Rina Irawati’s Blog Just another Blog.stie-mce.ac.id weblog
  • TIMANG-TIMANG ANAKKU SAYANG…

    2
    scissors
    June 23rd, 2011rinaAttitude

    Lagu di atas adalah lagu Anang dan KD saat melahirkan anak pertama mereka, Aurel atau yang akrab disapa Loli.. Sebagai wujud rasa syukur dan kasih sayang mereka, diciptakanlah lagu ini.. “Timang-timang anakku sayang, jangan menangis bunda di sini..” Begitu juga dengan saya.. Tak terasa ketiga anak saya sudah besar.. Si sulung sudah berumur 8,5 tahun, si tengah 5 tahun, dan si bungsu 3 tahun. Setiap tahap pertumbuhan dan perkembangan mereka alhamdulillah dapat kami saksikan.. Mulai dari belajar menggulingkan tubuh, merangkak, belajar jalan, jalan, sampai dengan berlari.. Semuanya kami abadikan dalam foto atau video keluarga..

    Betul apa kata orang dulu.. Anak merupakan perekat keluarga. Di saat orang tua sedang dalam masalah atau perselisihan, bisa lumer dengan kehadiran anak.. Kita jadi terhibur, merasa bahagia dan akhirnya terjalin kembali kerukunan dan keharmonisan rumah tangga. Apapun tindakan dan kelakuan kita akan selalu dijaga karena ingat akan anak.. Alhamdulillah Allah memberi kami kepercayaan untuk bisa mendidik dan membesarkan 3 orang anak. Semoga kelak mereka dapat menjadi anak yang solih dan solihah, sesuai dengan harapan orang tua..

    Dari buletin susu SGM yang saya baca dengan narasumber seorang psikolog dan ahli edukasi anak Novita Tandry M.Psi, berikut ini tips-tips yang mendukung tumbuh kembang buah hati berdasarkan metode presi stimulasi:

    Usia 1-2 tahun
    Anak senang berlari-lari untuk mengeksplorasi dan mengenali lingkungan sekitarnya. Yang bisa orang tua lakukan adalah: mendampingi dan memberi pengertian anak dalam mengenali lingkungan sekitarnya, serta memastikan lingkungan tersebut aman baginya untuk bereksplorasi.

    Usia 2-3 tahun
    Anak senang menirukan perilaku orang dewasa dan merasa bahwa ia mampu melakukan semuanya sendiri tanpa dibantu orang lain. Orang tua dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk menyelesaikan setiap tugasnya, dampingi dan awasi atau bantu sesekali. Kita juga dapat memberikan pelukan dan pujian kepada anak setiap ia menyelesaikan tugasnya.

    Usia 3-4 tahun
    Anak sudah mampu mengerjakan beberapa tugas sendiri (makan dan minum sendiri) dan tertarik untuk selalu dilibatkan dalam tugas sederhana. Orang tua dapat memberikan kepercayaan kepada anak untuk melakukan tugas sehari-hari mereka sendiri. Ajak dan kenali buah hati untuk ikut serta dalam tugas baru yang sederhana. Jangan lupa untuk selalu memberikan pujian untuk setiap tugas yang berhasil diselesaikan.

    Usia 4-5 tahun
    Pada usia ini anak menjadi sangat aktif dan selalu ingin tahu. Umumnya mereka akan bertanya “mengapa” dan “bagaimana” terkait dengan sesuatu. Orang tua hendaknya mendampingi dan memberikan penjelasan sederhana dan mudah dipahami. Luangkan waktu untuk berdiskusi dengan anak terutama untuk memenuhi rasa ingin tahu mereka.

    Usia 5-6 tahun
    Anak senang bermain dengan teman-temannya, dan rasa percaya diri merekapun sedang berkembang optimal. Orang tua dapat mengajak dan mendukung anak untuk selalu bermain dalam suatu kelompok bermain (Play group atau TK). Percayakan pada mereka untuk dapat mengambil keputusan dan dukung mereka untuk melaksanakannya.

    Semoga bermanfaat

    Rina Irawati
    STIE Malangkucecwara Malang

 

2 responses to “TIMANG-TIMANG ANAKKU SAYANG…” RSS icon


Leave a reply