meja meracik minuman, ditugaskan untuk memotong daun mint, serta meracik biji selasih.

Setelah apel semua terpotong, saatnya meracik untuk membuat isi pie.. Apel dituang di wajan jumbo disertai dengan bahan-bahan lain. Wuaahh.. panasnya luar biasa deh.. Mak wosss… Akhirnya para jagoan lelaki membantu untuk mengaduk saus pie.. Saya mundur teratur, soalnya keringat dan bedak udah leleh.. hehehe.. Setelah saus matang, tibalah saatnya mencetak kulit pie.. Kulit pie dibuat 2 ukuran jumbo: lingkaran dan kotak.. Serta membuat 6 loyang ukuran normal. Gunanya untuk perbandingan antara ukuran pie normal dengan ukuran pie makan besar. Kemudian dioven.. Jam 1 siang, kita break ishoma sambil menunggu pie matang.

Sekitar jam 16.30, Ass Chef mengajak kami meracik minuman jumbo yang dibantu oleh beberapa mahasiswa. Gelasnya cuma 1, tapi ukurannya 100 liter.. Besarnya jangan ditanya deh.. Setelah cemplang cemplung bahan minuman dan beberapa kantung besar es batu, akhirnya jadilah minuman Apple Sling ala Makan Besar. Kemudian para mahasiswi meracik minuman tersebut ke dalam gelas-gelas plastik ukuran besar. Pas jam 17.15 sore, Chef Ragil mengajak kami semua berkumpul untuk acara closing dan bagi-bagi makanan.. Semua senang, puas dan kenyang.. Rasa capek dan panas dari pagi tadi terhapus dengan mencicipi hasil kerja keras kita.. Tinggal tunggu tanggal tayangnya seminggu lagi.

Hikmah yang dapat saya ambil dari kegiatan shooting acara ini adalah adanya teamwork dan apresiatif masing-masing personil. Baik dari pihak Trans 7, Chef Ragil dan kami sebagai peserta. Kekompakan tim sangat diperlukan, dimana dalam kerja tim itu kita harus menanggalkan ego dan sok pinter kita. Walaupun menu sebenarnya sangat sederhana, tetapi menjadi luar biasa apabila dikerjakan dengan ikhlas, kompak, saling membaur dan membantu..  Chef Ragil yang sudah piawai dalam hal kuliner dan termasuk public figure tidak sedikitpun menampakkan keselebritisannya.. Sangat low profile, ramah, tidak ada kata-kata pedas atau sindiran sedikitpun kepada para peserta yang kebanyakan wanita dan cerewet.. Pihak Trans 7 juga sangat kooperatif membimbing dan membantu kami, serta apresiatif kepada kami selaku tuan rumah acara Makan Besar kali ini.. Terakhir, para dosen dan mahasiswa saling melepaskan jubah jabatan masing-masing dan membaur satu sama lain dalam menjalankan kegiatan yang sangat menguras energi dan kesabaran ini..

Salut deh dengan acara yang kemarin diadakan.. Kompak, sukses, berhasil, dan sama-sama memberikan kepuasan kepada masing-masing pihak.. Like this deh pokoknyaa.. Kapan ya ada acara seperti ini ada lagi di kampus kita???

Semoga dapat menginspirasi..

Rina Irawati
STIE Malangkucecwara Malang

4 thoughts on “Kerja Tim yang Hebat di Makan Besar”

  1. Sore mba, perkenalkan mba rina, saya Agassi mahasiswa STEI TAZKIA di Bogor. maaf saya langsung to the point mba, setelah membaca artikel tentang makan besar di blog mba, saya tertarik ingin mengndang makan besar juga, apakah mba saya boleh prosedur mengundang makan besar? saya ingin mengundang di restoran yang dikelola teman saya dan saya mba. terimakasih mba.

  2. aduuhh maaf ya baru sekarang balasnya.. lama gak buka blog nih.
    Untuk prosedurnya saya kurang paham. Saya hanya ditugasi untuk mendampingi acara tersebut. Kampus kami memiliki radio komersial. Sepertinya kemaren yang melobi pihak Makan Besar ya radio kami (MFM Malang). Pihak Trans 7 sendiri yang hunting ke kampus-kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *