Pengembangan Diri dalam Karir

Setelah mahasiswa melakukan kuliah selama minimal 4 tahun, diharapkan dapat lulus tepat waktu menjadi sarjana untuk segera memperoleh pekerjaan. Baik di sektor formal maupun sektor informal. Setelah masuk dalam dunia kerja, maka target selanjutnya adalah dapat menjabat di suatu titik level karir tertentu, sesuai dengan bidang dan keahlian yang telah dimiliki. Hal inilah yang disebut dengan Pengembangan Karir (Career Development). Untuk memperoleh pengembangan karir, maka individu tersebut harus melakukan pengembangan diri (Self Development) terlebih dahulu.
Continue reading “Pengembangan Diri dalam Karir”

BEING MOMPRENEUR

Hari gini.. Jaman makin sulit. Segala makin mahal. Semuanya dibayar dengan uang.. Wanita berpenghasilan sudah menjadi kebutuhan untuk saat sekarang ini. Jangan salah.. Tidak harus bekerja full time di kantor. Dimanapun kita bisa berkegiatan yang dapat menghasilkan uang. Sekedar menambah jajan anak-anak atau menambah tabungan masa depan untuk keluarga.


Ketika sudah menjadi seorang ibu, terkadang sulit membagi waktu jika ibu sudah bekerja. Peran kita akan bertambah dan waktu untuk orang lain juga bertambah. Pada umumnya waktu bagi seorang ibu rumah tangga terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu :
1. Waktu untuk keluarga.
Kegiatan rutin yang dilakukan antara lain: menyusui, menyuapi makan, mempersiapkan keperluan sebelum anak berangkat sekolah dan suami kerja, memasak, mencuci, menyetrika, and so on.
2. Waktu untuk lingkungan sekitar.
Ibu pun perlu menyisihkan waktu untuk kegiatan di lingkungan sekitar seperti: arisan, silaturahim dengan tetangga, kerabat, sahabat, kerja bakti, dll.
3. Waktu untuk diri sendiri.
Atau bahasa kerennya “me time”. Seorang ibu perlu merefresh diri sendiri sejenak dan tidak diganggu oleh siapapun, atau mengevaluasi diri (termasuk juga beribadah).
4. Waktu untuk keperluan lain.
Mengantar anak berobat, takziah, jadwal mengikuti kegiatan sosial yang lain, dll.

Mompreneur merupakan gabungan dua kata : mommy (ibu) dan entrepreneur (wiraswasta). Jadi mompreneur adalah istilah bagi ibu rumah tangga  yang memiliki dan mengelola usaha sendiri.  Dengan menjadi mompreneur, ibu bisa menutupi kekurangan dalam perekonomian keluarga. Mereka mempunyai penghasilan sendiri sehingga tidak tergantung dengan suami dalam keinginan membeli barang-barang tertentu. Selain itu bisa membuat diri sendiri menjadi populer, memperluas pergaulan, serta menambah ilmu baru yang sebelumnya tidak tahu.

Di sisi lain, dengan seorang ibu rumah tangga bekerja, perlu pengorbanan ekstra seperti banyak mengeluarkan energi, pikiran, kesabaran, dan pengorbanan waktu. Ibu juga harus membagi perhatian antara mengurus anak dan mengelola bisnis. Serta terkadang menimbulkan perselisihan atau perbedaan pendapat dengan suami atau anggota keluarga lainnya jika tidak mendapat izin melakukan bisnis.

Banyak hal yang mendasari seorang ibu menjadi mompreneur. Pada umumnya, alasan-alasan tersebut dapat dikategorikan sebagai berikut :
1. Pilihan hidup jika ibu tersebut seorang single mom.
2. Usaha sampingan rumah tangga.
3. Mengembangkan hobi
4. Pengisi waktu kosong

Menjadi mompreneur jika ditekuni dan dilakukan secara positif dapat membantu potensi seorang ibu untuk berkembang. Ada dua hal yang dapat menjadi pemicu perkembangan potensi mompreneur yaitu : (1) Adanya tantangan. Munculnya tantangan dalam membangun usaha akan memicu seorang ibu untuk mengatasi tantangan tsb. Sehingga dapat membuka potensi-potensi baru yang selama ini terpendam; dan (2) Kebutuhan manusia. Karena sifat fleksibel dari entrepreneur maka usaha tersebut bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, termasuk di rumah. Dengan demikian seorang ibu rumah tangga pun dapat menjalankan bisnisnya tanpa harus mengesampingkan perannya sebagai ibu rumah tangg.
Sekian, semoga bermanfaat.

Rina Irawati
STIE Malangkucecwara Malang

* Disampaikan penulis dalam seminar Comdec (Community Development) 2014.

LINGKUNGAN EKSTERNAL PERUSAHAAN : MIKRO (1)

Organisasi merupakan kumpulan orang-orang yang tidak dapat dilepaskan dari lingkungan, karena pada dasarnya organisasi juga merupakan bagian dari lingkungan dan masyarakat. Dalam melakukan aktivitasnya, setiap organisasi harus memperhatikan lingkungan yang ada di sekitarnya. Dimana lingkungan tersebut juga bisa mempengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kegiatan organisasi.

Continue reading “LINGKUNGAN EKSTERNAL PERUSAHAAN : MIKRO (1)”

PENTINGNYA REKENING BERSAMA DALAM JUAL BELI ONLINE

Beberapa bulan yang lalu saya mengalami peristiwa tidak menyenangkan dalam jual beli online di suatu olshop baru. Selama ini saya bertransaksi online, baru kali ini “keblowok”. Biasanya lancar-lancar saja dan aman jaya. Ceritanya saya ingin membeli tas merah yang keren di suatu olshop berdomisili di Batam. Tahunya dari akun Facebook dimana penjualnya baru saja add saya sebagai teman.

Continue reading “PENTINGNYA REKENING BERSAMA DALAM JUAL BELI ONLINE”

PUJON, BATU : PENGABDIAN MASYARAKAT

Kamis malam, 13 Februari 2014 lalu gunung Kelud meletus. Gunung Kelud dalam bahasa Jawa berarti “sapu”, merupakan gunung berapi di Jawa Timur yang masih aktif. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. Kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri. Bersama gunung Merapi, gunung Kelud merupakan gunung berapi paling aktif di Indonesia. Saat minggu lalu gunung Kelud meletus, suara letusannya terdengar sampai 200 km jaraknya.
Continue reading “PUJON, BATU : PENGABDIAN MASYARAKAT”

MY SUPER SEEDS (The Power of Mother Nature)

Dalam green smoothies yang saya buat, tidak hanya sekedar mengandung raw food berupa buah dan sayur mentah saja.. Agar lebih cespleng dan ciamik hasilnya, di dalam smoothies tersebut biasanya saya taburi beberapa bahan tambahan, antara lain aneka biji-bijian (seeds) yang manfaatnya juga nampol banget.. Bisa diletakkan di layer tengah, sebagai bahan kletak-kletuk mulut sambil mengunyah smoothies. Sehingga bisa menylimurkan pikiran ke hal asyik ketimbang memikirkan rasa smoothies yang kadang seperti neraka rasanya..  Atau bisa juga diletakkan di top layer sebagai pemanis dan finishing touch yang cantik..
Continue reading “MY SUPER SEEDS (The Power of Mother Nature)”

INDAHNYA PANTAI PASIR PUTIH

#latepost
Menjelang Hari Ibu 22 Desember 2013 lalu, saya diminta untuk make a wish oleh anak-anak dan suami.. “Ibu pengen klinong-klinong ke pantai”, kata saya.. Ini memang keinginan saya sejak beberapa bulan lalu. Kangen menginjakkan kaki di pasir pantai yang eksotis. Berhubung ke Bali kemaren tidak kesampaian klinong-klinong ke pantai. Akhirnya diputuskan kita akan pergi ke pantai Pasir Putih di Situbondo, sesuai dengan instruksi ibu.. hehe..  maka segeralah kami sekeluarga capcuuus ke sana.

Continue reading “INDAHNYA PANTAI PASIR PUTIH”

MUESLI & GRANOLA : MY NEW SNACKS

Sejak menganut pola eat clean dan healthy life style, saya mulai merubah menu camilan saya. Yang semula mengkonsumsi cereal yang dituang dengan susu coklat (terutama malam hari saat saya lapar), atau lagi malas bikin sarapan, sudah tergantikan dengan kudapan baru yaitu muesli dan granola. Sepertinya berbau nama Barat .. hmmm, bisa iya, bisa tidak.. Karena ditemukan oleh orang western, maka namanya seperti itu. Tetapi jika dilihat dari ingredients-nya, nggak juga kok.. Semua bahan bisa kita dapatkan di sekitar kita. Dari berbagai referensi, saya akan mengulas sedikit tentang kedua jenis kudapan tersebut.
Continue reading “MUESLI & GRANOLA : MY NEW SNACKS”

ZUMBA : MY NEW PASSION

Sejak September 2013 lalu, saya memiliki hobi senam baru dan sangat sukaa sekali. Namanya senam Zumba. Sebenarnya senam ini sudah cukup lama beredar di Indonesia. Hanya saja di Malang belum banyak sanggar senam yang menyediakan senam ini. Kebetulan di tempat saya latihan (Fitness Story) bulan September itulah dibuka kelas Zumba. Pesertanya selalu membludak karena memang senam ini lain daripada yang lain. Ada sensasi unik dan bikin ketagihan. Apakah senam zumba itu??  Dari berbagai sumber, inilah sedikit ulasannya..
Continue reading “ZUMBA : MY NEW PASSION”

SISTEM INFORMASI PENGEMBANGAN KARIR DOSEN (SIPKD)

#latepost
Pada tanggal 18 Desember 2013 lalu saya mengikuti Sosialisasi SIPKD yang diadakan oleh Kopertis Wilayah VII bertempat di Hotel Sinar, Sidoarjo. SIPKD pada dasarnya merupakan pengembangan dari sistem BKD (Beban Kerja Dosen), dimana BKD wajib diisi oleh dosen setiap tahun yang ber-NIDN dan yang tersertifikasi dalam kaitannya dengan pencairan tunjangan Serdos (Sertifikasi Dosen).
Continue reading “SISTEM INFORMASI PENGEMBANGAN KARIR DOSEN (SIPKD)”