MENYANYI DENGAN HATI

“…You gave me wings and made me fly – You touched my hand I could touch the sky – I lost my faith, you gave it back to me – You said no star was out of reach – You stood by me and I stood tall – I had your love I had it all – I’m grateful for each day you gave me – Maybe I don’t know that much, but I know this much is true – I was blessed because I was loved by you….You were my strength when I was weak – You were my voice when I couldn’t speak – You were my eyes when I couldn’t see – You saw the best there was in me – Lifted me up when I couldn’t reach – You gave me faith ’coz you believed – I’m everything I am  because you loved me…”

Malam-malam dengerin lagu Celine Dion ini di headset membuat  mata saya berlinangan air mata.. Duh, menyentuh banget lirik dan suaranya… Maknanya dalam banget, tentang limpahan kasih sayang seseorang yang luar biasa kepada kita terutama di saat kita sedang down dan tidak berdaya.  Jadi inget dengan ibu saya yang sudah meninggal 3 tahun lalu..   Kasih sayangnya yang luar biasa kepada kami bertiga (saya dan 2 adik saya) selama 25 tahun menjadi single parent sampai akhir hayatnya. I missed you mom, really missed you soooo much..  Ih, Celine.. bikin sendu aja..
Banyak diva berskala internasional, antara lain: Celine Dion, Mariah Carey, dan Whitney Houston.. Semua adalah penyanyi angkatan 80-90an, dan masih eksis di tahun 2000an.. Saya tidak mengikuti untuk penyanyi saat ini yang juga merupakan diva internasional.. Khusus Celine Dion, saya sudah ngefans sejak dia masih lajang..  Suaranya yang bening, melengking tinggi lebih dari 3 oktaf, tidak fals babar blash, penyanyi konser jempolan,  andalannya si David Foster, cantik, langsing, family lover.. Sederet deh kelebihan dia yang membuat  saya jadi penggemar beratnya..

Mengutip dari Wikipedia, Celine Dion terlahir dengan nama Celine Marie Claudette Dion lahir di Quebec, Kanada tangal 30 Maret 1968. Ia memulai karirnya di industri rekaman tahun 1981 sebagai penyanyi berbahasa Perancis di bawah bimbingan Rene Angelil yang kemudian menjadi suaminya sampai sekarang (usia keduanya terpaut 26 tahun!). Tahun 1990 Celine merilis album berbahasa Inggris pertamanya.  Sepanjang tahun 1990-2000 Celine meraih kesuksesan di seluruh dunia dengan sejumlah album berbahasa Inggris dan Perancis. Tahun 2007 Sony BMG mengumumkan bahwa Dion telah menjual lebih dari 200 juta keeping album di seluruh dunia. Woooww…

All by my self, That’s the way it is, A new day has come, My heart will go on, Because you loved me..  Itu sekelumit lagu-lagu hitsnya yang sempat merajai tanggalagu-lagu internasional..  Status Celine sebagai salah satu diva terbesar semakin kuat saat ia diminta untuk tampil di acara VH1, Divas Live spesial tahun 1998. Pada tahun yang sama, Celine menerima 2 penghargaan tertinggi dari negara asalnya: “Officer of the Order of Canada for Outstanding Contribution to the World of Contemporary Music” serta “Officer of the National Order of Quebec”. Tahun berikutnya, Celine menerima sebuah bintang di Canada’s Walk of Fame atas kontribusinya dalam dunia hiburan.

Banyak faktor yang menyebabkan Celine Dion dinobatkan menjadi seorang diva pop dunia. Dion sangat dikenal akan teknik dan kemampuan vokalnya. Ia memiliki suara berjenis sopran dengan jangkauan 3 oktaf yang kuat dan panjang. Satu lagi kunci utamanya, Celine menyanyikan semua lagunya betul-betul dengan menggunakan “hati”.. Sehingga selalu menyentuh ke lubuk sanubari terdalam pendengarnya, serta dapat menggetarkan jiwa kita. Selain itu, Dion memiliki karakter suara yang khas. Misalkan ada satu lagi Dion yang baru dan kita belum mengenalnya, hanya dengan mendengar suaranya kita bisa menebak: “Pasti Celine nih yang nyanyi..”. Sebenarnya banyak juga beberapa penyanyi lain yang memiliki suara khas seperti: Michael Bolton, Peter Cetera, Phil Collins.. Untuk di Indonesia menurut saya hanya ada 2 penyanyi yang sangat menghanyutkan, membuat bulu kuduk merinding, dan menggetarkan banget karena mereka menyanyi selain suaranya sudah bagus, juga menyanyi dengan hati.. Mereka adalah: Afgan dan Ruth Sahanaya…

Tahun 2000 saya sempat sedih karena Celine Dion memutuskan untuk mundur dari panggung musik. Dia ingin fokus untuk full mengurusi keluarga. Hal ini dikarenakan suaminya Rene Angelil membutuhkan perhatian lebih karena menderita sakit kanker tenggorokan. Selain itu selama belasan tahun menikah, mereka juga belum dikaruniai keturunan. And it works..! 1 tahun kemudian (2001) lahirlah putra tercinta Rene-Charles.. Lengkap sudah kebahagiaan Celine.. Setelah 3 tahun menghilang, come back-lah Celine di dunia music internasional dengan mengeluarkan album A New Day Has Come.. Selameeett…. gak jadi ngilang..

Dari ulasan yang saya tulis di atas, ada hikmah yang bisa saya petik.. Pertama, kerjakan segala sesuatu dengan hati.. Pasti hasil yang keluar akan indah adanya dan dapat membawa kebaikan bagi lingkungan dan sekitar kita. Kedua, setinggi-tingginya perempuan terbang, jatuhnya pasti ke keluarga juga.. Karir itu penting, tetapi yang lebih penting adalah keberadaan keluarga kecil kita. Ya suami, ya anak.. Dengan hidup balance, insya Allah segala apa yang kita inginkan dapat terpenuhi dan barokah.. Amien… Thanks Celine for the inspiration..

Rina Irawati
STIE Malangkucecwara Malang

7 thoughts on “MENYANYI DENGAN HATI”

  1. Nama : Astia Indraswari
    NPK : 31554

    idem, bu,, saya juga kagum sama celine dion ini. kalo ndengerin dia nyanyi, bisa merinding.. hehehee
    kenal celine dion awalnya dari kakak perempuan saya, waktu itu saya masih SD (kalo gak salah), dan dari situ saya mulai suka dan mulai menyanyikan lagu2nya 🙂 sampai sekarang pun masih saya lakukan, dan masih ada list lagu2nya di playllist music saya,, sekalipun sekarang jarang on air di tv, tapi saya masih bisa melihat kecantikan dan mendengar suara merdunya dari video2nya.. hehee
    satu lagi, bu.. quotes yg ibu kasih di atas, mengena banget? hihihihi :D.. makasi, bu rina..

  2. @erlene dan astia: celine dion gitu looohhh… iya emang, suaranya mak nyooooos tenan, bikin orang merinding aja.. kita sehati yaa…

  3. saya juga fanznya celine dion buk,suaranya melengking mantap.apalagi nyanyinya dari hati,pasti yang dari hati sampek ke hati.my heart will go on paling mantap,memang cocok jd diva.

  4. menyanyi bisa juga ngilangin stress, setuju ya buu? hehe menyanyi juga ekspresi jiwa, secara tidak langsung mewakili ungkapan kata hati kita. banyak orang yang bisa menyanyi, akan tetapi penyanyi sejati yang lebih merasuk sampai kehati itu menurut saya tidak hanya sekedar bisa bernyanyi saja melainkan juga bisa menciptakan sebuah karya yang terlahir dari kehidupannya (kisah nyata).

  5. Celine Dion memang sangat menarik perhatian, bukan cuma cantik tapi suaranya juga bagus.
    dia menyanyikan lagu dengan hati,sungguh membuat saya tersentuh.
    lagunya yang berjudul ‘My Heart Will Go On’ sungguh menyentuh hati…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *