Bugar dengan Yoga

Baru 3 bulan ini saya mengikuti olahraga baru. Yoga namanya.. Hal ini saya lakukan karena termotivasi untuk bergaya hidup sehat setelah beberapa lama absen ke gym. Seiring dengan usia yang terus bertambah, sepertinya saya tidak lagi cocok melakukan aerobik dan angkat beban.. Akhirnya setelah tanya sana, tanya sini, beralihlah saya ke olahraga yang lebih slow motion tetapi manfaatnya tidak kalah hebatnya. Sebenarnya harapan saya adalah dapat mengurangi berat badan dan menghilangkan perut buncit.. Tetapi seandainya hal tsb belum bisa terpenuhi dalam jangka pendek ini, paling tidak otot-otot tubuh yang sudah kaku menjadi lebih lentur lagi.. Dan ssttt… dengar-dengar sih salah satu manfaat olah raga yoga adalah selain better health, juga better intimate. Hihi.. bener gak sih??

Sekilas tentang yoga
Berdasarkan berbagai sumber yang saya baca, seni meditasi ini berasal dari India sekitar 3000 tahun yang lalu. Asal kata yoga adalah dari bahasa Sansekerta “Yuj” yang berarti penyatuan. Yaitu penyatuan tubuh dengan pikiran serta jiwa untuk mencapai kebahagiaan, keseimbangan hidup, dan mendekatkan diri dengan Tuhan dan alam sekitar. Oleh karena itu dalam prakteknya, saat melakukan yoga alangkah lebih baik jika diiringi dengan musik lembut dan suara-suara alam seperti gemericik air, suara serangga, dll agar kita dapat berkonsentrasi dalam melakukan gerakan-gerakan  yoga.

Jenis-jenis yoga
Yoga memiliki banyak jenis aliran, antara lain :
1.Hatha yoga : merupakan aliran dasar yoga yaitu penyatuan dengan pernafasan dan olah tubuh.
2.Bikram yoga : olahraga yoga yang dilakukan dalam suhu ruang yang panas (sekitar 42’C) sekaligus untuk detoksifikasi.
3.Yantra yoga : metode yoga tradisi Tibet kuno.
4.Pre natal yoga :  yoga untuk ibu hamil
5.Sun yoga : yoga untuk anak-anak.
6.Dan masih banyak lagi..

Gerakan yoga terbaik untuk wanita

Dari hasil searching di internet, berikut ini gerakan-gerakan yoga yang bisa dilakukan khususnya untuk  wanita:
1.Child’s Pose : Peregangan pinggul, paha depan, punggung. Gunanya untuk membuka pinggul dan membantu mengurangi sesak.
2.Downward Facing Dog : Peregangan tulang belakang, paha belakang, glutes, betis, memperkuat deltoids, triceps. Gunanya untuk penguat tubuh bagian atas. Dan sebagai pembalik (artinya pinggul lebih tinggi daripada hati), sehingga meningkatkan sirkulasi.
3.Warrior II : Peregangan pinggul, paha bagian dalam, dada, menguatkan quadriceps, perut, bahu. Gunanya untuk membuat kita bertambah tinggi, ramping, lengan kencang dan kaki lebih tegas.
4.Plank Pose : Menguatkan lengan, punggung, bahu, inti, quadriceps. Gunanya untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas, banyak otot yang bekerja sama seperti otot di  lengan, punggung.
5.Fierce Pose : Peregangan tulang belakang, menguatkan quadriceps, pergelangan kaki,  punggung. Gunanya untuk memperkuat quadriceps, memberikan dukungan kuat di sekitar lutut, membuat lutut tahan terhadap cedera, juga meningkatkan postur tubuh.
6.Tree Pose : Peregangan pinggul, paha bagian dalam, memperkuat kaki, tulang belakang. Gunanya untuk memusatkan pikiran.
7.Garland Pose : Peregangan tubuh belakang bagian bawah, pangkal paha, pinggul, pergelangan kaki. Gunanya untuk meringankan masalah sembelit dan perut seperti kram.
8.Boat Pose : Memperkuat mata, quadriceps. Gunanya untuk meregangkan tanpa perlu melelahkan leher.
9.Bridge Pose : Peregangan badan bagian depan, memperkuat paha belakang. Gunanya untuk membuka dada dan tulang rusuk, memperdalam nafas dan dengan oksigen yang lebih Anda dapat menambah energi tubuh.
10.Half Lord of the Fishes : Peregangan pinggul, bahu, punggung, leher, memperkuat tulang punggung. Gunanya untuk meningkatkan pencernaan dan meningkatkan aliran darah dalam perut.
Untuk aplikasi gerakan-gerakan yoga di atas, dapat dicari di internet.

Manfaat yoga untuk better health
Berdasarkan penelitian, orang yang telah melakukan yoga selama 8 pekan membuat badan lebih bugar karena syaraf-syaraf tubuh yang telah mati bisa diaktifkan kembali. Penelitian juga membuktikan bahwa setelah 8 bulan melakukan latihan yoga, terdapat peningkatan fleksibilitas 35%. Keuntungan yang paling besar adalah fleksibilitas di pundak dan badan.
Adapun manfaat yoga yang lain adalah:
1.Memberikan keluwesan dan fleksibilitas bagi tubuh.
2.Memperbaiki postur tubuh
3.Konsentrasi dan mood yang lebih baik.
4.Mengurangi stres
5.Meningkatkan daya tahan tubuh
6.Menghilangkan rasa sakit, pegal-pegal dan pusing.
7.Menghilangkan gangguan tidur
8.Menambah kekuatan
9.Membahagiakan pasangan (bagi yang sudah berkeluarga).

Manfaat yoga untuk membahagiakan pasangan.
Ini merupakan ulasan manfaat yoga di atas yang nomor terakhir.. Ternyata ada bonus tambahan manfaat setelah mengikuti latihan yoga yang rutin. Selain badan sehat dan bugar (dulu saya adalah raja migrain dan pegal-pegal), juga ada bonus plus yang saya rasakan.. Yang kata guru yoga saya di setiap sesi latihan, yaitu better sex.. Maaf, ini bukan untuk pornografi, tetapi tambahan wawasan bagi kita kaum wanita dalam membina keluarga bahagia lahir dan batin. Karena memang saya merasakan semua  manfaat positif dari olahraga yoga ini.. Bener, it is true..
Dari sumber yang saya baca, manfaat yoga dalam hal ini adalah memberikan sensasi “lebih hidup”. Gerakan segitiga dalam posisi duduk bersila dalam yoga menstimulasi cakra kita. Menurut filosofi timur, kehidupan seks diatur dalam beberapa cakra. Cakra adalah pusat energi yang mengitari tubuh kita. Ketika cakra kita sehat dan bekerja baik, kehidupan seks kita akan sehat dan memuaskan. Tiga cakra paling berpengaruh adalah :
1.The root chakra (pada daerah perineum, yaitu antara tulang kemaluan dan anus)
2.The sacral chakra (bagian tengah perut bagian bawah)
3.The heart chakra (bagian tengah dada)
Gerakan-gerakan yoga membuat darah mengalir lancar menuju area-area tersebut dan membuka prana (semangat hidup) kita. Hal ini akan membuat kita lebih terbuka terhadap “aktivitas” kita dan kita enjadi pribadi yang lebih bahagia..

Semoga ulasan saya kali ini bermanfaat dan saya berharap teman-teman mencobanya.. Semoga mendapatkan hasil dan manfaat yang lebih baik dari yang saya dapatkan..

18 thoughts on “Bugar dengan Yoga”

  1. yoga juga melatih kesabaran.
    bagi orang yang betah dengan olah raga ini… hehehee….

  2. Artikel yoganya sangat menarik bu, sebelumnya saya hanya memahami konsep yoga dari game the sims, hehehe….
    lalu tertarik untuk mencobanya, kebetulan teman satu kosan ada yang memiliki nintendo DS. Lalu saya menginstal yoga dan hasilnya bermain yoga dalam 15 menit bisa mengucurkan keringat banyak padahal masih berupa gerakan simple. Tapi sayang di Indonesia sendiri khususnya kota kecil yoga masih dianggap kegiatan untuk perempuan saja padahal kalau dilihat dan dijalani banyak gerakan yoga yang membutuhkan teknik khusus.

  3. saya punya gejala pada otot besar paha saya,apa dengan senam yoga juga bisa menyembukan otot besar paha saya?
    dan apakah senam yoga juga bisa merawat wajah yang rusak?

  4. @ edo : mau kapan2 saya ajarin yoga??
    @ zaky : yoga bukan untuk mengecilkan anggota tubuh. itu hanya latihan untuk mengoptimalkan otot agar lentur, melatih pernafasan, mencegah beberapa penyakit. kalo wajah rusak, ya rawat ke salon atau dokter kulit donk..

  5. saya juga mengikuti yoga selama 4bulan bu, saya rasa benar ulasan ibu di blog ini karna memang itu kenyataanya selain mengurangi migren dan gangguan pundak bisa berkurang keadaan emosi kita pun juga dapat di kontrol dengan baik jujur sebelum saya yoga saya juga merasakan tidak dapat mengontrol emosi jika ada sedikit saja yang buat saya marah saya akan bad mood seharian namun setelah saya berlatih yoga satu bulan saya merasa bisa mengontrolnya dengan baik jadi tidak sering marah-marah sekarang ini. namun jika memang harus menurunkan badan sebaiknya juga mengurangi pasukan makanan yang berkabohidrat seperti nasi dan bisa di coba juga diet darah. yang saya tahu juga bahwa yoga dapat menyembuhkan penyakit, ada juga murid yoga yang mempunyai penyakit berat saya lupa nama penyakitnya namun berupa benjolan setelah yoga 4-5 bulan seminggu 3kali dengan meminum susu kedelai penyakit itupun berangsur hilang, dan tentu tidak perlu operasi lagi. hehehhe 🙂

  6. @ victor : berat badan bisa turun asal juga diimbangi dengan diet makanan karbohidrat khususnya.. kalo nafsu makan masih kenceng aja, ya gak bakalan turun BBnya (kayak saya.. perut tetap mblendung karena susah nahan godaan kuliner, hehehe..)

  7. koq sm dgn bu rina ya,apa perut mlendung trus pipi dan leher yg klhtn gemuk,tp badan nggak gemuk.
    Apa dgn yoga bs mengatasi semua itu ya..??

  8. untuk menurunkan BB ataupun ngilangin pipi chubby sih kayaknya pengaruh tidak langsung dan jangka panjang.. tapi untuk ngempesin perut, insya Allah bisa. Harus dicombine dengan pilates juga..itu yang banyak olah perutnya.. saya kepingin deh, kapan2 ngajarin kalian di kelas senam yoga dan pilates.. yang ringan dan simpel aja.. gimana, setuju gak??

  9. saya rasa kalo hanya yoga saja belum cukup ya mas.. harus diimbangi dengan asupan makan yang benar dan disesuaikan dengan kondisi pasien berkaitan dengan hipertensi.
    Yoga jika dilakukan secara rutin dan tertib, manfaatnya bisa cepat dirasakan.

  10. dulu di White Boutique. tapi sudah nggak lagi.
    Sekarang lagi aktif senam zumba di Fitness Story jalan bunga coklat. ruko-ruko deket ke jl soehat. Ada yoga dan pilatesnya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *