Rina Irawati’s Blog Just another Blog.stie-mce.ac.id weblog
  • SELEKSI (5): TINGKATAN DALAM SELEKSI

    0
    scissors
    July 30th, 2011rinaHuman Resource Management

    Di jaman sekarang ini persaingan di dunia kerja begitu ketatnya. Sehingga setiap individu harus memiliki banyak kelebihan plus agar dapat diterima bekerja di suatu perusahaan, baik itu perusahaan negara ataupun swasta. Banyak juga perusahaan yang menerima karyawan baru dengan status karyawan kontrak, dibandingkan karyawan tetap. Bahkan sudah banyak pula perusahaan yang menggunakan tenaga kerja outsourcing yang biayanya lebih murah daripada mengangkat seorang karyawan tetap. Dari buku Malayu Hasibuan: Manajemen Sumber Daya Manusia (2000), berikut ini beberapa tingkatan dalam seleksi karyawan.

    1. Seleksi tingkat pertama
    Meliputi prosedur seleksi dari surat lamaran sampai keputusan diterima menjadi calon karyawan dengan status masa percobaan. Seleksi tingkat pertama hanya dilakukan secara teoritis saja sehingga kemampuan atau mental pelamar dalam mengerjakan pekerjaan yang akan ditugaskan kepadanya belum diketahui secara pasti. Untuk mengetahui secara pasti kemampuan atau mental pelamar perlu dilakukan seleksi tingkat kedua.

    2. Seleksi tingkat kedua
    Dilakukan seleksi atas calon karyawan yang berstatus masa percobaan. Caranya dengan mengamati dan menilai mental, perilaku, dan kemampuan nyata calon karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan serta kedisiplinan. Seleksi tingkat kedua lamanya ada yang 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Karyawan dengan status percobaan belum menerima semua haknya, seperti gaji masih 80%, belum ada seragam, sewaktu-waktu dapat diberhentikan jika kemampuan tidak sesuai tanpa dilindungi UU perburuhan. Jika dalam seleksi tingkat kedua mereka lulus, seleksi tingkat ketiga segera dilakukan.

    3. Seleksi tingkat ketiga.
    Yaitu seleksi yang dilakukan denagn mengikuti prajabatan atau latihan yang diakhiri dengan ujian-ujian. Jika mereka lulus, maka akan dipromosikan dan diangkat menjadi karyawan tetap serta hak-haknya akan diterima sepenuhnya. Jika mereka akan diberhentikan, harus berdasarkan ketentuan UU perburuhan yang berlaku.

    Rina Irawati
    STIE Malangkucecwara Malang

Leave a reply