cewek-beteBeberapa minggu terakhir, ritme kegiatan saya agak meningkat dibandingkan hari-hari sebelumnya. Baik di kantor maupun di luar kantor. Menyelesaikan laporan akhirlah, jadwal mengajar yang padatlah, side job yang nyibukin-lah, antar jemput anak les-lah, de el el, de el el… Duhh.. rasanya semakin kurang deh waktu untuk berleha-leha alias me time..

Rutinitas yang monoton seringkali menimbulkan kejenuhan. Manusiawilah.. tapi kita tidak boleh terlalu larut dalam kejenuhan itu karena kejenuhan yang dibiarkan mengendap dapat merusak kualitas kerja dan mengganggu secara psikologis.
Segera saya membuka-buka referensi yang mengupas tentang solusi dari masalah ini.

Berdasarkan beberapa artikel yang saya baca, berikut pendapat dari para psikolog mengenai cara-cara yang perlu dilakukan untuk mengatasi kejenuhan dan tetap semangat, yaitu :

  1. Perluas cakrawala. Agar terus berkembang maka otak kita perlu ditambahi lagi beberapa hal baru. Oleh karenanya perluaslah pengetahuan dengan terus belajar terhadap hal-hal baru. Bisa lewat kursus, workshop, membaca buku, belajar dari lingkungan sekitar, dll.
  2. Buat tantangan baru. Untuk mengatasi kejenuhan kita bisa mencari tantangan baru di luar pekerjaan rutin, seperti mengikuti yoga atau hal-hal lain yang belum dikuasai. Hal ini bertujuan untuk menstimulasi minat kita.
  3. Membuat perubahan. Bertemu, melihat dan melakukan hal yang sama tiap hari pasti membuat bosan. Untuk menyiasatinya kita bisa membuat perubahan pada hal kecil yang kita jumpai setiap hari, seperti : mengubah letak meja di kantor, merubah wallpaper komputer kantor, merubah style rambut dan gaya busana kita, rute perjalanan dari rumah ke kantor, dll.
  4. Mengubah bahasa tubuh. Bahasa tubuh memiliki efek nyata terhadap suasana hati seseorang. Orang yang mulai merasa bosan biasanya mulai duduk merosot, menekuk wajah dan terlihat muram. Ketika kebosanan melanda, cobalah untuk duduk tegak dan tebarkan senyum.
  5. Ciptakan kenyamanan. Suasana yang cozy mendorong orang untuk selalu senang. Jika kita penggemar musik, dapat mendengarkan musik kesayangan sambil bekerja. Atau bisa merubah ruang kerja menjadi tempat yang lebih nyaman lagi, bercanda dan menciptakan suasana yang ramah bersama rekan kerja.
  6. Ambil libur / cuti. Nah, inilah cara yang paling menyenangkan bagi setiap pegawai. Manfaatkan setiap hari Sabtu, Minggu atau hari libur lainnya untuk benar-benar menikmati liburan. Tak perlu ke tempat pariwisata secara khusus. Kita bisa berlibur dan bersantai bersama keluarga di rumah, nonton tv / dvd, jalan pagi bersama, mengunjungi sanak saudara, atau sekedar jalan-jalan di mall bersama keluarga.

ibu-kerja
Hhmmh.. Semoga cara-cara di atas dapat membuat saya lebih rileks lagi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.. Sehingga selalu ada senyum di wajah saya. Dan semoga yang semula “I hate Monday” menjadi “I love Monday..”
Welcome to the jungle.. Semangaddd….

Bagaimana Menjaga Diri Agar Tetap Semangat?

10 thoughts on “Bagaimana Menjaga Diri Agar Tetap Semangat?

  • December 9, 2010 at 6:15 pm
    Permalink

    Wow…masukan yang berarti sekali bagi saya Bu. ….Mari terus Kita pupuk semangat…..hidup selalu bergairah……..agar lingkungan juga bergairah.

  • December 20, 2010 at 4:08 pm
    Permalink

    Trima kasih Bu, akan saya coba

  • December 20, 2010 at 4:09 pm
    Permalink

    terima kasih Bu, akan saya coba

  • December 21, 2010 at 7:55 am
    Permalink

    masukan y sangat baik sekali buwat saya bu,,,
    apapun yg kita lakukan dengan semanga pastiakan menghasilkan,hasil yang baikoleh karna itu mari kita tambah semangat kita tiap harinya.
    YAKUSA(yakin usaha bisa)

  • December 22, 2010 at 12:28 am
    Permalink

    Itu merupakan cara-cara yang sangat jitu bagi saya…terima kasih bu atas infonya. Tapi saya juga punya cara jitu lagi dalam meningkatkan semangat, yaitu selalu sharing dengan rekan yang dapat dipercaya atau bahkan keluarga, karena bisa saja mereka dapat memberikan motivasi bagi kita dan solusi masalah apabila kita mempunyai problem. Bagaimana cara saya bu?

  • December 22, 2010 at 3:38 pm
    Permalink

    @yogi : not bad-lah.. bissa dicoba.

  • December 29, 2010 at 12:27 am
    Permalink

    Gw Setuju dgn pendapat anda bu***
    tpi kyak nya ada kurang nya deH___

    Tips Agar tubuh dpt semngT . yang paling pnting adalah Tidur secara teratur

    kualitas tidur merupakan sumber kegaran ,tenaga dan vitaListas yang Di Butuhkan untuk MengOptimalkan Produksifitas pada kegiatan sehari2 atau Kegiatan ke esokan hari nya

    kualitas tidur merupakan suatu kebutuhan mutlak bagi mahkluk hipun , apalagy manusia ___

    Kualitas tidur sama pnting nya dengan memakan makanan yang bergizi

    sebelum nya SOrY TELAT Cmnt nya

    hehehee*****___

  • March 5, 2012 at 12:22 pm
    Permalink

    like your posting, ditambah kalo badan sehat dan fit…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *