PEER REVIEWED JOURNAL ARTICLE WRITING WORKSHOP

Tanggal 12-16 November 2012 saya dan 14 orang teman di STIE Malangkucecwara diundang untuk mengikuti workshop yang diadakan oleh Australia Aid (AusAid) tentang menulis artikel di jurnal internasional. Master trainer kami adalah Nevi Danila, PhD (Direktur Pasca Sarjana STIE Malangkucecwara) dan Dr. Suyanto (Universitas Surabaya). Sebelumnya AusAid sudah melatih para master trainer mengikuti pelatihan serupa di Bogor, yang dilatih langsung oleh Wendy Laura Belcher dari Amerika Serikat, seorang pakar menulis khususnya artikel di jurnal internasional. Di Indonesia yang dilatih adalah 15 orang lulusan Doctoral program beasiswa yang diselenggarakan oleh AusAid, dimana semuanya wajib menularkan ilmunya di perguruan tinggi masing-masing.

Sesuai dengan peraturan Dikti yang terbaru, untuk lulusan Doktor Program Pasca Sarjana syaratnya adalah wajib mengirim tesisnya yang telah diubah menjadi artikel ke jurnal internasional. Jadi workshop ini sangat bermanfaat bagi kami, bagaimana menulis dan menyusun artikel sesuai dengan standard jurnal internasional. Sebagian anggota workshop kebanyakan adalah teman-teman yang sedang studi lanjut S3, ada juga yang mau daftar, ada juga yang sudah lulus Doktor, bahkan ada juga yang sedang pikir-pikir untuk kuliah S3 (including me, xoxo…)

Ternyata menulis artikel di jurnal internasional memang gak gampang, tidak seperti kalau kita mengirim ke jurnal nasional. Ada trik-triknya tersendiri, yang untungnya sudah dijelaskan secara gamblang dan terstruktur di bukunya Wendy Laura yang berjudul Writing Your Journal Article in 12 Weeks ( A Guide to Academic Publishing Success). Intinya dalam buku ini Wendy menjelaskan step by step menulis, mulai dari tahap awal – running process – sampai submitting the article. Dan yang bikin stres bagi saya adalah semuanya harus ditulis dalam bahasa Inggris (ya iya lah..). Untuk dosen dengan kemampuan berbahasa Inggris yang standard seperti saya ini ya rada mumet juga. Menyusun penelitian sekelas mahasiswa S3 dengan standar internasional aja sudah susah, apalagi semuanya harus ditranslate in english. Haduduuhhhh…

Berikut ini langkah-langkah yang disarankan oleh Wendy dalam menulis terutama untuk membuat artikel di jurnal internasional.

Pendahuluan  – Membaca buku tersebut untuk mengetahui instruksi yang harus dijalankan.
Minggu 1 – Designing your plan for writing
Bagaimana membangun feeling untuk menulis, mendesain rencana untuk mengirim artikel dalam 12 minggu.

Minggu 2 – Starting your article
Menjelaskan jenis-jenis artikel ilmiah, apa saja yang bisa dipublikasikan, membuat abstraksi yang bagus, dan menyiapkan artikel yang mau dikirim. Abstraksi jurnal internasional yang baik meliputi: why, what, how, evidence and conclusion. Jumlah kata maksimal 200 kata, harus fokus dan terstruktur. Kayaknya simpel, tetapi susah juga bikinnya. Bikin stres deehhh…

Minggu 3 – Advanced your argument
Alasan mengapa artikel kita diterima atau ditolak, bagaimana membuat argumen yang baik, serta mengorganisasi artikel kita sesuai dengan argumen yang dibuat. Sesi ini juga susah dan bikin gemeteran para peserta. Karena argumen ini dibuat dalam bahasa Inggris, dijembrang di depan serta dikomentari oleh peer reviewer.

Minggu 4 – Selecting a journal
Tujuan menulis artikel jurnal ini adalah agar bisa submit ke jurnal internasional. Pada sesi ini kita diajarkan untuk searching jurnal internasional yang bereputasi tinggi, menengah dan rendah. Usahakan jurnal yang kita tuju harus related dengan artikel dan bidang ilmu kita. Jangan sampai salah masuk jurnal. Dan yang penting, jurnal yang kita masuki adalah jurnal yang juga diakui oleh Dikti, biar ada nilai KUM nya.

Minggu 5 – Reviewing the related literature
Dalam menulis artikel, kita wajib membaca literatur dan hasil penelitian terdahulu dengan efektif dan efisien, mengidentifikasi hubungan antara artikel yang ditulis dengan literatur yang terkait, serta menghindari plagiat.

Minggu 6 – Strenghtening your structure
Ternyata struktur penulisan artikel ilmiah juga penting artinya. Dimana struktur itu bagaikan rangka tulisan kita untuk memahami apa yang kita tulis. Dijelaskan dalam bab ini mengenai jenis-jenis struktur penulisan, struktur artikel untuk penelitian sosial dan humanity, memecahkan masalah dalam struktur menulis. Sesi ini menyuruh kita presentasi mengenai struktur penulisan artikel yang telah dibuat.. Sama kayak di atas, bikin grogi abiss..

Minggu 7 – Presenting your evidence
Diajarkan bagaimana mempresentasikan hasil temuan kita serta merevisi tulisan yang berkaitan dengan hasil penelitian.

Minggu 8 – Opening and concluding your article
Pada sesi ini diajarkan mengenai membuat judul artikel yang benar, membuat introduction (bab pendahuluan) yang informatif, serta membuat kesimpulan. Sesi ini juga membuat “babak belur” peserta karena masih ada aja revisi.

Minggu 9 – Giving, getting, and using other’s feedback
Menjelaskan tentang umpan balik, maksudnya adalah mensharing artikel kita dengan rekan atau supervisor untuk memberikan masukan mengenai artikel keseluruhan yang telah kita susun. Hal ini penting artinya karena dengan banyak masukan, kita bisa membuat artikel dengan lebih sempurna lagi.

Minggu 10 – Editing your sentences
Setelah mendapat umpan balik, langkah selanjutnya yaitu mengedit kalimat-kalimat dalam artikel sesuai dengan struktur yang telah diajarkan sebelumnya. Serta aturan-aturan dalam mengedit kalimat di artikel kita.

Minggu 11 – Wrapping up your article
Pada tahap kita mengemas artikel secara lengkap, mulai dari menyelesaikan argumen, mengecek kembali literature review, pendahuluan, hasil temuan, struktur penulisan dan kesimpulan.

Minggu 12 – Sending your article
Taraaa…. akhirnya, mengirim artikel ke jurnal yang sudah kita list sebelumnya. Sesuaikan gaya selingkung artikel dengan ketentuan jurnal tersebut, siapkan hard copy dan soft copy-nya, kirim dan rayakan hasil kerja keras kita.. Piiuuhh..

Penutup – Merespon keputusan dari dewan editor jurnal
Ya sudah, kita tinggal tunggu keputusan dari board of director, apakah artikel kita ditolak, direvisi atau diterima. Untuk jurnal internasional yang sudah memiliki impact factor, biasanya waktu tunggu sekitar 2-4 tahun.. Haa….!! Pasrah aja dehh dan banyak berdoa..

Itulah materi yang kami dapatkan di acara workshop. Menyenangkan, memusingkan, bikin tegang, stres, capek, tapi juga bermanfaat.. Banyak ilmu yang kita dapatkan dari sana. Step selanjutnya setelah workshop ini adalah: membuat penelitian yang sudah diajarkan langkah-langkahnya, mengatur dalam format artikel jurnal, mengirim ke jurnal yang sudah direncanakan.. Semuanya harus selesai dalam waktu 6 bulan mulai dari sekarang.. Semangaaaatt…!! Sure you can do..!

Semoga bermanfaat…

Rina Irawati
STIE Malangkucecwara Malang

7 thoughts on “PEER REVIEWED JOURNAL ARTICLE WRITING WORKSHOP”

  1. Menjadi peserta dari workshop ini pasti merupakan pengalaman yang menyenangkan dan pastinya menambah ilmu, ya bu.

    Dengan mengikuti peer reviewed journal article writing workshop ini lulusan Doktor Program Pasca Sarjana dan peserta workshop lainnya dapat mengetahui kiat-kiat membuat tesis sesuai standar jurnal internasional dengan mudah dan cepat. Cara training cukup efektif menurut saya, karena metodenya adalah melatih beberapa lulusan Doktoral saja, tidak semua. Nantinya lulusan doktoral yang sudah ditraining mengajarkan ilmu yang sudah didapatnya dari workshop ini kepada perguruan tingginya.

    Peraturan terbaru yang diberikan dikti bagi lulusan Doktor Program Pasca Sarjana ini dapat meningkatkan kontribusi dalam dunia ilmu pengetahuan, yang sebelumnya hanya berskala nasional saja sekarang menjadi berskala internasional. Hal ini dapat meningkatkan kemajuan ilmu pengetahuan di dunia dan juga mengangkat nama bangsa indonesia dalam kancah ilmu pengetahuan internasional. Selain itu, penulisan tesis dengan standar internasional bisa menjadi ajang untuk mengasah kemampuan berbahasa inggris bagi para lulusan Doktoral.

  2. WOW… it’s lovely experience ibu. hehe.. mendapatkan ilmu bagaimana menulis dan menyusun artikel sesuai dengan standard jurnal internasional adalah sangat menarik menurut saya. Semoga ibu berhasil deh, saya juga berharap bisa lulus S1 tepat waktu dan hasil yang memuaskan juga.. Dan mudah-mudahan bisa lanjut ke S2 dan S3.. amin..Untuk step berikutnya semangat ya BU!!! cayo 🙂

  3. bagaimana cara mendapatkan buku “Writing Your Journal Article in 12 Weeks ( A Guide to Academic Publishing Success)”?

  4. saya dulu dapetnya ya pas ikut pelatihan.. Disponsori sama Aus Aid. Salah satu fasilitasnya ya dapat buku itu gratis. Tapi reward kita adalah harus mengirim artikel penelitian ke jurnal International. Huaa.. sengsara membawa nikmat. haha

Comments are closed.